Mengenal Qori Soelaiman, Pendiri Yayasan Peduli Kucing



Memiliki binatang peliharaan adalah komitmen pemilik seumur hidup. Karena nyawa mereka sangat berharga itulah, setiap kucing  berhak mendapatkan perlindungan dan perawatan terbaik - Peduli Kucing



Setuju ya sama kata-kata diatas itu? Yup, memelihara kucing adalah komitmen seumur hidup bagi si pemilik... Jangan karena pas lihat awal lucu dan jatuh cinta, tapi ternyata nggak bisa ngerawatnya atau karena satu dan lain hal harus dibuang atau dihibahkan (biasanya sih karena hamil atau punya bayi alasan gampangnya). Kasihan kan...sudah dapat kasih sayang tiba-tiba harus berpisah dan cari makan sendiri dijalanan :"(.

Saya sendiri pecinta kucing dari kecil hihi, atau tepatnya binatang apa saja...karena orang tua saya juga pecinta binatang. Mungkin itu juga yang membuat saya memilih kuliah di kedokteran hewan IPB dan akhirnya jatuh hati saat ketemu Cucuth pertama kalinya yang saya lihat sendiri lahirnya 21 November 2004 dulu... Dan dari situ jugalah, saya senang kalau bertemu sesama pecinta hewan terutama kucing. 

 
Tim Peduli Kucing

Saat facebook mucul, informasi tentang kucing lebih mudah saya dapat. Dan akhirnya, ditahun 2010 berdirilah untuk pertama kalinya komunitas pecinta kucing yang diberi nama Peduli Kucing dan diprakarsai oleh Qori Soelaiman. Dia mengumpulkan berbagai macam pecinta kucing dari berbagai kota diseluruh Indonesia (bahkan banyak juga yang tinggal di luar negeri dan ikut bergabung disini).

Simpel sebenarnya, sesama pecinta kucing berkumpul jadi satu dan berbagi cerita tentang kucing-kucingnya setiap hari. Jadi, misalkan ada yang sakit kita bisa tahu pertolongan pertama sebelum dibawa kedokter hewan bagaimana. Atau juga kalau kita menemukan kucing dijalan, selain difoster (diamankan ditempat yang nyaman) bisa kita carikan adopter juga.

Iya benar, semua kucing itu sebenarnya sama saja. Cuma kadang ada yang lebih condong ke jenis ras... Lah terus siapa yang memperhatikan kucing-kucing dijalan??? Disini peran Peduli kucing besar untuk mengedukasi masyarakat agar lebih menyayangi dan peduli pada kucing-kucing dijalan. Caranya bisa adopsi kucing dijalan untuk dipelihara, ada juga program mensterilkan kucing untuk menekan populasi kucing jalanan, edukasi peduli kucing sejak dini, membantu menyelamatkan hewan saat banjir, dan masih banyak program-program Peduli Kucing lainnya. 

Oh ya, Peduli Kucing juga punya buku loh judulnya "Berbagi Kisah Terindah Bersama si Meong". Seluruh hasil penjualan untuk Yayasan Peduli Kucing, keren kan! Ada cerita penulis terkenal Clara Ng dan aku juga disana (uhuk)... Jangan lupa beli ya di toko buku terdekat ^^. Peduli Kucing juga sering diprofilein media saat kegiatannya... Pernah diacara NET TV, DAAI TV, program acara Dahsyar RCTI dan masih banyak lagi.

Ini beberapa profile Qori.
Oh ya, tanggal 30 Maret jam 11  Qori akan tampil di DAAI TV loh ^^.

Peluncuran buku Berbagi Kisah Terindah Bersama si Meong

Oke itu sekilas tentang berdirinya Peduli Kucing dan program-programnya. Sekarang saya mau cerita sedikit tentang Qori Soelaiman si pendiri Yayasan Peduli Kucing ini. Dia tinggal didesa didaerah Pasir Jengkol Karawang bersama puluhan kucing, anjing, ayam, ikan dan burung dara. Kegiatan sehari-harinya seorang ibu rumah tangga yang memiliki bisnis pabrik. Didaerahnya, dia juga membuka lapangan pekerjaan dengan mempekerjakan masyarakat sekitar. Walau didaerah terpencil, upah karyawan pabriknya sama loh dengan upah didaerah Jakarta ^^. Keren kan?

Qori itu menurut saya orangnya sedikit pemalu (kalau sudah kenal sih pasti cerewet ya), sampai-sampai susah sekali mencari fotonya disuatu acara. Walau begitu, sosok Qori itu dari awal bertemu dia saya sangat kagum. Swear, dia humble banget, ramah dan tidak sombong walau kita tahu dia itu siapa :"). Apalagi kalau kita bawa hewan, pasti dia langsung mendekat tanpa diminta... Nah...itulah yang saya kagumi sampai saat ini...

Karena kekaguman saya inilah, akhirnya saya bikin tulisan ini dan meyakinkan dia untuk mendaftar di ajang Kartini Next Generation 2015. Yup, Qori ikut ajang bergengsi ini... ajang dimana para perempuan yang menggunakan teknologi TIK dalam kegiatannya. 

Menurut saya, Qori itu pas menjadi sosok seorang KNG... Kenapa? Karena kalau saya lihat finalis sebelum-sebelumnya rata-rata mengusung isu humanis. Qori adalah pelopor pertama yang akan mengusung isu tentang hewan ini. Kita kan tahu hewan, manusia, tumbuhan itu selaras dialam... dan visi misi pertama ikut daftar di ajang KNG ini, diharapkan masyarakat tahu bagaimana hidup berdampingan dengan hewan yang juga ada dialam, tanpa harus memanusiakan hewan. Mengedukasi masyarakat bahwa hewan itu bisa menjadi sahabat, mengajarkan pada anak cucu bagaimana berkomitmen terhadap hewan peliharaannya dengan baik dan lain sebagainya.

 Ini salah satu cara saya mengajarkan masyarakat, bahwa kucing itu sahabat manusia ^^
Waktu itu,  foto ini ikutan campaign #tidaktakuttokso

Jadi, doakan dan dukung Qori ya di ajang Kartini Next Gen 2015 ini ya. Semoga dia berhasil.. 

Caranya : Karena saya tidak tahu bagaimana penilaian panitia menentukan para finalis...Satu-satunya cara yaitu dengan menulis dukungan di twitter dan mention ke @KartiniNG2015 agar panitia  melirik  Qori untuk jadi pemenang...Agar semua orang tahu bahwa Qori memang layak menjadi pemenang. Sampai kapan? Sampai pengumuman pemenang diumumkan dong hehehe...Namanya juga usaha ^^


Tahun-tahun kemarin, teman-teman saya banyak yang menang diajang ini... Dan tahun ini Ri, insyaallah kamu bisa menang mewakili suara-suara kami para pecinta binatang yang ingin hidup damai berdampingan dialam bersama hewan dan tumbuhan...


Bismillah..

Ini sedikit profilnya yang pernah ad adi DAAI TV


Web peduli kucing : http://www.pedulikucing.org
Tulisan ini akan selalu berada diatas blog saya, selama pendaftaran Kartini Next Generation 2015 sebagai dukungan saya yang seorang pecinta hewan kepada  Qori. Gutlak Ri!!!


39 comments:

  1. semoga Qori bisa terpilih ya mak echaaa....goooo gooo Qori...dan semakin banyak yang peduli dengan kucing maupun binatang, it will certainly be better for us as well :)

    ReplyDelete
  2. Sukses buat Qori dan dirimu maak.

    ReplyDelete
  3. Keren dah mbak qori ya mak....
    Yg digendong mbak qori itu kucing jalanan kan ya mak ?.
    Bs cakep gt ya.
    Sukses dah bwt peduli kucing, buku mak eca dkk, dan mbak qori tentunya..amin

    ReplyDelete
  4. Ikutan dukung mbak Qari deh...
    Salut sama2 orang2 berdedikasi tinggi gini :)

    ReplyDelete
  5. Saya juga suka kucing, di rumah saya juga tempat kucing ngumpul. Kami hanya memberi makan saja tapi kalau harus merawat belum bisa.

    ReplyDelete
  6. Sukses Qoriiiii! Tengkyuh Echaa.. Go go go!

    ReplyDelete
  7. meskipun saya takut kucing *gara2 waktu kecil kaki mau digigit*,tapi kalau lihat orang2 yang peduli banget sma kucing ,rasanya seneng banget..soalnya kasihan aja kalau lihat kucing badannya kumel..mau mandiin,takut >_<

    ReplyDelete
  8. aku pengen ketemu mbak qori, aku sayang kucing, aku ingin bantu kucing jalanan juga, tapi sayangnya keluargaku nggak mendukung aku dgn alasan nggak ada lahan..inilah itulah..pokoknya aku sayang kucing...

    ReplyDelete
  9. Bunda juga suka kucing, apalalgi kucing Persia tuh yang imut dan cantik, tapiii...di rumah Bunda yang pelihara kucing, dan rumah seringkali kosong, sekali ditengokin, ya, ampuun, itu kotoran kucing pada numpuk di teras rumah Bunda. Jadi males juga piara kucing, kalo inget kotorannya, kecuali punya lahan yang lumayan, khusus untuk kucing peliharaan, jadi gak ganggu tetangga yang hampir setiap hari teriak sebel sama kotoran kucing di rumah-rumah mereka. huhuhuu... |Salut sama Qori kita yang sangat penyayang Meong ini, pengen kenal jadinya.

    ReplyDelete
  10. Sukses ya onty Qory ^_^

    ReplyDelete
  11. Dukuuuuuuuuung... ini manusia sisi humanisnya juga banyak kok, buka banyak lapangan pekerjaan di kerawang :)

    ReplyDelete
  12. Aku juga pencinta kuciing. DUlu pas baru pulang mudik, kan ga punya makanan apa2 di rumah, akhire kucingku tak kasih makan nugget (beli sik di minimarket depan) sementara aku makan mie instant ben ngirit hahaha. Turut mendukung jadi Kartini Next Gen 2015 untuk Qori

    ReplyDelete
  13. dulu pernah pelihara kucing, tapi kucingnya selalu hilang
    gak tau kenapa...hiks hiks

    ReplyDelete
  14. Semoga kesuksessan menyertai ibu Qori.

    ReplyDelete
  15. Adikku melihara 7 kucing, Kalo aku kena bulunya aja geli >,<

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. @all terimakasih banyak atas do'a Dan supportnya
    @cha (hugs) terharu

    ReplyDelete
  19. Aku bisa suka kucing karena dulu punya pacar seorang pecinta kucing. Sayangnya putus kitaah,, wkwkwk

    ReplyDelete
  20. Semoga yayasan ini tetap berjalan terus dan banyak donasi-donasi yang ikut berpartisipasi dengan yayasan mba qori ya :)

    ReplyDelete
  21. Wah, begitu sayangnya Mba Qori sama kucing. Anak-anakku suka kucing tapi nggak bisa pelihara karena suamiku alergi. Kalu deket kucing bersin-bersin melulu. Semoga sukses Mba Qori.

    ReplyDelete
  22. Sukses selalu mba

    ReplyDelete
  23. Kalau untuk gendong aku gak berani mak :) tapi kalau lihat sama deket2 sih gak apa-apa

    ReplyDelete
  24. Kucing!!! Aku suka kucing, dulu waktu kecil banyak pelihara kucing kampung, dibilang pelihara si sebenarnya cuma kasiin kardus dan kain bekas buat alas tidur dan beri sisa makanan tiap hari. Paling seru pas mau dikasih makan, mereka langsung berkerumun sambil mengeong-ngeong berisik >.< Hahaha...
    Sekarang si udah gak lagi, mungkin nanti ketika punya rumah sendiri. Amin!

    ReplyDelete
  25. Kucing memang harus dilindungi dan dipelihara dengan baik!

    Aku mendukungmu, Ri :))
    Good Luck ^,^

    ReplyDelete
  26. Aku phobia kucing. Tapi aku kagum sama orang yg peduli pada makhluk hidup lain dan mendedikasikan hidupnya utk makhluk hidup lain

    ReplyDelete
  27. Semoga menang ya Qori... Fingers crossed!

    ReplyDelete
  28. Wah salut utk Qori Soelaiman... semoga bisa menang deh.

    ReplyDelete
  29. Ah, Qori. Membuatku kangen dengan anakku, Ana.
    Kucing babak belur di pasar pun dibawa pulang untuk dimandikan.

    @nuzululpunya

    ReplyDelete
  30. Semoga berhasil mba :) Semoga banyak kucin yang terselamatkan hihi

    ReplyDelete
  31. itu kok kucingnya segede bayi ya mbak, gede banget yaa. h

    ReplyDelete
  32. aku paling sedih pas nemu kucing anggora, yang dibuang pemiliknya cuma karena tengkuknya luka :( Ya ampuuun, untung dtgnya ke rumahku, dan sjk itu lgs aku rawat... ga bisa ngerti ama org2 yg suka membuang kucingnya saat udh ga suka, udh jelek, ato dianggab nyusahin... :(

    dulu pas sekolh kalo ditnya temen2 siapa yg bakal aku selamtin kalo ad kebakaran rumah, jwbku selalu kucing. krn mnrtku, orang2 rumah toh bisa menyelematkan diri mereka sndiri kan... lah kalo kucing blm tentu...dan aku lgs diliat aneh gitu ama temen2 mba -_-

    ReplyDelete
  33. Semoga Mbak Qori bisa terpilih ya.. :D

    Aku jugak sayang banget sama kucing, Mbak.. Pengen gabung, caranya gimana yah?

    ReplyDelete
  34. Gan rumah saya ada 50 ekor kucing jenis ras campuran, rencana saya mau hibahkan 40 ekor an , ada yg minat nngak ya, saya tak minta apa2 cuma syaratnya yg minat harus pecinta kucing , tdk boleh pilih kucingnya, dan sya tdk minta utk di ganti uang , saya iklas, tapi klo ada waktu saya di izinkan melihat kucing saya, klo ada minat boleh gan saya iklas

    ReplyDelete
  35. Ass. Selamat siang mbak Echa..salam kenal, aku Manda domisili di BSD. Maaf sebelumnya ya, kebetulan kucingku udah 3 hari belom pulang ke rumah, rumahku di perkomplekan yang ada satpam patrolinya. Ini udah ketiga kalinya aku kehilangan kucing. Kucingku nggak pernah dikurung, selalu aku biarkan bebas main,setiap selesai main selalu pulang ke rumah, sampai suatu hari dia nggak pulang, dan ini sudah kejadian 3x. Aku udah sebarin brosur ke tetangga2 sama petshop, belum ada hasilnya. Aku mau nanya pendapat mbak Echa baiknya gimana yah? Apa ada semacem detektif hewan gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo waalaikumsalam...baiknya dirumah aja indoor kucingnya..kalau kucing belum pulang...sabar ya..semoga dia segera pulang..dulu aku juga cucuth sampe 10 hari huhu..tapi alhamdulillah pulang...daripada pusing aku masukin dirumah aja ...
      semoga kucingnya cepet pulang ya...

      detektif hewan? aku ga tau :( paling ya share2 gitu sama pasang leaflet :"(

      Delete
  36. Selamat siang Ibu Qori, saya juga sangat menyukai kucing. saya sering merasa kasihan dan miris dengan banyaknya kucing di jalanan yang tak sedikit yang meregang nyawa karena sakit tak terurus dan kelaparan. saya ingin sekali tergabung dan menjadi aktivis di yayasan ibu. Bagaimana caranya untuk mendaftar Bu? Mohon masukannya. Terimakasih banyak.

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^