Pariwisata Situbondo banyak lho!!

mau tau apa aja yang ada disitubondo???silahkan dibaca....




semoga berguna :)


Sekilas Pariwisata Situbondo

Situbondo memiliki beberapa obyek wisata yang sedang dikembangkan. Antara lain :

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran terletak di timur Kabupaten Situbondo, kira – kira 2 jam perjalanan dari pusat kota.Dengan luas 25.000,- ha. Didalamnya terdapat gua Jepang , padang rumput bekol dan pantai bama.

GUA JEPANG

Dikawasan Taman Nasional Baluran , Anda akan menyaksikan suguhan bersejarah berupa Gua Jepang. Gua Jepang ini merupakan ini salah satu saksi sejarah bahwa ditempat ini ( Taman Nasional Baluran ) pernah terjadi pertempuran sengit antara tentera republik Indonesia dengan tentara republik Jepang. Karena kekuatan yang tidak seimbang banyak tentara republik Indonesia yang gugur sehingga tempat ini disebut Batangan. Gua Jepang yang memiliki luas sekitar 12 m2 ini terbagi atas 2 ruangan. Ruangan bagian utara yang dipergunakan sebagai tempat menyimpan amunisi,
sedangkan ruangan bagian selatan berfungsi sebagai celah pengintai musuh.

PADANG RUMPUT BEKOL

Selain Gua Jepang, dikawasan Taman Nasional Baluran juga terdapat padang rumput Bekol. Tempat ini berjarak sekitar 12 km dari pintu masuk Taman Nasional Baluran. Disinilah Anda dapat menyaksikan bergerombolnya binatang-binatang seperti kijang, rusa, banteng, dan kerbau liar sedang melakukan aktivitas mereka. Binatang-binatang ini akan terlihat banyak di padang rumput Bekol pada saat-saat tertentu. Yaitu pada waktu pagi hari dan sore hari ( menjelang matahari terbenam ). Di padang rumput ini terdapat pula menara pengintai, dimana Anda dapat menyaksikan keanggunan binatang-binatang itu dari ketinggian.

PANTAI BAMA

Pantai Bama terletak di sebelah timur kawasan Taman Nasional Baluran. Anda dapat menyaksikan pantai yang masih murni dan pemandangan yang luar biasa disini. Selain itu Anda dapat melihat hutan bakau, mata air Bama, dan mata air Mantingan. Satu yang menarik dari pantai Bama, disana ada monyet berekor panjang ( Macaca faseicularis ). Anda dapat melihat tingkah laku monyet ekor panjang yang benar-benar lucu. Mereka akan menangkap kepiting dengan ekornya. Jika Anda suka jalan kaki, Anda dapat melewati jalan setapak dan Anda akan melihat pemandangan pantai Bama yang indah dari ketinggian. Hanya dengan Rp. 15.000,- per orang Anda dapat menghabiskan malam di pantai Bama untuk menikmati pemandangan malam hari.

PONDOK PESANTREN SALAFIYAH SYAFIIYAH

Pondok pesantren Salafiyah Syafiiyah merupakan obyek wisata religius, letaknya disebelah timur Situbondo, tepatnya di dusun Sukorejo, desa Sumberejo, kecamatan Banyuputih kira-kira 30 menit dari pusat kota Situbondo. Pondok Pesantren ini merupakan pusat agama Islam yang memberikan pendidikan tentang agama Islam secara keseluruhan.
Pondok pesantren ini merupakan salah satu pilihan untuk semua orang yang ingin belajar tentang agama Islam. Dan ini merupakan pondok pesantren tertua di Situbondo.

AIR TERJUN SETANCAK

Air terjun ini berada di desa Mojosari, kecamatan Asembagus, Situbondo.Dengan lama perjalanan kurang lebih 3 - 4 jam dari pusat kota. Nama air terjun Setancak diambil dari kata daerah setempat yaitu kata “Tancak “ ( dalam bahasa Madura ) yang artinya adalah air yang memancar. Hal ini menggambarkan asal muasal terbentuknya air terjun
Setancak yang keluar dari dalam tanah yang keluar tiba-tiba. Air terjun Setancak memiliki ketinggian ± 8 m dan lebar mencapai 10 m, jadi tidak mengherankan apabila air terjun Setancak memiliki debit alir 80 liter / detik. Untuk mencapai obyek wisata ini Anda harus melakukan perjalanan sejauh 5 km dengan kendaraan roda empat, 3 km dengan kendaraan roda dua, dan sekitar ± 2 km berjalan kaki. Jadi bagi Anda yang menyukai wisata jalan kaki, obyek ini merupakan pilihan tepat. Selain pemandangan air terjun, ditempat ini, Anda akan disuguhi dengan pemandangan menarik lainnya, yaitu populasi burung Walet disamping air terjun. Konon air terjun Setancak ini merupakan tempat pemandian burung-burung Walet itu. Kejadian menarik ini dapat Anda saksikan pada pukul 06.00 WIB ( pagi ) dan pada pukul 17.00 WIB ( 5 sore )hari.

PABRIK GULA OLEAN

Merupakan pabrik gula tertua di Situbondo, didirikan pada tahun1846 oleh pemerintah Belanda. Terletak disebelah utara kota Situbondo. Dengan perjalanan sejauh 2,5 km dari pusat kota, di pabrik gula ini Anda dapat menyaksikan peralatan-peralatan mesin uap yangmasih berfungsi secara sempurna. Disinilah surga bagi pecinta mesin uap.


PANTAI PATHEK


Merupakan obyek wisata pantai dikawasan utara kota Situbondo. Dengan perjalanan sejauh 5 km dari pusat kota, pantai Pathek menawarkan keindahan alam yang cukup asri. Pesona matahari terbenam dan obyek bawah laut menjadi daya tarik bagi Anda yang menyukai wisata laut. Jika langit tidak mendung anda dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam yang menyuguhkan keindahan tiada tara.
Di jalan sisi barat dari pantai Pathek, Anda dapat melihat saksi sejarah berupa jalan Anyer – Panarukan, yang dibangun pada jaman Belanda. Pantai Pathek terdapat di desa Gelung, kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo.

MAKAM RADEN TJONDROKUSUMO

Sebuah obyek wisata spiritual yang terletak di desa Pecaron, kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, atau sekitar 12 km dari pusat kota. Makam R. Tjadrokusumo terletak diatas bukit dengan ketinggian 300 m dpl. Untuk mencapai obyek ini hanya bisa ditempuh dengan mendaki bukit sejauh 2,5 km dari jalan utama.

PETILASAN SYEIKH MAULANA ISHAQ

Dibangun sekitar tahun 26 Masehi, obyek ini banyak dikunjungi sebagai obyek wisata spiritual. Terletak di dusun Pecaron, desa Klatakan, kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo. Dengan jarak ± 18 km dari pusat kota Situbondo ke arah barat dan berjarak ± 100 m dari jalan propinsi, obyek ini cukup mudah untuk dijangkau. Petilasan Syeikh Maulaa Ishaq memiliki peranan penting dalam penyebaran agama Islam di Situbondo. Bersebelahan dengan petilasan Syeih Maulana Ishaq terdapat pula petilasan Mbah Nurhayyid, yang merupakan sesepuh dari dusun ini. Dari puncak petilasan
Anda juga dapat menikmati pemandangan pantai Pasir Putih yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

PANTAI PASIR PUTIH

Salah satu kawasan wisata bahari yang berada sekitar 21 km dari pusat kota Situbondo ke arah barat. Disini Anda akan disuguhi pemandangan alam yang begitu menawan. Moment matahari terbenam dari balik pegunungan adalah peristiwa tiada tara. Anda juga dapat menikmati pemandangan bawah laut dengan menggunakan fasilitas untuk menyelam yang telah disediakan disana atau juga dengan menggunakan fasilitas perahu layar dan menikmati keindahan bawah laut dari atas perahu. Selain itu Anda juga dapat menggunakan olah raga air misalnya selancar angin, ski air, dan sepeda air.
Ada juga fasilitas lainnya yaitu berkano. Selain fasilitas olah raga air Anda juga akan dimanjakan dengan fasilitas penginapan yang cukup mewah. Ada cottage sebagai penginapan dan beberapa jenis rumah tinggal lainnya. Bagi Anda yang berminat dengan souvenir-souvenir kelautan seperti bermacam-macam hiasan kerang, juga dapat Anda peroleh dari tempat-tempat yang berada disekitar pantai Pasir Putih. Sedangkan bagi Anda yang menyukai petualangan untuk naik gunung, Pasir Putih yang dikelilingi oleh kawasan pegunungan, adalah juga pilihan yang tepat bagi Anda. Dengan melalui jalur yang sudah ada untuk mencapai puncaknya, Anda dapat menikmati pemandangan Pasir Putih dari puncak gunung, dan jika cuaca tidak berawan, Anda juga dapat melihat keindahan kota Situbondo pada malam hari dari atas gunung, yang juga pemandangan yang cukup menarik.

PUNCAK RENGGANIS

Gunung Argopuro dengan puncaknya yang dikenal dengan Puncak Rengganis, terletak di desa Baderan Selatan, Kecamatan Sumber Malang, Kabupaten Situbondo. Untuk mencapai obyek ini Anda dapat menempuh perjalanan sejauh 37 km dari pusat kota Situbondo. Di gunung ini Anda dapat menikmati berbagai pemandangan alam yang cukup menarik. Diantaranya adalah populasi burung Merak.
Selain populasi burung Merak gunung Argopuro juga menawarkan beberapa peninggalan bersejarah. Diantaranya adalah bekas lapangan terbang semasa jaman kolonial Belanda, yang memiliki luas 50 ha. Peninggalan bersejarah lainnya adalah bangunan kerajaan Dewi Rengganis yang berada di ketinggian 2.300m dpl. Dan yang tak kalah menariknya adalah pemandangan alam yang berupa hamparn bunga Edelweiss.

PEMANDIAN TAMAN

Pemandian Taman adalah sebuah kolam pemandian alam yang terletak di daerah barat kabupaten Situbondo, 2 jam perjalanan dari pusat kota. Disana Anda akan menyaksikan sebuah kolam yang pinggirnya terbuat dari pahatan batu sungai. Air yang mengisi kolam tersebut berasal dari sumber mata air yang terletak di pojok selatan kolam tersebut.

TANIAN LANJANG

Tanian lanjang adalah rumah adat kabupaten Situbondo, secara fisik tanian lanjang adalah beberapa rumah yang didiami oleh satu keluarga besar yang menjadi satu dalam 1 halaman luas. Secara mitos Tanian lanjang mendidik untuk memiliki rasa toleransi yang tinggi dengan orang lain. Anda dapat menemui Tanian lanjang di daerah timur (Assembagus dan Kapongan ) dan daerah utara ( Mangaran ) dari pusat kota.

KERAJINAN


Selain memiliki beberapa obyek wisata, kabupaten Situbondo juga memiliki sentra industri kerajinan. Industri kerajinan kayu dapat Anda temui di kecamatan Kendit, 45 menit perjalanan dari pusat kota. Industri kerang dapat Anda temiu dikecamatan Panarukan dan kecamatan Bungatan, daerah barat pusat kota. Anda juga dapat melihat sebagian hasil kerajinan penduduk setempat di showroom yang ada di pusat kota.


*dari berbagai sumber

8 comments:

  1. saya mengundang anda untuk bergabung dengan kami Lembaga Pelestarian, Pengembangan dan Pengkajian Budaya Situbondo (LP3BS) " Ke Pate Alos" untuk bersama2 melestarikan dan mengembangkan Budaya Situbondo.Hub. Afif 085855297484 Ketua "Ke Pate Alos"

    ReplyDelete
  2. Kami mengundang anda untuk bergabung bersama kami LP3BS (Lembaga Pengembangan, Pelestarian dan Pengkajian Budaya Situbondo) "Ke Pate Alos" untuk bersama2 mengembangkan dan melestarikan budaya kita.Hub. Sekretariat Ke Pate Alos 085855297484 (Afif Widyawan)

    ReplyDelete
  3. Saudara Echa YTH... Nama saya Fajar DH saat INI saya sedang membangun WEB SITE tentang Situbondo Tempo dulu, Insya Allah beberapa Bulan Lagi akan BIsa DI acses oleh Teman2 Di Daerah Karang asem Belakang Koramil Kota Situbondo ada Bangunan Belanda (sekarang di pakai Asrama Kel.TNI AD) saya dl pernah tinggal di sana sekitar 14 tahun,yang ingin saya tanyakan tahu ga aasal asul Bangunan itu? atau Ada teman 2 yang Tahu PLS contact me at herdianfiraz@yahoo.com

    thanks sebelumnya.

    Fajar DH

    ReplyDelete
  4. @afif n fajar :)
    bingung mo bales apa..hidup situbondo aja dah

    ReplyDelete
  5. asskum bak cha,,,
    saya uswah,,,,,
    kira" letak air terjun setancak letak spesifiknya dmn ya?

    ReplyDelete
  6. seru tuh.. jdi pngn maen ke situbondo..pngn ke pantai pathek juga ^_^

    ReplyDelete
  7. jadi pngn ke padang rumput bengkol.. lihat hijau2 mata dan pikiran jadi fresh :D

    ReplyDelete
  8. Sepertinya PANTAI PASIR PUTIH paling saya sukai, bisa untuk honeymoon tapi paling saya sukai adalah tempat honeymoon di bali

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^