Cara Memilih Pinjaman KTA di Bank


[Sponsored Post]
Saya tahu lebih baik hidup pas-pasan tapi tanpa hutang, daripada hidup mewah tapi banyak hutang. Tapi mau tidak mau, dalam keadaan tertentu kita berhadapan dengan hutang. Apalagi kalau keadaan mendesak. Misalnya kita mau operasi yang tidak dicover asuransi atau mau benerin rumah atau lain sebagainya. Kalau punya barang yang bisa diagunkan sih enak ya ^^. Tapi, kalau tidak punya bagaimana coba? Barang juga tidak punya yang bisa dijual untuk menutup biaya ini itu?. Mau tidak mau pinjam kan?

Iya solusinya kita pinjam ke Bank dengan pinjaman tanpa agunan atau yang bisa kita sebut dengan KTA. Banyak bank yang sangat gencar dalam melakukan promosi KTA ini. Iya, pinjaman ini bisa kita jadikan solusi untuk mendapatkan dana segar dalam tempo cepat.

Tapi masak iya kita datangi satu-satu banknya? Nggak kan? Cari informasi KTA dimasing-masing bank? Pasti melelahkan dan memakan banyak waktu, padahal kita butuh cepat.

Sekarang, sudah hadir yang namanya Cermati.  Disana, banyak sekali produk finansial dari berbagai macam bank terbaik yang bisa kita bandingkan satu sama lain. Kita cukup membuka web www.cermati.com dan tinggal pilih bank yang kita mau sesuai kemampuan kita.

Kita tinggal masukkan plafon pinjaman yang kita mau, lalu pilih tenor cicilan yang kita maui. Nanti akan keluar berbagai macam produk pinjaman KTA yang bisa kita pilih sesuai kemampuan kita.

Menggunakan cermati ini memang memudahkan kita mencari pinjaman dibank yang sesuai dengan kemampuan.  Karena kita cukup membuka internet saja dan pilihan banknya banyak. Tidak butuh banyak waktu untuk mencari informasi buka web masing-masing bank. Nanti kalau kita sudah memutuskan pilihan mau pilih bank yang mana, kita tinggal datang kebanknya atau mengisi formulir di web bank tersebut (ada beberapa bank yang punya fasilitas apply pinjaman secara online). Tapi nanti juga tetap harus datang ke banknya sih... Soalnya kan ada isi form, dll. Jadi saran saya, setelah kita ambil keputusan mau pilih bank mana di cermati. Langsung datang ke banknya untuk pengajuan pinjaman. Tetap menghemat waktu kan berkat cermati ini.^^

Rata-rata dokumen yang harus kita lampirkan saat mengajukan pinjaman dibank itu sama antara satu bank dengan bank lainnya. Ini syarat-syaratnya :
1. KTP (suami dan istri bila menikah)
2. Kartu Keluarga, NPWP
3. Rekening tabungan
4. Slip Gaji
5. SK pengangkatan karyawan (bila bekerja) atau SIUP (bila pengusaha)
6. Rekening listrik (kadang diperlukan)
7. Form pengajuan pinjaman KTA

Karena KTA ini termasuk yang mudah cair. Ada bank yang menjanjikan dalam 1 hari kerja cair dan paling lama biasanya 2 minggu kabar approve atau tidaknya pinjaman. Rata-rata biasanya sih 3 hari kerja prosesnya. 

Ini contoh saat saya mau ingin meminjam 10juta dalam tenor 12 bulan :

1. Buka www.cermati.com, lalu pilih kredit tanpa agunan.

 2. Masukkan jumlah kredit yang diinginkan beserta tenor bulannya.
3. Nanti akan keluar berbagai produk pinjaman yang bisa kita pilih. Saran saya, pilih yang bunga pinjamannya kecil


4. Misalnya, saya memilih kredit pinjaman KTA Multikarya di bank Mandiri. Nanti akan keluar simulasi kredit dan produk knowledge tentang KTA ini.

 produk bank yang dipilih
 simulasi kredit

product knowledge

Simpel kan? Setelah itu tinggal datang ke banknya untuk mengajukan pinjaman selesai. Dan kita tinggal menunggu proses pinjaman KTAnya disetujui apa tidak... Selesai ^^. Setelah cair, dana pinjaman KTAnya bisa kita gunakan sebaik mungkin. ^^

Cukup mudah kan? Oh ya, di cermati bukan hanya pinjaman KTA saja produknya... Ada tabungan, kredit rumah, deposito, kartu kredit, dan kredit multi guna. Caranya juga sama, kita tinggal masukkan plafon atau jumlah tabungan yang kita mau dan nanti akan keluar berbagai macam produk yang bisa menjadi referensi untuk kita pilih. ^^

Ya sudah tunggu apalagi? Langsung buka www.cermati.com dan temukan produk finansial yang kamu butuhkan. Good luck !

18 comments:

  1. Sekarang mah makin canggih, apa aja bisa ditemukan di internet ya, Mbak.

    Jadi pengen minjem duit *eh :D

    ReplyDelete
  2. Kalo disuruh minjem, rasanya gimana gitu...
    Jantung jadi berdebar-debar deh. Hi...7x

    ReplyDelete
  3. yes..kalo ada apa2 bakalan cek di web nya cermati aja wes...

    ReplyDelete
  4. aku belum pernah pakai KTA, baca-baca dulu ah disana

    ReplyDelete
  5. Lengkap ya sekarang, mau cari info aja tinggal googling...

    ReplyDelete
  6. saya menyimak dan membaca iya mba hehe

    ReplyDelete
  7. Kehadiran teknologi semakin memudahkan para konsumen. Contohnya seperti memilih pinjaman KTA ini.

    ReplyDelete
  8. bener pisaan.. ga mungkin datengin banknya satu satu kan yaa...
    aplikasi ini perlu banget terutama buat emak2 macam kita yaa.. apalagi terkait perbandingan suku bunga dan cicilannya..hahaha

    ReplyDelete
  9. iya bener, lebih praktis karena kita bisa bandingkan dulu saat mau memilih pinjaman KTA lewat cermati, nggak perlu bolak-balik ke bank yg satu ke bank yg lain.

    ReplyDelete
  10. Beginian aku nggak pernah ngerti, suami terus yg ngusahain heheee....

    ReplyDelete
  11. Ternyata simpel ya mengurus pinjaman KTA :)

    ReplyDelete
  12. perbandingannya penting tuuuh...bisa lihat yang paling menguntungkan ya cha :)

    ReplyDelete
  13. Jadi mudah yaa... Bs bandingin dulu antar bank sblm memutuskan ke bank mana.. Hihi

    ReplyDelete
  14. AKu belum pernah pakai/pinjem KTA. Kalo sewaktu2 butuh, berarti tinggal belajar dulu di cermati ya? ^_^

    ReplyDelete
  15. Wahh kudu di share nih ma teman-teman yang pinjamannya pakai agunan SK, kali saja pada mau menambah plafon pinjaman :) thankk you info ciamiknya mak ^_^

    ReplyDelete
  16. ohh gitu toh mba caranya, saya juga biasanya suka buka cermati untuk info info

    ReplyDelete
  17. Bagaimana dengan mereka yang pekerjaannya tidak tetap ya Bu?
    kan tidak punya slip gaji, keterangan bekerja, dan pendapatannya kadang besar kadang kecil.
    thanks

    ReplyDelete
  18. Pekerjaan tidak tetap apakah tidak bisa ajukan pinjaman?

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^