Aplikasi Pintar PLN untuk Pelanggan Cerdas #ideKUUntukPLN

Seluruh peserta blogger bicara "Ideku untuk PLN"



Listrik adalah hal penting bagi kita semua. Setuju kan? Bisa dibayangkan apabila kita tidak ada listrik? Pasti sunyi dan sepi, selain itu malam akan gelap gulita karena tidak ada lampu yang menggunakan listrik. Buat kita kaum urban yang tidak bisa jauh dari listrik, listrik itu sangatlah penting. Entah untuk menghidupkan komputer, menonton tv, memasak pakai kompor listrik, mengecash handphone dan bagi saya pribadi listrik itu tidak lepas dari pendingin ruangan dirumah (AC). Sebagai ibu yang memiliki bayi, kalau AC-nya tidak menyala bayi saya pasti langsung keringetan, kepanasan dan berujung pada rewel. Repot kan kalau listrik mati?

Listrik ini tidak bisa lepas dari peran PLN (Perusahaan Listrik Negara), yaitu perusahaan listrik yang 100 % dimiliki oleh Negara Republik Indonesia. Perusahaan listrik yang terintegrasi dengan total kapasitas terpasang 46.103(MW). Wow!

Tanggal 21 September 2014 diacara blogger bicara ideku untuk PLN kemarin, banyak sekali info yang saya belum tahu tentang PLN. Mereka setiap tahunnya selalu berusaha membuat kinerja menjadi lebih baik. Walau pada saat sesi tanya jawab diacara ini, teman-teman blog diberi kesempatan untuk curhat dan mengkritik kinerja PLN selama ini. Tapi sebagai perusahaan BUMN besar,  PLN tetap mau mendengar semua curahan hati para pelanggannya. Terbukti dengan ditambahnya fasilitas layanan  pelanggan PLN diberbagai channel informasi saat ini.


 

Tidak itu saja, PLN juga mengajak semua masyarakat agar memberikan masukan ide untuk PLN. Coba lihat post-it yang ada difoto bawah ini, itu adalah ide-ide dari para blogger untuk PLN agar PLN makin bagus kerjanya untuk masyarakat. Sebagai pengguna PLN, kita pasti antusias  memberikan ide  agar PLN lebih baik lagi. Karena apa yang PLN lakukan adalah dari, oleh dan untuk masyarakat Indonesia, termasuk saya salah satu pelanggan PLN.

Kertas-kertas ide para blogger untuk PLN

Ternyata, walau banyak dikritik masyarakat, PLN tetap berusaha menciptakan inovasi baru untuk  masyarakat Indonesia. Terbukti diacara ini disosialisasikan layanan SMS Pintar SIMPLY untuk mengecek daya listrik.

Tapi sayang menurut saya, realitanya banyak orang dijaman yang serba canggih ini memiliki akses internet tapi tidak memiliki pulsa untuk sms. Betul tidak? Apalagi bila kita harus mendaftarkan nomer  terlebih dahulu. Iya kalau kita menjadi pemilik rumah yang tercatat sebagai pelanggan, kalau misalkan kita yang mengontrak bagaimana? Pasti yang bisa mengontrol cuma sipemilik rumah. Iya kan? Selain itu, saya juga memimpikan layanan yang mudah untuk mengontrol pemakaian listrik dirumah sedangkan saya lagi dijalan.

Alhasil saya punya ide untuk aplikasi PLN untuk smartphone. Karena itu merupakan solusi untuk para pelanggan yang tidak memiliki pulsa tapi seorang netizen dan memiliki ponsel pintar. Jujur saya sangat menyukai aplikasi yang tidak ribet, tidak memberatkan memori handphone dan mudah digunakan walau gaptek sekalipun. Terinspirasi dari salah satu aplikasi dihandphone saya yang mudah digunakan, saya akhirnya sedikit memodifikasi agar PLN memiliki gambaran aplikasi impian pelanggan.

Saya namakan ini aplikasi pintar PLN. Kenapa pintar? Karena bisa digunakan diponsel pintar yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Aplikasi ini cuma membutuhkan koneksi internet yang juga sudah akrab dengan kita. Untuk masuk keaplikasi ini, kita tinggal login menggunakan nomer pelanggan PLN dan passwordnya yang terdapat pada alat listrik yang dipasang PLN dirumah. Hal ini masih terbilang aman kok, karena nomer pelanggan dan password sudah ada dialat listriknya dan bukan suatu masalah jika bukan rumahnya sendiri. 

Jadi, saat kita berada diluar rumah kita bisa langsung mengecek pemakaian listrik dijalan. Mudah kan? Untuk listrik prabayar, kita bisa cek sisa token listrinya dijalan. Jadi kalau sudah mau habis kita bisa isi ulang dalam perjalanan dan keluarga dirumah terhindar mati listrik ^^. Selain itu, aplikasi ini juga bisa meminimalisir kesalahan pada saat pencatatan untuk listrik pasca bayar. Sering kan ada kasus petugas PLN salah mencatat pemakaian listrik? Nah, aplikasi ini kita bisa saling cross check.

Dan inilah aplikasi yang saya rekomendasikan agar dibuat oleh PLN :
 Aplikasi Pintar PLN
(Tampilan saat membuka aplikasi)

 Tampilan menu utama listrik pasca bayar

 
 Tampilan utama listrik pra bayar
Ada tampilan nama pelanggan yang terdaftar di PLN (dalam hal ini contohnya saya sendiri)

Setelah log in dengan no pelanggan dan passwordnya, maka akan tertera nama pemilik terdaftar didata PLN. Lalu ada menu tipe daya listrik yang digunakan dirumah.

Sebenarnya saya inginnya dimenu utama ini otomatis menjadi 2 tampilan, untuk pasca bayar atau prabayar tergantung login masing-masing. Bila listrik pasca bayar akan tertera jumlah daya yang terpakai, dan bila listrik pra bayar maka akan tertera sisa daya yang terpakai.
 
 Menu isi ulang listrik

 
 Pilihan nominal isi ulang token listrik


Pada menu isi ulang ini,  kita bisa membeli token untuk listrik pra bayar atau membayar tagihan pada listrik pasca bayar. Untuk listrik pra bayar ada beberapa pilihan nominal isi ulang token listriknya mulai dari Rp 20.000.
Semua pembayaran ini menggunakan kartu kredit, yang nanti misalnya ada pergantian pemilik rumah maka pengguna sebelumnya dapat menggunakan menu clear data untuk menghilangkan data kartu kredit yang digunakan untuk transaksi. Jadi tidak perlu khawatir digunakan sembarangan kan :)


 Menu History

Ini adalah menu history atau riwayat untuk isi ulang token listrik pada listrik pra bayar dan riwayat pemakaian pada listrik pasca bayar. Semua ditampilkan dalam bentuk pemakaian perbulan. Kenapa perbulan? Agar kita bisa mengetahui seberapa besar pemakaian listrik setiap bulannya. Jadi, kita bisa cross check dengan data dari pencatatan petugas PLN dan ini dapat meminimalisir kesalahan tagihan atau kebocoran listrik yang sering terjadi.


 Menu Setting

Ini adalah menu profil dari pemilik nomer pelanggan yang tercatat di PLN. Hanya berupa nama, no pelanggan dan nomer yang bisa dihubungi. Dan tetap ada menu ganti password, agar pengguna aplikasi bisa mudah untuk mengingat. Tapi bila pelanggan lupa password dan gagal login hingga 3 kali, maka akan muncul menu reset yang nanti wajib memasukkan password awal yang tertera dialat listrik rumah.

 Info pelanggan

Menu terakhir ini adalah menu penting sebagai interaksi PLN dan pelanggan. Untuk menu info PLN, misal akan ada mati lampu pada daerah dan jam tertentu maka akan ada notifnya dimenu ini. Jadi, pelanggan bisa tahu infonya terlebih dahulu dan bersiap-siap bila listrik padam. Sedangkan untuk menu layanan pelanggan, kita bisa menyampaikan keluhan, kritik atau pertanyaan seputar PLN yang nantinya akan dijawab oleh customer service PLN

Bagaimana? Keren kan ide saya? Cukup simpel dan saya pikir PLN bisa mewujudkan ide sederhana saya ini ^^.  Selamat hari listrik ke-69, jayalah selalu PLN Indonesiaku. Merdeka!

23 comments:

  1. Sip. Kalau banyak masyarakat seperti Echa, membahu dengan PLN untuk kemajuan urusan listrik di Indonesia. Angkat topi untuk blog detik yang menfasilitasi blogger untuk bicara.

    ReplyDelete
  2. Yey, keren idenya, mak... Hanya fokus pada satu ide, tapi punya manfaat banyak, kita bisa tau pemakaian listrik atau isis ulang token listrik, hanya dengan menyentuh latar smartphone, gak repot. Good Luck, Mamanya Raffi.

    ReplyDelete
  3. keren juga ya, kalo ada aplikasi pintar PLN di gadget kita :)

    ReplyDelete
  4. Jangan mahal-mahal deh itu bayar listriknya #Loh

    xixixiiii....gutlak ya echa :-*

    ReplyDelete
  5. Mantep banget nih ....
    kenapa gak buat ideku untuk PLN jadi : Murahin tarif listrik ... hehehe

    ReplyDelete
  6. Ih kok bisa sih kepikiran kayak gini, terus bikin ilustrasinya itu loh. Kereeenn. Blas nggak kepikiran. Yg bagian info PLN itu aku mengamini banget. Kayaknya emang bakalan enak banget kalau kita dapat notifnya pas PLN mau ada pemadaman, jadi bisa prepare, siap lilin kek, petromaks kek, atau ngungsi barangkali? Semoga menaaangg, Makcik :*

    ReplyDelete
  7. Aplikasinya sederhana. Kalo sederhana kan ga makan kuota banyak2... hehehe :)

    ReplyDelete
  8. idenya keren nih cha
    smoga bisa diaplikasikan
    :D

    ReplyDelete
  9. nice post sob..
    article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
    maju terus dan sukses selalu...
    salam kenal yach...
    kunjungi blog saya juga ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
    agen situs poker online indonesia uang asli,poker online terpercaya dan teraman...
    http://chaniaj.blogspot.com/ dan situs kesayangan kami http://oliviaclub.com
    serta sites.google kebanggaan kami https://sites.google.com/site/pokeronlineterpopuler/
    di oliviaclub.com poker online uang asli terbaik di indonesia dengan teknologi teraman dan tercanggih.
    main dan ajak teman anda bergabung dan dapatkan 20% referral fee dari house commision untuk turnover teman ajakan anda...

    ReplyDelete
  10. wah idenya bagus banget. bakalan menang nih

    ReplyDelete
  11. idih, keren banget idenya....semoga menang ya chaa...

    ReplyDelete
  12. Benar, Cha, kalau bisa pakai aplikasi di smartphone jadi nggak perlu susah payah ke luar rumah buat bayar listrik :)
    Sukses ya, Echa.

    ReplyDelete
  13. Idenya keren nih mak, smoga bisa diwujudkan oleh PLN. Good luck ya mak, smoga menang :)

    ReplyDelete
  14. good job...enaaak kalau bisa punya app yang sederhana tapi membantu...infonya lengkap juga tuh chaaa...good luuck :)

    ReplyDelete
  15. Ide tulisannya bagus,,,, Perkenalkan saya, Idrus Dama
    Blogger Muslim Gorontalo
    www.cahayapena.com

    ReplyDelete
  16. nice!!! aplikasi smart for PLN...selamat yaaa mak echaaa

    ReplyDelete
  17. Selamat m2 Rafi. Idemu bener2 briliaaan banget. Semoga bisa diimplementasikan nantinya. #Ngimpikapanya bisa punya aplikasi demikian#

    ReplyDelete
  18. ide bagus sekali. apa ide ini sudah terealisasikan atau sudah berwujud aplikasi smartphone?

    ReplyDelete
  19. jikalau sudah semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^