Mudah Menyusui dengan Hypnobreastfeeding

[Sponsored Post]
Mudah menyusui dengan hypnobreastfeeding. Tanggal 13 September 2015 kemarin, saya mengikuti seminar New Mom New You di RS Bunda Medik bekerjasama dengan Philips Avent.



Kita harus sadar bahwa menjadi ibu baru itu tidak gampang.... Semenjak hamil, kita harus mulai beradaptasi dengan perut yang membesar. Apalagi nanti saat melahirkan dan menyusui, kita harus bisa menyesuaikan diri dengan kondisi lelah, jahitan masih sakit, ASI belum lancar, bayi menangis, pingin tidur dll. Dan kadang itu membuat seorang ibu baru ingin teriak, mood berubah, bete dan hal-hal lain yang akan membuat situasi dimana ibu akan depresi dan baby blues. Iya baby blues, postnatal syndrome... Tenang, saya juga mengalaminya kok hehehe...
 
Seminar ini ditujukan untuk ibu dan bapak agar lebih semangat memberikan ASI eksklusif. Makanya, kebanyakan yang datang memang pasangan suami istri biar pengetahuan ASInya makin banyak. Apalagi tantangan dimulai mulai dari hamil yang notabene memang kudu dipersiapkan ilmu "bagaimana sih mengASI yang baik dan benar itu".

Sebagai pembicara, hadir Dr Melanie Yudiana Iskandar dan hipnoterapis bersertifikat  spesialis breastfeeding yaitu Fonda Kuswandi.

Materi dari Dr Melanie adalah seputar pemberian ASI, mulai dari perlekatan, yang harus dipersiapkan untuk memberikan ASI apa saja, tips dan trik mengASI sampai kemanajemen laktasi yang benar itu bagaimana.

Dr Melanie memberikan materi tentang ASI

Nah, materi tentang hypnoterapi ada dalam seminar ini yang ingin saya share dipostingan ^^. Karena lebih menarik dan merupakan hal baru buat saya :D. Jadi nih ya, Ibu Fonda dan suami adalah hypnoterapi yang mengkhususkan diri untuk mengatasi breastfeeding. Mereka sudah banyak memecahkan banyak sekali kasus tentang breastfeeding bahkan mulai dari hamil, melahirkan sampai menyapih, mereka juga atasi. Karena memang sih pada prinsipnya itu ASI dari otak, jadi bila otak dan pikiran tenang mau memberikan ASI (atau melewati masalah apapun) akan lebih mudah. Yes, ASI itu by demand dan pengontrolnya diotak. Itu tetap dipegang ya prinsipnya ^^.

Bagaimanapun juga, kesuksesan pemberian ASI salah satunya adalah dukungan dari pihak lain. Termasuk suami yang harus ikut serta menyemangati. Mulai dari 'biaya' untuk membeli perlengkapan ASI, ikut membuat sang ibu nyaman sampai membantu menggendong bayi saat tengah malam juga dilakukan seorang ayah. Karena biasanya sang ibu pada saat awal-awal akan mengalami baby blues dan proses adaptasi ini wajib ditemani suami.

Ibu Fonda saat memberikan materi

Yang harus dilakukan pertama kali saat hypnobreastfeeding adalah niat dan ikhlasnya seorang ibu. Kunci utama ada di sang ibu. Karena apapun yang terjadi, si ibu harus ikhlas. Mulai dari perubahan bentuk tubuh saat hamil, proses kelahiran yang taruhannya nyawa, puting lecet karena bayi masih adaptasi mencari perlekatan yang baik, tantangan menyusui lainnya demi bayi sehat atau bahkan saat proses menyapih. Semua ini diawali dengan niat dan ikhlasnya seorang ibu ^^. Betul tidak? 

Disesi ini, dilakukan hypnoterapi untuk para peserta seminar. Semua peserta diminta memegang sebuah bandul untuk menghipnotis dirinya sendiri. Dan setelah saya melakukan hypnoterapi ini, rasanya lumayan perasaan sedikit plong... :"). Dan ternyata, hypnoterapi itu  juga bisa kita terapkan dirumah. Mau tau caranya?

Yah, cukup luangkan waktu 10-15 menit sehari untuk hypnoterapi dirumah atau disela-sela kesibukan dikantor. Begini caranya :

1. Setel lagu tanpa lirik yang menenangkan.
2. Posisi duduk dikursi atau bersila atau duduk saja yang nyaman
3. Pejamkan mata
4. Genggam telapak tangan, dengan frekuensi makin lama makin kencang
5. Saat menggenggam itu, bayangkan sedikit demi sedikit kekhawatiran-kekhawatiran yang terjadi 
6. Rasakan aliran kencang itu kepundak lalu kebelakang kepala dan menuju kearah mulut. 
Ini bener-bener harus dirasain sendiri ya.. Biar hypnoterapinya berhasil..
7. Keluarkan amarah yang ada saat kearah mulut. 
Kesel, sebel, bete, perasaan khawatir, marah dan sejenisnya alirkan kearah mulut sampai lidah menekan langit-langit atas mulut.
8. Setelah itu, keluarkan dengan membuka mulut lebar seperti mengucap kata 'bah' yang nadanya panjang.
Kalau memungkinkan, boleh kok sambil teriakkkkkk kenceng
9. Setelah itu, tarik napas panjang keluarkan, tarik napas panjang keluarkan
10. Anggaplah semua permasalahan yang terjadi ada solusinya asal kita tenang...
11. Pikirkan satu-satu solusinya, ikhlaskan semua sudah ketetapanNya dengan tarik napas keluarkan pelan-pelan dengan menetapkan hati bahwa "KITA BISA"
12. Buka mata pelan-pelan dan tersenyumlah karena banyak harapan impian cinta didepan mata kita :").
13. Jadilah orang yang bahagia ^^

Beneran loh, saat saya mencoba sendiri...rasanya memang lebih plong :"). Dan itu bisa kita lakukan berulang kali dirumah ^^. Gunanya agar otak dan pikiran lebih rileks, sehingga ikhlas niat untuk menjalani hidup lebih santai. Aktifitas breastfeeding juga bisa lancar.

Saya menerapkan ini pada saat menyapih Raffi.. Bener juga seh...perjuangan tersendatnya WWL Raffi itu karena saya sendiri belum ikhlas :").. Dan semenjak saya ikhlas, WWL lebih nyaman dilakukan.. Walau sih, tengah malam dia bangun minta makan :D. Tapi paling tidak adaptasinya lebih nyaman sayanya ya Raffinya :").

Para peserta saat menghipnotis diri sendiri

Yuk dipraktekkan hypnoterapinya... Bisa buat orang dalam keadaan apa saja lagi ^^. Apalagi yang lagi hamil, menyusui, menyapih duh... dengan ini bisa membuat kita lebih ikhlas, senang dan semangat. Yang breastfeeding lebih semangat untuk memberi ASI pada buah hatinya. Pokoknya kalau ibu senang ASI lancar dehhh..kan  ASI disetir oleh otak ^^.

Dan yang pasti, yuk semangat ngASI! Karena kalau bukan kita yang niat ASI, siapa lagi? ASI tetap lebih baik dari apapun, insyaallah sehat. Bismillah... Semangat ya buibu ^^

Terima kasih undangannya Philips AVENT

39 comments:

  1. wah aku jga baru tahu tentang hal ini..hmm selalu suka kalo dapet pengetahuan baru..

    ReplyDelete
  2. Iyes aku juga setuju kalo ASI prinsipnya dari otak. Kata temenku kuncinya kita harus pede dan yakin kalo kita pasti punya ASI yang mencukupi. DAn setelah itu yang kutanamkan di benakku akhirnya berhasil memberi ASI tanpa tambahan sufor

    ReplyDelete
  3. ini self healing banget yak buat yang masih khawatir ASInya gak lancar :)

    ReplyDelete
  4. aseg..dpet ilmu lageee..
    bs hypnoterapian sndiri nih di rmh..
    tengkiu mami raffi.. :)

    ReplyDelete
  5. Boleh deh nanti ku coba kalau pas lagi kumat depresinya.. btw makasih sharingnya mbak.. kalau saya aneh malah kena baby blues semasa hamil. haha. disinggung2 soal baby blues jd inget itu

    ReplyDelete
  6. Wah, penting nih buat ibu-ibu


    Asi soalnya penting banget buat bayi

    ReplyDelete
  7. Baru tau ada hypnobreastfeeding.... dikirain segala hypno itu utk ngatasi pengasuhan anak aja

    ReplyDelete
  8. Cara ini memang bagus buat busui dan hamil ya mak.
    Nah kemarin itu saya ga termasuk keduanya, bobonya enak banget. Hehe. Cuma mau bilang kebawa suasana. Hehe

    ReplyDelete
  9. bgs nih infonya. Aku sering seret ASI.

    ReplyDelete
  10. Kirain hypno itu hanya untuk mau melahirkan

    ReplyDelete
  11. Halo mbak.. Karena prinsipnya dari otak.. Pas menyusui si ibu kudu happy. Kadang sy suka mensugesti diri sendiri n mikirin hal2 yg menyenangkan. Sambil ngeliat muka si dedek jg bikin hati seneng. Nanti sy coba jg deh hipnoterapinya :D
    Thanks sharingnya mbak

    ReplyDelete
  12. Waah menarik sekali ini mak. Secara saya juga mau full ASI untuk kedua ini.. TFS ya mak caranya.. *dicatet*

    ReplyDelete
  13. Semangat2, aku paling semangat klo kasih ASI hihihi, apalagi klo perlengkapan buat pompa asi nya lengkap dan enak dipake, wah tambah semangat :D

    ReplyDelete
  14. menarik chaaa aku share yaa kiss kiss nuhuunn

    ReplyDelete
  15. Ini postingan asyiiik bangeeet!
    Bahwa saling itu penting banget ya, Mbak. Malam2 melek bersama2, jagain dedek. Bentar lagi aku merasakannya.

    Doakan yaa, Mbak. Semoga bahagia utk kita semuaa. . . ;)

    ReplyDelete
  16. seruuu bangeet ya pake hypno segalaa...bisa membantu mereka yang kesulitan dengan ASI niiih

    ReplyDelete
  17. Fotonya raffi n si beby satunya lucu aneetth dipakein kacamata

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah lancar menyusuinya...
    Belum pernah merasakan menyapih dekat anak. Yg pernah nyapih terpaksa krn 2 bln jauh dr anak...

    ReplyDelete
  19. Lumayan meriah juga acaranya meski yang dateng ke acara cuma para ibu :D

    ReplyDelete
  20. bisa yaa??? aku kok gagal terus siiik...

    ReplyDelete
  21. Cara ini memang bagus banget buat busui dan bumil ya mak.

    ReplyDelete
  22. betul mbak Echa memberi ASI itu yang penting niatnya kuat dan ikhlas
    pengin nyoba hypnoterapi sendiri... :)

    ReplyDelete
  23. Coba aku dulu tau tentang hypnobreastfeeding ini waktu ngASI, pasti kucoba agar ASI lancar :)

    ReplyDelete
  24. dukungan dari pihak lain itu wajib banget kalau menurut aku, apalagi untuk menghindari stress pada ibu ya

    ReplyDelete
  25. wah makasih bu atas ilmunya, ilmu penting nih buat para calon ibu

    ReplyDelete
  26. saya lg sedih nih, sodara ga lanjut ngasih asi krn ga ada dukungan dr keluarganya :(

    ReplyDelete
  27. ilmu baru nih....cucok!!makasih kak :*

    ReplyDelete
  28. semua hal kalau dibantu dengan hypno begini juga terbantu ya cha. Tarik nafaaaas, legaaaa, lepaskan dengan cepat... TFS

    ReplyDelete
  29. Mbak, saya sedang berada di masa-masa sulit pasca melahirkan dan postingan ini sangat membantu. Terima kasih banyak :*

    ReplyDelete
  30. ini saya udah mulai cemas nggak karuan mak,pikirannya udah yg nggak2,takut dll...bisa dicoba nih..makasih ya mak sharingnya^^

    ReplyDelete
  31. terimakasih banyak,, menambah wawasan..

    ReplyDelete
  32. Wow, luar biasa. Bisa dipraktikkan saat menyusui nanti. :)

    ReplyDelete
  33. Makasih sharingnya mak ^^ selama ini taunya Hypnobirthing... Ternyata bisa diterapkan sampe hypnobreastfeeding & mungkin segala masalah lainnya yaaa :D

    ReplyDelete
  34. Aku juga paling suka materi hypno breast-feeding ini mba, menarik dan nara sumbernya keren. Thanks utk rangkuman materinya yoo.. Aku blm nulis. Hihi

    ReplyDelete
  35. Makasih sharingnya, Mak. suka materinya :) akan kucoba.

    ReplyDelete
  36. mbak echa,karena suatu hal n aq jauh dari bayiQ,aq belum bisa menyusui lagi. suatu saat nanti kalo udah siap semuanya aq pengen relaktasi. hypnoterapi ini bisa diterapin juga ya selama proses relaktasi? aQ udah 1 bulanan ini ga menyusui,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hypnoterapi kan dari pikiran ^^ semua bisa. insyaallah..semangat mengasinya ya ^^

      Delete
  37. wahh ini acara bagus , sukur-sukur kalo bisa diselenggarakan di tiap kota

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^