7 Alasan Kenapa Saya Akan Terus Ngeblog


Sampai sekarang kalau ditanya orang kenapa saya ngeblog? Pasti jawabannya, karena saya dari dulu sampai sekarang memang suka ngeblog - Echa


Pertanyaan itu berkali-kali didengar saat saya bertemu teman yang heran kenapa saya senang menulis blog. Karena dulu menurut mereka blog itu aneh... Buat apa coba menulis dan orang baca 'curhatan' kita. Seiringnya waktu, ternyata malah teman-teman saya itu bertanya, "Cha, bagaimana sih cara membuat blog?". Yes, ternyata saat ini blog sudah populer dan banyak manfaat positifnya. Jadi pada ingin ikutan ngeblog kan mereka? 

Apalagi sekarang banyak sekali informasi yang bisa kita baca dari segi pengalaman pribadi para blogger yang mau meluangkan waktunya menulis cerita mereka. Misalnya, kita mau mencari tahu tentang suatu produk. Tinggal gugling dan akan banyak jawaban dari referensi blog.

Kalau dipikir-pikir, ternyata ada 7 alasan kenapa saya terus ngeblog hingga saat ini dan akan terus ngeblog... Ini dia alasannya...cekidot!

1. Saya suka curhat, karena blog terapi jiwa

Awalnya, saya buat blog ini isinya curhat saja. Jadi ada kegiatan apa curhat, merasakan apa juga curhat, atau lagi kenapa curhat juga...Pokoknya isinya curhat saja, sampai saya sendiri kadang menamai diri sendiri sebagai blogger curhat *eh. 

Tapi, mungkin benar istilah blog terapi jiwa... setiap saya menuliskan cerita saya diblog, saya merasa lebih tenang karena sudah mengeluarkan  ide, keluh kesah, pengalaman dan suka duka melalui tulisan. Apalagi saat saya sedang sakit, menulis diblog itu rasanya senaaaaang banget. Apalagi, ternyata teman-teman menyapa dan menanyakan kondisi saya saat blogwalking diblog. Rasanya saya jadi orang paling bahagia karena diperhatikan walau cuma lewat blog.


 
Template blog yang sama dari awal buat hingga sekarang

2. Saya jadi suka berbagi. Ternyata, berbagi itu menyenangkan

Dulu saat pertama kali ngeblog, saya sering berpikir....ada tidak ya yang baca tulisan saya yang aneh acak adul ini? Tapi, ternyata seiringnya waktu blog saya mulai ramai dengan sendirinya. Dan jujur, saya tidak peduli sebenarnya ada yang baca atau tidak diblog saya..yang penting saya berbagi, senang dan itu sudah cukup buat saya...Kesini-sini sih belajar branding...tapi nggak nggak banget juga seh...biasa aja...

Ternyata, cerita tentang pengalaman menggunakan produk A, saat terapi B atau menghadiri acara C banyak dibaca oleh orang. Yup, postingan review...orang jadi lebih banyak informasi setelah membaca diblog saya. Dan ternyata benar, berbagi dengan banyak orang itu menyenangkan...sangat menyenangkan. Kalau kata emaknya Ubi sih, sharing is caring!

Review tentang gendongan bayi dan mendapat banyak email menanyakan gendongan dari ibu-ibu yang memang mencari gendongan yang nyaman untuk anaknya

3. Saya menjadi suka menulis dan jadi belajar menulis dengan baik

Tidak, bukan sayanya terus tiba-tiba menjadi penulis buku. Bukan... Tapi dengan ngeblog, ternyata saya belajar menulis dengan baik. Kadang saya suka membaca awal-awal tulisan blog dan sukses membuat senyum-senyum sendiri. Ternyata tulisan saya dulu acak adul ya ^^. Dan seiringnya waktu, tulisan saya makin lama makin (sedikit) bagus. Suatu kemajuan yang positif kan berarti ngeblog itu?

Tulisan aplikasi saya untuk PLN yang dibukukan dalam perjalanan 69 tahun PLN


4. Saya menjadi kreatif dan  lebih ekspresif

Karena saya juga belajar menulis, sekarang tulisan blog saya jadi semakin ekspresif. Walau tetap dengan gaya tulisan khas Echa, saya lebih menjiwai saat menuliskan sesuatu. Saya menjadi lebih kreatif dalam membuat ide postingan tertentu, entah tulisan entah foto yang digunakan dalam tulisan. Dan pastinya, membuat pembaca menjadi senang dengan isi postingan saya. 
Apalagi misalnya saya kebetulan mengikuti lomba blog, saya benar-benar memikirkan kualitas postingan yang unik dan beda sesuai gaya tulisan saya. 


Postingan tutorial simpel make up hallowen

5. Saya mendapat banyak kesempatan datang ke acara keren dan bertemu dengan orang-orang keren

Berkat ngeblog, saya banyak kesempatan menghadiri acara-acara bergengsi secara gratis dan mendapatkan hadiah. Coba kalau saya menjadi orang yang 'kudet' pasti tidak tahu caranya bagaimana bisa ikut hadir dalam acara itu.

Menjadi seorang blogger membuat kita banyak mendapatkan undangan dalam acara-acara yang diselenggarakan oleh agency atau brand tertentu. Diacara itu kita dijamu dengan baik dan setelah acara selesai, tugas kita memberikan review acara event atau produk yang kita hadiri itu.. Saling menguntungkan kan?


Kalau saya bukan blogger, mungkin saya tidak tahu ada acara #CommunityFestival2014 ini.
Dan yang pasti saya tidak bisa foto bareng sama satu sisir pisang Sunpride yang langsung bisa dibawa pulang... Gratis!!!
Yippie

Bertemu dengan Dr Oz dan mendapat ilmu baru tentang dunia kesehatan

6. Saya mendapat hadiah materiil berkat blog

Sebenarnya, saya jarang ikut lomba blog karena lebih sering ikut lomba foto dan lainnya. Tapi jangan salah... kalau pas ikut lomba blog saya selalu berusaha untuk menang. Karenanya saya  tidak segan mengeluarkan ide-ide segar agar bisa mendapat juara. Selama tahun 2014 ini, saya sudah memenangkan lomba blog dan lomba foto lainnya sebanyak 60 hadiah... Hadiahnya juga beragam, mulai dari voucher 250 ribu hingga 1 sepeda motor alhamdulillah bisa saya menangkan. 

Selain itu, berkat ngeblog juga saya mendapat tawaran job review berbagai produk. Ditahun tahun 2014 ini, saya menjadi BFF buzzer The Body Shop... Keren kan ^^
Saran saya supaya dapat job review juga, salah satu caranya adalah dengan bergabung ke idblognetwork seperti saya.

Asyik deh kalau hobi ngeblog menghasilkan uang? Lumayan buat bantu-bantu dapur dirumah kan? ^^.

Menjadi pemenang lomba disalah satu event

Salah satu produk yang saya review


7. Saya mendapat berbagai macam teman berkat blog

Berkat ngeblog, saya jadi mengenal teman-teman dunia maya yang sering interaksi melalui blog. Apalagi, saya masuk beberapa komunitas blogger agar memiliki wadah untuk bernaung. 

Sebenarnya seberapa pentingkah komunitas itu? Kalau buat saya pribadi, komunitas itu penting sekali. Dan ternyata yang saya suka dari berkomunitas itu selain kita mendapat teman, kita akan mendapat ilmu dari teman kita itu. Saya temenan sama seorang editor, kadang kalau saya salah nulis pasti dibenerin sama dia xD.

Komunitas pertama saya itu adalah blogor aka Blogger Bogor. Saya bergabung tahun 2008, setelah itu baru saya bergabung dengan komunitas lainnya. Salah satu komunitas yang saya ikuti adalah Kumpulan Emak-emak Blogger (KEB) mulai tahun 2012. 



Blogor ^^

Kumpulan Emak Blogger

Saking pentingnya berkomunitas itu, tanggal 13 Desember 2014 diadakan ICT Community Festival 2014 di Gelora Bung Karno. Acara besutan Indosat ini menghadirkan berbagai macam komunitas  dan KEB turut serta dalam event ini. Dua minggu sebelum acara, kami sudah kasak-kusuk tentang booth dan barang-barang yang akan KEB pamerkan disana.

Tepat di hari H, para emak blogger sudah stand by untuk menghias booth yang hommy khas rumah emak, biasa kami bilangnya. Kebetulan saya dipercaya merancang booth untuk event ini. Tema yang saya angkat vintage pink ala KEB, dengan dekorasi nuansa pink dan banyak pernak pernik emak. Jadi semua diangkut dari rumah, ada panci, sepatu, mainan anak, make up dll. Dan itu sesuai dengan filosofi rumah emak, yang tulisannya berangkat dari berbagai macam hobi dan kegiatan lalu menjadi satu di KEB.

Sepanjang hari di #communityfestival2014 ini, saya senang sekali.. Selain bertemu dengan emak-emak yang banyak ilmunya, juga berjumpa dengan teman-teman dari komunitas lain yang kebetulan membuka booth disana. Walau panas menyengat dan hujan sempat mengguyur *ceileh, tapi tidak menyurutkan canda tawa kami dibooth. Bahkan, booth KEB ini termasuk yang paling rame dikunjungi oleh pengunjung mulai pagi hingga sore.


Rasanya saya begadang membuat booth, terbayar puas  dengan keriaan emak blogger yang ada sepanjang acara. :") Saya sangat senang karena bisa diberi kesempatan untuk mengekspresikan diri dengan kegiatan positif di KEB *pelukin satu-satu. Semoga komunitas ini tetap menjadi rumah yang nyaman untuk saya.



Booth KEB hasil kerja keras kami ^^

Foto dulu di #communityfestival2014

Acara #communityfestival2014 sendiri banyak hadiahnya, mulai dari lomba booth (KEB juga adain), hadir artis musik seperti ada band dan juga doorprize 1 sepeda motor. Huwaaaa keren kan? Saya juga mengikuti lomba joget hujan-hujan, lumayan dapat OPPO :P. 

 Selfie KEB bareng Ada Band :D

Joget dapat OPPO.. Yippiee

Jadi, kalau ditanya kenapa ngeblog? Saya akan terus menjawab "Karena saya suka ngeblog!"
Masih ngeblog? Masih dong dan akan terus ngeblog ^^.

Tulisan ini menjadi juara 1 dilomba blog Indosat

51 comments:

  1. Aihhh ada ft ku :D *pertama berkunjung nih hihihhh.. #semangatngeblog

    ReplyDelete
  2. Ngeblog memang bermanfaat dan membawa berkah, ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaaakkkk ada penulis buku Mika :")
      makasi banyak kunjungannya :")
      *hugs

      Delete
  3. ahhh blog para master...sungem ya mbak saya junior nya hehe..mantep mbak saya baca kok mbak sampe abisss.. suka menglir mbak hehe mantap... mau donk samsungnya haa hay

    ReplyDelete
  4. keren bgt sih mak...

    jd inget, jaman dl saya suka curhat yg bener2 curhat doang d blog, tp dbikin privat, smacam diary online gt... skrg pgn baca2 lg, tp lupa akun & passwordnya :))

    ReplyDelete
  5. Waaa 60! Ning encen totalitas tenin sampean ko mba. salut aku. :v

    ReplyDelete
  6. Ngeblog memang bikin betah, Mak. Banyak manfaatnya. Trus dirimu itu semangatnya top markotop. Patut banget ditiru :)

    ReplyDelete
  7. setujuuuu chaaa...pokoknya ngeblog memang bikin happy...always hehehe...dan semangat ama rezeki emang ngg kemana ya cha hehehehe...seru tuuh acara komunitasnya..pink vintagenya juga lucuuu :)

    ReplyDelete
  8. Echaaaa....kamu kereeenn, itu jogednya dpt oppo ?? Wihh sedaappp :-*

    ReplyDelete
  9. mantab mbak...keren yah , dari ngblog bisa ngapa2in... :)

    ReplyDelete
  10. Setujuuuuu banget. Mari terus ngeblog...
    *etapi, kok blogku lumutan, ya*
    Ihikkkkkks :D

    ReplyDelete
  11. Ngeblog itu seru... Bikin gregetan nulis

    ReplyDelete
  12. Yang aku tau, mak Echa itu TOTAAAALLLLLL,, U R ROOOOCKKKKKK

    ReplyDelete
  13. Ngeblog memang "sesuatu" ya mak Echa. Aku aja jadi ketagihan ngeblog :D

    ReplyDelete
  14. Keyeeen... Harus sering2 ngintipin blog ini n belajar banyak ama kak Echa nih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jieeee ngeledekkk....*ambil cupcake mrs gitta 😂😂😂😂

      Delete
  15. Echaaaa... senangnya bisa berteman dengan emak muda yang cantik, dan pintar sepertimuuuuu

    ReplyDelete
  16. Keren mak Echa, selalu maximal kalo ikut lomba. Smoga sehat dan semakin banyak rejeki dari blog ya mak. Itu joged dapet OPPO waoooh top abis, nggak sambil gendong Raffi kan jogednya? haha *sun2 Raffi yg imut n ganteng :D

    ReplyDelete
  17. Wah, echa banyak ya hadiahnya berkat ngeblog. Pastinya tambah semangat lagi dong ngeblognya.

    ReplyDelete
  18. ngeblog adalah sesuatu kegiatan yang menyenang loh mbae'e...

    ReplyDelete
  19. Waaah.... thank you sharingnya, maaakk...
    Aku juga merasakan hal yang sama dgn emak Echa. Awalnya juga cuma karena iseng-iseng. Ya walau belum sehebat mak Echa. Tapi Alhamdulillah suka dapet kerjaan review juga beberapa kali.
    Salam kenal ya mak ^O^

    ReplyDelete
  20. suka semanagtnya mak maknya rafi :)

    ReplyDelete
  21. Ya, point ke 7 itu mbak, yang besar juga pengaruhnya.. :)

    Salam...

    ReplyDelete
  22. Jadi kepengen nulis lagi stlh baca postingan ini.

    ReplyDelete
  23. Mama Rafi keren banget daaah, yuuuk ngeblog lagiii*semangat juga buat aku

    ReplyDelete
  24. Mbaa echhaaa, juaraaaa bangeett ihhh!!!
    seneng samaa mba echa yang ngeblog udah jadi bagian hidupp *tssahhh

    ReplyDelete
  25. Saya nubie nih jadi blogger, ajak aku dong kalo pada kumpul.. kan pengen punya banyak temen sesama blogger juga :D

    ReplyDelete
  26. mak echa emang keren bangetttt deh pokoknya^^

    ReplyDelete
  27. Saya malah punya sejuta alasan untuk ngeblog. Hi....7x #ngarang

    ReplyDelete
  28. keren mak super keren dikau, mau juga donk dapat yg begituan mak ajari aku donk hehehe

    ReplyDelete
  29. banyak juga ya mbak yang didapat dai nge-blog,
    kalau aku sih belum sampe segitu, tapi kayanya bakaln bisa deh kaya mbak :D :D :D

    salam kenall :D

    ReplyDelete
  30. ngirii....kontesku kalah melulu hikhiks. ngeblog bukan demi kontes ya mak, tapi itu bonus yang ditunggu2 hahah

    ReplyDelete
  31. artikelnya keren plus menginspirasi,ngeblog itu banyak manfaatnya ya,semoga saya bisa menghasilkan uang dari blog :)

    ReplyDelete
  32. Setuju sama semua ulasan Mba Echa... semuanya benar, mulai dari curhat untuk terapi jiwa hingga mendapatkan materi dari Ngeblog dan manfaat gabung komunitas... #AyoSemangatNgeblog :)

    ReplyDelete
  33. Sepertinya kita punya kemiripan di no.7 nih mba.. eh iya.. foto yang ini unik banget :D

    http://2.bp.blogspot.com/-xYi1XgEE9nA/VIxU0xu_TnI/AAAAAAAAU7w/9Xv_-SMtlA0/s1600/IMG_1269%5B1%5D.JPG

    ReplyDelete
  34. echaaa iya banget deh yang terapi jiwa. kita jadi lebih tahu apa yang bisa kita lakukan dan bisa memaafkan kekurangan diri kita lewat ngeblog yaaa.... not to mention deh kalo yang materilnya. alhamdulillah. hihihihi... *joget lagi*

    ReplyDelete
  35. Thank you ya Cha. Acara2 yg kamu pegang selalu meriah. Untuk ngeblognya, aku suka kalau kamu lagi review atau lomba, terutama yg ada hubungannya dg make up, pasti kamu lain sendiri. Kreatif.

    ReplyDelete
  36. Iya Cha, ngeblog itu asik. Meski aku belum seberuntung dirimu bisa dapet hadiah yang bejibun. *bentar, lap iler dulu*.
    Kalah menang, ngbelog jalan terus. Dirimu dapat hadiah sering, aku baru merintis dari hadiah doorprize hihihi ga sering amet sih. Aduh ituu dr Oznya cuco, sih #gagalfokus.

    ReplyDelete
  37. Mak Echaaa... Ya ampuuuun, daku terkiwir2 deh baca postingan ini... Keren sangaaat dirimu ini maaak..! :))

    ReplyDelete
  38. setuju sama point-point yang di sebutkan mbak echa,ngeblog merupakan terapi jiwa,tempat berbagi dan bisa menghasilkan materi jika kita lebih mendalami perblogan :),sukses ya mbak

    ReplyDelete
  39. iya mak..sama... poin2 diatas jdi ttp semangat ngeblog

    ReplyDelete
  40. menginspirasi....

    kunjungan pertama aku disini :)/.

    ReplyDelete
  41. Ngiler mbayangin ada 60 hadiah, spektakuler :)

    ReplyDelete
  42. Waah..inspiratif bgt, maak..aku masih belajaaarr jd bloggeerr..hiks..

    semangat terus yaa, mak Echaa..apalagi kemaren jd jawara Ellips..wuhuuyy! Selamat mak atas semua pencapaiannya ini.. :-)

    ReplyDelete
  43. Wow.. Keren tuh pengalaman ngeblognya segudang gitu. Jadi pengen ngikuuut.. Btw congrats ya buat sederet prestasinya diberbagai event blogging.. Cukup menginspiras buat terus nulis dan berbagi. Salam kenal dari www.anwariz.com tempat saya belajar mengaplikasikan pengalaman baru dari blognya mbak cha. Tenkiu so mach :D

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^