Sehatkan #babyputri yuk!


 Bayi adalah rejeki titipan Allah melalui orang tuanya, 
yang diharapkan memiliki masa depan cerah

Mengetuk pintu hati teman2 semua untuk sama2 membantu bayi perempuan berusia tiga bulan yang bobotnya hanya 3,06 kg bernama PUTRI ADELIA. saat ini sang bayi sudah dirawat di ruang perina rs hermina bekasi, ditangani oleh dokter dina medina.

Bayi ini adalah merupakan tetangga sepupu yang bertempat tinggal di kompleks bumi satria kencana-bekasi, jawa barat. Pertama kali menjumpai dede putri ini kondisinya sangat mengenaskan, kurus kering dan pucat, lemas dan napasnya tersenggal senggal plus kondisi perutnya (maaf) membuncit. Benar benar memprihatinkan. Saat ini putri tinggal bersama neneknya (ibu lies) dan dua kakaknya bernama danti (10 tahun) dan amel (5 tahun). Kedua kakak putri ini tidak ada yang bersekolah karena kondisi perekonomian yang sebegitu miskinnya (astaghfirullah). Lalu, kemana orang tua mereka?

Ayah dari anak ini adalah satpam kompleks perumahan bumi satria kencana yang dipecat karena mengalami banyak kasus, sehingga sang ayah sampai saat ini tidak tinggal bersama anak2 ini dan tidak menafkahi mereka. Sang ibu sudah sebulan ini pergi dari rumah entah kemana, setiap kali coba dihubungi handphonenya selalu mati, tega begitu saja meninggalkan tiga buah hatinya.  Karena kondisi sang bayi yang mengkhawatirkan ini akhirnya saya putuskan membawa si bayi ke rs hermina bekasi.

Singkat kata, karena dana belum ada, dede putri hanya diperiksa dokter anak kemudian kami bawa pulang kembali kerumah neneknya. Dirujuk oleh dokter anak agar ke rsud bekasi, tapi berhubung saya tidak tahu lokasi rsud bekasi dimana dan belum tentu ada dokter anak di hari minggu, akhirnya diputuskan malam ini bayi putri pulang dulu kerumah neneknya.
 

Kami mencoba menggalang dana, kerahkan kemampuan kami di social media, bbm group dan lain lain untuk mendapatkan dana perawatan putri, yang mana dia harus segera dirawat inap untuk pengobatan lebih lanjut. Alhamdulillah dalam waktu sehari, duit terkumpul sekitar 10 juta, cukup untuk membawa putri ke rs hermina lagi untuk rawat inap. 

Senin tanggal 18 pebruari, putri masuk rs hermina, cek lab, test darah dan serangkaian pemeriksaan harus dijalani plus hbnya dia di angka 6 dan sempat menyentuh angka 3 (kondisi dimana kalau orang dewasa saja bisa koma dengan hb serendah itu) maka putri harus transfusi darah.

Sambil tiada henti kami memohon pertolongan Allah, putri pun menunjukkan kemajuan setelah satu malam dirawat inap di hermina. Kondisinya stabil, perutnya yang membuncit mulai mengempis, mulai mau minum susu (15 cc per tiga jam dan akan dinaikkan menjadi 30 cc per tiga jam), sudah bisa buang air kecil yang cukup banyak dan badannya tidak panas/demam, napasnya tidak tersenggal senggal. Alhamdulillah ya Rabb..

Hasil diagnosa sementara dari dokter, putri menderita gizi buruk, hipotiroid dan hernia. Hipotiroid ini apabila tidak segera diobati berakibat retardasi mental pada si anak. So sad to hear that, tapi kami tetap optimis bahwa putri akan sembuh (dan dokter mengatakan hipotiroid bisa sembuh). Saat ini yang mengkhawatirkan kami adalah "argo" rumah sakit terus bergerak. Hari ini saya cek sudah memakan biaya Rp 5,3 juta, deposit yang sudah kami lakukan sekitar Rp 4.9 juta. Sungguh bukan biaya yang sangat kecil tapi mengingat kami ingin mengupayakan kesembuhan putri . Kenapa tidak dibawa ke rsud saja?memang benar adanya jaminan untuk rakyat tidak mampu di rsud, akan tetapi ada kekhawatiran dari sisi kami kalau putri dibawa ke rsud tidak mendapatkan perawatan sebaik di rs hermina. Apalagi untuk orang tidak mampu seperti ibu lies ini. Saya sendiri ngga sanggup membayangkannya.

 

Putri memang bukan siapa2 kami, bukan juga siapa2 teman2 sekalian, tapi putri membutuhkan uluran tangan kita semua, bantuan kita semua untuk menyelamatkan nyawanya. Nyawa generasi penerus bangsa. Yuks sama2 kita bantu sehatkan putri, sumbangan berapapun akan kami terima, bisa ke 

no rek mandiri a/n Endang nugrahaningtyas : 123-00-0525-709-4 cabang cikini jakarta
atau 
rek bca a/n nefsari rahayu: 3422535001. cabang matraman

Keikhlasan teman2 akan sangat membantu kesembuhan putri. Konfirmasi transfer ke bank mana, a/n siapa dan besarannya berapa bisa sms ke saya di 0816109977 (24 jam).

Sebagai informasi, kakek putri dulunya adalah atlet bola Indonesia  era tahun 70an, bernama abdul kadir. Miris sekali nasib keluarga alm bapak abdul kadir menjadi seperti ini, didera kemiskinan yang sangat memprihatinkan.

Terima kasih atas perhatian dan budi baik teman2 sekalian, semoga Allah memberikan balasan yang setimpal, aamiin.



-------------------------------------------------------------------------------------

 
postingan ini adalah email dari teman saya Endang Nugrahaningtyas, yang sehari2 bekerja sebagai Account manager Indosat. Di BBG Sters, dia cerita tentang #babyputri ini, jadi saya minta ceritanya diemail dan saya posting di blog agar lebih mudah menggalang dananya. 

Dia dan adiknya bersama  Sters  menggalang dana untuk baby putri ini..Mb Endang juga salah satu anggota persaudaraan dari Scream Team/ STers yang saya ikuti juga (FYI, STers hanya ber-24 orang). Endang ini adalah putri dari salah satu pendiri dompet dhuafa republika (Dr. Bambang Sukamto (alm))



 
kegiatan baksos STers yang pernah kita lakukan bisa dilihat disini :

1. 2009 : http://www.echaimutenan.com/2009/07/baksos-nurul-imanmakasi-semuanya.html
2.2010 : buka puasa on the road 
3.2011 : http://www.echaimutenan.com/2011/08/baksos-kerumah-autis-dhuafa.html
4.2012 : http://www.echaimutenan.com/2012/08/sisters-friends-with-love-at-rumah-senja.html

mengingat banyak kasus balita yang bergizi buruk, dan salah satunya adalah #babyputri ini. mohon kesediaan teman-teman sosmed, blogger atau siapa saja untuk bisa membantu baby ini seikhlasnya. Silahkan dicek dan dilihat keadaannya baby putri ini di RS Hermina Bekasi untuk melihat langsung lebih lengkapnya..

bantuan teman-teman semoga akan dibalas Allah SWT..

Bismillah semoga Putri sehat

ps : tidak ada rekening lain yang kami gunakan selain rekening milik mb endang dan mb nefrisa.contact person via telepon/sms juga hanya mb endang, dan via internet/blog/twitter melalui saya @catatansicucuth di blog ini.

terima  kasih semua postingan ini saya tutup yaaa... semoga yang telah membantu diberikan pahala dari Allah SWT

9 comments:

  1. makasih ya mamih echa..barakallah

    ReplyDelete
  2. terima kasih teman-teman semua,

    dimohon bisa langsung memberikan bantuan deposit ke RS Hermina Bekasi atau melalui kami (rek endang atau nefrisa)

    Tidak ke keluarganya langsung (nenek atau orangtaunya(misalkan tiba2 ada)), dikhawatirkan digunakan untuk keperluan lain bukan buat keperluan RS #babyputri

    terima kasih kepercayaannya :)

    ReplyDelete
  3. Cha, klo mw bantu anak ini coba aja dengan cara ini :
    Suci kirimkan surat ket tdk mampu dr lingkungan/rt/rw, fotocopy ktp perwakilan yg mengajukan, informasi tentang riwaayat penderita, cp person , foto ke email kami bundamaria2009@yahoo.com.
    Di Facebook : Bunda Maria Santa Perawan Suci
    NO SARA ya... They accept any different religion who needs help, it's only about how we can help this baby...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gitu ya ngie... siappp aku langsung rundingin sama teman2
      makasi banyak ya :*

      Delete
  4. perincian tgl 21 februari 2013

    1. Deposit Rumah sakit di kamar perina Rs Hermina bekasi minimal 10 hari biaya kamar per malam (biaya kamar permalam Rp 490.000) Rp 4.900.000

    2. Deposit kedua dari para donator Rp 6.000.000

    3. Pembelian sembako untuk keluarga ibu lies abdul kadir (nenek bayi putri) : Rp 327.214

    4. Pembelian obat untuk kakak putri (amel) yang sakit panas dan batuk (tempra, bisolvon, scots emulsion) Rp 74.200

    5. Total biaya Rs per tanggal 20 Pebruari 2013 Rp 6.300.000



    Sisa dana donasi di mandiri Rp 14.000.000

    Sisa dana donasi di BCA Rp 13.800.000

    ReplyDelete
  5. update : total dana per 22 feb 2013 42juta

    ReplyDelete
  6. update terakhir baby putri

    Bayi putri adelia, msk rs 18 pebruari dgn berat 3 kg di usia 3 bln, keluar dari rs di tgl 14 maret dgn berat 3,1 kg, plus tambah batuk, pilek, demam..namun sisi positifnya, putri sudah ada kontak mata, sudah ada reaksi dan nangisnya sdh keras, jemarinya sdh erat menggenggam jari kita apabila kita meletakkan telunjuk kita di telapak tgnnya yg mungil..krn sudah sebulan perkembangannya tdk significant dan biaya sdh membengkak, kita putuskan putri plg saja, tnyt dia membutuhkan skin contact, belaian, pelukan:-)alhamdulillah nyusunya lahap sekali dan setiap sejam mik sufor..semangad ya putri, banyak org2 yg peduli sm kamu ingin melihatmu tertawa, sehat, sembuh..kabulkanlah ya Allah, aamiin..

    --------------------

    putri sudah keluar dari rumah sakit 14 maret 2013
    dan diasuh tunggal oleh keluarga Endang N dan Nefrisa Rahayu

    ReplyDelete
  7. untuk selanjutnya silahkan langsung menghubungi mb endang dan mbak ayu...
    mengenai perkembangan baby putri dan kelanjutannya silahkan ditanyakan langsung pada mb endang n mb ayu..

    saya sudah menutup thread ini...jadi apabila ada dana yang didonasikan setelah ini harap untuk menghubungi mb endang secara langsung untuk bertanya..

    segala sesuatu hal yang berkaitan dengan baby putri selepas saya tutup postingan ini adalah bukan tanggung jawab saya..

    terima kasih semua bagi yang sudah menolong baby putri :) semoga Tuhan membalas kebaikan kalian semua

    ReplyDelete