Ketika Nama Saya Dibilang Alay

Ketika nama blog saya dibilang alay

Malam-malam mau tsurhattt... Suka ketawa nggak kalau mampir keblog saya? Denger nama echaimutenan pasti bilang huek wkwkwk. Bener nggak? *tiba-tiba baper.

Sebenarnya dulu pernah cerita, nama echaimutenan itu mulai smp pas pertama kali saya bikin email di hellokitty dot com dan yahoo dot com. Entahlah, waktu tahun masuk smp 1995 itu rasanya kalau nama ditambah cute, manis dll itu kece rasanya :v. Iya dulu, pemikiran anak SMP cemmana seh?

Nama itu terus saya pakai sebagai nama pena sampai sekarang. Begitupun nama cucuth, saya tetap gunakan diakun media sosial saya. Karena saya sayang cucuth*bukan berarti saya nggak sayang sama keluarga :v. Cuma waktu itu, cucuth satu-satunya teman saya. Hehehe segitu introvertnya saya kan :))). 

Sampai saat ini saya tetap bertahan dengan nama itu, walaupun banyak teman-teman yang sudah mengganti dengan nama sendiri. Saya berminat? Pengen seh. Cuma, entahlah saya tetap merasa nyaman dengan nama echaimutenan dan catatansicucuth. Banyak kisah cerita perjuangan dengan nama ini, walau kadang saya gunakan sebagai alter ego.

Iya saya nyaman, nyaman banget... Walau kadang saat penyebutan namanya didepan banyak orang bikin tertawa. Sekali dua kali okelah, tapi ini jadi terusan ditertawai dan jadi lelucon. Saya malu? Sedikit..tapi tetap nggak pengen ngerubah...

Sampai suatu ketikaaa..............

Saya datang disuatu acara parenting yang orang-orangnya termasuk baru buat saya. Waktu itu saya mengajukan beberapa pertanyaan kepada nara sumber. Saat ditanya sama moderator nama blognya apa? Saya jawab dengan yakin echaimutenan.com. Tahu nggak reaksi moderatornya? Dia berkali-kali minta saya ngulangi penyebutan nama blog saya. Sambil tertawa...

Dan sontak membuat yang hadir ikut tertawa juga dan menertawakan saya. Sebenarnya, saat itu saya keselnya minta ampun. Mau marah dan malu. Pengeeeeen rasanya protes sama si mbak moderator. Cuma saya masih inget mau bertanya, jadi saya diam saja.

Dan itu diulang-ulang terus sama moderatornya. Bahkan sampai nara sumber diminta menjawa, dia bilang "iya mbak X, ini pertanyaan dari echaimutenan.com. Tolong dijawab". Sambil tertawa saat menyebutkan mana dieja lagi. Saya cuma diem manyun sebenarnya. 

Harus ya ditertawakan? Apapun nama kita, julukan, nama pena dll saya pikir memang sudah dipikirkan matang oleh siempunya nama. Bukan cuma sekedar nama saja, bukan? Iya sih, sekarang lagi tren nama asli digunakan dimana-mana. Tapi bukan berarti saya tidak menghormati nama pemberian orang tua. Saya nyaman saja menjadi seorang 'echaimutenan' seperti ini.

Menurut saya, nama blog saya ini memang alay tapi tetap bisa dibaca. Kecuali nama saya 3ch4!muT3n4n nah itu susah dibaca, iya nggak? Emang sih, seumuran saya sudah tidak pantas pakai nama lucu-lucu macam ini. Kudu lebih dewasa kan? Tapi gimana ya, rasa nyaman ini yang tidak bisa dihilangkan. 

Saya bisa menjadi seorang 'echaimutenan' yang bercerita keseharian seorang wanita pesakitan yang diberi rejeki punya anak dan suka kucing namanya cucuth. Saya bisa jadi apa saja bercerita diblog saya. Dan cerita yang saya tulis ini semua memang seperti ini kejadiannya.

Apalagi saya tahu, tulisan kita jadi bahan bacaan orang lain. Yang entah pembaca setuju atau tidak, saya tidak pernah peduli. Karena saya masih pegang prinsip, ini rumah saya. Ketok pintu kalau mau masuk. Gitu aja seh...nggak suka ya nggak usah baca...

Balik lagi diketawain orang.. Sedih nggak? Sedih seh, sedih banget malah. Rasanya menertawakan nama pena saya itu seperti mengejek secara tidak langsung. Padahal saya senang dengan nama ini dan nama cucuth.

Semoga saya bisa menghargai orang lain dengan nama-nama pilihan dan keputusannya. Tidak seperti mbak moderator yang membuat saya ditertawakan banyak orang. Iya, semoga. Pengingat juga seh buat saya. Bahwa tidak semua orang bisa mengerti keadaan kita. Kita nulis atau maksudnya apa, bisa diplintir dengan tingkat kebaperan masing-masing orang.

Tulisan curhat ini dibikin setelah sekian lama saya pengen banget nulis ini. Sampai nangis saat cerita sama suami, saya ditertawakan banyak orang seseminar gitu. Buat teman-teman yang baca, maaf ya kalau nama saya buat kalian tertawa. Tapi ketahuilah, bahwa saya senang dengan nama blog saya yang alay ini. Sebegitu cintanya, sampai nama ini akan jadi nama pena dibuku pertama saya nanti. Sebegitu sayangnya, sampai saya selalu berusaha menulis dengan baik untuk menang lomba. Sebegitu sukanya, sampai saya berani mencari rejeki halal dengan nama blog alay saya ini echaimutenan.

Semoga nama ini tetap membawa keberkahan tersendiri dan selalu dilindungiNya. Udah seh itu aja curhatku diawal februari hahaha.

Oh iya, hampir lupa. Sekalian promo neh.. Kalau yang mau belanja minimal 250ribu di sociolla.com bisa pakai diskon 50 ribu pakai nama saya. Lumayan kan diskon 50 ribu \m/ bisa buat beli lego yang lagi sale :D. Masukin saja saat menu pembayaran, kode voucher SBNLAEQ1 nanti langsung motong total transaksinya ^^. Bisa dipake massal kok, tenang aja.




Selamat berbelanja yaaaaaa.. Muahhhh

71 comments:

  1. Eh mbak, malah pas awal-awal kenal blog ini, kan susyah carinya. Ingetnya, pas mbak Echa nulis 'aku imut' di status. Dr situ keinget kalau blognya mbak echaimutenan.com.

    Sama kaya blogku, suka ditanyain, 'apa sih Mama Arkananta? Nama km ngga sebagus itu juga'. Sakit emang, tp ya sudab kadung suka. Udah branding pula.

    *ea, malah curcol*

    ReplyDelete
  2. Sabar dan semangat ya Mbak, biar makin bersinar.

    ReplyDelete
  3. Mak cha nama email FB saya juga amel_superwoman24@yahoo.co.id di pake dr jaman punya friendster.

    ReplyDelete
  4. Moderatornya nyebelin, ya... Padahal aku udah hafal banget sama nama domainnya. Sudah punya khas tersendiri.

    ReplyDelete
  5. Udah branding mbak, gak usah diganti lagi. Aku kemarin ganti nama karena ya pas lagi ada rejeki lebih aja XD. Kadang2 pas acara gitu memang sering seh MC gt kan ya, dimaksudkan ice breaking. Beberapa kali ikut acara ada aja yg gitu. Tapi yawes, dibikin happy aja :D

    ReplyDelete
  6. hooo...ada juga ya moderator yang kayak gitu mbak? maksud saya udah tahu ngundang blogger ya, kok ya gitu. ah, sudahlah. toh blognya rame dan bagus.

    saya juga pake nama pena mbak. udah kadung. dulu pernah saya tambahin nama depan soalnya sering dikira mas-mas, tapi kok jadi gimanaaa gitu. yo wis balik lagi.

    ReplyDelete
  7. No need sorry mak. Lagian itukan hak kita ya mau pakai nama apa. Baca tentang seminar itu, kok itu macam bullying halus yak. Huh!
    Lagian nama ini gampang diinget :D dan udah banyak berkah yang didapat dari nama blog ini. ^^ jadi huss husss cantiikk canttikkk sama yang bilang alay heheheh

    macam nickname saya mak rannyrainy, hahahah ranny hujan, lah karena saya sukak hujan :D sabodo lah yang ngetawain

    Cheers maak.. Happy February yaaakk

    ReplyDelete
  8. Yang penting dapet banyak berkah dari blog ini ya, Mbak. Tetap semangat :)

    ReplyDelete
  9. nggak apa2 alay yg penting hatinya baik, sayang ama keluarga, dan juga teman2...hehehehe...

    ReplyDelete
  10. nggak apa2 alay yg penting hatinya baik, sayang ama keluarga, dan juga teman2...hehehehe...

    ReplyDelete
  11. nggak apa2 alay yg penting hatinya baik, sayang ama keluarga, dan juga teman2...hehehehe...

    ReplyDelete
  12. Pertama kali aku dtg ke blog mba sempet heran. Echaimutenan itu apa, aku gak engeh mlh klo itu dianggap alay, hehe

    ReplyDelete
  13. Nyantaaaaai mbak Echa,
    Lah ini Bibi Titi Teliti lumayan alay juga sih bhahahaha...tapi ya sama sih seperti dirimu, sudah terlanjur nyaman dan cinta jadi yah cuek aja sih hehe...
    Semangaaat :))

    ReplyDelete
  14. Punyakuuu lebih alay ka echa, gembulnita wkwk

    ReplyDelete
  15. moderatornya kurang menguasai lapangan sepertinya. Apalagi itu, kan, seminar parenting. Yang seperti itu menurut saya semacam pembullyan halus.

    Cuek aja, selama kita merasa nyaman. Yuk, kita ceria lagi :)

    ReplyDelete
  16. Nama itu setengah doa. Jadi semoga dirimu, imut selalu karena dibacain oleh banyak orang :D

    ReplyDelete
  17. Enggak alay sih, kesan pertama dulu malah aku menilai unik, gampang diingat dan akhirnya mudah dicari orang. Apalagi artikel di blog juga enggak alat, banyak inspirasi utk pembaca :)

    Itu si mbak moderator kok kesannya membully ya. Semoga diampuni kesalahannya.

    ReplyDelete
  18. Nama echaimutenan itu kayaknya hokinya gede kok buat mba echa, buktinya sering menang kalo ikut lomba. Aku juga masih nama jawzq buat akun IG sama twitter karena banyak temen2 taunya panggilan aku jawski, haha. Belum ada niat buat ngerubah. Biarin lah dikatain alay atau susah dibaca jg. Btw, aku suka nih promonya terselip, hihi. Nice article mba echa.

    ReplyDelete
  19. Salam kenal mba Echa, kalau menurut saya namanya malah gampang diinget dan pasti akan nempel terus jadi khasnya blog ini :)

    ReplyDelete
  20. peluk mak echaaa.. KZL deh sama moderatornya, kan itu HAK kita yaa mau pakai nama apa untuk blog kita, dari domain blogspot ampe .com juga aku masih mempertahankan lolipopslife

    ReplyDelete
  21. Aku hampir mau ganti phenyukerooo mbak, karena minder namanya alay :')

    ReplyDelete
  22. Cuek aja Mbak. Aku justru bangkit dari keterpurukan dengan nama samaran. Alter egoku malah melesat dibanding diri sendiri, dan alhamulillah, dapat berkah dari nama blog. Btw, namaku alay enggak ya? Alay enggak alay, yang penting tulisannya bermanfaat, dan bukan tulisan alay. Salam semangat

    ReplyDelete
  23. Sama aku juga pernah di ketawain, sama blogger fav lagi, terkenal lagi, hahahaa sedih banget

    ReplyDelete
  24. aku dari awal bacanya itu "echa imu tenan" cha jadi aku pikir echa imu itu semacam nickname gitu hahahaha *oon* pas udah lama-lama baru sadar oh maksudnya imut tenan gitu ya. maklum ga bisa bahasa jawa. aku mah yang alay alamat email: jgwithast. sampai orang nyureng-nyureng bacanya. biarlah kan aku sayang suami lol XD

    ReplyDelete
  25. Sama mbak, saya juga pakai nama pena Ipeh Alena, itu juga sempet dibikin jadi lepeh-lepeh, katanya dilepeh aja. Itu kalau mau diseriusin artinya kan dalem banget itu, dilepehin kan dibuang :(

    Setuju dengan mak Keke, karena memang itu bullying loh. Masa acara parenting ngundang Moderator yang belum paham apa itu arti bullying. Duh, sedih amat.

    Tapi, balik lagi mba, ga ada hal yang sia-sia seberapa pun 'aneh' di orang lain, kalau itu justru membawa kebaikan dan keberkahan, kenapa ga? Bukan berarti ga bersyukur dengan nama dari orang tua sih ya. :)

    GANBATTE !!!

    ReplyDelete
  26. Menurut aku malah nama mba ini gampang ku inget. Tnpa mau menilai ini alay atau bukan menurut sy gak ptg sih. Yg ptg kontennya. Kalo kontennya yg alay.. baru sy eneg.. bagi saya nama blog itu signature, pembeda, mudah2an ga terjadi lg ya mba

    ReplyDelete
  27. Biarin aja dibilang alay mba, justru yang unik kek gini susah dilupakan... *tsah

    ReplyDelete
  28. Awal tahu blog ini saat masuk sebagai Blog Of The Month di KEB, agak heran dengan namanya sih hahaha
    tapi jadi unik, Mak
    enjoy saja yang penting tulisannya gak alay, tapi ok kan

    ReplyDelete
  29. ngintip sociolla.com ah ada apa aja sih

    ReplyDelete
  30. Pasti moderatornya sedang ada masalah di rumah dan sedang stress berat sehingga dia butuh tertawa untuk meringankan stressnya ya mbak Cha, hanya saja caranya salah. Ngga usah dipikirin deh mbak, maju terus aja :)

    ReplyDelete
  31. Nyantaaaii mak ... ga perlu diambil hati. Itu MC nys gs profesional berarti lagian apa haknya dia ngetawain nama blog kita? Kita yg punya kita yg pilih dan selama kita nyaman teruslah dengan nama itu. Semangat mak cucuth :*

    ReplyDelete
  32. Setujuuu Mbak, klo mau bertamu di rumah kita ya harus ikut aturan kita, begitupun soal nama.

    Isshh itu mbak moderator pasti gak punya perasaan deh, bisa saja besok2 dia bakalan ditertawain orang sejagad raya.
    Anyway, saya juga dulu waktu jaman pertama kenal dunia maya, chattingan di mIRC sukanya pake nama si_imut :D

    ReplyDelete
  33. Saya malah ngerasa nama ini gampang diingetblho mba

    ReplyDelete
  34. duh kocak MCnya, tapi gak sopan ya kalo ketawa mah..

    ReplyDelete
  35. Mak...... Santai aja. Yang penting bawa berkah. Amin. #peyukkk

    ReplyDelete
  36. Sempat nyesel juga..
    Tapi nama dumay penaku ya ini mutmuthea
    Ada juga diledek2 eaeaeae..gitu ahahha

    Email lebih lagi..muthea.almuts

    Jauuuhh dri nama asli hahaha

    ReplyDelete
  37. yah mbak mau gimana dong, saya juga mau senyum2 waktu pertama kali :( Saya pikir ni bolgger unik, pede abis. Tapi gak papa lah mbak, itung-itung mmembahagiakan orang lain

    ReplyDelete
  38. Nama yang unik, kalau menurutku ya. Cepat diingat.

    ReplyDelete
  39. Semangat Mak Echa..hempas cantik aja dweeh...aku ada yg passwordnya ayutenan. Klo email apaan coba? Rotun_therealfighter, wkwkwkwk...

    ReplyDelete
  40. Aku mah sukaaa sama konsistensinya mbak echa pertahanin nama, gak ikut-ikutan trend. Berani jadi diri sendiri. Salut :))

    Aku malah lebih alay mbak waktu pertama bikin FB namanya Nenkanie_uchul :v

    Tapi laah, alay kan cuma sebutan aja mbak. Dulu mah, waktu belum ada istilah alay, gak ada tuh orang yg ngatain kaan

    ReplyDelete
  41. nama unik jd image yg selalu terbayang2 kok mak, hehe semangat mak, anggap aja mbak moderatornya lagi promosiin nama blog itu :-)

    ReplyDelete
  42. ga salah kok sama namanya~ tapi kok ya aku rada gedek sama mba moderatornya, selucu itu apa sega profesional itu sih sampe mesti berulang kali nanya-nanya? huft. *ketauan lagi pms*

    ReplyDelete
  43. Aku udah baca di post kapan hari kenapa namanya echaimutenan,, emailku jg alay mbak "ichanotakid", haha, tp emang bener udah kadung sreg, males mau ganti.. toh tetep "ngerejekeni" kan yaa?

    ReplyDelete
  44. Samaaa....Klo saya nama sweetdonath itu bikinnya pas sma... Nama blog udah ganti, tp email, twitter, ig msh pake sweetdonath :D
    Trus password2, smuanya pake nama kucing piaraan :D

    ReplyDelete
  45. Sapa tuh moderatornya? Biar kusabet dia pakek sapu lidi!

    ReplyDelete
  46. ah, itu ga usah dipikirin mba... buatku ya, mau apapun nama yg dipake utk jd nama blog, nama ank, nama panggilan, apapunlah, itukan hak org yg ngasih nama.. siapa kita pake acara ngetawain segala, bener ga.. mnurutku sih, nama blogmu masih okelah.. at least gampang dibaca, gampang diinget ;).. itu yg pentingkan.. org2 jadi mudah inget ama kita

    ReplyDelete
  47. Ohh..gitu ya ceritanya.. Awal2 dulu aku gak tahu kjalo si cucuth itu Mba Echa, hehe..

    ReplyDelete
  48. Saya malah nggak perhatian segitunya sama nama blog. Karena menurut saya semua nama ada sejarahnya. Pede aja mbak...semangat

    ReplyDelete
  49. Lha apa hubungannya nama blog dengan isinya? -,- Banyak kok nama blog alay bin lebay yang kerennya gak ketulungan. Malah menjadi 'trend' tersendiri.

    ReplyDelete
  50. Jadi penasaran pingin tahu moderatornya.

    ReplyDelete
  51. Kalau aku malah suka salah disebutin RiskaNgilan jadi RiskaNgilang 😂😂 semangat mbak ya, namanya udah branding.

    ReplyDelete
  52. malahan jadi gampang diingat maak ....biarin ajaa

    ReplyDelete
  53. idem sm yg komen di sini mak eca, gk ush diganti, udh branding bgd mah ini, cuekin aja yg bikin rusuh hati mak cha, semangat yak, trus mengisnpirasi :)

    ReplyDelete
  54. nama Echaimutenan udah ngebrand kok mak, jadi biarin ajalah orang bilang alay yang penting kualitas blognya yahud

    ReplyDelete
  55. lah itu kan branding, aku aja pasti carinya echaimutenan kok

    pingin getok yang ngomong

    ReplyDelete
  56. namanya memang uniek echa..tapi orang jadi inget terus hehehe

    ReplyDelete
  57. Duh yg ngetawain itu yaaa, moderator pisan hihihi...sekali dua kali oke lah, tp kalo kudu berkali2. Duh!

    Semangaaat mbak, nama adalah doa :)

    ReplyDelete
  58. Mereka belom liat blognya mba sih, mungkin bakal mangap kalo udah buka webnya :D yaiyalah, menu kategorinya aja pake foto sendiri. kurang keren apalagi coba hehe.

    ReplyDelete
  59. Nama yang unik itu malah yang gampang ngingetnya.

    ReplyDelete
  60. Tapi Allah Maha Adil ya mba, walo kata orang nama blognya alay tp rejekinya banyaaaak dr blog :)

    ReplyDelete
  61. Aku juga ada.. alamat email tapi ush jarang dpake. Mbak moderatornya mgkn pgn bikin suasana seru tp malah jdnya ngetawain yaa.. cuekin sajalahh

    ReplyDelete
  62. "Saya jawab dengan yakin echaimutenan.com. Tahu nggak reaksi moderatornya? Dia berkali-kali minta saya ngulangi penyebutan nama blog saya. Sambil tertawa..."

    mirip sama saya mbak, tahun lalu pernah ada yang kayak gitu, moderatornya cakep sih tapi ngeselin banget usilnya :)

    padahal, "roelly87" itu nama pena saya di dunia maya ada arti khususnya. 87 kelahiran saya n "roelly" pemberian seseorang yang spesial (pake telor ^_^), jadi dari 2009 saya pake buat id blog, kaskus, ig, fb, twitter, n kompasiana

    tapi kalo yang ga tahu pasti bilangnya roelly87 itu alay, lebay, dll
    *ya sudahlah, mau jelasin sampe berbusa juga capek...

    ReplyDelete
  63. Itu moderatornya yang alay.. Harusnya sebagai moderator cari bahan tertawaan lain bukan harus melecehkan nama. Gak profesional banget... Kalao aku, aku samperin moderatornya habis acara!!!

    ReplyDelete
  64. Pukpukkk mba Echa.
    Udah, ga usah sedih, biarin aja yang ketawa tandanya sirik. Lagian ini udah jadi branding jugak :*

    ReplyDelete
  65. Huhuu, kecuali nulisnya sampe yang baca mikir, baru dehhh yaa.
    Gampang diinget mba...go go :)

    ReplyDelete
  66. Hehehe... justru nama blog ini paling diinget. Catchy!
    Gapapa Cha, Anjing menggonggong blogger keren berlalu. :)

    ReplyDelete
  67. Enggaaaak Mbaaaak, aku sebelum ketemu kamu di Fun Blogging kemarin, sama sekali gak merasa nama blog ini manjadi masalah atau bahkan alay. Sama sih kayak nama penaku "cahaya theprinces" jiahahaha. Banyak dibilang pengenm tenar. Duh yaaa, kalo dengerion ocehan orang, tutup kuping ajaaa

    ReplyDelete
  68. nama blogku juga masih alay mba.. padahal udah jadi dot com gara2 racun ulang tahun KEB ke 4 kemaren, awalnya sih udah beli hosting nih keinarahardjo.com tapi jebuah sia-sia aku lebih suka namaku Keina Tralala..,, Ya menurutku identitas kita yang udah kadung melekat jadi susah untuk dilepas.. Kalo ada yang ngomong aneh-aneh tutup kuping saja yuk... hehehe

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^