Barang yang Wajib Dimiliki di Bulan Ramadhan



Ramadhan ya Ramadhan. Tidak terasa sebentar lagi ketemu bulan Ramadhan ya? Bulan penuh rahmat dan waktunya kita cari banyak pahala :").

Allah taala berfirman:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. (Yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah ia berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jia ia tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (Al Baqarah: 183-184).

Dulu-dulu sebelum menikah, saya lenggang kangkung persiapan Ramadhan. Tapi semenjak menikah, punya anak apalagi sekarang lagi hamil pula, saya harus mempersiapkan diri bekal untuk menjalani Ramadhan. Tahu sendiri kan kalau buka puasa dimeja makan rumah pas Ramadhan itu rasanya mahal. Soalnya, biasanya kita pengen buka puasa makan diluar. Padahal antri dan ngetakein restoran itu pakai antrinya warbiyasak. Hehehe.

Makanya, tahun ini saya mau nyiapin segala kebutuhan Ramadhan dengan lengkap. Kami jadi lebih hemat dan Ramadhan tetap menyenangkan. Soalnya kan lebaran juga butuh banyak biaya toh *uhuk.

Rutinitas selama Ramadhan tidak hanya tentang makan loh, kan kita harus banyak-banyak beribadah. Mulai dari puasa, tarawih, khatam Al Qur'an, dll biar ananti saat kita menutup Ramadhan itu penuh suka cita dihari Raya Idul Fitri atau hari kemenangan.

Tenang-tenang, biar Ramadhan-nya khusyuk ibadahnya saya beritahu barang apa saja sih yang wajib dimiliki di bulan Ramadhan ini! Jangan sampai kita tidak punya barang-barang itu, bisa-bisa mengganggu jalannya ibadah. Jadi, barang apa saja yang harus kita punya? Cekidot!


1. Makanan olahan dan khas Ramadhan


Ini untuk mempermudah kita sahur dan berbuka. Selain irit, buka bersama dimeja makan rumah kan sudah jarang karena orang lebih pilih makan diluar. Padahal sih ya, kebersamaan dan feel dapetnya Ramadhan itu kalau kita makan masakan rumah sambil nunggu bedug ditelevisi. :") Setuju tidak?.

Makanya kalau makanannya lengkap kan males jajan diluar ^^. Jangan lupa kurma karena jadi salah satu makanan wajib dimenu buka puasa Ramadhan. Sedia juga kentang goreng,  nata de coco, sambal, nugget dll buat persiapan buka dan sahur. Selain praktis, bikin kita yang ngolah didapur tidak terlalu capek kan*pan lagi puasaaaa.


2. Sajadah dan mukena

Ini wajib punya loh! Bukan hanya selama Ramadhan saja, tapi sehari-hari juga harus punya. Lah iya, kalau muslim kan kudu solat kalau wanita tidak punya mukena solatnya pegimana :v. Sekarang banyak sekali model mukena yang bagus-bagus, walau saya sendiri suka mukena biasa warna putih seh. Lebih cepat pakainya soalnya, tapi tidak ada salahnya kalau kita coba mukena yang lagi tren sekarang kan?.

Kalau sajadah kita kudu punya juga, soalnya kan biasanya tarawih dimesjid gitu. Biar ada alas buat solat juga, kalau nunggu yang gratisan punya masjid biasanya sudah dipakai orang lain :"). Btw, enak pakai punya sendiri loh! Kan lebih bersih dan lebih harum (kalau nyucinya bersih dan dikasih pewangi seh :v).

3. Gunakan baju muslim sekeluarga


Sekarang, tren baju muslim itu uptodate loh. Lihat saja gamis yang sudah jadi tren wanita Islam sekarang, kalau dulu kan pakai gamis rasanya gimana gitu. Kalau sekarang, pakai gamis itu simpel apalagi modelnya banyak yang bagus-bagus bikin tambah cantik yang pakai. 

Buat suami dan anak juga jangan lupa dipakaikan baju koko yang trendi. Modelnya sekarang bagus-bagus kok, tidak seperti model jadul gitu. Untuk anak juga baju muslim lucu-lucu. Karena Raffi sukanya pakai kaos, jadi saya cari kaos muslim gitu. Lucu-lucu ada gambarnya anak mengaji, solat, dll tidak seperti baju muslim biasanya.

Kenapa harus pakai baju muslim? Paling tidak menggunakan baju yang bersih, sopan dan rapi selama bulan Ramadhan ini kan perlu, tapi inget jangan terlalu berlebihan ^^. Tuhan mencintai hal-hal yang bersih karena kebersihan sebagian dari iman*ehem.

Nah, jadi tahu kan apa saja yang harus dibeli dibulan Ramadhan biar ibadahnya makin sip? Ribet tidak?  Tenang-tenang, kan bisa belanja online di Lazada. Kali ini di bulan Ramadhan, Lazada mengeluarkan produk-produk terbaiknya untuk belanja kebutuhan Ramadhan dan lebaran diprogram Ramadhan Sale Festival.


Kita bisa mendapatkan berbagai macam kebutuhan untuk Ramadhan, mulai dari perabotan rumah tangga, elektronik, baju muslim, hijab, aksesoris seperti tasbih dan buku Islam, sajadah sampai makanan olahan dan khas di bulan Ramadhan juga ada disini. Jadi santai saja, mau beli apa saja jadi gampang ^^.

Karena ini merupakan promo terbesar Ramadhan sale, jadi harga yang ada juga banyak yang diskon sampai 80% loh. Wong sejadah lucu seperti gambar diatas saja cuma 50ribu harganya :D. Ramadhan sale festival ini berlangsung mulai dari tanggal 1 Juni sampai 11 Juli 2016. Dan juga ada promo dengan harga spesial untuk tanggal 28-30 Juni 2016. Jadi kebutuhan Ramadhan bahkan sampai lebaran ada loh disini tidak perlu pusing mau beli dimananya.

Oh ya, satu lagi karena saya memang suka mainan montessori sama Raffi. Jadi di bulan Ramadhan ini saya bikin papan kegiatan Ramadhan. Masih ingat tidak kalau jaman dulu sekolah kita punya buku kegiatan Ramadhan gitu? Nah ini mirip-mirip seh hihi.


Papannya sih saya bikin pakai chalkboard saja yang ada dirumah. Terus saya buat bintang dan bulatan dari kertas warna-warni. Dipapan itu juga ada kegiatan yang bisa Raffi lakukan selama Ramadhan. Jadi biar dia belajar juga kalau bulan Ramadhan ini spesial.

Papan kegiatan Ramadhan

Apa saja yang harus dilakukan anak? Usahakan sesuai umur anak ya. Kalau seumur Raffi sih ya belajar puasa, solat jamaah, tarawih, bantu orang tua, belajar iqra, dll. Kita tinggal tempel bintang dan bulatan dipapan kegiatan kalau Raffi berhasil melakukan kegiatan-kegiatan itu.

Bintang dan bulatan kalau misi Ramadhan setiap harinya terpenuhi
Anak juga menjalani Ramadhan jadi fun kan ^^. 

Ini persiapan saya menjelang Ramadhan. Kalau kalian bagaimana persiapannya? Jangan lupa ke Lazada Ramadhan Sale Festival ya, buat memenuhi indah dan nikmatnya bulan Ramadhan.
.

34 comments:

  1. Belum persiapan apa2 nih mak baru buat kacang teri aja menu kesukaan suami buat sahur. Yg lain ntar cek lazada ajah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuuu belanja buat ramadhan dulu, nti lebaran pas THR *eh

      Delete
  2. Kalau di aku, yang wajib itu Kurma, pokoknya harus ada (eh nyambi jualan ding) xixixixxi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau kurma ga ada rasanya ramadhannya kurang :")

      Delete
  3. kurang dari dua minggu lagi...
    saya baru ngeh pas dikabarin malam minggu kemaren ada salat Nisfu Sya'ban, sayangnya saya lagi di luar :)

    btw, papan kegiatan ramadan (kbbi) itu jadi ngingetin saya waktu kecil hehehe, dulu pake papan putih sama buku, yang diisi tanda tangan ustad/imam di musala deket rumah...

    ReplyDelete
  4. Wah ke Lazada banyak perlengkapan mata langsung terang hihi... Aku siap2 pindahsn ini ramadhan hiiks

    ReplyDelete
  5. Aku belum pernah ngerasain berebut tanda tangan Imam pas ramadhan, wakaka.
    Aku gak punya persiapan kayak gitu. Tapi kebetulan aja beli mukena baru, haha. Biasanya lebih nyiapin fisik supaya sehat tapi ini malah lagi sakit mulu, hikks.

    ReplyDelete
  6. Yang pastinya tgiap ramadhan pasti beli baju gamis baru buat dipakai shalat tarawih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, aku pake gamisan juga soalnya dah banyak yang g cukup baju -___-

      Delete
  7. ramadhan sebentaaarr lagi...
    tengkiu udh mengingatkan ya mak eca :D

    ReplyDelete
  8. Echaaa, pas bgt nih artikelnya. Aku pun lg nyiap2in segala macem utk puasa dan lebaran, secara si mbak bakal pulkam utk menikah dan gak balik lagi, jd persiapannya harus ekstra banget nihhh..
    Thanks yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayu mbak.. semoga banyak yang cocok ya...semangatttt ga ada mbak..berasa bersih2nya -___-

      Delete
  9. kalau makanan sih wajib hunting dulu nih buat sahur dan berbuka.. duh pengalaman Ramadan pertama sama suami :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga makin syahdu yaaa ramadhannya

      Delete
  10. maaf lahir bathin yah Mba Echa :)
    jadi ingat waktu sekolah dulu, setiap ramadhan diberi tugas sama guru agama untuk membuat jurnal ramadhan, setiap habis shalat tarwih dan subuh saya dan teman-teman berebutan meminta tanda tangan pak imam, hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha kita sama ya xD..maaf lahir batin juga

      Delete
  11. Jangan lupa buku buat tanda tangan yang mimpin solat tarawihnya hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu xD jadi balik jaman kecil ya xD

      Delete
  12. Jadi mellow, tahun ini jadi Ramadhan pertama Adit di Jakarta tanpa aku dan anak-anak. Hiks. No 1 bener banget terutama nugget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gampang tinggal goreng..
      semangat gesi, doain adit disana :*

      Delete
  13. Bener banget itu rebutan minta tanda tangan ustadz. Hahha... ujung-ujungnya ditandatangani ibuku sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah yang penting 30 hari lengkap ttdgn ya mak

      Delete
  14. Papan kegiatan Ramadhan-nya keren, Cha. Anak-anakku punya yang bentuk karton. Semoga lancar ibadah puasanya dan kita sama-sama menjadi pemenang di hari yang fitri nanti, ya. Sehat sehat dedek bayi. Aamiin!

    ReplyDelete
  15. Aku belum persiapan apa2 mba. Ya Allah :(
    Oia, mohon maaf lahir batin ya mba..
    Semoga dilancarkan yaa puasa kita aamiin :)

    ReplyDelete
  16. Aku mau nyari perabot aja di Lazada...mau beli ini itu ga sempat-sempat (duitnya..hihi)
    kalo baju sih, masih ada yang lama..:D

    ReplyDelete
  17. mba kalau saya satu lagi yang harus ada itu tepung bumbu serba guna biar bisa bikin apa aja. Camilan kilat di saat darurat. hihi... papan nya suka. Mba echa selalu kreatif..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waiyaaa tepung bumbu, tapi aku jarang tepung bumbu sedia paling langsung barange, misale sambel gitu xixixi

      Delete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^