Inspirasi Selebrasi Earth Hour Untuk Me- #XLamatkanBumi

 
Lilinku yang dinyalakan saat Earth Hour.

Tanggal 29 April 2014 kemarin, saya sekeluarga dan teman-teman dari Blogger Reporter ikut acara  puncak selebrasi Earth Hour di mall Living World. Rangkaian acaranya sendiri berlangsung pada tanggal 20-31 Maret 2014. Ini adalah acara Earth Hour pertama kali yang saya ikuti, dan saya sangat senang bisa menjadi bagian darinya. Excited!





Earth Hour di mall Living World


Earth Hour Celebration "One Hour Switch Off Your Lights"

Earth Hour ini adalah program dari WWF yang sudah berjalan sejak tahun 2007 dan diikuti oleh 150 negara (termasuk Indonesia), yang disetiap negara dan kota pasti ada perwakilan EH-nya. Begitu juga komunitas Earth Hour (EH) Tangerang yang merupakan bagian dari Earth Hour Indonesia. Para relawan komunitas ini disebut earth rangers berkomitmen untuk menjaga bumi. Untuk merayakan ulang tahun pertama EH Tangerang dan mengadakan selebrasi Earth Hour tahunan ini, maka digandenglah mall Living World, XL, The Body Shop dan pemerintah Tangerang.

Apa sih Earth Hour itu? Program EH ini merupakan simbol AKSI sukarela untuk menghemat energi. Caranya? Cukup mematikan lampu atau peralatan listrik yang tidak terpakai selama satu jam. Walau cuma 1 jam, tapi aksi ini bisa mengurangi pemadaman bergilir loh!. Menurutku aksi ini adalah langkah awal  untuk menginspirasi dan mengingatkan ke semua orang agar memulai gaya hidup hemat energi dan ramah lingkungan.

Leaflet Earth Hour

Suasana press conference Earth Hour

#XLamatkanBumi

Salah satu rangkaian acara EH ini adalah program Tress For Tomorrow. Dimana setiap pengunjung mall Living World bisa mendapatkan  satu dari 7 bibit pohon buah yang sudah disediakan secara gratis. Cukup belanja sebesar  Rp. 200.000 ditenant-tenant mall Living World, tukarkan struknya, dapat deh bibit pohonnya. Mudah kan? Program ini disambut antusias oleh para pengunjung. Lihat saja antrian pengunjung yang mau menukarkan struk belanjanya. :))

Para pengunjung living world mengantri bibit gratis dengan belanja Rp. 200.000

Selain itu ada juga Aksi Rampok Plastik. Jadi, setiap pengunjung mall Living World yang menggunakan tas plastik belanja akan di'rampok' oleh manusia plastik dan relawan EH. Tapi jangan khawatir, tas plastiknya akan diganti dengan tas daur ulang yang kece punya kok. Tahu tidak, cuma dalam waktu 3 jam saja hasil rampokan tas plastik sudah segunung. Bisa kamu bayangkan kalau ini terjadi disetiap mall dan disetiap kota... Bisa kamu hitung berapa banyak sampah plastik yang terkumpul? Mengerikan? Makanya, yuk mulai sekarang diet kantung plastik!.

Ini manusia sampah plastik, yang akan 'merampok' tas plastik belanja pengunjung mall Living World

Hasil rampok plastik yang dimulai jam 5 sore, dan saat jam 8 malam ini hasilnya! Banyak!

Disepanjang jalan lantai GF mall Living World, ada bermacam-macam stand para pendukung Earth Hour. Diantaranya ada stand komunitas Earth Hour Tangerang, stand hasil recycle ibu-ibu pkk, stand The Body Shop dan stand XL. Para pengunjung bisa belanja distand-stand ini karena banyak promo murah meriah. Contohnya saja stand The Body Shop yang menggelar diskon 25% untuk semua produk selama puncak selebrasi berlangsung. Atau stand XL yang menjual paket internet XL unlimited cuma Rp. 20.000 dijamin kencang internetan.


Berbagai booth di acara Earth Hour ini


Ramainya stand The Body Shop.
Di acara Earth Hour ini diskonnya 25% all item

Mumpung ketemu team leader The Body Shop, mari kita foto mbak e ^^. 
Biasa komunikasi via email, berkat Earth Hour bisa ketemu lagi.
Sehat-sehat ya bumil :*

Puncak Selebrasi Earth Hour 60+

Tanggal 29 Maret 2014 jam 8 malam adalah acara puncak rangkaian acara Earth Hour di Sky Garden lantai 2. Seluruh lampu di Sky Garden mall Living World akan dipadamkan (Switch off) pada jam 8.30-9.30 malam WIB. Dan pencahayaannya akan digantikan dengan cahaya lilin yang membentuk 60+. Kenapa harus 60+? Karena selama 60 menit lampu dimatikan ini, kita diingatkan untuk lebih mencintai bumi. Dan simbol + nya adalah harapan agar terus bisa berkomitmen untuk mencintai bumi.

Setiap orang yang memasuki wilayah Sky Garden akan diberikan lilin gratis yang nanti dinyalakan saat lampu dimatikan. Untuk para komunitas yang sudah terdaftar disediakan kaos yang harus dikenakan selama acara EH berlangsung. 

Pintu menuju lokasi earth hour 60+ di Sky Garden

Dilantai ini juga ada berbagai stand makanan dan minuman, stand cak ning Tangsel, stand kerajinan daur ulang, dan tak lupa stand XL. Para partisipan yang ikutan lomba foto EH juga dipajang dilantai ini. Coba dicek, siapa tahu kamu pemenangnya.

Banner #XLamatkanBumi

Pameran lomba foto Earth Hour 60+

Stand XL ada disini! Promo paket internet cuma Rp 20.000.

Saya baru pertama kali masuk ke lokasi Sky Garden, ternyata suasananya bagus ya. Dimalam hari apalagi, banyak hiasan lampu yang bagus-bagus bentuknya. Bayi saya suka sekali melihat lampu-lampu hiasnya, maklum dirumah tidak ada hehehe.

Suasana Sky Garden sebelum acara dimulai

Teman-teman dari BRID sedang santai menunggu acara dimulai.

Raffi juga menikmati indahnya Sky Garden, mall Living World

Dari jam 6 malam, para rangers sudah berkumpul di Sky Garden. Semua pakai kaos EH dan membawa lilin yang dibagikan dipintu masuk. Jam 8 malam, acarapun dimulai dipandu oleh MC kocak. Pembukaan acara ditampilkan tarian Lenggang Nyai dan wushu, pas banget loh dengan tema EH kali ini yang mengusung  tema budaya.

Tepat di jam 8.30 malam, lampu di Sky Garden-pun dimatikan. Dan para earth rangers langsung menyalakan lilin-lilinnya. Dan saat itulah lilin yang membentuk 60+ dinyalakan menerangi Sky Garden. Walau saat itu anginnya kencang banget, tapi panitia dan para rangers tidak pantang menyerah untuk menyalakan lilin 60+. Salut!

Acara puncak ini juga dimeriahkan dengan penampilan Classmate Journal, Recycled Percussion, Light Dance dan Endah N Rhesa. Saya hanya mengikuti sampai jam 9.30 malam saat lampu dinyalakan kembali, karena maklumlah bawa bayi gitu loh *membela diri sendiri  hehe.

Tapi, sumpah saya mau tahun depan ikut acara Earth Hour lagi :").  Terima kasih kesempatannya XL dan mall Living World, tahun depan ajak Blogger Reporter lagi ya ^^.

Pemandangan Sky Garden saat acara mau dimulai

Tarian pembuka acara

Earth hour 60+, satu jam lampu dimatikan dan digantikan lilin 60+


XL Unlimited Ikut #XLamatkanBumi

XL sebagai provider sponsor Earth Hour ini, ternyata juga tidak ketinggalan untuk menyenangkan para pelanggannya. Kali ini dengan produk internet XL unlimited yang gampang dan pas buat kita semua. Stand XL diacara ini menjual promo perdana XL Unlimited atau biasa disebut kartu XL-ku hanya dengan harga Rp. 20.000,-.


Booth XL siap unlimited me- #XLamatkanbumi

Apa sih paket internet unlimited dari XL ini? Apa bedanya dengan produk sejenis? Tentu beda :). Paket ini bikin kita bisa browsing dan update sosmed tanpa batas selama 24 jam dengan harga murah. Bayangin harganya cuma Rp.2000 sehari atau Rp 12.500 seminggu atau juga ada paket bulanan cuma Rp 49.000. Murah kan!


Ini nih paket internet XL Unlimited

Dengan kartu ini kita bisa akses UNLIMITED untuk :
1. Akses seluruh akun sosmed kita
2. Chatting pakai aplikasi hits di gadget kita, seperti WhatsApp, LINE, dll
3. Download film dan lagu sepuasnya
4. Streaming tanpa buffering
5. Browsing situs apa saja

Jadi intinya, mau ngapain saja kapan saja dimana saja setiap hari setiap detik pakai XL Unlimited, kita tidak akan khawatir kekurangan kuota untuk internetan. Yippie banget tidak sih!
Cara aktivasinya gampang, sama seperti kartu perdana lainnya. Tinggal masukkan kartu ke smartphone lalu registrasi kartu perdana ke 4444. Saya juga bisa langsung gunakan untuk sms dan telepon. Tapi jangan kaget kalau pulsanya cuma Rp. 1000 ya... Karena kartu perdana itu sudah otomatis paket sebulan internet unlimited,  sms gratis kesegala operator dan telepon gratis. Kurang apa lagi coba :)))).

Aktivasi mudah dan bisa langsung dipakai sms, telpon dan internetan loh.

Info paket internet unlimited yang bisa diakses di XL fitur

Mau dijaringan 3G atau tidak, sinyal tetap bagus dan internetnya kencang.
XL Unlimited gitu loh!

Paket internet memang banyak, tapi yang murah dan pasti yaaaa paket internet unlimited dari XL ini. Pas banget buat saya sebagai blogger yang diharuskan ON setiap saat. Kalau kemarin-kemarin saya bete karena akses internet lambat atau tiba-tiba habis kuota sebelum masa berlakunya selesai. Sekarang sudah tidak lagi dong, kan sudah pakai XL Unlimited. Yuk beralih ke paket XL unlimited, dijamin kesemsem deh.


Ini Aksi Kecilku Untuk #XLamatkanBumi , Mana Aksimu?


Sepulangnya dari Earth Hour, saya pikir-pikir ternyata selama ini saya sudah mulai menerapkan gaya hidup untuk menjaga bumi. Contoh kecilnya yaitu saya hanya mau pakai produk kosmetik yang No Animal Testing. Karena itulah, saya mau dilamar perusahaan The Body Shop sebagai buzzer mereka selama ini. Terbukti kan produk TBS tidak menggunakan tes pada hewan. Cocok banget kan buat saya yang sayang kucing.

Contoh lainnya, karena memiliki bayi, saya beralih dari pospak (popok sekali pakai) ke clodi (popok kain modern). Karena selain lebih irit (baca : emak-emak irit), menggunakan clodi ini bisa juga sebagai toilet training alami. Penggunaannya yang mudah tinggal cuci dengan sabun sedikit, dikeringkan, lalu pakai lagi ^^. Saya berusaha mengurangi sekecil mungkin penggunaan pospak. Tahu kan pospak itu tidak bisa direcycle dengan cepat? Yang ada malah akan menumpuk sampah pospaknya. Capek sedikit mencuci demi bumi tidak apa-apa kan?

Clodi. Image dari sini

Saat kemarin ke Earth Hour 60+, saya tertarik disalah satu stand kerajinan ibu-ibu. Mereka mendaur ulang bungkus bekas kopi. Lucu-lucu jadinya loh, ada yang jadi  dompet, tas, tempat tisu, dll. Kreatif bukan? Disana saya minta mereka mengajari bagaimana caranya. Iseng-isenglah daripada bungkus kopi suami dibuang setiap hari. Beli juga bisa sih, 30 biji Rp 2000,- diwarung kopi.

Cara membuatnya? Bungkus kopi dicuci dan dibersihkan dulu kemudian dikeringkan. Lalu bentuk sesuai keinginan. Biar rapi, harus sama warna lipatan luarnya jadi senada. Karena saya baru belajar, saya cuma bisa buat mahkota dan tempat tisu ini. Tadinya mau lanjut buat dompet, tapi bungkus kopinya yang habis. Hehehehe. 

 Cuci bersih bungkus kopi dan keringkan

Tinggal bentuk sesuai selera. Ini bando atau mahkota :D. 
Bisa juga membuat tas, dompet, kotak tissue dll

Ini kotak tissue buatanku ^^

Raffi dan Saski (anak tetangga) mencoba mahkota buatanku. Lucu dan kreatif kan?

Aksi Earth Hour bukan cuma aksi sehari atau sejam belaka. Ini adalah aksi kecil yang dilakukan semua orang diseluruh dunia untuk menyadarkan banyak pihak agar ikut serta menjaga bumi tercinta. So, mulailah dari diri sendiri. Bukankah segala sesuatu itu harus dimulai dari diri kita sendiri? Betul tidak?

Sayangi bumi, cintai bumi, #XLamatkanbumi ... Ini aksiku, mana aksimu? Now you can call me.... Earth Ranger!

31 comments:

  1. Senengnya Mbak.. sebenernya kalo earth hour, saya sekeluarga sudah menerapkan, bukan sejam lagi, tapi dari mau tidur sampai bangun tidur, cuma lampu jalan dan kamar mandi saja yg nyala.. *eh itu sdh earth hour ga sih Mbak?*
    Cubit gemezzz pipinya Raffi

    ReplyDelete
    Replies
    1. udahlah mak...kan yang penting matiin lampu yang gak kepake.. ^^
      aku kok rada2 gimana gitu tapi kalo matiin lampu kamar mandi xD

      Delete
  2. maaaaaakkk... kreatifff bangettt dengan bungkus kopinya.. buatin tutorial craft nya dong... gimana cara bikin kotak tissuenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIAPPP nantii dipostingan selanjutnya ya mak :* waiting2 nyiaaaa :*

      Delete
  3. wuih kreatif banget
    kmrn saya hanya matiin lampu doank pas #EarthHour

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gpp ^^ gitu juga udah mendukung earth hour ^^

      Delete
  4. Kalau tiap hari ada manusia kresek, negara kita akan sehat ya, Mama Rafi.

    Dapat banyak oleh2 dr acara iniii. Saya sih mau kalau diajak. Ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar taun depan coba buat disana idah...^^ bikin perwakilan EH

      Delete
  5. aiiihhhh mamanya raffi ternyata yaaa...kreatif bin telaten juga bikin ginian...acaranya keren banget...coba dekat pasti ikuttt....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sek requestnya tak pasang dipostingan lain....^^ aku yo masih belajar xD

      Delete
  6. Alvin juga pakai clodi mak waktu itu

    ReplyDelete
  7. Waaah lupa mematikan lampu pada tanggal itu. Tapii yang penting setelah seremonial itukan Mak.

    ReplyDelete
  8. Yaaay.... Echa kreatif bangeeet. Btw, aku jg ikutan lho earth hour kemaren lalu itu. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutan dibandung ya mbaa...ihiyy matiin lampu gelap2an :D

      Delete
  9. Chaaa kok pinter banget sih bikin kotak tisu dan mahkota gitu? Ajarin dunk! Kreatif! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sep sep nanti tak posting pegimana caranya yaaa^^
      masih belajar mbaaak e

      Delete
  10. wuiihhh kompliit ulasannya, puanjang rek..
    pokoe kueren.. kreatiif

    ReplyDelete
  11. Mak, saya penasaran cara bikin kotak tissuenya

    ReplyDelete
  12. Hooh kotak tissuene antik. Bisa dikembangkan jari macem2 wadah ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba bisa buat koleksi ladaka neh :D

      Delete
  13. Sering kali kita jumpai bahwa plastik memberikan dampak buruk untuk lingkungan. Oleh karena itu, mulai sekarang mulailah menggunakan Box yang terbuat dari kertas.

    ReplyDelete
  14. Sering kali kita jumpai bahwa plastik memberikan dampak buruk untuk lingkungan. Oleh karena itu, mulai sekarang mulailah menggunakan Box yang terbuat dari kertas.

    ReplyDelete
  15. tolong dong minta cara membuat kotek tissue nya boleh ga?

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^