Accenture Bloggers and Journalist Competition case #2 : Implementasi ERP Pada Proses Bisnis Ɣªήğ Efektif


[Lomba blog]

SELAYANG PANDANG TENTANG ERP dan SAP

Mungkin banyak yang bertanya apakah ERP itu? Sistem ERP (Enterprise Resource Planning ) adalah aplikasi yang dapat mendukung transaksi sehari-hari perusahaan yang berhubungan dengan pengelolaan sumberdaya perusahaan , seperti dana, manusia, suku cadang, waktu, material, dan kapasitas. Sehingga, semua aktifitas perusahaan terintergrasi dengan baik.


ERP menangani seluruh aktivitas dalam organisasi, membawa budaya kerja baru dan integrasi dalam organisasi. mengambil alih tugas rutin dari personel dari tingkat operator hingga manajer fungsional, sehingga memberikan kesempatan kepada sumber daya manusia perusahaan untuk berkonsentrasi dalam penanganan masalah yang kritis dan berdampak jangka panjang.

ERP juga membawa dampak penghematan biaya (cost efficiency) yang signifikan dengan adanya integrasi dan monitoring yang berkelanjutan terhadap performance organisasi. Secara implisit, ERP bukan hanya suatu software, namun merupakan suatu solusi terhadap permasalahan informasi dalam organisasi.

Sistem ERP dibagi dalam beberapa sub sistem, yaitu sistem finansial, sistem Distribusi, sistem Manufaktur, maintenance dan sistem human resource. Sistem ERP dirancang berdasarkan proses bisnis yang dianggap "best practice", proses umum yang layak ditiru, misalnya bagaimana proses umum untuk pembelian (purchasing), penyusunan stok di gudang, dsb.

Lebih mudah kita simpulkan sebagai suatu tools IT dan manajemen untuk membantu perusahaan merencanakan dan melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Dengan ERP diharapkan bisnis dapat berjalan dengan tingkat pelayanan pelanggan dan produktivitas yang tinggi, biaya dan inventory yang lebih rendah, dan menyediakan dasar untuk e-commerce yang efektif. Hal ini karena paket software ERP yang diimplementasikan secara baik akan menghasilkan return terhadap investasi yang layak dan dalam waktu cepat.

ERP sistem dapat mendorong ke arah kemampuan pengambilan keputusan yang lebih baik dengan parameter yang terukur secara kuantitatif. Sehingga keputusan yang dihasilkan tersebut dapat saling mendukung proses operasional perusahaan atau organisasi.


Kesimpulannya, sistem ERP adalah paket software yang dibutuhkan secara integratif yang sangat dibutuhkan untuk mengelola sebuah industri secara efisien dan efektif. Selain itu, perlu ditambah juga modul CRM, SRM, PLM dan project management untuk mencapai "best practice".

Sedangkan SAP merupakan kependekan dari Systeme, Anwendungen und Produkte in der Datenverarbeitung atau yang dalam bahasa Inggris menjadi System, Application, and Product in Data Processing adalah sistem sofware ERP yang terdiri dari sejumlah modul aplikasi dan mempunyai kemampuan mendukung semua transaksi yang perlu dilakukan suatu perusahaan dan tiap aplikasi bekerja secara berkaitan satu dengan yang lainnya (terintegrasi).

Diciptakan pada tahun 1972 oleh lima orang bekas karyawan IBM di Jerman. Visi mereka adalah untuk membuat sistem software enterprise yang standard dan dapat mengintegrasikan seluruh proses bisnis secara realtime.

Di era 2000an SAP memperkenalkan mySAP ERP sering disebut sebagai SAP ECC (ERP Core Component) (ECC merupakan bagian aplikasi) yang merupakan perkembangan dari SAP R/3. SAP ECC adalah versi terakhir yang digadang-gadang sebagai produk SAP untuk ERP yang paling mature.
SAP ECC memiliki teknologi dengan konsep SOA (Service Oriented Architecture) yang jauh lebih dinamis dan fleksibel dibanding versi sebelumnya. Dengan visi Innovation for the New Millennium, SAP ECC memiliki kekuatan pada end-to-end solusi yang ditawarkan terhadap para customer-nya, serta platform SAP NetWeaver yang menjadikan integrasi antara pople, information, dan process menjadi semakin handal.

INTEGRASI ERP SAP ACCENTURE

Melalui program ERP, Accenture menggunakan sistem SAP yang memiliki visi untuk membuat sistem software enterprise yang standard dan dapat mengintegrasikan seluruh proses bisnis secara realtime. Tujuannya sederhana untuk membuat mudah dari perusahaan dan menggunakannya sebagai pedoman mencapai kinerja tinggi.

Setiap titik yang menjadi kekurangan, merupakan kesempatan bagi Accenture untuk membantu Anda mendapatkan ide atau solusi dengan SAP berbasis. Dengan layanan SAP dan ribuan solusi bisnis diberbagai sektor publik organisasi di seluruh dunia, Accenture membantu perusahaan untuk menyadari kualitas tinggi perusahaan itu, mencermati biaya efektif dalam pasar, memberikan kontribusi untuk keuntungan kompetitif mereka, dan mempercepat hasil bisnis.

Dalam mempercepat performa, Accenture melakukan tindakan-tindakan tepat, yaitu: mengidentifikasi nilai bisnis; inovasi untuk bisnis positif hasil; menggunakan industrialisasi untuk membuktikan kualitas hasil kecepatan; pemahaman SAP dan evolusi platform pada perusahaan dan tentunya bekerja sama dengan orang yang tepat.

Accenture bekerjasama dengan perusahaan merancang program yang agar hasilnya dapat diukur, membantu memperluas dan mempertahankan peningkatan bisnis melalui kemampuan tahap siklus hidup SAP.Accenturemembantu organisasi untuk tetap fokus dalam lingkungan usaha yang semakin global melalui rasionalisasi dan standarisasi yang lebih fleksibel untuk mengikuti dengan kompleksitas perubahan.
Contohnya pada sebuah perusahaan listrik negara terpadu, untuk lebih dipahami penerapan SAP ERP nya, Accenture menggunakan fase ganda dan mengadakan pelatihan bagi para karyawan perusahaan itu agar lebih mengerti tentang ERP SAP.

Konsultan Accenture membantu mengimplementasikan SAP secara teknis mudah untuk inisiatif perubahan transformasional yang didukung oleh solusi handal dan selalu fokus pada konsultasi, teknologi dan jasa outsourcing. Kemampuan memberikan solusi oleh Accenture dalam pengimplementasian SAP meliputi Solusi Fungsional, Solusi Industri , dan Solusi Outsourcing.
Accenture memiliki tingkat kualitas tertinggi dalam industri sertifikasi, termasuk ISO9001 dan kualitas tertinggi dalam CMMI 5 untuk kemampuan perangkat lunak pembangunan.

Accenture memiliki keahlian dalam memilih, mengkonfigurasi, menerapkan dan mengelola sistem ERP dengan cara yang paling cocok dengan kebutuhan organisasi. Keahlian terbaik Accenture pada ERP dan permintaan tinggi untuk layanan Accenure membuat mereka adalah calon yang menarik bagi sebuah pencarian konsultan pada akuisisi dan merger di suatu perusahaan yang memilihnya

IMPLEMENTASI ERP PADA PROSES BISNIS

Dalam Information System (IS) terdapat tiga komponen yang harus disinergikan agar memperoleh hasil yang optimal yaitu business process, people dan IT. Banyak pihak terlalu berkonsentrasi pada aspek IT. Sedangkan aspek lainnya dinomerduakan.

Padahal kita tau, efek dari suatu program ERP adalah Efisiensi yang luar biasa di segala struktur organisasi dari perusahaan.

Secara sederhana tentang penerapan ERP dapat digambarkan seperti ini : data dari bagian produksi pabrik, sales, supplier, customer, human resource dan akuntasi semua nge link satu sama lai.. jelas ini meningkatkan effisiensi kerja. Pada beberapa referensi buku dan internet, biasanya perusahaan menggunakan ERP krn sangat perlu dalam integrasi informasi, kemudahan mengakses informasi, dan sebagainya. Efeknya jelas berbeda sebelum dan sesudah menggunakan atau mengimplementasikan sistem ERP.


Keterkaitan antara ERP dan proses bisnis baru akan terungkap biasaya setelah kita mencoba mempelajari mengapa banyak projek ERP gagal, khususnya di Indonesia. Yang dituding sebagai hambatan dalam implementasi ERP biasanya waktu yang lama, banyaknya legacy systems, resiko yang besar, besarnya investasi, kompleksitas perusahaan (local, regional atau global. Namun persoalan lain yang lebih mendasar, yaitu gap yang sangat besar pada proses bisnis.

Seberapa besar gap yang terjadi? Mari kita lihat lebih jauh. ERP software yang leading merupakan posisi best practice saat ini. Bayangkan jika saat ini belum memiliki proses bisnis yang baku dan lengkap (sebutlah low practice), bagaimana mungkin dapat mengikuti semua proses dalam software tersebut?

Besarnya usaha menerapkan ERP akan sangat ditentukan oleh besarnya gap antara current practice dan best practice. Semakin kecil gapnya akan semakin kecil pula resource yang digunakan. Oleh karena itu keputusan untuk menerapkan ERP harus didahului oleh mapping dan analisis terhadap proses bisnis saat ini. Karena masih banyak perusahaan yang belum aware dengan pentingnya memiliki proses bisnis yang baku dan lengkap. Boleh jadi karena tidak tahu, tidak peduli (karena keuntungan perusahaan sangat besar sehingga inefisiensi proses dapat diabaikan), atau belum memiliki resource untuk melakukannya.

Memang ada hal-hal lain juga yang menentukan keberhasilan penerapan ERP. Tidak berarti proses yang sudah dikembangkan dengan baik akan menjamin keberhasilan. Umumnya persoalan berikutnya akan sangat ditentukan oleh change management. Itulah sebabnya perusahaan yang tidak menerapkan ERP pun (sistem aplikasi yang sederhana) dapat mengalami kegagalan.

DISINILAH ERP SAP ACCENTURE DIBUTUHKAN

Melihat pengimplementasian ERP SAP sangatlah penting, maka sangat diperlukan orang atau konsultan yang tepat dalam membantu suatu perusahaan itu. Disinilah pilihan tepat memilih Accenture. Yang akan membantu perusahaan menelaah satu-satu akar permasalahannya melalui solusi sistem SAP ERP.

Yap, SAP ERP memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah perusahaan, karena mampu menjadikan proses bisnis yang tadinya bersifat manual menjadi otomatis. Sehingga akan banyak keuntungan yang didapat dari perusahaan menggunakan ERP, seperti: efektifitas waktu, penghematan biaya, penghematan sumber daya manusia, keakuratan data yang realtime dan menjalankan fungsi kontrol perusahaan.

Dan Accenture akan membantu sepenuhnya perusahaan itu. Seperti visi misi Accenture tadi disebutkan diatas, membantu mempercepat kinerja bisnis perusahaan dengan profesional. Karena proses bisnis yang efektif akan membuat hasil yang maksimal dengan waktu yang lebih efisien.


Dan keberhasilan membangun sebuah garis dengan perusahaan jangka panjang pengembangan informasi platform ada didepan mata. Tentunya kinerja tinggi perusahaan sudah pasti dalam genggaman. Hebat kan? 

*gambar diambil dari brosur Accenture dan materi kuliah

daftar pustaka bisa dilihat disini

17 comments:

  1. Ehm.... SAP skrg bnk jg diterapkan di industri ya

    ReplyDelete
  2. wah, kudu belajar nih, biar makin yahud! thanks for sharing!

    ReplyDelete
  3. PostingaNnya banyak yg serius sekaranng ya mbak

    ReplyDelete
  4. @anonim haduhhh pake nama dunk kan susah blog walkingna :(

    ReplyDelete
  5. kang WKF ihiy...iya sekali2 diantara postingan alayz ala echa :D

    ReplyDelete
  6. waduuh mesti tambah waktu buat baca nich

    ReplyDelete
  7. acung jempol dah buat mba Echa :D

    ReplyDelete
  8. pertanyaannya adalah apakah echa mengerti dengan isi tulisan ini??
    .
    .
    *angkat sepedah, gowel pulang

    ReplyDelete
  9. @kang komuter *kasih uang sribu buat jajan :P

    ReplyDelete
  10. Echa cerdas banget euy
    Moga menang ya :)

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^