5 Tips Berwisata Murah Bersama Keluarga ala Echaimutenan


5 Tips Berwisata Murah Bersama Keluarga ala Echaimutenan. Sebenarnya saya jarang liburan, paling yang dekat-dekat saja lokasinya. Tapi, walau cuma liburan dekat-dekat saja bukan berarti kita tidak mempersiapkan diri kan?. Apalagi semenjak punya anak, mau tidak mau saya harus tidak boleh egois karena harus menjaga anak agar nyaman perginya.

Dan semenjak punya anak pula, saya tetap harus lebih bisa mengatur pengeluaran untuk wisata. Biar tetap bisa jalan-jalan nyaman bersama keluarga tapi harganya terjangkau. Soalnya, ternyata setelah punya anak itu budget untuk liburan lebih banyak. Mulai dari tiket sampai biaya makan. 

Secara ya, mau beli tiket pesawat saja sekarang anak sudah bayar sendiri. Belum lagi kalau ke tempat-tempat wisata sudah dihitung juga biaya tiket. Hehehehe, lumayan berasa sekarang kalau nyiapin budget liburan hehehe.

Nah, biar bisa tetap jalan-jalan dengan budget minimun sebenarnya ada caranya kok. Liburan tetap berjalan lancar dan dinikmati seluruh anggora keluarga. Ini biasa saya lakukan kalau mau liburan tapi anak tetap senang ^^. Mau tahu-mau tahu? 


1. Beli tiket jauh-jauh hari

Ini umum dilakukan banyak orang ya, termasuk saya juga hehe. Karena beli tiket jauh-jauh hari itu biasanya memang lebih murah. Sering deh pantau tiket promo penerbangan agar bisa dapat harga murah. Kan semakin lama waktu berangkat, persiapan yang dilakukan juga akan lebih matang toh?

2. Cari hotel atau penginapan murah

Ini juga tidak kalah penting, soalnya saya bukan orang yang suka backpackeran walau pengennya harga murah. Hehehehe. Yang pasti, karena saya lebih ngutamakan kenyamanan anak saya bakal milih hotel tapi yang nyaman dan terjangkau.

Dan untunglah sekarang sudah ada AiryRooms, hotel murah yang tersebar di seluruh kota besar di Indonesia. Kita tinggal pesan, bayar dan cek in hotel dengan fasilitas memadai. Buat saya yang punya bocah sih, sangat cukup untuk istirahat di Airyrooms. Anak bisa santai, kitanya juga bisa istirahat setelah seharian keliling tempat wisata.

Lihat deh.. di Bali hotel cukup murah kan kalau di Airyrooms

Jadi, AiryRooms itu adalah Virtual Hotel Operator (VHO) yang bermitra dengan berbagai hotel budget terbaik di seluruh Indonesia. Dengan tekhnologi terkini, Airyrooms memberikan fasilitas menginap terbaik lebih dari 1000+ kamar Airy yang tersebar luas di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor, Bandung, Bali, Yogyakarta, Surabaya, Batam, Solo, Padang, Makassar, Medan dan beberapa kota lainnya di Indonesia dengan harga yang sangat terjangkau.

Serius, pas saya coba cek harganya cuma sekitar 150-350ribu rupiah semalam dengan berada dihotel bergengsi. Mayan banget kan buat sekeluarga menginap :"). Irittt!

Cara pesan hotel Airyrooms


Diseluruh kotas besar di Indonesia


3. Cari tahu tentang lokasi dan tempat wisata disana

Jangan lupa untuk cari tahu tentang daerah yang kita tuju, mulai dari tempat makan, tempat wisata sampai bangunan bersejarah disekitar. Kan kita bisa wisata gratisan kalau tahu tempat yang  tidak pakai biaya masuk mahal. Apalagi misalnya ada curug atau air terjun yang bisa didatangi gratis, kan seger bisa sambil mainan air ^^. Atau berwisata disatu tempat dulu baru pindah ketempat lainnya. Lebih efektif.

Kita lebih gampang membuat jadwal selama liburan kemana saja, termasuk cost yang akan dikeluarkan ^^.

Saya sih tidak pernah lupa bawa stroller. 
Mayan bisa bawa anak dan bawa barang *eh

4. Persiapkan kebutuhan anak agar anak nyaman

Saya selalu check list semua barang bawaan yang akan dibawa, termasuk barang anak. Karena buat saya, kalau barang dewasa bisa dicari kalau barang punya anak ribetnya minta ampun kalau kelupaan. Makanya biar ngirit, biasanya saya bawa makanan dan mainan sendiri. Jadi makanan sudah saya persiapkan atau paling tidak cemilan sudah ada, jadia saat Raffi pengen makan tinggal ambil saja.

Begitupun mainan, saya pasti bawain mainan kesayangannya untuk jaga-jaga misalnya dia mulai bosan bisa sambil mainan gitu ^^.

Bagasi kami yang selalu penuh :D

5. Saat liburan, ajak anak belajar tentang kehidupan sekitar dengan cara yang wajar

Walau lagi liburan bukan berarti kita tidak belajar sesuatu kan? Tapi bukan berarti anak harus turut ikut 'susah', kan? Masih banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan selama perjalanan dengan menyenangkan tanpa harus menyengsarakan anak *ehem. Jangan karena lagi berwisata murah, tiba-tiba anak kita beri makan mie aja terus selama liburan demi ngirit :v :v.

Kita bisa mengajak anak untuk mengenal berbagai macam benda yang dilihat. Udara panas dingin yang dirasakan atau merasakan air yang ada dipantai atau gunung. Banyak hal yang tetap bisa dijadikan bahan pembelajaran toh ^^.


Kalau anak senang tidak rewel, yang bahagia juga orang tua. Karena bisa sama-sama menikmati liburan dengan damai. Bonding antara anggota keluarga juga tambah erat ^^. Liburan dengan budget rendah terpenuhi dan semua senang ^^.

Ada yang punya tips lainnya? Monggo dishare ^^.

10 comments:

  1. Aku kayaknya mulai menghindari beli tiket jauh-jauh hari. Udah beberapa kali angusin tiket karena satu dan lain hal hehehe.

    Aku baru tau nih airyrooms. Bolehlah coba-coba.

    ReplyDelete
  2. Klau kerjaan banyak yang mendadak,susah mau pesan tiket dari jauh hari.
    Tapi tipsnya keren juga. Apalag soal airyrooms itu.
    Kapan2 coba ah
    :D

    ReplyDelete
  3. owh jadi gitu ya, makasih atas tipsnya...

    ReplyDelete
  4. Bagi anak kereta kayak saya ... H-90 keberangkatan pastikan beli tiket :)

    ReplyDelete
  5. Beli tiket jauh2 hari bisa untung bisa juga rugi. Apalagi kalau punya anak kecil, kondisi bisa berubah sewaktu-waktu.

    ReplyDelete
  6. keren mbak tipsnya, boleh dong sya terapkan ke kaluarga sya

    ReplyDelete
  7. kalo perjalannya udah fix, beli tiket jauh-jauh hari adalah hal yang sangat bagus yah Mba echa biar dapat tiketnya dengan harga miring :)

    ReplyDelete
  8. Enaknya cuti sudah dapat langsung beli timet ya cha.. Aku suka last minute dapet izinnya hiks. Tapi yang pasti anak2 dan kami pun sealu belajar banyak hal karena traveling :)

    ReplyDelete
  9. bolehnih digunakan tipsnya mbak... untuk liburan yang akan datang..

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^