Festival Kuliner Serpong 2014 : Menikmati Pesona Sulawesi Melalui Makanan

 
Saya sudah ke Festival Kuliner Serpong 2014 loh!

Sulawesi memiliki makanan yang beragam dan enak rasanya- Andre, backpacker

Tapi benar kan kata Andre tadi? Pulau Sulawesi atau Celebes ini merupakan kepulauan terbesar ke-11 di dunia yang memiliki panorama indah dan makanan khas enak-enak. Sulawesi memiliki wilayah yang sangat besar, sehingga membuat kulinernya juga beraneka ragam. Sebut saja sop konro, bubur manado, coto Makassar atau es pisang ijo yang akrab ditelinga kita. Mengingatnya makanan itu saja sudah terbayang kan kelezatannya? 

Nah, karena pesona Sulawesi itulah pada tanggal 15 Agustus 2014 hingga 7 September 2014 lalu diadakan  acara tahunan Festival Kuliner Serpong 2014 ( #FKS2014) yang bertempat di parkir selatan Summarecon Mal Serpong dengan mengusung tema Sulawesi Nyamanna Pe' Sadap. 

Tujuan diadakan festival tahunan kali ini adalah untuk mengenalkan dan melestarikan aneka kuliner sulawesi pada masyarakat. Tidak tanggung-tanggung, banyak stand yang diisi dengan penjual asli dari Sulawesi sendiri. Jadi, kita tidak perlu-perlu pergi keSulawesi untuk merasakan makanan khasnya, cukup datang ke Festival Kuliner Serpong 2014 dan taraaa semua tersedia....

Celebes atau pulau Sulawesi 
(gambar dari sini)

Saya berkesempatan untuk menikmati festival kuliner ini di acara blogger preview tanggal 23 Agustus 2014 kemarin. Selain menjelajahi FKS 2014, saya juga diperkenankan ikut tur ke SDC Serpong.

Untuk datang ke Festival Kuliner Serpong 2014 sendiri sangat mudah, karena ada di Summarecon Mal Serpong yang memang gampang aksesnya. Mau naik kendaraan pribadi atau umum bisa semua ditempuh. Saya kemarin naik motor agar lebih mudah saat mencari tempat parkirnya. Dan lokasi #FKS2014 ini  langsung bisa kita lihat diselatan pintu masuk utama Summarecon Mal Serpong.


Jam operasional FKS 2014


Registrasi blogger preview

Shuttle bis Summarecon Mal Serpong dan Summarecon Digital Center. Gratis!

Setiap blogger akan mendapat voucher belanja dan kartu FKS 2014 bersaldo 100ribu

Isi goodie bag Blogger Preview.
Terima kasih ^^, kata suami saya kopi torajanya enak.

Jadi, apa saja kehebatan Festival Kuliner Serpong 2014 kali ini? Ikuti terus yuk cerita saya..... 

Festival Unik yang Kaya akan Budaya Sulawesi


Saat pertama kali menginjakkan kaki di Festival Kuliner Serpong 2014 ini, suasana Sulawesi langsung terasa. Bagaimana tidak, bunyi instrumen alat musik, kolintang dan pengamen Sulawesi ada disepanjang hari. Kalau kata pendapat teman yang asli Makassar sih, datang ke festival ini seperti berada dikampung katanya.



Rumah adat toraja tongkonan menjadi ciri khas stand di FKS 2014 ini. 


Selain itu desain stand yang menyerupai rumah adat Toraja mendominasi #FKS2014 ini. Atap bambu  rumah adat ini menyerupai perahu. Rumah adat yang menjadi simbol spiritual ini dikemas dan disajikan lengkap detilnya, mulai dari bagian depan rumah yang ada kepala kerbaunya hingga corak etnik ukiran khas Sulawesi. 

Selain itu juga ada bangunan yang berbentuk miniatur mercu suar, yang merupakan tempat informasi untuk Festival Kuliner Serpong 2014 ini.


Pusat informasi yang berupa mercu suar



Tidak lengkap Sulawesi tanpa kapal pinisi kebanggaannya. Kapal yang dibuat tanpa peralatan modern ini telah terbukti tangguh mengarungi samudra sejak dulu kala. Kapal kayu yang dibuat oleh suku Bugis Makassar yang tinggal didaerah pesisir Sulawesi ini juga dihadirkan pada Festival Kuliner Serpong 2014  ini.

Kapal pinisi di FKS 2014 ini digunakan sebagai panggung yang ada ditengah area festival. Dipanggung ini setiap harinya MC akan memandu di jam-jam tertentu. Dipanggung ini juga banyak sekali acaranya, ada penampilan tarian khas Sulawesi yaitu tarian Pa'duppa, Pa'gellu dan Lenso diacara pembukaan, atau ada juga penampilan artis Ermy Kullit dan Kamasean Idol. 

Kapal pinisi ditengah FKS 2014

Diacara blogger preview 23 Agustus 2014, dipanggung kapal pinisi juga ada Gading Night Carnival dan pertunjukan kembang api loh. Para pengunjung sambil menikmati makanan, juga dapat menikmati kembang api yang keren dilangit. Sayang waktu itu saya harus pulang duluan karena anak ngantuk, jadi tidak sempat mengabadikan momen-momen itu. Tapi, cukup terobati kok dengan video dan foto-foto yang teman-teman blogger lain posting ^^.

Selain itu, lelang gadget murah yang biasanya di SDC, sekarang diadakan dipanggung pinisi ini. Jadi, semua pengunjung juga bisa ikutan bidding langsung harga di FKS 2014.

Salah satu pemenang lelang 
(Dokumen foto milik Summarecon Mal Serpong disini)

Suasana selama berada di FKS 2014 ini semua berbau khas Sulawesi. Para pegawai FKS 2014 hingga pegawai mal SMS ini juga meramaikan dengan menggunakan pakaian khas Sulawesi selama acara berlangsung. 

Saya mengunjungi FKS 2014 ini dari pagi hingga malam dan semuanya ramai pengunjung. Semua antusias untuk mencicipi keanekaragaman masakan Sulawesi dan keunikan dekorasi difestival ini. 

Tempat makan untuk para blogger








Mau suasana malam atau siang tetap enak untuk didatangi.
Pengunjungnya juga selalu ramai.


Petugas Valley juga berbusana daerah

Pakai baju khas Sulawesi selama diarea FKS 2014



Datang ke #FKS2014 harus tetap eksis kan? Tenang, disini disediakan internet gratis. Tinggal login dengan username FKS2014 dan password FKS2014, kita bisa internetan terus saat menikmati kuliner disini. Tidak tanggung-tanggung, kalau kita eksis ikutan share foto #FKS2014 diinstagram, kita bisa memenangkan hadiah voucher total 2 juta rupiah loh. Mau eksis tapi baterai lowbat? Tempat untuk charger gratis ada juga lohhhh disini.

Photobooth

Lomba foto instagram #FKS2014



Jangan khawatir disini disediakan tempat untuk mengecash handphone dan alat elektronik 
tanpa dipungut bayaran.


Anak Juga Happy di FKS 2014

Semenjak memiliki anak, playground dan kenyamanan anak selalu saya perhatikan saat datang kesuatu tempat. Termasuk juga di Festival Kuliner Serpong 2014 ini, saya yakin  Raffi betah karena disini ada playground yang berada tepat didepan pintu masuk FKS 2014. Sebenarnya playground ini memang sudah ada di Summarecon Mal Serpong yang memang mal untuk keluarga. 

Selain itu, di FKS 2014 juga ada permainan odong-odong untuk anak dan berbagai jajanan masa kecil, seperti es potong, harum manis dll. Orang tuanya juga bisa nostalgia kembali kemasa kecil, seperti grup hits 80's ke 90's yang sekarang lagi tren disosial media. Nah, di FKS 2014 ini makanan-makanan jaman dulu juga pada jual lohh ternyata... 

Orang tua bisa menikmati makanan yang enak-enak dan anak juga bisa tetap bermain dengan riang. Semuanya bisa fun kan di FKS 2014 ini.



Playground yang berada tepat dipintu masuk Festival Kuliner Serpong
Free!

Tetap dampingi anak di playground ya ^^

Odong-odong


Jajanan masa kecil juga ada disini
Pas banget kan, apalagi  lagi pada nostalgia  digrup FB 80's 90's :)))
Jadi kangen masa kecil :")


Metode pembayaran yang unik

Untuk dapat menikmati makanan yang tersedia di FKS 2014, jangan lupa untuk menggunakan kartu khusus yang bisa diisi saldo. Kartu ini hanya dapat dibeli di booth loket kasir FKS. Pengisian kartu dapat dilakukan dengan  menggunakan kartu kredit, kartu debit BCA dan uang tunai. Pengisian kartu dengan debit minimal 50ribu dan dengan kartu kredit 100ribu. Dan untuk setiap pembelian minimal 100ribu, kita akan mendapat kupon undian berhadiah 1 buah vespa primavera.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, setelah memesan kita tinggal menyodorkan kartu saldonya. Dan setiap setelah bertransaksi, kita akan mendapat struk yang berisi harga makanan yang sudah didebet dan jumlah saldo yang tersisa dikartu. Jangan lupa untuk selalu mengecek agar tidak terjadi kesalahan menghitung saldo saat didepan kasir. Gampang kan?

Kartu untuk pembayaran di FKS 2014


Pemenang undian FKS 2014 berhadiah vespa primavera
(Dokumen foto milik Summarecon Mal Serpong dari sini)

Festival Kuliner yang Cinta Lingkungan

Ada satu yang menarik perhatian saya disini, ternyata Festival Kuliner Serpong 2014 ini sangat peduli pada lingkungan dan global warming yang mengkhawatirkan. Caranya yaitu dengan mengajak para pengunjung mengikuti program Bring Used Bottle. Gampang saja, hanya dengan mengumpulkan 5 botol plastik kosong bekas pakai maka pengunjung akan mendapat 1 kupon undian berhadiah. Hadiahnya banyak loh....

Selain itu, setiap 20 pengunjung pertama setiap harinya akan mendapat recycle bag gratis yang kece.

Bring used bottle

botol bekas yang sudah dikumpulkan para pengunjung

Pemenang undian Bring Used Bottle
(Dokumen foto milik Summarecon Mal Serpong sini)

Makanan Sulawesi yang Mempesona

Stand makanan di FKS 2014

Di Festival Kuliner Serpong 2014 ini ada 67 stand  dan 27 gerobak makanan. Bingung kan pastinya mau makan yang mana duluan? Tenang, semua makanan di Festival Kuliner Serpong 2014 ini enak-enak banget. Beneran! Proses seleksi pedagang kuliner di FKS 2014 ini ketat loh, jadi kalau untuk masalah rasa  saya pikir tidak usah diragukan lagi. Saya mencoba 10 stand makanan, dan kesemuanya enak ^^ Nyamanna' Pe Sadap!!

Apalagi setelah saya tahu demi menjaga kualitas rasa yang khas, beberapa pedagang kuliner sengaja didatangkan langsung dari Sulawesi. Pantas rasanya sama seperti saat saya mengunjungi Sulawesi waktu itu. Jadi, jangan takut rasanya beda dengan kita makan ditempat asalnya atau tidak enak ya... Dan yang penting, kita tidak perlu jauh-jauh ke Sulawesi untuk menyantap masakan lezat itu tentunya... ^^

Es Pisang Ijo dan Bebek

Cahaya Oleh-oleh yang super lengkap


Cemilan khas Sulawesi.
Bentuknya porsi jumbo loh

Sate, dagingnya besar-besar kan?

Sop Konro yang antriannya panjang banget.
Panteslah soalnya rasanya lezat banget

Seblak basah
Baru tahu seblak bisa dibikin basah, tapi enak kok

Dibeberapa stand makanan memang ada yang antriannya panjang, tapi jangan salah rasanya memang enak kok. Salah satunya yaitu coto Makassar COTOTA yang datang langsung dari Sulawesi. Antrian yang panjang terasa dibayar lunas saat merasakan coto Makassarnya. Cuma satu kata eeenaaaaaaaaakk. Puas banget rasanya,..

Dan yang saya suka di FKS 2014 ini, cara penyajian makanannya diperlihatkan pada pengunjung. Jadi, kita bisa lihat kebersihan dan kerapihan mereka saat mengolah makanan hingga sampai kekonsumen. 

Coto Makassar Cotota

Ini dia cotonya

Cara penyajiannya rapi dan bersih langsung didepan konsumen 

Kalau kita perhatikan diantara stand-stand ini, ada beberapa stand makanan yang diberi label non halal. Yup, untuk para pecinta kuliner yang menyukai masakan itu juga tetap bisa menikmati distand yang diberi label non halal. Lengkap kan ^^.

Salah satu stand yang diberi label non halal untuk para kuliner mania

Salah satu stand yang halal masakannya

Bagaimana? Keren kan? Di Festival Kuliner Serpong 2014 ini mulai dari yang muda hingga yang tua semua bisa menikmati masakan dan kemeriahan yang ada disini. Kita tidak perlu jauh-jauh ke Sulawesi untuk mengagumi pesonanya, cukup datang ke Festival Kuliner Serpong 2014 dan nikmati kelezatan masakan khas Sulawesinya. Dijamin nyesel deh yang tidak datang^^. Tapi tenang..ini kan acara tahunan, pasti akan ada lagi tahun depan dengan konsep dan acara yang lebih meriah lagi tentunya. 

Sampai jumpa di Festival Kuliner Serpong tahun depan!

22 comments:

  1. Seruuuuuuu.....makanannya bikin ngenceeees hihiii...sukseeees kontesnyaaaa

    ReplyDelete
  2. wew, seruuu yaa kayaknya, tempatnya kereen. sukses mak ngontesnyaa ;)

    ReplyDelete
  3. Ooh yatuhaann... aku ngiler liat sate. Hmm... inj ulasannya lengkap bgt loh. Serada bikin gigit jari liat semua foto2nya jg. Untung pernah ke makassar udh pernah nyicip beberapa hihi

    ReplyDelete
  4. komplit reviewnya...klo dilihat dari pakaiannya, mak echa lebih dari satu kali ke sana ya...ketagihan icip2 nya ya...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak tinggal ngglundung dr rumah xixi

      Delete
  5. haduh foto makanannya bikin ngiler mak :)

    ReplyDelete
  6. Makciikkk, komplit bangeeett. Ya tulisan, ya gambar. Enak ya kalau main-main tapi si kecil bisa ikut having fun. Itu bisa nostalgia juga? Wuih mantaapp. Sukses yaaaa ^_^

    ReplyDelete
  7. Weitsss..total lagi nih Mbak Echa..ada videonya pula...makanannya bikin ngiler dan ngences, hihihihi

    ReplyDelete
  8. bebek yg non halal vs halal emang dikasih apaan mak? keren liputannya, berasa di sana, good luck ya mak :-)

    ReplyDelete
  9. iyess, makanan makasarnya panjang gilaaaa antrinya :) ahahaa...komplit mbak, informatif sekali, good luck, semoga sehat selalu ya mbak :)

    ReplyDelete
  10. Lengkap banget.Gak datang pun serasa ikut menikmati suasananya.Good luck mak

    ReplyDelete
  11. hiks, waktu saya bertabrakan banget sama festival ini. Padahal jarang ada festtival kuliner serpong.

    Seperti biasa, Mak Echa selalu totaaaall ^_^

    ReplyDelete
  12. ngilerrr..kangen kampuuung huhuhu

    ReplyDelete
  13. Penasaran sama kopi torajanya :)
    Penasaran juga sama kehebohan FKS dan Summarecon Serpong, tapi belum sempat datang :(

    ReplyDelete
  14. Maaaak, reportasemu bikin ngences deh... seru banget! Nyesel ga sempat ikutan euy!
    Btw, sukses yaaaa. :)

    ReplyDelete
  15. Selalu aja ngiri kalau baca postingan kulineran di serpong. Gila, tempatnya asyik banget makanannya juga kelihatan enak semua

    ReplyDelete
  16. Ngiri maksimal klo acara beginian .....

    ReplyDelete
  17. Wah,liputannya seru..foto-fotonya bagus-bagus. emang makanannya enak-enak ya.. jadi ngiler lagi deh :) hehehe

    ReplyDelete
  18. kunjungan perdana ni bu, salam kenal ya

    ReplyDelete
  19. udah lama banget ga mampir.
    ripiunya kece badai :D

    ReplyDelete