Tips Menghadapi Tetangga yang Menyebalkan

Raffi bermain bersama anak-anak tetangga

Kita tidak bisa hidup sendiri, karena bagaimanapun juga kita tetap butuh orang lain -anonim



Kata-kata anonim itu benar loh...  Sepenyendirinya kita ternyata kita tetap butuh orang lain loh...Masih butuh supir taksi saat pergi keswalayan, masih butuh dokter untuk periksa atau kita juga masih butuh penjual warteg untuk beli  makanan jadi.

Betul tidak?



Tapi, namanya juga bermasyarakat. Sifat, watak dan kebiasaan orang kan bermacam-macam. Tidak semua harus cocok sama kita kan? Hayoo ngaku, pasti pernah dong punya tetangga yang menyebalkan? Kalau ketemu senyum atau ngobrolnya enak..tapi dibelakang kita ngegosipin ckckck... Ada lagi yang kalau dimintarin sumbangan untuk warga yang lahiran susahnya minta ampun, mending kalau ikutan nyumbang...kadang ada yang gak nyumbang tapi kemana-mana ngomongnya..Banyak deh contoh lainnya bagaimana ciri tetangga yang menyebalkan itu..



Kebetulan nih, saya sedikit bermasalah dengan tetangga karena mereka berisik. Kan sebelah rumah anak muda ceritanya. Orang baru gitu ceritanya... Yahhh namanya juga masih bujangan... Jadi, hampir tiap malam dia dan teman-temannya ngumpul bergadang dirumahnya. Mereka cekakak cekikik sampai kira-kira jam 12 malam.



Buat saya yang punya anak kecil, suasana rame (malam hari pula) bikin bete... Iya nggak? Capek-capek ngeloni anak sampai tertidur pulas, tiba-tiba dia terbangun gara-gara suara orang ngobrol atau ketawa keras-keras. Kadang juga bunyi mobil dan motor teman-temannya juga berisik...pokoknya pengen saya banjur air deh mereka.



Satu dua kali dia pernah ditegur satpam komplek, gara-gara ada beberapa rumah yang merasa kurang nyaman karena mereka berisik dimalam hari. Tapi, ternyata teguran satpam itu masuk kanan keluar kiri. Malah satpamnya kadang ikutan nongkrong depan rumahnya -_____-.





Pengennya sih marah kayak gini....



Saking sebelnya saya sampai gugling cara mengatasi tipikal tetangga seperti ini. Trus nemu artikel  menarik di Jurnal Lamudi. Walau yang dibahas beda, tapi beberapa tipsnya bisa saya tiru...hihihi.. Pas banget kan bisa langsung dipraktekkan.



Sayapun melakukan tips nomer 3, yaitu mengembangkan selera musik secara tiba-tiba. Naaahhh... kan dia gara-gara bergadang bangunnya siang sekitar jam 7 pagian. Mulai jam 5-6an saya langsung setel kencang lagu kesukaan Raffi popowpay... Terus berulang-ulang sampe bosen.. Raffi sih senang banget lagunya diputar terus menerus. Dan dia pasti sebel dengarnya *ngikik keras.



lagu popowpay

Tapi ternyata tidak berhasil...Akhirnya saya mempraktekkan tips nomer 5 dari artikel tersebut, yaitu bersikaplah dewasa. Jadi, setelah ngobrol dengan beberapa tetangga yang berdekatan, kami sepakat membuat petisi (*halah) bertandatangan warga komplek. Isinya teguran untuk menjaga kenyamanan lingkungan agar tidak berisik terutama dimalam hari saat warga pada istirahat. 

Dan taraaaaaa its worked!! Finaly!!
Coba dari dulu saya praktekkan tips-tips diartikel itu...pasti tentram lingkungan ini wkwk...

Baca deh artikel di http://www.lamudi.co.id/journal/lima-cara-terbaik-untuk-mengatasi-teman-rumah.. Tips-tipsnya mencerahkan kok!

Dan... bye  bye tetangga yang menyebalkan :D

35 comments:

  1. heheehehe..echaaa..kebayang nyebelinnya tetangga model begituuuuu...reseeh ajah yaaa....yang pasti tipsmu lumayan bermanfaat..untung di sini tetangga gue baik2 ajaaa..kalau ngga,kita banjur air #eeeh...

    ReplyDelete
  2. Kalau kayak gitu memang harus langsung ditegur mbak biar orangnya sadar ^_^

    ReplyDelete
  3. Pandaaa jangan ngamuk di sini yaa...haha
    Untunglah, tempat menetap skr tetanggaku baek2. Waktu merantau, tetanggaku mejikihibiniu n baek2 jg. Ada satu-dua yg nyebelin pasti wajar lah :)
    Pengalamanku, tetangga yg nyebelin biasanya 'diserbu' rame2 sambil bawa pak rt setempat :D

    ReplyDelete
  4. Samaa... saya jg kesel ma tetangga nih. Pengen marah kayak si panda :D

    ReplyDelete
  5. Ahahaha... ternyata bukan saya sajah... asekk ada temannya... bedanya klo disini yg nyebelin malah pak RT nya... saya pindah RT saja kali ya ^,^

    ReplyDelete
  6. Hmmm ...
    Kalau saya ... Akan saya selesaikan secara "adat" ...
    ... Terserah dia mau adat terminal yang mana atau lembaga pemasyarakatan yang mana ...
    Hahaha

    (Gayamu om ...om ,,,)

    Salam saya

    ReplyDelete
  7. oh ya ampun, dlu ngalamin pas ngekos mbak, pusing beneran, kadang udah ditegur pun ga ngaruh, akhirnya...dia nyadar sendiri kalo ganggu orang, setelah beberapa kali tidak sya tegur, hahahaha

    ReplyDelete
  8. emang sebel punya tetangga kayak gitu..
    Alhamdulillah bisa selesai dan berubah ya..
    Dan aku ngakak liat panda yg marah. uuuugh.andaikan bisa begitu kalo marah..hahaha

    ReplyDelete
  9. huahahaha itu sampe gagal pake cara lagu powpowpay gara2 masih kebluk jam segitu kali ya mereka

    Saya belum pernah ngalamin, sih. Semoga jangan sampeee :D

    ReplyDelete
  10. alhamdulillah tetangga saya disini baik2.. :) Pernah ada yg nyebelin pake banget nget nget, tapi akhirnya dia pindah juga.. :D

    ReplyDelete
  11. Hihi, begitu ya Mak...patut ditiru deh...cuma ini kasusnya, motornya yg always digeber kenceeeng bgt :( dari anakku bayi..hadeeh. Btw aku suka ilustrasi pandanya yg marah ....keren deh.

    ReplyDelete
  12. Lagu Po Pow Pay-nya terlalu slow ya, mereka malah seperti dininabobo-in...hihi
    Tipsnya menarik mbak :)

    ReplyDelete
  13. Eaaa..berarti aku lebih beruntung yaaak, hanya hewan peliharaan yang membuat teras rumahku berantakan dan merusak keset rumaaah...eheeeeem...
    Etapi aku kadang terganggu ama suara klakson tetangga malam-malam pualng kantor, secara maunya dibukain pintu... tapi suamiku bilang...sabaaaar..hadaaah,

    ReplyDelete
  14. Lagunya lucu :D sayang engga worked, tapi akhirnya worked juga dengan menegurnya :D
    Selamat yaa

    ReplyDelete
  15. Heh berarti gk dmana2 ya ttng ky gitu dan akupun punya pengalmn yg sama. Sdh posting jg sih d kompasiana n detik :)

    ReplyDelete
  16. Huaaa pernah banget mak, dulu pas di Jakarta. Padahal yah dia itu bukan ngekost atau ngontrak, tapi tinggal sama ortunya. Hadeuh kalo udah malem pada gitaran sampe jam 12-an, belom lagi temen-temannya yg klo dateng pada pake motor. Terus ketawa-ketiwi. Dulu kan I'am masih bayi, kebangung2 terus gegara dia. -____-

    ReplyDelete
  17. meluncur ke tipsny aah. btw memang selalu ada sih tetangga yang beitu dimanapun ya

    ReplyDelete
  18. ngikiiik baca yang mak echa setel kenceng musik kesukaannya rafi, kayanya itu tetangga bukannya keganggu malah makin nyenyak deh tidurnya mak, hhii
    Jadi, abis di petisi dia gak berisik lg? atau malah pindah rumah mak?

    Huaaa, jadi kangeen deh sama Rafii, pengeen gendong lagii pasti tambah berat sekarang yaaah :D

    ReplyDelete
  19. mungkin kalau aku sih langsung aku siram air bekas cuci piring deh mak

    ReplyDelete
  20. Pengalamanku lain lagi, Mak.tetangga banyak yg tukang fitnah tanpa kroscek dulu, alias bergunjing sani-sini... padahl, kita semua tau kan ya, fitnah itu lebih kejaam daripada fitnes... #eh..

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  22. mbak, klo menghadapi tetangga yg kepo, copy paste terus d bilang hsl karyanya dia, gerak gerik kita selalu d awasin n smp pengaruhin lingkungan sekitar utk berpandangan negatif kpd kita padahal justru qtalah yg jd victimnya dia bagaimana yah?, terima kasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mbak/mas...hmmm sabar ya... pasti hidup bertetangga emang ada aja yang gitu...:")
      Menurutku, keep calm and stay cool...yang penting kita nggak ngelakuin macem-macem.. Nanti juga capek seh biasanya ^^

      *puk2

      Delete
  23. Eeeh senasib mbak..tp sy sdh cb Tips demen putar musik...gak ngaruh....sdh bicara ke bapak kos..jg gak ngaruh...yang lebih menyebalkan lagi,sy cb bicara tlg jangan berisik, eeeh dijawabx gini : "sy juga bayar kos kok"...aduuuh sy dlm ati susah bener bicara dengan panci...

    ReplyDelete
  24. Saya juga ada tetangga rada sinting nih, dulu saya kedatangan tamu, ngobrol didepan rumah. Karena sudah jam 10 malam, akhirnya kami bicara agak pelan, tiba2 tetangga sebelah keluar, dan negur bilang jangan berisik. Karena saya merasa tidak berisik sayapun melawannya. Tapi saya ingat dia tetangga akhirnya saya mengalah. Eh tau2 besok2nya dia berisik lebih2 dari saya.. Mulai dari manasin mobil, ketawa2.. Rasanya mau saya jotos aja ni kalau bukan tetangga

    ReplyDelete
  25. Wakakak setan emang tetangga yg hobi berisik malam2. Tetangga baru gua yg cuma ngontrak jg belagu banget. Dr bongkar muat truk barang jam 11 malem, manasin gerung2 motor tengah malam, anjingnya ngegonggong jam 2 subuh gegara anak cewenya baru pulanh pacaran, rumaj dijadiin tempat kumpul keluarga ampir tiap hari, ababil alay yg ngapel tiap waktu tiap hari sampe larut malem. Serasa lingkungan situ punya dia kali ya, ga ngerasa ngegganggu tetangga kalo dipikirnya. Anehnya ortunya serasa membiarkan dan memberi contoh buruk buat anaknya. Ga pernah ada teguran buat anaknya itu. Boleh2 aja itu pacar anaknya ngendon di rumahnya sampe jam 12 malem, kdg gada org dirumah dr pagi sampe sore bis betah berduaan di dalam rmh ga keluar2

    ReplyDelete
  26. Ini tetanggaku malah double gan,dari anaknya sama aemaknya sama sama banyak bacot.. Seneng rumpi,n nonggo sesama kontrakan.. Sekali 2 kali ditegur ttp aja n yang bikin mblennek gan suaranya kenceng sekali SPT orang jualan di pasar,padahal anaknya masih TK gan cewek.. Ditegur,sekali,2 kali ttp aja.. Akhirnya gua teror yang punya kontrakan ..

    ReplyDelete
  27. Ini tetanggaku malah double gan,dari anaknya sama aemaknya sama sama banyak bacot.. Seneng rumpi,n nonggo sesama kontrakan.. Sekali 2 kali ditegur ttp aja n yang bikin mblennek gan suaranya kenceng sekali SPT orang jualan di pasar,padahal anaknya masih TK gan cewek.. Ditegur,sekali,2 kali ttp aja.. Akhirnya gua teror yang punya kontrakan ..

    ReplyDelete
  28. Ini tetanggaku malah double gan,dari anaknya sama aemaknya sama sama banyak bacot.. Seneng rumpi,n nonggo sesama kontrakan.. Sekali 2 kali ditegur ttp aja n yang bikin mblennek gan suaranya kenceng sekali SPT orang jualan di pasar,padahal anaknya masih TK gan cewek.. Ditegur,sekali,2 kali ttp aja.. Akhirnya gua teror yang punya kontrakan ..

    ReplyDelete
  29. Berisik ya.. Hmm Lo ditempat gua tiap hari.. Gua malah tetangga kontrakan alias rumah sendiri,singkat cerita.. Rumah gua tempatin dah hmpir 4 thn,setahun nempati tanah sebelah gua dibangun kontrakansekaligus 8 kontrakan dibikin rusun.. Tahun pertama kedua tenang tenang saja gak da yang berisik,kayaknya penghuninya juga orang menengah n tau etika.. Nah di tahun ke 3 mulai ada yang kosong 1 no.7 bussheet dah laki,bini,n anaknya yg masih TK suaranya kenceng banget yang nempatin.. Maaf SPT orang songong,pendidikan rendah,Lo ngomong SPT orang dijalan alias bengkak nengok.. Saya yakin 100% yg ngontrak disitu sering terganggu tp G enak Negor yg akhir2nya ntr dijawab sama sama bayar n bisa berantem.. Nah gua sebagai tetangga lama lama akhirnya GA kuat juga,akhirnya sekali dua kali gua tegor tolong suaranya jangan kenceng kenceng dengan BHS sopan n halus.. Tapi seminggu 2 Minggu kumat lagi,akhirnya yang punya kontrakan gua SMS,dan dikasih tulisan jangan berisik di kontrakannya ditempel di pintu masuk n keluar MA pak kos.. Agak reda sih tapi sedikit pe sekarang,akhirnya lama lama gua yg G betah rasanya.. Tapi gua sabar dulu karena yang 1-7 yang Laen orang2nya masih tau etika.. Gua berharap sih dia cepat minggat dari kontrakannya.. Hehehe..

    ReplyDelete
  30. Mba sy mengalami hal yg mirip , bedanya ini yg sll nangis anaknya n pulsanya sering lupa isi, gmn yak? D ulangi berkali2 malah galakdia, sy sbg owner ga bs negur wong suaminya j ga d dgr, ttga yg laen jg mulai berasa tp d tegur ga bs

    ReplyDelete
  31. Duh....mungkin sy yg dapat teman kos paling hancur udah kamar kosnya pas di depan Kamar gue, orangx jorok banget, piringx berhari—hari di dapur gak dicuci, tatoan, suka mabok, merokok, suka pake baju yang belum jadi, pulangx malem2 habis itu gedor2 pintu minta dibukain belum lagi berantem terus dengan pacarnya padahal perempuan duh...udah mengganggu ributnya minta ampun. Pusiiiiinggg....

    ReplyDelete
  32. saya bukan lagi suara ngobrol keras2 tapi nyetel musik kencang2 jam 11 malam mpe jam 12 malam mereka bukan tetangga saya tapi mereka ntar dari mana datngnya nongkrong dipencucian motor mobil yg notabene yg gk ditempati yang punya alias tempat usaha gk berpenghuni jadilah dijadikan anak2 abg nongkrong tiap malam itu gimana cara mengatasinya ? apa musti lapor pak RT saya udah tegur baik2 langsung tapi itu masuk telinga kanan keluar telinga kiri mkasih

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^