Cerita Kehamilan Bulan Kedua

82 komentar
Cerita Kehamilan Bulan Kedua

Cerita kehamilan bulan kedua. Hamil lagi sesyuatu ya alhamdulillah. Saya baru nyadar di minggu ke-3 kehamilan, soalnya kebetulan saya orang yang selalu 'ngeh' sama badan sendiri. Jadi beda dikit, pasti ada yang lain terjadi ditubuh. Lalu saya juga akhirnya menyapih Raffi total tidak dengan wwl. Yang penting dah lulus s2 ASI huhuy *kibas jilbab.


Karena dari awal hamil saya sudah keliyengan pusing jadi tidak jauh berbeda keadaan pusing kepalanya. Bedanya, saya mulai muntah terus-terusan dari jam 8-9 pagi sampai jam 1 malam. Yuhuuu, morning sickness (yang tidak hanya morning) akhirnya datang menghampiri ditrisemester pertama kehamilan ini *congrats ya Cha! :v. 


Bulan kedua kehamilan ini juga pembentukan otak, jadi kalau bisa makan makanan bergizi yang mengandung banyak asam folat, aa, dha dll biar kecukupan gizi terpenuhi. Tapi saya kebetulan tidak bisa minum susu untuk kehamilan ini, jadi cari makanan lain yang bisa masuk. Cuma ada makanan masuk saja saya senangnya minta ampun :"). Secara mual muntah sesuatu dibulan kedua kehamilan ini. Makanya jadi malas makan xD.

Yang buat saya kurang nyaman adalah saat muntah. Saking terus-terusan muntah, kelenjar getah bening saya ikutan bengkak juga --". Selain itu karena saya penderita syaraf kejepit, itu sakit bagian pinggang mulai kerasa kalau kebanyakan jalan. 

Kehamilan Minggu ke-5 HPHT (minggu ke-3 konsepsi)

Minggu ini dimulai yang namanya fase Embriologi. Kalau pada saya yang terjadi ya PD terasa sedikit mengeras dan bagian puting menghitam. 

Pada minggu ini mungkin karena kecapekan datang keacara parenting :v saya kena flu, kepala yang sudah pusing jadi tambah pusing. Tenggorokan dah sakit nelan. Tadinya sih mau nahan tidak minum obat flu atau segera kedokter, tapi tiba-tiba.....

Saya flek. Karena khawatir tidak mau kecolongan karena kurang aware seperti kehamilan sebelumnya, kami langsung kedokter kandungan. Soalnya makin lama walau hanya flek coklat, tapi jumlahnya semakin banyak. Kami bergegas kedokter dengan penuh doa, tapi masih berharap positif karena fleknya bukan darah jadi coklat pekat saja.


flek

Sesampai didokter kandungan, saya langsung di USG. Kantung alhamdulillah masih terlihat dan pertumbuhannya normal walau belum terlihat janin. Cuma dokter bilang saya kurang minum, makanya hasil USG kurang bening. Syukurlah, kamu masih bersama kami Nak!.

USG 5w2d SAC 10 cm
USG 5w2d SAC 10 cm

Saya kemudian diberikan obat anti kontraksi dan penguat kandungan. Dan untuk mengobati flu, saya diberikan obat pereda flu yang aman untuk ibu hamil. Kenapa saya obati flunya? Kalau dulu saat belum ada Raffi saya tenang santai, tapi kan sekarang saya ada anak kecil bisa-bisa flunya nular.

Flek yang terjadi bisa karena banyak sebab. Bisa kelelahan, memang pas masanya menempel imlantasi atau juga ada kelainan. Jadi memang patut diwaspadai. Kalau kata dokter kandunganku, saat hamil apabila ada cairan yang berbeda dari mrs V itu HARAM hukumnya. Jangan sampai dan apabila kejadian langsung kedokter. 

Ini juga pengalaman saya yang bikin santai kehamilan sebelumnya karena flek :"( makanya kami tidak mau terlambat ngedeteksi semuanya :"). 

Hystolan, obat anti kontraksi dan pregonlin, obat penguat kandungan
Hystolan, obat anti kontraksi dan pregonlin, obat penguat kandungan

Obat flu yang aman untuk ibu hamil
Obat flu yang aman untuk ibu hamil 


Kehamilan Minggu ke-6 HPHT (minggu ke-4 konsepsi)


Saat pertama kali flek di minggu ke-5 kehamilan, ternyata seminggu kemudian fleknya berkurang tapi sayangnya masih keluar. Karena saya diminta bedrest atau benar-benar tidak melakukan kegiatan apa-apa ya kerjaannya diem saja. Jadi bangun cuma untuk muntah saja, makan dan mandi. Kepala masih pusing ga kuat kayak muter.. Pada minggu ini, pertama kali saya ngerasa ngerasa syaraf kejepit saya dibagian pinggang kumat sedikit demi sedikit. Walau dokter sudah bilang semakin besar kehamilan kondisi akan semakin sering kumat, tetap saja sakitnya ampun...

Raffi gimana? Alhamdulillah, suami ngebantu saat saya seperti ini. Dan Raffi juga rada kalem dari biasanya, mungkin tau kalau saya lagi butuh pelukan. Makanya saya sebel kalau kalah lomba, ikut lomba cuma untuk berbagi? Well, semua orang ikutan pasti berharap menang keuleus :v. Jadi jangan pernah nyalahin kenapa saya baper kalah lomba *jirrr OOT banget ini curhatnya :v

Flu saya sudah sembuh, giliran Raffi yang ketularan flu. Akhirnya kami pergi lagi ke RS, selain untuk konsultasi kenapa masih flek belum berhenti juga untuk periksa flu Raffi yang panas sampe 39.

flek
Flek

Setelah diperiksa DSA, Raffi kena flu biasa tapi diwanti-wanti kalau dalam 3 hari demam tidak turun langsung tes darah. Sayapun setelah ke dokter kandungan, alhamdulillah kantung masih dalam keadaan bagus dan berkembang. Belum keliatan janin yang bikin deg-degan. Untuk flek saya tetap diminta istirahat full dirumah. Dan obat anti kontraksi dan penguat terus diminum. Sebenarnya saya diberiobat anti mual yaitu ondasentron. Tapi karena setelah minum saya memang tidak mual tapi  keliyengannya makin parah saya hentikan. Wes ben muntah muntah o wes yang penting sehat.

Oke semangat, semoga bisa istirahat full kala anak lagi sakit --".Bismillah saja dah. Yang pasti kami lega, janin terus berkembang sehat walau flek terus ada. Selalu sehat ya Nak.

Hasil USG 6w3d SAC GS 24,5mm
Hasil USG 6w3d SAC GS 24,5mm


Kehamilan minggu ke-7 HPHT (minggu ke-5 konsepsi)


Diminggu ini flek masih ada tapi sangat berkurang. Jadi bisa beberapa hari sekali muncul lagi flek tapi dikit. Dan diminggu ini flek berhenti total. Alhamdulillah. Untuk mual, muntah dan keliyengan masih berlanjut :").  Dan saya malah malas makan makanya berat badan turun sampai 4 kg :").

Saya periksa lagi kedokter saat flek berhenti total dan finally, janin sudah terlihat. MasyaAllah. Alhamdulillah :"). Saya diminta untuk meneruskan pregnolin untuk 5 hari saja dan vitamin seperti biasa. 

USG 7w1d CRL 10,1mm SAC 29,6mm
USG 7w1d CRL 10,1mm SAC 29,6mm


Kehamilan minggu ke-8 HPHT (minggu ke-6 konsepsi)


Diminggu ini mual, keliyengan dan muntah alhamdulillah masih terjadi :)))). Ra uwes-uwes :v. Sakit syaraf kadang muncul, makanya saya kalau mau bangun dari kasur pelan-pelan baru bisa berdiri. Terus tiba-tiba saya ngerasa tiba-tiba sakit saat buru-buru pindah posisi. Karena baru pertama ngalami dan suami lagi santeeee, kami periksa kedokter lagi. Namanya juga takut napa-napa. 

Saat di USG, janinnya muter-muterrrr atas bawah gitu xD. Tapi, dokternya bilang ini tetap harus istirahat. Soalnya bentuknya kantung janin masih belum kembali bulat :"( jadi lonjong dan kurang beraturan. Sedih rasanya. Tapi lihat dia semangat centil gitu muter-muter, saya jadi semangat buat balikin lagi kantung janinnya jadi bulat :"). Bismillah.

USG 8w6d CRL 2,15cm
USG 8w6d CRL 2,15cm

Apa beda hasil USG ibu yang pernah flek dan yang tidak? Kalau ibu yang belum pernah kontraksi kantungnya akan bulat, sedangkan ibu yang pernah kontraksi kantung janin akan jadi lonjong bahkan ada yang sampai jadi bulan sabit. Bayangin coba, harusnya dia enak muter-muter didalam kantung, jadi tidak bebas berenangnya karena kontraksi :").

Ini saya coba bandingkan dengan kantung kehamilan saat hamil Raffi ya ^^ diusia yang hampir sama. Tapi saat hamil Raffi saya tidak mengalami namanya flek. Kelihatan kan bedanya?
Ini usg Raffi di usia 8w kehamilan tanpa flek
Ini usg Raffi di usia 8w kehamilan
Kelihatan bedanya kan kantungnya bulan sempurna :")

Bismillah semoga bisa balikin lagi kekantung bulat lagi :"). Oh ya, buat ibu-ibu saat minggu ke 7-8 biasanya sudah terlihat janin. Bila belum terlihat bisa ditunggu sampai minggu ke-12 kehamilan. Selebihnya, biasanya dokter akan menyatakan hamil kosong atau biasa disebut blighted ovum dan harus segera dikeluarkan (atau kadang keluar sendiri biasanya).

Saat kehamilan bulan kedua ini, saya selalu kepo dengan hasil USG ukuran kantung plus janin yang ada dikandungan. Sebagai patokan, saya menggunakan tabel dibawah untuk bahan pembanding. Padahal ya, tiap janin beda-beda lah wong yang hamil aja beda. Tul tidak?


Ini tabel GS SAC dan CRL yang jadi patokan saya dalam
membaca USG kehamilan dibulan kedua dan ketiga.

Ini cerita kehamilan bulan kedua saya. Semoga bermanfaat buat yang memerlukan ya. Semoga kita semua yang lagi hamil sehat-sehat janin juga sehat-sehat sempurna sampai masanya tiba. Semangat bumil!!!

Related Posts

82 komentar

  1. Wah aku belum hamil jadi belum bisa cerita kehamilan nih.

    BalasHapus
  2. Lha aku kan cowok kok cerita kehamilan. MAAP MAAP

    BalasHapus
    Balasan
    1. ka aku alamin yg smaa flek udah 3 hari masih ada..terus 7 wwek tp belum terlihat jnin

      Hapus
    2. sama ni saya juga udah 2 hari flek masi ada

      Hapus
  3. Semangat terus ya bumil..insyaallah mual dan pusingnya segera berakhir. Alhamdhulilah aku udah masuk minggu ke 18 mual udh berkuranh bgt n alhamdhulilah bisa puasa tp flu dr awal hamil smp sekarang ga sembuh2 terutama hidup bumpet jd klo malem ga bisa tidur
    Moga2 kita n baby diberi kesehatan trs sama Allah ya. Amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin mak sehat2 ya..aku masih 15-16w skrg jadi masih kliyengan, ada yang masuk saja dah syukur :")

      Hapus
  4. Mbaaaaaa, aku baru saja dari obgyn tadi pagi karena aku 4 hari flek terus padahal biasanya mens lancar. Baru 5 bulan menikah sih tapi lagi suka banget baca-baca cerita soal kehamilan orang lain. Semoga cepet nular hehehehe.

    nyonyanyinya.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih dah mampir ya.. flek ya bukan mens? semoga dimudahkan ya :* *injek kaki yang kenceng ben nular

      Hapus
  5. Semoga sehat-sehat selalu ...
    Semuanya ...

    Salam saya Echa

    BalasHapus
  6. Aq kemaren pas bulan ke2 sm ke3 rada ngeflek2 gitu mba, tapi dikit2 sih kyak mens mau hbs gitu... Tapi kl dilihat hasil usgnya ga lonjong2 gt, tetep normal aja bulat... Aku tuh ngefleknya kl hbs jalan2 atau aktifitas gt, tp walopun gt aq mah ngeyel tetep aja jalan2 hehe... Tp Alhamdulillah skrg udah enggak...
    Mba echa ma debay sehat2 ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin karena dikit2 aku kontraksi cukup lama 2 minggu ^^

      kamu juga yo sehat2 :*

      Hapus
  7. Sehat ya Mak Echa, lancar sampe persalinan ☺

    BalasHapus
  8. Seperti temenku juga gitu mbak,, nggak mau makan, ini udah tri semester pertama ampe turun 10kg,, dan mualnya on the way terus,,
    ahhh,, pokoknya semangat ya para bumil :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. siapppp semangat, apalah arti mual2 dibanding anaknya sehat ^^

      Hapus
  9. wah selamat ya bunda, aku baru hamil 4 mingguan... pas 2 hr lalu malem lagi santai nonton malah tiba2 sleppp kaya ada yg keluar dr miss v... pas cek ternyata flek... darahnya masih merah2 pink lagi....trus tiba2 suami pulang dan aku langsung lapor dan panik ke suami... ampe nangis histeris soalnya aku pernah keguguran bln feb kmrn thn ini... jadi aku trauma bgt kalo ampe kehilangan baby lagi =((.... pas malem2 jam 10n aku telpon semua obgyn yg aku kenal nanya kalo klinik masih buka. trus akhirnya disaranin ke klinik 24 jam. Puji Tuhan dokter obgyn msh mau layanin aku meskipun dia lg layanin pasien trakhir dan jam prakteknya mau tutup... pas di cek ternyata kondisi janin mang kurang baik... tapi beliau saranin untuk coba dipertahankan dgn byk istirahat dan minum penguat janin. nunggu 2 minggu lagi ni mau cek perkembangannya... aku cuma bisa byk istirahat, minum obat, makan mknn bgizi ama berdoa... berharap bgt baby tambah sehat dan kuat.... amin...m

    BalasHapus
    Balasan
    1. istirahaaaaaaaaaaaat ya, jangan banyak berdiri tiduran saja. Positif thinking ya mbak ^^
      Semoga kuat baby dan ibunya :*
      Semangaaattt

      Hapus
  10. Saya juga mbak lagi bingung. Kmrn TP negatif, tapi waktu periksa k dokter, d usg ada kantong janin. Tapi dokter bilang itu kantong haid. Lagi H2C soalnya q udh telat mens 2 bln. Dokternya ragu memutuskan itu kantong janin apa kantong haid katanya? trus saya dberi obat peluruh haid. G q tebus deh, masih nyesek dan bingung harus gmn?

    BalasHapus
  11. Saya juga mbak lagi bingung. Kmrn TP negatif, tapi waktu periksa k dokter, d usg ada kantong janin. Tapi dokter bilang itu kantong haid. Lagi H2C soalnya q udh telat mens 2 bln. Dokternya ragu memutuskan itu kantong janin apa kantong haid katanya? trus saya dberi obat peluruh haid. G q tebus deh, masih nyesek dan bingung harus gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ke dokter lain mba
      Semoga rejeki ya aamiin

      Hapus
  12. Haloo Bunda,
    Aku hamil pertama nih Bun baru 6weeks, sama kaya bunda di USG belum terlihat janinnya baru rahimnya saja yg berbentuk, jadi tunggu 2 minggu lagi buat kontrol dan USG, ngga sabar banget rasanya :')

    BalasHapus
  13. aku udah positif, tapi kmrn siang ada flek.. dan malemnya aku ke spog di usg katanya kantungnya masih samar, sikasih obat penguat sama vitamin.. tapi sampe hari ini masih ada flek, udah.2 hari.. takut bgt mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemaren ini pas flek ada 3 mingguan mba
      semoga sudah ga flek sekarang ya mba

      Hapus
  14. Assalamualaikum mbak dan bunda lainnya,,,saya juga mengalami kejadian yg sama..td malam saya cek dokter, dmana usia kandungan saya 7w2d, dan pas d cek usg kantung janin yg membesar tp janinnya yg g ada...sampek d usg transvagina..dan hasilnya sama..saya tdk mngalami pendaharan, bercak, mual, muntah,dan berat badan naik 2 kg..
    Dokter sudah bilang kl ni kehamilan kosong dan 4-5 harian udh harus d kuret,,tp dy bilang apa dilihat lagi 2minggu ke depan..
    Tetapi dokter mengatakan kalo itu 99,99% mmg harus kuret...
    Saya drop ini mbak..pulang dr dokter,sepanjang perjalanan saya nangiss, saya dan suami sampai lemes,sedih,..kita belum kasih tau info ini ke keluarga kami...
    Tetapi suami saya masih berharap,,smpai browsing Internet, dan nemu blog ini,,saya dsruh baca biar sayanya ada keyakinan dan semangat lagi...mohon penjelasan nya mbak..

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum mbak dan bunda lainnya,,,saya juga mengalami kejadian yg sama..td malam saya cek dokter, dmana usia kandungan saya 7w2d, dan pas d cek usg kantung janin yg membesar tp janinnya yg g ada...sampek d usg transvagina..dan hasilnya sama..saya tdk mngalami pendaharan, bercak, mual, muntah,dan berat badan naik 2 kg..
    Dokter sudah bilang kl ni kehamilan kosong dan 4-5 harian udh harus d kuret,,tp dy bilang apa dilihat lagi 2minggu ke depan..
    Tetapi dokter mengatakan kalo itu 99,99% mmg harus kuret...
    Saya drop ini mbak..pulang dr dokter,sepanjang perjalanan saya nangiss, saya dan suami sampai lemes,sedih,..kita belum kasih tau info ini ke keluarga kami...
    Tetapi suami saya masih berharap,,smpai browsing Internet, dan nemu blog ini,,saya dsruh baca biar sayanya ada keyakinan dan semangat lagi...mohon penjelasan nya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam

      Seng tenang ya mba. Kemarin aku pas 7 minggu memang baru keliatan. Coba ditunggu dulu mba 2 minggu. Nanti kelihatan janinnya.


      Tapi mba sebelum kehamilan yang ini saya juga bo jadi pas 8 minggu keguguran.

      Tapiiii, setelah itu sebulan lagi saya hamil raffa mba (kehamilan yang mbak baca di postingan ini)

      Sabar dan berdoa ya mba insyallah yang terbaik. Tapi cari second opinion dokter lain kalau bisa mba e.

      *peluk dari jauh

      Hapus
  16. Halo assalamualaikum bunda,saya terakhir haid dibulan april 23 dan dan sudah 2 kali tespeck hasil (+) dr 1minggu telat haid sdh kedokter spog tapi kantung janin belum keliatan dokter nyuruh untuk datang lagi 2minggu kedepan tepatnya tgl 12 juni ini, ehhh semalam jalan2 keluar pulang2 kerumah kecapean trs ngflek tp malam aja agak banyak kaget tp memang ngerasa badannya capek banget trll banyak jalan,mau pergi ke dokter tp saya takut kevewa dan galau takut disebut g hamil karena g ada kantongnya,wajar g bundaa jika fleknya hanya sebentar aja karena kecapean ga perlu kedokter kali ya.. ?? Makasih

    BalasHapus
  17. Assalamu'alaikum MB..
    Terimakasih atas semangatnya. Soalnya saat ini saya juga mengalami hal semacam itu. Saya mengalami flek selama hampir 3 Minggu. Dan skrg sudah hamil 6w, tp hasil USG janin blm nampak. Tapi kantong dan placenta terlihat bagus. Semoga saya juga berhasil dan Allah memberi yang terbaik.😊

    BalasHapus
  18. Hy mba...saya jg alami seperti yg mba alami...wkt hamil 3-4minggu saya prnh flek bahkan pendarahan...tapi kehamilan msh berlanjut sampek skrg sudah 7minggu dan flek nya jg sudah berhenti...yg mau saya tanyakan...mba udh lahiran kan?maaf ya mba klu pertanyaan saua agak lancang soalnya saya jg galau bgt ni...apa bnr mba klu hamil alami flek...bayi yg lahir bs cacat?ntah itu bercak hitam di wajah atau yg lain nya...gmna dgn bayi mba?sehat2 dan sempurna kan mba?

    BalasHapus
  19. Waah.. Mbak echa kisahnya sama banget kayak aku.. Sampek sempet down gara2 knp flek nggak ilang2.. Aku 6w muncul flek segaris gitu mbk,coklat,terus ke obgyn katanya kecapean..dikasih penguat..abis itu berhenti terus 4 hari kemudian keluar lg,cuma pagi aja,sama plek kayak yg digmmbar mbk echa gitu warnanya..muncul pas dilap doang.. Tp tak terusin minum penguatnya,Alhamdulillah lama kelamaan jadi ilang fleknya..aku flek kayak gitu 2 mingguan kira2.. Fleknya ilang mual muntah parah melanda,Alhamdulillah..hahaha.. Tp jd agak lega gitu mbk, berasa jd hamil beneran gitu,sampek sekarang 12w, alhamdulillah itu flek ndak muncul lg dan jaaangan muncul lg.. Mualnya udah berkurang cuma kadang muntah aja kalo masuk kamar mandi..perutnya bawah juga udah agak gendut.. Doakan sehat yaaa mbaaak debaynyaa

    BalasHapus
  20. Mbak ...akhirnya gmn...bs kembali normal kantongnya gak?
    Soalnya saya mengalami hal yg sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mba kembali normal kembali. Banyak istirhat, makan sehat dan minum teratur

      Hapus
  21. Assalamualaikum bunda... Saya juga mengalami hal yang sama... Saya sedang hamil anak ke 2, sekarang usia kehamilan sy 7 minggu.
    Sudah 3hr keluar flek dan saya langsung periksakan ke dokter kandungan, hasil dr usg katanya kantung janin tidak bulat dan dokter bilang kondisinya 50:50... Tapi sy diberi obat hormon dan penguat janin, jika dalam seminggu tidak ada perubahan katanya harus di kuret.. Jd untuk saat ini saya harus bedrest... Saya browsing2 dan akhirnya lihat cerita bunda bunda dsini yang mem buat saya bersemangat lagi.
    Buat bunda bunda yg pernah mengalami hal yg sama tolong di share dsni dan jika ada tips sehat mohon di share juga supaya bisa lebih tambah semangatnya.
    Terima kasih,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana mba sekarang? Semoga sehat ibu dan bayi

      Hapus
  22. Maaf mau tanya mb'...
    Untuk anak yang sekarang yang di ceritakan. Kondisinya gmna lahir normal lah mb'?
    Soalnya saya mengalami hal yang sama..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mba. Anak ini sehat walafiat. Banyak istirahata, minum penguat plus anti kontraksi dan jangan lupa asupannya ya. Insyaallah survive mba

      Hapus
  23. Ass bun. Aku mw nnya kehamilan udh jln 6w2d...karna q ga tw. Klw q hamil. Trus buln maret q mang ga haid. Pas tespk negativ.. Klw kata suami sya. Km beneran hamil. Tpii ttp g percya. Bulan April tgl 1 sya hrus y haid trnyta tdk haid. Suami sya blng lgii km bneran hamil.krna tgl 3april sma flek .karna suami udh marah2 sma sya. Lngsung lah sya coba2 respek akhir sya postif tpii samar Sya langsung ke bidan kta bdan nhe berbhya. Dsruh istrhat yg total ga boleh ngapa2in.Smpe sya hmpir ngedrop. Disarankan disruh USG. Sya USG. Dbilang dokter y kandung sya kantong kehamilan y tidak utuh (tanda2 arbotus). Dikit lgii keguguran.sya ga mw keguguran ketiga x ya. Pha sya msih bisa bun slmat kn ank sya bun..Sya denger lngsung lemes tpi sya yakin. Sya bisa pertahan kn ank sya... Gmna Cra y pun. Dsruh istrhat total ga boleh ngapa2in sma dokter y bun. Hnya tidur di kasur sma mandi N buang air kecil. Selbih y tdk boleh ngap2in.

    Bun tuh crta sya yg sya almin sekrng. Doain sya y bun. Supaya beby sya sehat. N normal kembali bisa smpai lahiran.
    Ksih solusi y buat sya bun biar sya semangattt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Percayakan sama Tuhan mbak. Selebihnya kita ikhtiar. Ini yang ketiga kali hamil kan? Istirahat dulu, makan sehat. Kalau emang g boleh turun dari kasur coba dulu. Nanti kalau sudah enak biasanya disuruh tes darah buat mastikan aman mba. Sehat-sehat ya mba. Semangatttt

      Hapus
  24. Ya allah bun yg bunda rasain sama kyk sya dr 5w sampe skrng jln 9w flek datang pergi, hasil usgny pun sama kantungny lonjong pas 8w, obat yg dkasihkn doktr jg sama pregnolin sm hystolan..doain y bun sya jg bs kuat kyk bunda ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sehat insyaallah mba. Ini yang kehamilan sekarang saya juga smaa flek juga, tapi insyallah survive. Banyak doa, istirahat dan makan sehat ya mba. Minumnya juga dijaga.

      Hapus
    2. bu gmn skarang khamilannya? Saya sama sperti itu(〒﹏〒)

      Hapus
    3. sehat-sehat insyaallah. semangat yoo berdoa mbak e. anak saya dah lahir alhamdulillah sehat. MasyaAllah

      Hapus
    4. Iya mbak, terima kasih banyak ya, saya simpan halaman ini, sesekali suka saya baca agar lega

      Hapus
  25. Saya maun bgi cerita bun .
    Saya sudah telat seminggu dan tespack hasil samar gitu ..dan di hari ke 6 telat mens keluar darah dan smpai sekarang seperti darh mens 😢 saya sudah ke bidan dan di kasih obat pnguat rahim dan kontraksi .. lalu saya usg hasil usg nya itu baru ada penebalan di dinding rahim rasanya pengin nangis pdhal udah seneng bgt bakal punya debay😣 tapi trus di kasih obat penguat rahim lagi dan harus bner " istirahat total ga boleh ngapain" ..tapi suami saya yakin kalo saya telat mens rasanya sedihh bgt pas denger dia bilang gituu ..jadi putus asa saya bun😢😢😢😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti 5-6 weeks mba. Gpp bentar lagi kelihatan kantung dan janin. Semangatt, jaga kondisi dan afirmasi positif ya

      Hapus
  26. Assalamu'alaikum alhamdulillah seneng bisa nemu artikel ini.. Kondisi saya saat ini sama seperti mba, usia kandungan baru jln 6w tapi udah 4 hri ini keluar flek. Sempet was was karna bercak coklat ga berhenti berhenti sudah ke dr kandungan dan diberi penguat Utrogestan 100mg. Dan disuruh kembali 2 minggu lagi. Semoga kandungan jan janinnya baik baik saja. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya Allah. Diminum obat penguatnya ya. Ikhtiar mba. Bismillah insyaallah kuat, sehat sampai lahiran waktunya tiba

      Hapus
    2. Mba waktu ngeflek keluar gumpalan hitam ga? ? Soalnya flek ku disertai gumpalan gitu. Setiap hari pasti ada.

      Hapus
  27. Assalamualaikum...saya mau cerita bun,kemaren tgal 31mar saya keluar darah haid dan keram dan saya tespek +...besoknya saya kedoktor dan kata dokter rahim saya sudah bersih...tapi saya bingung bun pas saya testpack selalu positif,terakhir saya test masih positif,,dan skrang timbul plek. Mohon masukannya bun..

    BalasHapus
  28. Saya juga hamil 6 minggu, sekarang ada flek dah 4 hari dan masih terlihat kantung janinnya aja,
    Disuruh balik 2 minggu lagi buat USG .
    Doain ya bunda semua disini semoga terlihat janinnya dan gak ngeflek lagi.
    Amiiin

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum mba,salam kenal. Sekarang saya jg sedang hamil 6weeks,sedikit cerita ya waktu usg 5weeks kantung rahim saya tidak beraturan,dokter sempat bilang kalau janinnya kurang berkembang dgn baik dan kalaupun berkembang lahirnya akan ada kelainan. Disitu rasanya saya sedih banget ngebayanginnya. Tp saya positif thinking dan berdoa kalau babynya baik2 aja plus minum obat penguat janin. Ternyata di usg 6weeks,kantung rahim saya membulat, alhamdulillah. Apa memang kantung rahim bisa membaik ya mba? Kadang saya masih khawatir dgn kondisi janin saya karna awalnya dokter bilang kurang baik. Maaf ya mba jd curhat panjang lebar hehe. Makasih sebelumnya udah mau nyimak cerita saya 😊

    BalasHapus
  30. Sore saya lagi bingung juga,,saya sudah telat 47hari.bulan kmarin usg ke dokter,tapi dokter bilang "saya tidak menghaidkan ya",jadi bingung...pulang2 dibekali asam folat & antioksidan.dan disuruh balik lagi setelah obat habis dan bila tidak keluar haid.jadi takut....

    BalasHapus
  31. Uk sy 9w5d menurut hpht tp kantung irregular, mmg selama hamil klo pas emosi lsg perut bawah kram dan pinggang sakit. Blm bisa terima klo hrs kuret 😢

    BalasHapus
  32. Mbak hasil usg ku kemarin usia 7week4day juga lonjong.. biar bisa balik bulat gmna caranya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. istirahat mba. saya dikasih penguat dan anti kontraksi yang pasti istirahat ga banyak jalan minum juga yang banyak. insyaallah survive

      Hapus
  33. haloo bunda2 saya mo share ni pengalaman saya.usai kandunganku skrng udh 8week tp anehnya kmren kanton janjnku samar pdhl bru seminggu kmrn udh terlihat jelas dam membesar entah krna flek yg darah yg kelaut choklat sangat bnyk.di usaia kandungan 5week kanton janin blm terlihat di usia 7week susah terlihat,tp setelah flek usg kanton janin samar lg.saya masih minum git dan penguat kandungam smpai skrng berpikir pisitiv dan bedrest smpe akhir bln nanti priksa lg

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaallah mba. samar kabur karena krang minum aja biasanya. banyakin minum, makan bergizi dan istirahat biar ga nambah flek ya mba.
      semoga sehat sampai lahiran

      Hapus
  34. bun saya juga mau curhat serta minta saran,saya hpht 14juli2019 pas tespek itu hasilnya smar,terus saya usg katkata dokternya 5week 6day dan belum terlihat kantongnya,terus itu saya dkasih vitamin dan balek preksa 2minggu kmudian.stelah usia 8week usg lagi alhamdulilah kantongnya sudah ada dan besarnya normal tp blom ada janinnya,dan dsruh 2minggu lagi usg usg dan harus sudah ada janinnya dan detak jantungnya.mungkin ada yg kasih solusi saya harus konsumsi apa atau gimna bun biar pas usg usg ke10week udah ada janinnya dan detak jantungnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. percaya dan berdoa mbak. biasanya ditunggu sampai 12 minggu. istirahat, makan bergizi dan berdoa. Semangaaaaaaaaaat

      Hapus
  35. Mbak, yg lalu gimana apa bentuk kantungnya bisa dikembalikan bulat? Caranya gimana ya? Saya hamil 12w mirip sabit, kalo mmg bentuknya berubah krn kontraksi mmg saya hamil sambil menyusui. Agak khawatir krn bentuknya kok lain dgn yg pertama di usia yg sama. Makasi mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak minum dan istirahat mba. Kemarin saya gitu. selain penguat anti kontraksi juga sesuai resep dokter. NWP (Nursing while pregnant) memang bisa mbak. tapi kalau dirasa ga sanggup atau malah bikin kontraksi mungkin bisa dikonsultasikan ke konselor atau dokter kandungannya. Sehat-sehat ya mbak

      Hapus
  36. foto fleknya sm persis dengan milik saya mba, saya sdh 8w blm terlihat janinnya, bentuknya pun lonjong, perasaan campur aduk, bahagia hamil, sedih ada flek, dan harap2 cemas...

    Rasanya bahagia khempas lagi...

    Ini kehamilan yg ke 3, hamil anak ke 1 sehat lahir batin akarang sdh berusia 9tahun, 8tahun kmudian hamil lg, senang sekali, tp flek akhirnya hrs dikuret, 10bukan kemudian hamila anak ketiga yabg sekarang, dan flek lagi, slalu terbayang pngalaman hamil ke 2 jadi kadang takut ke wc ke ruang dokter, kr terbayang kejadian lalu, takut sperti itu lagi ....

    Skarang masa penantian s.d minggu ke 12, klw tidak ada janin spertinya akan sama dkuret lagi (〒﹏〒)

    Berharap smoga janinku tumbuh, kuat, sehat lahir batin....

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin ya Allah. Banyak istirahat ya mbak e kuat kuat kuat afirmasi positif

      Hapus
    2. Iya mbak,terima kasih banyak ya mbak, saya simpan halaman mbak, suka saya baca2 agar lega dan semangat

      Hapus
  37. Hai aku jg ngalamin harap2 cemas . Hpht 10 agustus USG pertama 18 sept baru 4w Kya dokter dan kantung gs sekali.
    Udh lg kmren 1 okt ukiran 6w6d kantung sudah besar dan bulat tpi janin blm terlihat sempet flek bbrpa kali (tidak berturut-turut) tpi Kta dokter kehamilan msh bagus.
    Dsuruh dtg 2 Minggu lg hrus udh ada janin dan djj ktanya.
    Minta doanya y smga 2 Minggu lg sdh terlihat janin dan djj nya. Aamiin

    BalasHapus
  38. Bunda mau tanya jika obat penguat nya sudah habis dan masih ada flek nya apakah kita harus balik USG lagi bund.. Terimkasih.. Ini hamil ke dua q usia 19 minggu, tapi sebelumnya gak pernah ngeflek..

    BalasHapus
  39. Bunda mau tanya jika obat penguat nya sudah habis dan masih ada flek nya apakah kita harus balik USG lagi bund.. Terimkasih.. Ini hamil ke dua q usia 19 minggu, tapi sebelumnya gak pernah ngeflek..

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus ke dokter mba nanti dokter kandungan atau bidan yang lihat dan saranin apa

      Hapus
  40. Mbak,mau nanya itu kantong kehamilan gak bulat itu karena pengaruh keluar flek gitu ya mbak? Soalnya kondisi saya sekarang juga kayak gitu,kantong kehamilan gak bulat dan sebelumnya selama dua hari keluar flek

    BalasHapus
    Balasan
    1. iy amba banyak minum ama istirahat ama makan bergizi. beener2 istirahat ya mba

      Hapus
  41. Siang mau cerita sedikit bun, saya udah telat sekitar 8hari belum tespack tapi bun. Tapi kemarin aku keluar flek coklat bun. Itu kenapa ya? Tapi kadar fleknya gak banyak kyk haid.

    BalasHapus
  42. Siang mau cerita sedikit bun, saya udah telat sekitar 8hari belum tespack tapi bun. Tapi kemarin aku keluar flek coklat bun. Itu kenapa ya? Tapi kadar fleknya gak banyak kyk haid. Mohon sarannya bun makasiihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba tespek mba biasanya darah itu awal kehamilan bisa

      Hapus
  43. Bun mau tny pengalaman konsul, kl mengalami hal ini apakah bisa dikatakan hamil kosong. Usia kandungan hitungan HPT sekitar 12 minggu cuma usg ukuran kantong janin sekitar 8 minggu 5 hr masalah ny janin belum terlihat. Jadi rasa was2

    BalasHapus
  44. Selamat siang bun.. Aq jg ngalami flek brwarna cokelat kemarin. Trus hari ini pas mau pipis ad flek lagi. Tiap pipis dilap tissu ad flek jg. Aq tkt bgt soalnya khamilan sblmnya jg pernah keguguran. Skrg usia kndungan 10w gtu. Trus kdg nherasa skit dbgian punggung. Bbrapa hr sblmnya prnh perjalanan jauh pake mobil sktr 6 jam perjalanan PP.
    Mdh2an janin q baik2 aja. Trauma bgt rsanya. Aq sm suami ntr sore rncana mw periksa lg..

    BalasHapus
  45. Malam mba..
    Terimakasih sharingnya, kebetulan ada kesamaan kejadian dgn sy. Katena kecapekan, bentuk kantong sy juga agak lonjong. Sy sdg hamil 5w2d.yg saya tanyakan, setelah mba bed rest total, apakah bentuk kantongnya bisa kembali bulat? Dan janin bisa berkembang lg dgn normal? Mohon infonya ya mba. Biar sy bisa positif thinking juga hehe

    BalasHapus
  46. Sama banget bun, kejadiannya yg saya alami bun.

    Bidan menghitung kehamilan saya masuk 10 minggu, trus saya flek kecoklatan. Trus saya USG kandungan berusia 5mingguan .. Kaget bgt bun, rasanya pikiran udah kemana mana, disuruh bedrest min. 2 hari. Kalo masih bgtu, aku suruh langsung ke dokter cek lagi harus gimnanya.. Mudah mudahan sehat gak knpa knpa janinnya aminn.. Doain yaa bunda bunda semoga janin sehat sehat. Aku baru pertama hamil jadi syok, bingung, takut salah periksa ke bidan sama dokter yg salah.

    BalasHapus

Posting Komentar