Biduran



pernah ngerasain biduran aka kaligata ? Saya pernah, tapi biasanya cepet sembuhnya gak pake minum obat. Cuma bedak herocyn pupur2 udah deh beberapa jam kemudian beres...



Nah kali ini gak segampang dulu...udah 4 hari ini aku biduran, semenjak keluar rs sabtu. Awalnya aku pikir karena tempat tidur mungkin atau kucing yang bawa gatel. Aku garuk kayak biasanya aja kasih bedak herocyn juga. Tapi kok terus ga beres2?malah tambah nyebar.. Merah dan kering rasanya kulit.

Akhirnya minum antihistamin biar g guatel...sukses... Sukses tidur maksudnya, tapi bidurannya malah ngejalar kemana2 sampe muka2 malah. Guatelnya? Subhanallah jangan tanya ... Badan langsung demam tinggi.merah2 karena aku garuk. Untuk bagian tertentu (jari tangan) bisa dipites (dipencet) keluar aer persis kayak kalo lagi kena api.

Penasaran cari sebabnya, karena perasaan aku g makan aneh2 (secara maemna cuma bubur tempe dan sayur selama ini) tapi kok masih guatel?, aku pun gugling internet




Ini hasil guglingnya :

Istilah medis untuk biduran adalah urticaria (baca: ur-tuh-kar-ee-uh). Ketika seseorang terkena sesuatu yang bisa memacu biduran, beberapa sel di dalam tubuh melepas histamin dan zat-zat lain. Hal ini menyebabkan bocornya cairan dari pembuluh darah kecil dibawah kulit. Cairan ini akan membentuk bintik ketika berkumpul di bawah kulit, yang lazim disebut biduran

Orang bisa terkena biduran dari banyak alasan yang berbeda. Sering kali penyebabnya tidak diketahui. Satu alasan umum untuk terkena biduran adalah suatu reaksi alergi. Beberapa pencetus alergi yang umum adalah sejumlah makanan (seperti susu, kerang-kerangan, buah berry, dan kacang), obat-obatan (seperti antibiotik), dan tersengat atau tergigit serangga.

Penyebab-penyebab lain yang tidak berhubungan dengan alergi termasuk:
 Terkena dingin (seperti menyelam pada kolam yang dingin)
 Olah Raga
 Terkena sinar matahari
 Stress atau gelisah
 Infeksi yang disebabkan virus
Apapun penyebabnya, kasus biduran dapat berlangsung selama beberapa menit, beberapa jam atau bahkan berhari-hari.( www.sehatgroup.web )


Ehhh sumpah yaaa berhari2 lhoooo..jedarrrr... Kalo boleh ngasih diagnosa biduranku karena sistem imunku lagi lemah jadi virus lebih gampang menyerang tubuh, dan reaksi orang itu macam2 kan :). Mungkin karena aku juga kurang fit (karena berbagi kebajikan dengan kita *baca : bawaan orok), jadi mau ga mau faktor biologis berpengaruh kepenurunan imunitas tubuh

Emang ga berbahaya, jarang sekali kasus yang membuat lumpuh saraf, cuma auuuuuu guatelnya itu ga tahan...




Menginjak hari ke-4 kulitnya jadi perih disentuh...:"(
Sekarang cm berusaha minum obat tradisional kayak air kelapa hijau (plus campur2) dan anti histamin kalau malam aja daripada ga bisa bobo. Untuk menambah biar g tambah sakit, aku olahraga (padahal cuma menghirup udara segar dan jalan kaki keluar rumah trus masuk lagi :|), yah namanya usaha...

Heheh wish me..atau ada ramuan lain yang bisa dishare? ....*sambil garuk2

No comments:

Post a Comment

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^