Mitos Bayi Gemuk Jalannya Lambat


 Saat Raffi masih 5 bulanan, semua orang (kebanyakan) pada bilang "jangan gemuk-gemuk, nanti jalannya susah". Sebagai ibu, jelas saya khawatir, apalagi saat itu Raffi memang sedikit lambat tengkurapnya karena gendut xD



Tapi, setuju kan kalau memang banyak mitos disekeliling kita saat membesarkan anak? Kalau saran saya sih, dengerin aja tapi jangan dimasukkan hati. Karena kamu yang punya anak, orang lain mau ngapain aja tutup telinga aja. Asal kita memang berusaha memberikan yang terbaik untuk buah hati ^^

Termasuk mitos bayi gendut jalannya lambat juga lumayan mempengaruhi kegalauan saya. Apalagi pas 6 bulan 10,8kg Raffi baru bisa tengkurap bolak balik dan baru belajar duduk. Mayan dong bikin galau kalau lihat bayi-bayi lain yang seumur itu udah lancar bolak baliknya dan udah duduk juga.

Tapi ya itu, kuncinya kan bayi itu pintar. Gimana kita menstimulasinya latihan setiap hari. Dan satu lagi...jangan pernah membanding-bandingkan bayi satu dengan bayi lainnya. hehehe.. walau hal itu juga kerap kali aku lakukan, tapi sekarang udah lumayan legaan, karena setiap anak emang beda-beda.


Pada mitos bayi gemuk lambat jalannya ternyata tidak berlaku pada Raffi. Alhamdulillah diumur 11 bulan, Raffi sudah bisa berjalan sendiri untuk pertama kalinya. Ternyata setelah 6 bulan itu, perkembangannya cepat nian. Dia bisa duduk sendiri, merangkak, berdiri, dan berjalan dengan bantuan dorongan.

Dan di umur 11bulan 2 hari, Raffi sudah bisa berjalan sendiri tanpa pegangan. Awalnya memang jarak dekat, pindah dari kursi ketembok misalnya, lama-lama makin jauh jalannya. Awalnya jatuh-jatuh kalau jalan, lama-lama sampe cepet kayak lari :v.

Nah kan, berarti buat ibu-ibu yang memiliki bayi berbadan besar jangan khawatir ^^, mitos bayi gemuk jalannya lambat jangan dipercaya ya moom..yang penting rajin stimulasi ^^.



Ada satu mitos yang aku aminin semoga terkabul : anak mulai jalan, ibunya kurus karena ngejar-ngejar..aamiin aamiin aamiin.. :P

Heart to heart yak ^^

30 comments:

  1. Alfath umur 6mo malah blm belajar duduk, baru belakangan ini (8mo) dia bisa duduk. Dan memang benar.. Stimulasi itu ngefek bgt. Tp Alfath udah mau dibediriin terus dan seneng bgt kalo diajarin jalan nih, padahal duduk aja masih goyang2 :D

    Dan iya, gausa diet2an, makan yg banyak aja, nguber2 anak dan ngurusin tanpa asisten dijamin nyusut, xixixi
    *masih 6kg menuju ideal nih, haha

    ReplyDelete
  2. Kematangan biologis tiap anak beda2 dan itu ga dipengaruhi oleh gemuk atau gaknya

    ReplyDelete
  3. Anakku yang nomor 3, pas bayi, ndutnya kayak raffi gitu. 6 bulan masih susah tengkurap karena ndut banget hihihi. Tapi pas 9 bln, tau2 udah bisa ngapa2in aja termasuk udah belajar jalan merambat2. Untung ankku banyak, jd mitos2 kayak gitu gak mempan, karena ngeliat sendiri, anak2ku aja perkembangannya beda2 banget. Gak bs disama2in. Apalagi ngebandingin sm anak orang. Ya, engga bisa lah. Yang penting sih, kl menurutku, anaknya sehat dan bahagia. Orangtua jg bahagia dan penuh cinta ^_^

    Kiss2 buay raffi :*

    ReplyDelete
  4. Yah kalau mitos yg terakhir sih aku aminin jugaaa. Hahaha. Sedih nih liat timbangan. Raffi kan emang pinter :****

    ReplyDelete
  5. Setuju banget deh ama mama Raffi..aku juga tidak asal percaya jika ada yg kasih kom

    ReplyDelete
  6. Anakku nggak ada yang segemuk rafi. Kurus semua. Padahal makannya banyak, kadang 4 kali malah. Belum kebayang gimana kalau punya anak gemuk. Yang jelas ngegemesin ^^

    ReplyDelete
  7. Yey..senangnya Rafi sdh bisa jalan, tapi hati hati lo mbak, kalau diajak ke acara blogger bisa lari-lari sendirian keman-mana dia...heheheh,, kan biasanya dirirmu selalu bawa Rafi...hehehe

    ReplyDelete
  8. Tiyum Raffi ..... mitos memang banyak di sekitar ibu2 yang punya anak kecil ya Mak :)

    ReplyDelete
  9. Terpenting ortunya, khusunya Ibunya kudu telaten ya, Mbak.
    Bentar lagi Rafi minta balapan karung sama Papinya, ya. :D

    ReplyDelete
  10. mitos tentang seperti ini bnyk sekali.. dan membuat ibu-ibu yang punya anak bayi jadi terlalu was-was..hehe

    ReplyDelete
  11. raffi emang hebat, diumur 11 bulan, Raffi sudah bisa berjalan sendiri ^_^

    ReplyDelete
  12. kata-kata terkahir buat sy tersenyum lebar, dan tak lupa sy aminkan, krn kita sama-sama pengen kurus bu hehehe

    ReplyDelete
  13. mitos yang terakhir saya aminin jg bu :) salam perkenalan ya bu

    ReplyDelete
  14. 11 bulan udah bisa jalan cepet juga ya bu, yang terakhir saya aminin bu

    ReplyDelete
  15. Iya, mak Echa, cuma mitos. Anakku gak ndut, tapi jalannya termasuk lambat. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha tapi biasanya si yang gendut: lho sis :o

      Delete
  16. Waksssss ngakak ... anak jalan ibu kurus hua hua hua hua

    ReplyDelete
  17. hahaha betul gan , gak semua bayi gemuk jalannya lambat :D

    ReplyDelete
  18. Iya nih aku paling benci kalau bayi dibanding bandingkan kepintarannya,,, pada dasarnya setiap bayi berbeda tingkah dan prilakunya, apalagi sifatnya,,, semoga sehat yah anaknya,,,, trims

    ReplyDelete
  19. kita gak boleh membandingkan seperti itu, nanti bila anak kita sendiri yang di banding bandingkan , perasaan kita pasti tidak terima

    ReplyDelete
  20. aamiin....hehehe
    jadi tau banyak hal,makasih mak sharingnya^^

    ReplyDelete
  21. Hahaha...iya mbak mulut orang tuh pedes banget. Ini Ghifa baru 2 bulan aja saya dah kenyang denger mitos ini dan itu.

    ReplyDelete
  22. Bener banget, jangan membandingkan anak satu dan lainnya. Semua tergantung kita dan anaknya ya.
    Keingetan Chantika, dia juga gemuk banget mak, kakinya gede, bahkan kakek neneknya sempet khawatir, dia susah jalan. Tapi ya, karena dia aktif, dan saya banyak ngajarin. 10 bulan dia sudah belajar jalan selangkah 2 langkah. Dan alhamdulillah pas ulang tahunnya, dia lancar jalan.

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^