Accenture Bloggers & Journalists Competition case #1: Dari Accenture Untuk Medco Energi


Postingan blog dengan tags Accenture Bloggers & Journalists Competition akan mengisi blog2ku kedepan selama kontes berlangsung...so wish me luck, pals!



Here the case #1 : about Medco Energi

Pernah mendengar kata Accenture? Yah, ini adalah perusahaan konsultan yang dilengkapi dengan teknologi sistem manajemen pengetahuan berbasis jaringan (Knowledge eXchnge/KX) dalam membantu membina berbagi informasi dan pengetahuan di seluruh perusahaan serta membantu meningkatkan pengetahuan internal dan eksternal yang terbaik untuk memaksimalkan kinerja dan inovasi.
  
Dalam studi kasus yang pertama ini, Accenture membantu perusahaan Medco Energi yang sedang menjalani transformasi organisasi perusahaan, untuk tetap up to date dengan inovasi terbaru dan mengikuti tren kemudi kinerja tinggi di sektor pembangunan energi di Indonesia. Dan  Accenture sebagai konsultan yang menyusun strategi dan selalu mendampingi Medco Energi dalam proses pengimplementasiannya.

SEKILAS TENTANG MEDCO ENERGI


Seperti kita ketahui, Medco energi adalah perusahaan energi terintergrasi yang telah memasuki umur 30 tahun yang fokus di bisnis inti minyak dan gas. Perusahaan yang digawangi oleh keluarga Arifin Panigoro ini memang sejak tahun 2004 telah berekspansi dan menjadi kelas global sehingga tidak hanya ada diIndonesia, bahkan hingga ke Amerika Serikat dan daerah Timur Tengah.

Medco energi juga sangat menjunjung tingggi prinsip GCG dalam melaksanakan semua kegiatan bisnisnya. Selain itu, kontribusi dari penasehat diharapkan akan membawa dampak yang sangat signifikan terhadap pertumbuhan perseroan ini, sehingga tetap mencapai tujuan perusahaan dengan tetap mempertahankan Visi dan Misi Medco Energi yang selaras dengan nilai budaya perusahaan. Apalagi sekarang Medco Energi memiliki komitmen yaitu "mengelola energi dari alam untuk alam".

Struktural Medco Energi dalam fungsi menciptakan pengambilan keputusan ternyata ada aspek-aspek yang perlu diperbaiki di tingkat manajemen senior. Untuk mengurangi masalah ini serta meningkatkan visibilitas isu aset-tingkat dan memberikan fokus yang lebih seimbang di portofolio aset, ia meminta Accenture untuk membantu bermigrasi ke struktur berbasis aset.



ACCENTURE DO THE BEST FOR MEDCO ENERGI



Accenture sebagai perusahaan konsultasi manajemen benar-benar melakukan yang terbaik untuk Medco Energi. Karena tahukah kalian,  kalau pekerjaan seorang konsultan itu bukanlah pekerjaan remeh. It isn’t just about knowing what’s wrong. It’s about figuring out how to make it right. Yah benar, itu tantangan besar Accenture untuk perusahaan berskala global, Medco Energi.

Tim yang terdiri dari personil Accenture lokal dan asing ahli, materi pelajaran dikembangkan dan diimplementasikan, yang menggunakan pendekatan melalui empat tingkat organisasi. Dengan menggunakan aliran proses dan ARCI matriks, tim dengan mudah menunjukkan dampak dari perbaikan proses dan desain organisasi. Tim Accenture memberikan keseimbangan antara pemahaman budaya lokal dan praktek-praktek terbaik global, yang membantu untuk mengelola komunikasi dan pelaksanaan perubahan organisasi tanpa mengganggu usaha yang sedang berjalan dan kegiatan operasional. Memahami proses bisnis organisasi yang ada dan budaya merupakan faktor utama kunci keberhasilan proyek ini.

Hanya dalam beberapa bulan, Accenture dengan bakat yang dimiliki Medco Energi menerapkan Program Pengembangan Kepemimpinan dan Business Proses Realignment. Proses Bisnis Realignment terfokus pada pembangunan proses dan alat untuk meningkatkan keputusan investasi divestasi / dan transparansi, sedangkan Program Pengembangan Kepemimpinan difokuskan pada perancangan, pengembangan dan pemantauan Program Pengembangan Kepemimpinan itu untuk tingkat manajemen senior. Sehingga diharapkan Medco Energi akan lebih mengembangkan kompetensi kepemimpinan sehingga menjadi Program Pengembangan Kepemimpinan yang efektif dan sesuai dengan budaya dan nilai perusahaan.  Accenture juga melakukan  inisiatif (IPM) Program Manajemen Terpadu demi memastikan keselarasan, koordinasi, dan integrasi antara beberapa inisiatif perbaikan yang dirumuskan.

Kenapa para  pemimpin saja yang diikutkan Program yang Accenture buat? Karena peran seorang pemimpin sangatlah vital. Peran pemimpin perusahaan strategis untuk menetapkan dan mengembangkan kompetensi inti perusahaan. Para investor akan menjadi lebih tertarik untuk menanamkan sahamnya  apabila kompetensi inti perusahaan tersebut mampu memenuhi ekspektasi pasar yang tinggi. Dan program kepemimpinan (misalkan pelatiha) ini juga akan berlanjut ke seluruh karyawan di Medco Energi. Karena seorang pemimpinan yang sigap dengan suasana politik yang ada dan bisa mengajari karyawan yang membuat suatu perusahaan berhasil. Untuk itu, kompetensi inti baru akan dapat dipenuhi kalau setiap individu dalam perusahaan itu juga memiliki kompetensi inti berupa tingkat pengetahuan, sikap, ketrampilan, karakter dan nilai pribadi, dan motivasi kerja yang tinggi .

Apalagi untuk ekspansi global yang dilakukan Medco Energi, sumber daya manusia yang dimiliki harus tangguh untuk selalu bekerja berbasis standar mutu tinggi sehingga meraih kinerja unggul. Dimana strategi fokus utama adalah kepuasan pelanggan. Dari strategi itulah maka dibutuhkan seorang pemimpin yang inspiratif, memberikan semangat kebersamaan, kinerja tinggi dan efisiensi tentunya. Selain itu, kecakapan dalam kepemimpinan sangat mempengaruhi tangible. Yang dalam konteks bisnis, semakin tinggi nilai intangible, maka rasio persepsi pasar akan semakin positif kuat. Dan itulah salah satu tujuan Accenture dalam membantu Medco Energi untuk memenangkan persaingan pasar di masa depan

KINERJA TINGGI MEDCO ENERGI TERCAPAI


Dengan Transformasi Organisasi Medco Energi, Accenture membantu Medco Energi untuk mencapai terobosan baru dengan bisnis berkinerja tinggi. Juga membantu para eksekutif senior memahami dan menghadapi strategi bisnis perusahaan, Accenture juga membantu merumuskan strategi dan rencana jangka panjang. Selain itu, juga fokus pada proses internal klien seperti distribusi, produksi, order fullfillment atau customer service.

Perubahan proses dan organisasi memperkenalkan tenaga kerja Medco Energi dengan pola pikir kewirausahaan dan layanan baru. Mengubah untuk model berbasis aset membawa seluruh organisasi pengalaman belajar yang berharga. Dalam model baru, aset dikelola dalam portofolio bisnis logis dengan penekanan lebih besar pada kemampuan sharing dan layanan bisnis. Model berbasis aset memungkinkan akuntabilitas yang lebih besar dan visibilitas kinerja aset dan akhirnya memungkinkan kemungkinan bagi setiap aset untuk menyadari potensi penuh.

Inilah kenapa program pengembangan kepemimpinan yang dikemas oleh Accentura sangat spesifik, sehingga tidak akan ditemukan pribadi pemimpin yang myopia dan berperspektif dangkal, itulah alasan utama kenapa Accentura dibutuhkan dalam transformasi organisasi di Medco Energi. Tidak salah kan Medco Energi memilih Accenture sebagai konsultan kepercayaannya.

Semua ini bertujuan agar Medco Energi, dengan transformasi organisasi yang baru, akan lebih memahami tren dunia multi kutub dalam persaingan bisnis global. Sehingga menghasilkan perusahaan Medco Energi berkinerja tinggi di pasar persaingan global. Pemimpinnya juga menjadi seorang pemimpin yang handal dan menjadi panutan seluruh karyawan dengan tetap bertanggung jawab sesuai visi misi nilai serta budaya perusahaan Medco Energi.

Yah, Accenture telah membantu Medco Energi dengan kemampuan terbaik yang mereka miliki (melalui program Pengembangan Kepemimpinan (LDP), Program Manajemen Tepadu dan Business Prosess Realignment). Seperti arti nama Accenture sendiri “accent on the future”, Accenture akan selalu membantu Medco Energi untuk mencapai masa depan mereka dipasar global :) . Dan itu pasti!!


ps : seluruh foto dipostingan ini aku ambil dari company profil Medco Energi
dan daftar pustakanya bisa dilihat disini

17 comments:

  1. Eh busyet, ini blogger nya rese sendiri --"

    ReplyDelete
  2. ...seperti ringkasan eksekutif skripsi bidang iklan bisnis...huebaaat...bravo anakku echa...

    ReplyDelete
  3. mantap tulisanny, mudah2an dapet skor tinggi :)

    ReplyDelete
  4. pak sjafri :iya pak..makasih ya...jadi lupa buat email ini artikel :)

    ReplyDelete
  5. mas : iya makasih ya sayang :)

    ReplyDelete
  6. Medco emang top, beberapa teman kerja disini, dan lini nya sampai ke desa2 terpencil dipedalaman Sumsel.

    ReplyDelete
  7. @kang unggul bener hebat dah medco energi...apalagi dibantu accenture makin hebat pastinya :)

    ReplyDelete
  8. Ini postingan serius banget
    Echa abiez
    eh kapan mo ketemuan? :D

    ReplyDelete
  9. aku baru tau kalau medco sehebat itu

    ReplyDelete
  10. Good Job mba Echa ƪ(˘⌣˘)┐ ƪ(˘⌣˘)ʃ ┌(˘⌣˘)ʃ

    ReplyDelete
  11. @ocha tepatnya sedikit serius hehehe :P

    ReplyDelete
  12. @kang achoey bener hehehe serius ya..hmmm nanti postingan ke2 aku benerin sdikit santai dah :)

    ReplyDelete
  13. @kang MT yup...ada tawaran gak ya dari medconya kali buat aku krn bikin ini :P #ngarepppp

    ReplyDelete
  14. @d ima maaci sayang :* traktir dong *eh

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^