Accenture Bloggers & Journalist Competition Case #4: Babak Baru Peningkatan Layanan Indosat




Profil Indosat

HAri gini pasti semua sudah mengetahui tentang Indosat, dengan layanan kartu IM3 dan Mentari. Anak gaul? pasti pakainya IM3, dan rata-rata orang bisnis juga memakai mentari (yang biasanya ke pasca bayar). Selain iklan yang lebih merangkul anak muda, indosat juga gencar untuk mengadakan GCG dan promosi keberbagai kegiatan lapisan masyarakat.


Sekilas tentang Indosat, didirikan pada tanggal 20 November 1967 dan mulai beroperasi secara komersial pada bulan September 1969 (mengoptimalkan Organisasi Satelit Telekomunikasi Internasional, atau Intelsat).


Pada awal tahun 2000an, setelah mengakuisisi berbagai saham kepemilikan, akhirnya Indosat pada tanggal 20 November 2004 bergabung dengan Satelindo, Bimagraha dan IM3  menjadi salah satu ikon telekomunikasi selular secara Full Network Service Provider (NAP) dengan jaringan internet terbesar di seluruh Indonesia dan dengan jaringan fiberoptiknya dapat menjangkau keseluruh dunia. Canggih bukan?

Sesuai visi dan misi Indosat yang selalu menjadi solusi informasi dan komunikasi di Indonesia, Indosat selalu inovatif dalam pengembangan produknya dengan tetap menjadikan kepuasan pelanggan nomer satu.

"iya, menggunakan indosat lebih murah dan sinyalnya selalu bagus, makanya dari dulu saya selalu menggunakan indosat", kata Bapak Saleh, salah satu pelanggan setia Indosat yang letaknya jauh di sebuah desa kecil di Situbondo.

Accenture  memberikan solusi terbaik buat Indosat


Dengan berbagai budaya yang sudah mendarah daging di satu tubuh Indosat, penyatuan berbagai sistem yang kompleks dengan efektif sangat dibutuhkan. Memilih konsultan terpercaya seperti Accenture merupakan pilihan tepat bagi Indosat.

"Benar sekali, waktu merger dulu kami sangat terbantu oleh Accenture karena sistem kami yang masih sangat kurang dan tetap berusaha memuaskan pelanggan harus sangat kami perhatikan. Dan accenture membuktikan hal itu dengan membantu perkembangan di segala sistem termasuk IT dan management nya. sehingga, bisa dilihat sekarang Indosat bisa menduduki posisi terdepan di bidang selular telekomunikasi", ujar Endang N, salah satu manajer di Indosat.

Dengan bekal Accenture dibidang industri telekomunikasi, Indosat menerapkan layanan pelanggan dan dan sistem persediaan kartu yang menggabungkan semua produk nirkabel dalam Indosat secara terintergrasi. Selain bundle layanan yang disediakan, accenture tetap memperhatikan sistem pendistribusian kartu ke pelanggan dengan efektif. karena pada saat itu, indosat selain dengan tatanan manajemen baru sehabis merger, harus tetap gencar promosi ke segala lapisan masyarakat.

Optimalisasi Indosat demi kepuasan pelanggan

Disini Accenture menerapkan sistem CRM (customer Relationship Management) yang dibantu dengan sistem teknologi yang efektif. sehingga meningkatkan pengetahuan yang mendalam tentang pelanggan, meningkatkan akses bagi pelanggan, menciptakan interaksi dengan pelanggan yang lebih efektif dan integrasi melalui seluruh saluran (channels) serta fungsi-fungsi internal (back office) perusahaan. dan tekhnologi yang tepat dari Accenture membuat CRM untuk Indosat menjadi optimal.


Transformasi dalam pemasaran, penjualan dan layanan produk Indosat diefisiensikan dengan tetap memenuhi harapan pelanggan yang menginvestasi produk Indosat untuk konsisen kepada loyalitas produk Indosat.

Dalam manajemen bisnis proses, segala sistem yang telah terintegrasi dengan baik oleh accenture telah diterapkan oleh Indosat. Dan ini membuat dalam kasus penyediaan kartu sim card ke seluruh pelosok dengan rapi. Jadi jangan salah kalau semisal orang dipedalaman lebih setuju menggunakan Indosat dibandingkan produk lain.

Karena accenture merupakan solusi terpadu untuk layanan dan strategi terbaik untuk perpaduan antara layanan dan operasional yang baik. Indosat sekarang walau lebih 'gaul' pada kalangan anak muda, tak  jarang tetap menggaet kalangan atas eksekutif untuk penggunaan layanan telekomunikasinya, entah itu untuk internet atau selular.

Dan perubahan transformasional ini dalam kinerja yang tinggi tetap tersampaikan dengan kepuasan pelanggan yang terbayar.

daftar pustaka bisa dilihat disini

1 comment:

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^