Pembengkakan Kelenjar Getah Bening pada Bayi


Kelenjar getah bening/KGB adalah bagian dari sistem pertahanan tubuh kita, yang terletak di daerah submandibular (bagian bawah rahang bawah; sub: bawah; mandibula : rahang bawah), ketiak atau lipat paha yang teraba normal pada orang sehat. (wikipedia)



Agak kayak drama ya ceritanya, jadi jangan bete kalau mau baca ceritanya hehehe..

Jadi dua minggu kemarin, sehabis Raffi flu yang akhirnya nular keaku...tiba-tiba dibawah rahangnya muncul benjolan. Awalnya saya memang kurang awas ( :"( ), apalagi dengan porsi badan yang gemuk (15kg di 20 bulan) dan tingkah seperti biasa....benjolan itu tidak terlalu terlihat. Tiba-tiba, saat pijat bayi saya melihat benjolan itu keluar banget karena efek dia nangis. Langsung saya minta suami untuk segera menjemput di baby spa. 

Tahu nggak? Saya tiba-tiba saat itu nggak bisa ngomong apa-apa..lemes rasanya badan melihat ada benjolan dibadan Raffi.. Apalagi dengan riwayat saya sebagai penderita kelenjar getah bening... sedih, bingung, sebel jadi satu saat itu. Bisanya cuma nangis, sampai mbak yang lagi mijet Raffi bingung kenapa ibunya nangis kali ya...

 Itu bengkaknya keliatan nggak?

Lalu setelah dijemput suami, kami langsung menuju rumah sakit A. Setelah diperiksa, dokternya bilang ada pembengkakan dikelenjar getah beningnya. Saat diperiksa benjolannya cukup lama dokternya memastikan benjolan ini benjolan biasa, apalagi dengan Raffi yang nangis karena sakit saat dipegang. Kemudian dokternya bilang untuk USG leher, untuk memastikan isi pembengkakan kelenjarnya itu apa. 
 
Rujukan untuk USG

Keesokan harinya, jam setengah 8 pagi kami pergi kerumah sakit B yang biasa saya datangi setiap minggunya untuk fisioterapi. Disana, setelah daftar Raffi masuk ke ruangan USG. Dokter radiologinya pun datang jam 9, lalu setelah menyapa Raffi dia bilang, "Saya tidak mau USG kalau nggak dibius!! Kalau anak ibu kena kanker, tumor atau kista, dan dia tidak bisa diam bagaimana saya meriksanya!". Dan dia langsung pergi tanpa mencoba alatnya pada Raffi. Deg...mendengar shock terapi dokternya, lagi-lagi saya nangis...

Hah? Dibius? Kami bingung saat itu, rasanya nggak tega kalau bayi sekecil Raffi harus dibius... Terus susternya bilang, "Ibu kalau mau bius anak ibu harus kedokter anak disini ya bu...Soalnya kalau ada apa-apa penangannya jelas. Apalagi ibu kan rujukan dari rumah sakit lain".

Ya sudah daripada lama, sayapun mendaftar ke registrasi untuk daftar dokter anak.Wakwaw, ternyata dokter anaknya baru praktek jam 11, sedangkan dokter radiologinya selesai praktek jam 11. Itupun saya dapat nomer 3 yang notabene harus menunggu dulu, plus telatnya dokter datang :v. Nggak keburu pastinya. Akhirnya saya mohon sama mbak registrasinya untuk bilang sama dokter radiologinya agar mau menunggu sebentar..paling tidak sampai jam 12 gitu. Setelah dikonfirmasi dokternya tidak mau. 

Tidak patah semangat, saya mencoba datangi ruang radiologinya kembali untuk membujuk dokternya agar mau nunggu sampai jam 12. Disana dokternya nggak mau menemui saya, tapi ada seorang perawat laki-laki yang lagi-lagi memberi shock terapi pada saya. Dia bilang dengan setengah membentak (sepertinya), "Ibu bagaimana sih, dokter kan sudah bilang anak ibu harus dibius total... Jangan tunda-tunda, apalagi anak ibu sakit tumor kan bahaya". Rasanya kata-katanya berlebihan buat seorang ibu yang bingung saat itu... Dan lagi-lagi saya cuma nangis...

Saya kembali kemeja registrasi...setelah ngobrol sama suami, ya udah kita putuskan kedokter umum ugd saja..mengingat sudah jam 10 dan sejam lagi dokter radiologinya selesai praktek. Kamipun ke UGD, disana dokter UGD bisanya ngasih sedatif karena obat bius total nggak ada persediaan (lah kalau ada orang yang kudu operasi kalau gak ada obat bius gimana coba :v anehh). Tapi setelah konsultasi (via telpon ruangan) dengan dokter radiologi, ternyata dokter radiologinya nggak mau kalau cuma sedatif harus bius total. Lalu dokter radiologinya bilang untuk mencari RS yang mau ngebius anak saya, lalu kembali lagi ke rumah sakit ini. Itupun kalau nggak lebih dari jam 11. Edan kan?????????

Akhirnya, kami pindah ke rumah sakit C yang memang lebih mahal tapi terkenal bagus. Nggak papalah yang penting cepat ketauan isi benjolannya apa. Setelah konsultasi kebagian radiologinya, ternyata tidak perlu dibius cukup dipegang saja sama orang tuanya...Alhamdulillah...

 
Siap-siap di USG leher

Raffipun masuk ke ruang USG. Disana jelas dia berontak karena nggak mau diUSG. Tapi bareng suami, kami berusaha megang Raffi biar dokternya mudah memeriksa bagiannya. Lama USGnya setengah jam-anlah...

Alatnya juga sama dengan USG kandungan atau jantung, dikasih gel gitu :D. Tapi, ya namanya anak kecil dipegangi kayak gitu tenaganya makin kuat...Dokternya saja sampai digigit.. Maaf ya dok..Tapi makasih banyak penjelasannya.

Hasil USG menunjukkan ada pembengkakan getah bening di sub mandibulanya sebesar 1,37cm. Dan ternyata alhamdulillahirobbilaalamin isi suspensinya abses (mumps atau nanah saja). Tidak ada jaringan ikat yang berbahaya seperti benjolan leher saya dulu.

Kalau saya bandingkan dengan benjolan punya saya dulu memang berbeda. Dalam suspensi Raffi ini nanah, kalau saya itu jaringan dan berakar. Dan benjolan Raffi tidak ada indikasi mengarah kista, tumor dan ganas lainnya... Syukurlah...

 


Hasil USG leher

Jadi, infeksi kelenjar getah bening memang kerap terjadi pada bayi dan anak-anak. Penyebabnya bisa dari bakteri atau virus. Jika tumor dan ternyata ganas, pembesaran kelenjar akan cepat terjadi. Dalam sebulan, misalnya, sudah membesar dan tak terasa sakit saat ditekan. Beda dengan yang disebabkan infeksi. Umumnya tak bertambah besar dan jika daerah di sekitar benjolan ditekan, terasa sakit. Mengecil kembali dalam waktu 4-6 minggu tergantung anak. - Dr Endang, Tabloid Nakita.

Obatnya? Saat didokter pertama, Raffi diresepin biolincon sirup. Sebenarnya, bila terjadi pembengkakan kelenjar getah bening itu obatnya harusnya paparan luas, bukan antibiotik. Apalagi untuk virus itu malah harusnya tidak perlu diberi antibiotik. Tapi, karena Raffi sudah terlanjur  minum antibiotik...mau tidak mau harus dihabiskan.. Ya weslah. Selain itu, saya juga nambah pakai imboost buat menambah daya tahan tubuhnya. 

 
Obat antibiotik

Saya akhirnya lega..lega banget...Raffi bukan sakit yang macam-macam...  Apalagi melihat tingkahnya setiap harinya yang tetap ceria dan lucu, padahal rahangnya bengkak. Jangan sampai anak saya mengalami yang saya alami... Alhamdulillah..Duh Gusti..sehat-sehatin anak kami..lindungi dia ya Allah.

Seperti tadi saya ceritakan diatas, saya jadi berfikir  untuk kembali kerumah sakit B karena pengalaman Raffi ini. Padahal setiap minggunya, saya selalu kerumah sakit B untuk fisio..dan saya rencananya mau kemoterapi lagi selepas ASI 2 tahun dirumah sakit B juga.. Tapi melihat dokter radiologi yang meminta bius total dan perawat yang kurang baik menangani keluar pasien yang kebingungan itu saya mikir 1000 kali...bisa-bisa saya nggak sembuh mati duluan dikasih shock terapi kayak gitu... Kebayang nggak bayi disuruh bius total cuma buat USG...dan belum-belum sudah bilang kanker tumor, padahal periksa saja belum... :v :v

Jadi mikir, ini saya fisioterapi tiap minggu minimal 600ribu di rumah sakit B sudah jalan 4 bulan nggak sembuh-sembuh,,, :v. Jangan-jangan cuma ambil keuntungan saja, walau dokter fisio saya baeknya minta ampun... Jadi mikir kan buat nerusin terapi gara-gara kejadian ini... -__-.

Sekarang, setelah 2 minggu Raffi sudah mengecil benjolannya...Semoga terus sehat ya Nak.. aamiin.. Dan kita tidak terpisah barang sedetikpun..aamiin...

Jadi jangan terlalu khawatir ya bu-ibu kalau bayi atau anak kalian tiba-tiba ada benjolan. Ini berarti sistem pertahanan tubuhnya bagus... Bisa jadi selain tertular virus entah darimana, karena Raffi juga belum vaksin MMR (stok MMR susah dicari  2 bulan ini). Dan dari cerita saya ini, penting banget untuk cari second atau third opinion untuk suatu penyakit... Semoga semua selalu sehat..aamiin. Semangattt...

Doain Raffi sehat selalu yaaaa...


update : setelah itu saya coba kedokter lagi dan diminta operasi ambil benjolannya walau dalemnya tidak kenapa-kenapa.. cuma saya tidak berani jadi saya diamkan sambil 'baper' takut kenapa-kenapa Raffinya... Sebenarnya juga lagi ngumpulin uang buat operasi seh...Setelah berhenti obat, makin lama benjolannya makin besar tapi karena dari awal sudah dibilang isinya nanah dan tidak mengkhawatirkan, saya lumayan tenang...

4 bulan kemudian, tiba2 benjolannya pecah meletus sendiri..Fix..ini seperti bisul.. Jadi tenang ya ibu2 ^^..Jangan terlalu khawatir ^^. Untuk mastiinnya memang lebih enak usg jadi ketahuan dalemnya isinya apa...

74 comments:

  1. Semoga Rafi dan Mamanya selalu sehat ya. :*
    *hugs mba Echa*

    ReplyDelete
  2. Moga sehat-sehat terus ya, Raffi dan mamanyaa... aamiin..

    ReplyDelete
  3. Emak kalo anaknya sakit emang mewek duluan ya, huhuhuuuu

    Alhamdulillah Raffi moga sehat aja, dan tumbuh jadi anak sholeh, aamiin :)

    ReplyDelete
  4. Sehat selalu untuk Mak Echa dan keluarga ya.
    Btw, coba tolong disebutkan rumah sakit apa aja itu A, B dan C nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, saya juga mau tau nih rumah sakit yang tepat, karena anak saya juga ada benjolan di bawah telinga, yang rumah sakit C deh mba, biar anak lebih tepat nih penanganannya, terima kasih banget kalau diinfokan, uhuk uhuk

      Delete
  5. Semoga sehat terus ya Raffi ganteng dan Maminya, aamiin.

    ReplyDelete
  6. Ilmu bgt nihhhhhh.. aku jg srg lht ibu ku kalap kl udah urusan rumah skt soalnya srg ke rumah skt kl asma adik ku kambuh.. cepet pulih ya raffi :*

    ReplyDelete
  7. Itu apa tdk gondongan bu penyebabnya virus
    Anakku pernah kena gpndongan obatnya istirahat dan obat penurun panas dan vitamin penambah daya tahan tubuh anak, setelah beberapa hari bengkaknya kempes konon kalo udah kena gondongan ngga akan kena lg sama spt cacar dan ini jg menular

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda mbak, bukan gondongan (walau sama-sama karena virus)

      Delete
  8. hickz,g tega kalo lihat anak2 sakit...
    raffiii,cepet sembuh ya ganteng... aamiin

    ReplyDelete
  9. Alfath pernah ada benjolan juga waktu usia sekian bulan (dibawah 5 bulan kalau gak salah), tepatnya sekitar bawah kuping. DSAnya pun bilang kurang lebih sama seperti di atas, katanya gak perlu khawatir, malah sebenarnya ada beberapa benjolan di sekitar sana yg secara awam susah di lihat (tapi dokter tau dan nunjukin ke aku dan papanya Alfath).

    Benjolan itu seiring usia bertambah akan semakin (terlihat) mengecil, yg perlu di khawatirkan itu kalau sudah umur sekian tahun tapi benjolannya masih besar, harus di cek khusus (mungkin USG ya). Lega banget dengernya.

    I feel you mak waktu ketar ketir di RS itu, aku kok jd ikut kesel ya ngebayangin kondisinya saat Raffi di suruh bius total dg redakasinya yg kurang ramah. Hiks.

    Tapi syukurlah, Kakak Raffi ngga papaaa.. Kakak Raffi hebat mau di USG, pinter dan sehat terus ya kaaak. *peluk cium dari Alfath*

    ReplyDelete
  10. semoga raffi segera pulih, ya, jadi anak yang shaleh, insha allah diberi kemudahan. salam untuk raffi :)

    ReplyDelete
  11. Semoga lekas sembuh ya Rafii...

    ReplyDelete
  12. Hebat raffi, ya. Ngga nangis e.
    Sehat selalu pokoke yaa, Mbak.

    ReplyDelete
  13. semoga Rafii dan mama selalu sehat.. di RS pertama kok galak-galak amat siih :( untung ganti RS

    ReplyDelete
  14. Semoga keluarga mba echa sehat selalu yaaaa...

    ReplyDelete
  15. Iya mbak, second opinion penting bgt.. Dulu anakku malah pernah ketuker hasil tes darahnya di sebuah poliklinik, diagnosa positif thypus, trus suruh opname. Krn ragu, aku cek ulang di RS yang lebih besar.. Ternyata widal negatif... Ternyata br belakangan tau, tuh poli hobinya diagnosa pasien dengan peny. Thypus. Setelah itu kapokk nggak lagi berobat di situ...

    ReplyDelete
  16. Raffiiiiiii..sehat sellu ya sayang..
    Sehat jg bwt mama raffi..juga papa raffi.,semuanya dah...amiinnnnn

    ReplyDelete
  17. Raffi pasti baik-baik aja kok yaaa,...amiin *sun raffi dan peluk emaknya :-*

    ReplyDelete
  18. Sehat-sehat ya Raffi. Gimana sekarng udah gak bengkak kan?

    ReplyDelete
  19. hallo bunda echa .. smoga dede rafi udah sehat yaa .. aamiin .. bun, utk bunda gimana perkembangan jendolan di lehernya? aku udah 2 thn ada jendolan di leher kanan ini,
    kmrn berobat alternatif diurut, astagfirullah sakit banget, sampe skrg masih ngilu nyeri dan kapok, rencana mau usg leher lg, dr usg leher bs diketahui bun jendolannya jenisnya apa? saya takut utk biopsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ke dokter onkologi ^^
      Harus segera cari tahu ^^

      Delete
  20. Kemarin setelah sakit herpes itu, Marwah keluar benjolan juga tapi alhamdulillah sekarang udah sembuh dan ga ada lagi benjolannya

    ReplyDelete
  21. Anti. Mama Fahmi7 November 2015 at 23:38

    Mba.... makasih sebelumnya, ini jadi bahan pertimbangan sy, sekarang anakku yg 9 bulan ada benjolan d belakang kuping, awalx dokter bilang bisul tapi lama kelamaan membesar sdh lebih besar dari ibu jari kaki org dewasa, sy mau nanya tadi waktu di RS c , setelah USG Raffi diberi obat atau apa sehingga kempes benjolannya, Sy butuh infonya. Bisa minta nmr tlpn nya?. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba diusg mbak...biar tahu isi dalemnya apa...
      anak saya kebetulan isi dalemnya nanah dan bukan jaringan yang berbahaya...tapi memang lama... 4 bulan tiba2 meletus sendiri seperti bisul gitu..sekarang cuma berbekas saja tapi aman.. alhamdulillah..
      obatnya pake lyncomysin itu... cuma sampe abis aja...setelah itu udah nggak aku terusin..kedokter lain sarannya memang harus diambil/operasi biar cepet...cuma saya biarin dan setelah 4 bulan kemudian pecah sendiri...

      Delete
  22. Anti. Mama Fahmi7 November 2015 at 23:43

    This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  23. Ini sama kayak kasus anakku mba,setelah usg di bilang ada kantungan dan berisi cairan didalammnya,karna tidak bisa dipastikan isinya apa di beri salep katanya buat matengin nanahnya,tapi sdh 6 hari dirawat dirumah sakit dan obat yg selalu diberi injeksi antibiotik blm ada perubahan pada bengkaknya posisinya di bawah telinga kanan,ya walaupun sedikit lega setelah usg benjolannya tidak mengarah ke kangker atau tumor,tapi ttp aja saya khawatir kok bengkakanya blm mengecil...ini sdh hari ke 9 setelah bengkaknya muncul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cepet sembuh ya...
      Yg penting dalemnya bukan isi macem2 mbak...
      Alhamdulillah..
      Aku 4 bulan itu bengkaknya Raffi baru....meletus sendiri --"
      Tapi lega udah dan bekasnya jg lumayan hilang

      Delete
    2. Yang tenang ya mbak...aku ngerti perasaane..apalagi anakku sampe 4 bulan baru meletus sendiri --"
      Semoga cepet meletus...dikompres air anget mba pelan2

      Delete
    3. Anakku ada benjolan kecil dileher sebelah kiri.td cek ke dktr katanya kelenjar limfe,saya mo ronsen katany klo anak kcl jgn sering dronsen bs menyebabkn kanker. Mau tny wkt raffi dl dikah obat apa y? Mksh infony

      Delete
  24. Keponakan saya umur 2thn ada benjolan di leher sebelah kiri.td cb ke dktr katany kelenjar limfe,aku mnt d ronsen kata dktrny klo umur segitu g blh terlalu sering dronsen bs menyebabkn kanker ktny. Mohon infony mb wkt raffi dl diksh obat apa y? Mksh infony

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diusg aja mba/mas... Sama raffi jg kelenjar getah bening bengkak... Raffi diusg bukan dirontgen untuk lihat dalemnya isinya apa....ngarah keapa...selama isinya bukan mengarah kejaringan ikat kayak tumor atau kanker gpp...ini jadinya kayak raffi dulu isinya nanah....nanti meletus sendiri kompres air hangat dan waktu itu dikasi lincomycin itu aja... Tapi setelah obate habis, saya biarkan saja karena masih berpegangan isi hasil usg itunanah bukan ngarah kepenyakit macem2..

      Delete
  25. Kl anak sy (19 bln) ada benjolan segede gundu di bwh ketiak kanan mbak...ketauan dr umur 2bln. Ke dktr ktnya gak bahaya, tp suruh di ambil caiarnnya buat di tes isinya ganas atau gak. Tp kok kynya ngeri kl disuntik trus diambil cairannya gtu yaa. Jd smpe skrg blm diambil cairannya. Kl ky gtu bs di usg jg ga yaa??

    Mungkin ibu2 yg lain ada pengalaman ttg kelenjar getah bening di ketiak pd anak...mohon infonya yaa moms...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba diusg saja mba buat tau dalemnya nanah atau jaringan ikat
      pet sembuh ya

      Delete
    2. Skr gmn mba perkembangannya? Kebetulan anakku jg sama..ada benjolan diketiak kiri...udh 2minggu ga mengecil..rencananya minggu ini mo di FNAB...diambil cairannya pake jarum halus gt...sy tkt bgt mb..tkt knp2...

      Delete
  26. Anakku skrng umur 2 thn 3bln.. pas umur 1 tahun ada benjolan. Malahan banyak.. pas d cek k doktr spesialis dcek darah,rongsen,mountoux hslnya positif tb paru.. berobat jln sampe 1thn. Tapi kelenjarnya gak hilang.. kalau liat kelnjrna aku sk nangis.. tanya2 k dkter jg.. gpp.. gk bhya.. tp nmnya ibu.. cemas.. kalau blm dcek semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..skrg gimana sudah sembuh mbak ?

      Delete
  27. mba mau tanya dong, benjolannya itu didalam atau keluar kaya bisul ya? anakku umur 19bulan baru 2 hari ini aku nemuin ada benjolan dileher kanannya. tp benjolannya didalam,kalau diraba baru kerasa. pas saya raba jg dia gak nangis, itu sama gak ya sama pengalaman anak mba?

    ReplyDelete
  28. Alhamdulillah, semoga raffi selalu sehat ya mba. aku mau tanya mba, benjolan anak mba waktu itu seperti bisul atau benjolan didalam gt ya?anakku jg baru 2 hari ini aku nemuin benjolan dileher kanan, tp ga terlihat kalo gak diraba. baru periksa ke 1 dokter katanya kelenjar getah beningnya bengkak karna virus, tp ga direkomendasiin buat usg. kira2 usg itu bisa kita yg minta ga ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benjolan didalam mbak... Awalnya tidak terlalu terlihat..tapi bengkak gitu...iya karena virus tapi tambah lama makin besar..dan butuh 4 bulan meletus sendiri.
      Waktu itu usg karena buat tenang mba, dokternya kan tidak bisa identifikasi isi dalaman benjolane apa. Jadi untuk mastiin ya diusg. Dan alhamdulillah isinya cuma nanah saja...

      Delete
  29. Anak sya sdh di usg tp doker radiologinya menyaran kan biopsi dan sya menyetujuinya, t setelah melakukan biopsi knap sya jdi menyesal dan was2 membayangkan anak sya terkena penyakit yg berat, setiap hari sya nangis, hasil biopsi bru rabu nnt keluar, klo dr hasil tes darah mmg ada infeksi, bodoh nya sya knp mw melakukan biopsi yg bearti itu merujuk ke keganasan, doakan semuanya anak nya athaya cepat swhat dan hasil biopsi baik bkn penyakin yg selama ini sya khawatirkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang gimana mba? Hasil biopsi dalemnya cairan apa???

      Delete
  30. Mba..anak sy umur 9bln dan ada benjolan di bawah leher kanan, sy br sadar kmrn selama ini mgkn ga memerhatikan.
    saya takut mba kwtr bgt.
    semoga bkn apa2, selasa ini mw k dktr anak dan mgkn dirujuk k dktr spesialis bedah anak kl emang hrs ada tindakan.
    doain y semoga bukan apa2 dan sehat trs.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga ga kenapa-kenapa ya mba
      semoga cuma kayak Raffi, 4 bulan meletus sendiri :")
      sabar dan semangat

      Delete
  31. Bunda suria riza... Saya uda baca cerita di atas.. Lho apa bunda penderita kelenjar getah bening? Bentuknya yq jaringan dan mengakar? Terus bagaimana ceritanya? Sekarang sudah sembuh kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya kebetulan kanker iya mengakar gitu dan pas diusg bukan nanah saja didalamnya.. skerang lumayan cuma belum periksa lagi... semoga saya selalu sehat. aamiin

      cuma kasus yang anak saya bukan alhamdulillah

      Delete
    2. Bunda orang yg hebat dan kuat ya... Two thumb to you.... Saya doakan bunda sehat selalu ya...
      Iya, untunglah anak bunda bukan... Alhamdulilah ;-)

      Delete
  32. Bunda Rafi...kebetulan saya punya anak bernama Arya yg punya penyakit sama dengan anak ibu.Saya ingin ngobrol sama ibu.Boleh saya minta kontak ibu.Kontak saya di yetnioknita@gmail.com.Saya sangat mengharapkan kerjasama dari ibu.Terimakasih

    ReplyDelete
  33. bunda raffi saya juga ada anak umur 3 tahun cowok ada benjolan di leher dikanan dan kiri seperti kelereng dipegang goyang goyang saya check kerumah sakit tadinya mau ke specialis anak tapi pihak rumah sakit nganjurin ke dokter bedah cuman dokternya pegang langsg deteksi kelenjar getah bening n dikash obat boleh minta emailnya sy di azkaisti@yahoo.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kemaren Raffi tidak goyang2 jadi bengkak gitu tapi emang kalau diraba kerasa benjolannya gitu
      kemaren juga diraba bilang kelenjar getah bening mba.. terus abis itu kita usg untuk liat jaringannya, ternyata bukan yang gimana2.
      jadi kami habisin obat radang dari dokter itu sampai habis
      setelah itu meletus sendiri -___- tapi setelah beberapa bulan hampir setengah tahun...

      Delete
  34. Boleh minta kontak nya bunda untuk sharing. Kebetulan anak saya jg sdg mengalami bengkak di leher kronologis nya mirip spt raffi. Bsk mau di usg mdh2an hasil nya baik nya bun. Email saya di Dendira.dr@gmail.com. trims

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. Mbaaa,aku gugling terdampar dsinii. Mak echa. Anakku yg bayi ada benjolan,tapi di bawah ketiak :'( lemes bgt td pagi. Jadi bsk mau ke Rs. Oh jadi di usg yah. Makasih yaa mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku di usg biar pasti dalemnya isinya apa. Jadi dokter juga ga main hantam obat saja. Semoga gpp ya..dimensen saja akunya biar cepet respon kalau diblog kan suka lama balesnya :* sehat sehat sehart

      Delete
    2. Mba,aku add Facebook,belum di accept udah lama hihii...Mba Echa,lupa nanya, cek darah ngga waktu Raffi?

      Delete
    3. aku cek darah lengkap mba semua takut napa2 kemaren tea

      Delete
  37. Mba, anakku 2blan benjolan di bwah telinganya mba... Truss benjolannya keras bangedh mba.. Udak k dokter di Kasih antibiotik zmpai obat nya habis benjolannya ttp ad mba...

    ReplyDelete
  38. Mba anak ku umur 2 Bulan punya benjolan di bawah kuping, benjolannya klu di tekan keras bangedh mba ,udah k dokter di kzih obat antibiotik, ,zmpai obat nya habis benjolannya nggak ilank2 juga. Mau nax mba ap bnjolan ank saya gak brbhaya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di USG mba...biar tau dalemnya apa. yang raffi juga keras kok tapi isine nanah aja.

      Delete
  39. mbak boleh tau rs c itu dimana?
    anak saya bengkak di leher sebelah kanan,
    dan sepertinya makin membsar.
    mohon diberikan infinya ke saya WA saya 083870719339

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo pak bisa imel kesaya silahkan di echaimutenan@yahoo.com

      Delete
  40. Mba echa...setelah berjalannya pecah, berapa lama lukanya kering.kebetulan anak saya satu bulan benjolan di pahanya sekarang sudah pecah isinya nanah,tapi lukanya sudah seminggu belum menutup/belum kering, apa tidak apa2 ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku kering bener semingguan kalau g slah dari mulai pecah 2 minggu lebih keknya kering banget. sering dibersihkan aja mba biar g infeksi ya. cuma bekasnya item bulet gitu masih ada sampe sekarang walau rada samar

      Delete
  41. Anak saya umur 1,8 tahun, di belakang telinganya ada benjolan satu,dan dibelakang kepala bawah sebelah kiri ada 2 sebesar kacang hijau. Jadi kwatir nih, katanya dokter tunggu dan pantau dulu selama 1-3 bulan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kemaren aku meletusnya setelah 4 bulan pak.
      tapi saya pastikan dulu lewat usg kalau isinya bukan mengarah ke tumor atau kanker. Makanya saya diemin

      Delete
  42. Anak saya umur 1,8 tahun, di belakang telinganya ada benjolan satu,dan dibelakang kepala bawah sebelah kiri ada 2 sebesar kacang hijau. Jadi kwatir nih, katanya dokter tunggu dan pantau dulu selama 1-3 bulan,

    ReplyDelete
  43. sangat membantu saya bu....keren banget, anak saya juga ada benjolan bu..katannya dokter akan hilang sendiri..itu karena dia sering kena flu katanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau daya tahan tubuh emang berkurang krn getah bening diserang
      tapi g serta merta krn flu

      Delete
  44. Tanya dong...
    Itu usg nya dirumh sakit mana...
    Anak saya ada benjolan juga taoi dibelakang kepala saya takut kenapa2 mohon infonya..
    Terima kasih

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^