Stimulearn, Aplikasi Tepat Untuk Menemani dan Mengasah Perkembangan Kognitif Anak


Anak adalah hadiah yang sangat luar biasa dari sang Pencipta - anonim

[Lomba blog]

Benar kan? Semenjak anak hadir dalam kandungan, hingga lahir dan bertambah usianya, sebagai ibu kita pasti sangat mensyukuri anugerah itu. Dan sekarang, tugas kita sebagai orang tua untuk menjaga dan memberikan yang terbaik untuk anak.

Setiap anak membutuhkan nutrisi, keterikatan dan stimulasi dalam setiap kehidupannya. Dan kita harus pahami bahwa setiap tahap perkembangan anak berbeda satu sama lain dan sangat spesifik. Tugas kita jugalah untuk membantu mencapai perkembangan kognitif anak sesuai dengan tahapan perkembangannya.  Karena itulah dibutuhkan peran stimulasi untuk mengembangkan aspek kecerdasan anak : kognisi, fisik dan psikososial.

Asupan makanan untuk Raffi. 
Anak membutuhkan nutrisi makanan sehat, bergizi dan seimbang.
Saya menggunakan metode MPASI rumahan semenjak Raffi 6 bulan 

Kenapa harus kita? Ya iyalah, kita sebagai orang tua adalah orang pertama yang bisa menstimulasi anak untuk mendapat hasil optimal. Selain itu, saya selalu percaya anak yang mendapat kasih sayang itu akan tumbuh menjadi anak-anak yang terbaik. Karena itulah saya selalu mendampingi anak dalam hal apapun. Apalagi sekarang anak akrab dengan gadget karena dia melihat orang tuanya yang selalu memegang gadget. Jadi jangan salahkan anak kalau dia juga terobsesi dengan gadget. Jadi solusinya, kita harus memberi anak aplikasi media digital yang tepat dan dapat tetap berinteraksi dengan sekitarnya, sehingga perkembangan kecerdasannya dapat dioptimalkan.

Tumbuh kembang anak 1-5 tahun.
Horray, Raffi sudah bisa berjalan tanpa pegangan saat 11bulan :")


kemampuan anak 3-7 tahun

Stimulearn Hadir Sebagai Aplikasi Parenting Edukatif

5 kemampuan kognitif 

Sekarang telah hadir Stimulearn dari Dancow Parenting Center. Program yang dirancang dan dikembangkan oleh Nestle Research Centre di Switzerland ini bekerja sama dengan para ahli perkembangan anak dengan sistem ASQ (Ages and Stage Questionnaires). Jadi, selain kegiatan #belajarbersamabunda , Stimulearn ini juga bisa membantu mengasah perkembangan kognitif pada anak.

Diusia golden age (3-5 tahun) kita jangan sampai salah menstimulasi anak. Pada aplikasi Stimulearn ini sudah dipersiapkan berbagai permainan mendidik. Jadi, sambil bermain anak akan tetap terstimulasi 5 kemampuan kognitifnya dengan tepat, yaitu

1. Psikomotorik
Kemampuan gerak seluruh tubuh sesuai dengan umurnya untuk menyalurkan ide, pemikiran dan perasaan bisa menggunakan aplikasi stimulearn Pearl Island.

2. Perhatian
Anak harus kita ajari untuk konsentrasi dan bisa menyerap informasi yang dia perlukan. Mr Skylab adalah aplikasi yang sesuai untuk melatih kemampuan atensinya secara interaktif bersama kita.

3. Bahasa
Pengenalan berbagai macam kata dan kalimat yang baik harus dimulai dari kecil. Apalagi pada pengucapan kata yang kita sebagai orang tua harus mengajarinya. Story House merupakan aplikasi yang sangat bagus untuk mengajarkan bahasa yang baik pada anak kita.

4. Memori 
Menstimulasi daya ingat sejak dini itu bagus loh, caranya dengan selalu mendengarkan dan merespon positif ingatan anak. Forgotten castle diciptakan oleh Dancow untuk menstimulasi daya ingatnya agar terasah dengan baik

5. Penyelesaian masalah
Bisa kita stimulasi dengan mengolah angka dan logika. Di Stimulearn ada Island Market yang akan melatih sikecil asyik berhitung dengan berbelanja.

Cara memiliki aplikasi stimulearn ini sangat mudah dan ternyata gratis loh. Tinggal cari di application store dan download ^^.

Cara download

Diapp store cari saja stimulearn 

Aplikasi stimulearn dilayar hp

Setelah itu buat akun baru dan data anak, taraaa aplikasi siap digunakan. Kita bisa menambah jumlah anak yang kita mau didata anak. 

Register untuk membuat akun


Masukkan biodata dengan benar


Masukkan biodata anak


Lajur disebelah kiri untuk melihat menu

Badge setelah memainkan game

Akun

Dipengaturan, kita bisa mereset semua data yang ada termasuk poin yang sudah kita capai.

Download games di stimulearn island. Disini ada banyak 5 games dan selama permainan Mr Sunny akan menemani keseluruhan dipermainan ini. Jangan lupa untuk selalu login saat akan memainkan gamesnya, karena semua poin dan kecepatan bermain akan ada reportnya. Jadi, kita bisa tahu anak kita harus diasah kemampuan apa lagi sehingga lebih maksimal.


Sunny yang akan membantu dalam stimulearn Island






Aplikasi games Stimulearn di App Store

aplikasi stimulearn di hpku


Jangan lupa untuk selalu login disetiap games


Setelah menyelesaikan games, akan muncul pop up seperti ini 
Disertai tips yang sesuai untuk anak kita

Bermain Konsentrasi Dengan Mr Skylab


Mr Skylab, aplikasi ini ditujukan untuk melatih konsentrasi dan perhatiananak. Game ini tidak terlalu sulit dan bisa dimainkan oleh segala usia. Permainan semacam puzzle ini melatih anak kita untuk berfikir sesuatu itu cocok atau tidak juga. Disini anak akan bermain memasukkan potongan gambar yang tepat dan merangkai gambar melalui potongan puzzle. Ada beberapa tingkat kesulitan, jadi kita tetap dampingi anak.

Tujuan memperbaiki gambar yang ada didalam permainan ini akan membantu memperkuat kemampuan memori, psikomotorik anak, pengenalan pada bentuk dan gambar serta pemecahan masalah (problem solving spasial).

Ada 2 mode, mode bentuk dan mode klasik

Ini permainan mode bentuk
Ada 6 tahapan kesulitan mencocokkan potongan gambar sehingga menjadi gambar yang utuh

Gambar yang harus disempurnakan 

Gambar setelah disempurnakan dengan potongan gambarnya


Mode klasik ada 6 gambar. Kita bisa atur jumlah potongan puzzlenya ada berapa, ada 6,25 dan 30.



Gambar puzzle

Petunjuk cara memainkan games Mr Skylabs

Membaca Cerita Interaktif dengan Story house



Pertama kali download, saya langsung tertarik dengan story house. Karena biasanya setiap mau tidur saya selalu membacakan buku cerita pada Raffi dan selalu memberi pilihan beberapa buku untuk dipilih, walau saya tahu dia belum mengerti memilih buku hanya bisa menunjuk.

Pada aplikasi ini kita bisa merekam suara saat bercerita dan ini akan mengembangkan kemampuan bahasa dan atensi anak

Ada 3 cerita

Warna merah pada tulisan menunjukkan ucapan sang tokoh.


Ada 4 efek yang bisa digunakan untuk menghidupkan cerita

Kita juga bisa merekam suara kita sesuai cerita yang ada, agar anak lebih kenal suara kita
Disetiap halaman kita bisa merekam suara kita yang sedang membacakan cerita,
Nanti kita tinggal tekan playback

Petunjuk menggunakan story house

Mengingat dengan Forgotten Castle



Permainan mencocokkan gambar. Bila salah menjawab akan diberi -5 dan kalau menjawab benar +20. Bila semua sudah berhasil dipasangkan kita menang. Disini anak akan dilatih daya ingat dan menyelesaikan masalah.

Ada 3 tingkat kesulitan

Perisai yang belum dibuka
mencocokkan perisai

poin bila menjawab benar +20 dan bila menjawa salah -5

Perisai sudah dicocokkan semua berarti menang
Petunjuk menggunakan Forgotten Castle


Berbelanja Asyik lewat Island Market



Ini adalah game pengantar sederhana berbelanja dengan asyik untuk berhitung dan menamai benda-benda, menimbang makanan, membantu perkembangan bahasa, daya ingat, atensi dan menyelesaikan masalah (membayar jumlah tepat pada tukang kios).



Ada 2 games, permainan gratis dan daftar belanja

 Permainan daftar belanja, kita sudah diberi list yang akan dibeli.

Barang yang dibeli akan ditimbang lalu sudah sesuai daftar belanja akan masuk ke keranjang belanja

Setelah belanja, kita harus membayar. Ada yang dengan uang dan kartu

Bila uang yang dikasih kurang tepat akan ada notifnya

Setelah membayar, pemilik kios akan mengucapkan sampai jumpa

Petunjuk menggunakan Island Market


Pearl Beach,  Melatih Psikomotorik Dengan Bergoyang Menempuh Labirin


Pada game ini, kita menuntun tiram mungil menempuh labirin berliku. Jangan lupa untuk hati-hati dengan raja kepiting dan segeralah lari kelaut. Permainannya seru, karena kita harus menggoyang-goyangkan handphone saat menuntun si tiram mencari jalan keluar kelaut. Game ini akan melatih prsikomotorik anak agar lebih berkembang baik, karena semuanya bergerak.


Tiram mungil dituntun

Petunjuk menggunakan pearl beach


Stimulearn dan Keluargaku


Saat Raffi menginjak usia 1 tahun, jujur saya bingung harus menstimulasi bagaimana untuk perkembangannya. Soalnya, rata-rata referensi dibuku cuma sampai usia setahun dipaparkan milestone lengkapnya. Untuk motorik kasar, Raffi sudah  bisa berjalan. Jadi, sekarang saatnya saya harus banyak melatih motorik halus dan berbicara. Apalagi Raffi bicaranya masih belum jelas walau ngocehnya tidak berhenti seharian.

Thanks to KEB, akhirnya saya mengenal aplikasi stimulearn ini. Semenjak download aplikasi ini, saya selalu membacakan story house untuk Raffi. Dan dia excited banget, apalagi saat saya merekam suara dan menambahkan efek suara yang disediakan saat bercerita. Cerita yang biasa dia dengar dari buku sangat berbeda dengan yang ada di stimulearn, karena lebih hidup dan interaktif. Ini bisa saya nilai pada saat setelah saya selesai bercerita, Raffi langsung tepuk tangan dengan sendirinya. Kemampuan bahasa Raffi pasti akan bertambah dengan aplikasi ini.

Yang bikin aplikasi ini sangat mudah digunakan bahkan oleh orang yang gaptek sekalipun, karena akan selalu ada tipsnya. Jadi, tidak perlu bingung saat menggunakannya. Saat pertama kali login, kita akan diarahkan untuk memainkan games yang sesuai usia anak. Ketepatan, point dan ketangkasan anak saat memainkan games itu juga akan ada reportnya, jadi kita bisa mereview apa sih yang perlu kita stimulasi agar anak diasah perkembangan kognitifnya. Dan apabila anak berhasil menyelesaikan game, maka akan ada badges yang lucu-lucu. 
  

Report Raffi dan tips untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak

Badges


Raffi mencoba mendengarkan cerita  di Story House

Setelahh download dan mencoba aplikasi ini, jangan lupa tulis reviewmu ^^

Mungkin bila aplikasi permainan dan report ini dibuat lebih simpel jadi 1 aplikasi dengan kuota yang lebih kecil akan lebih enak lagi digunakannya, karena tidak memerlukan memori banyak digadget. Apalagi kalau sudah bisa diakses di android, bisa makin canggih kayaknya. Selain itu, mungkin bisa dikembangkan aplikasi games versi usia kurang dari 3 tahun. Karena 1000 hari pertama anak kan juga membutuhkan aplikasi yang bagus untuk stimulasi perkembangannya. Dan sebagai pengguna games story house yang cocok untuk usia Raffi 1 tahun ini, mungkin ceritanya bisa lebih bervariasi lagi.

Selebihnya, saya suka aplikasi ini. Dan pertama kali saya gunakan pada Raffi, dia juga suka...sangat suka..



Saya dan Raffi sudah menggunakan aplikasi dan games stimulearn aplikasi ini, kamu sendiri bagaimana?


Mengenal Stimulearn Aplikasi Dancow 



Postingan blog ini diikutsertakan dalam lomba blog StimuLearn Aplikasi kerja sama Kumpulan Emak Blogger dan DANCOW Parenting Center

15 comments:

  1. komplit banget, semuanya ada jadi bisa membayangkan seperti apa aplikasinya, maklumlah belum punya IOS dan ga dapat pinjaman juga hehehe, jd aku ga bisa ikutan mbak, good luck ya mbak

    ReplyDelete
  2. Looks like a god app..sayang di US ngg masuk cha appnya...games et infonya banyak, moga2 raffi suka..bon chance!

    ReplyDelete
  3. Ya ampuuuunnnn semangat banget ini.. lengkap bener itu step2nya.. mantap makcuth.. jadi jelas dan gampang praktekinnya hihihi :D

    ReplyDelete
  4. Aseek, Raffi ajarin Ubii main biar dapetin badges juga doonngg ^_^
    Makcik, mampir ke lapak eke juga yuukk :p

    ReplyDelete
  5. rejeki Raffi menanti (lagi) di depan mata ini mah..
    Amiiiiiiiin..

    Sukses maaak..

    ReplyDelete
  6. Lengkaaap bingit, gutlak buat lombanya ya mak wcha 😘

    ReplyDelete
  7. Lengkap dan komplit. Good luck lombanya ya.

    ReplyDelete
  8. wuish,komplit bennerrr makk....gudlak ya mak :D

    ReplyDelete
  9. semua ada disiniii... kece mak. makin gede Raffi makin pinter nih mainin aplikasi Stimulearn ini nih. bs2 rebutan hp yaaa.. hihi..

    ReplyDelete
  10. ini postingan lengkap banget !! thanks echaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  11. artikel yang sangat bermanfaat...terutama untuk orangtua yang memiliki anak usia balita.....nice share....keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  12. Supppeerrr lengkap kap kap. Good luck yahhhh

    ReplyDelete
  13. Jiaaah, Raffi udah pegang ipun. . .
    Game yang ada di aplikasi apik juga ya. Pingin njajal.

    ReplyDelete
  14. Lengkap banget yaaaa....sampe2 nyemperin nulis review, cakep!
    Selamat ya mak ;)

    ReplyDelete
  15. Jadi penasaran dengan aplikasi ini, reviewnya lengkap banget hehehe

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^