DIY Bermain Mengenal Anggota Tubuh pada Anak

17 komentar

[Sponsored Post] DIY Bermain Mengenal Anggota Tubuh pada Anak. Mengenalkan anggota tubuh pada anak bisa sejak bayi tanpa kita sadari. Coba deh diingat-ingat dulu pas anak masih bayi pasti suka bilang, "Matanya mana mata?" atau "Hidungnya mana?". Betul tidak?

Semakin bertambah umur, kita malah bisa buat permainan bersama anak loh hanya dengan mengenalkan bagian tubuhnya. Ini salah satu diy yang saya buat diusia 2 tahun untuk Raffi. Bertahap saja, bisa mulai dari gambar dikertas dengan bagian tubuh lengkap sampai mencocokkan gambar bagian tubuh seperti yang saya share kali ini. Pelan-pelan saja dibawa santai kalau bermain montessori tidak perlu ngotot hehehe. Biar suasana bermain tetap menyenangkan hoho.

Kalau begitu, saya share dulu ya step by step membuat diy bermain mengenal anggota tubuh pada anak. Ini saya gunakan model permainan mencocokkan bagian-bagian tubuh.

Bahan yang diperlukan

1. Kertas atau papan tulis (saya menggunakan chalkboard wall dirumah)
2. Pulpen. spidol atau kapur tulis
3. Isolasi kecil
4. Kertas yang dipotong-potong

Cara membuat

1. Dikertas atau papan buat gambar badan manusia utuh. Tidak perlu bagus kok yang penting lengkap bagiannya. Seperti ada telinga, alis, hidung, jari tangan ada lima dan bagian lain. Kalau gambar laki-laki ya gambar laki-laki, kalau cewek bisa dipakaikan rok atau bawa tas elizabeth. Terserah kreasi ibunya hohoo. 

Nganu, kok diliat-liat lagi kok serem ya gambarku wkwkkw

2. Buat dikertas yang dipotong-potong beberapa bagian-bagian tubuh beserta nama bagian tersebut menggunakan pulpen atau spidol.


3. Kasih isolasi sedikit diatas kertas yang dipotong-potong itu agar anak mudah menempel.
Siap dimainkan \m/


Cara bermain

Intinya, anak cukup menempelkan bagian-bagiannya kegambar tubuh karena ini permainan mencocokkan gambar sebenarnya. Prosesnya tergantung ibunya mau mengarahkan anak bagaimana.

Kalau saya kemarin, saya minta Raffi menunjuk nose atau hidungnya. Trus minta dia mencari gambar hidung dan menempelkan ditempatnya digambar tubuh. Kita bisa mengasah logika anak juga kalau hidung itu tempatnya diwajah ^^. 

Atau saat menempelkan tangan, kita bisa tanya ada berapa jari ditangan? Atau juga bisa bertanya hidungnya ada berapa? Matanya ada berapa? Di wajah atau muka ada bagian tubuh apa saja? Interaksi dan komunikasi permainan dengan anak jadi seru kan? Mendengar jawaban anak yang kadang nyelimur kadang bikin kita tertawa sendiri kok ^^.

Anaknya senang tidak? Walau sederhana, semua permainan bisa bikin anak senang kok ^^. Percaya deh. Tidak percaya? Coba dilihat video Raffi saat bermain ini ^^. Seru kan?



Setelah semua tertempel sempurna digambar tubuh. Beri tepuk tangan atau penghargaan buat anak karena sudah menyelesaikan tantangan permainan ini dengan baik ^^. Kalau Raffi kemarin karena dilakukan saat jam cemilan, jadi setelah bermain langsung saya beri kue buat snacknya. 

Btw, saya memang senang bermain itu setelah bobok siang. Saat bangun siang dia dapat kejutan ada mainan baru, setelah bermain dia dapat hadiah snack hehehe. Pas kan jadinya hehehe. 


Raffi juga mau diajak berpose bersama gambar tubuh yang saya buat. Yang penting anak suka dan senang kan^^. Ini diy permainan mengenal anggota tubuh pada anak versi saya^^. Semoga bisa jadi ide untuk bermain bersama anak ya buibu ^^. Semoga menginspirasi dan selamat bermain :*.

Related Posts

17 komentar

  1. Mami Echa emang kreatif banget, hebat. Idenya selalu oke punya nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi ini ngedon di draft ternyata belum aku publish xD makanya publish aja daah

      Hapus
  2. kreatif..bagus juga nih buat raissa ya, gambar tempelannya dikasih huruf juga sekalin belajar baca solanya dibanding kakanya kurang minat baca anak gadisku ini maunya belanja (jajan)terus duuuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayooo semangattt mak, iya ini buat kosakata juga biar nambah ^^

      Hapus
  3. Keren bin kreatif nih mba. Nggak terpikir melakukan ini ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk dibikin yukkk dah kepikir kan sekarang ^^

      Hapus
  4. aku kurang imajinatip klo gambar, jadinya ngenalin anggota tubuh pakai nyanyian aja "kepala pundak lutut kaki" ato lagu karangan versi aku sambil nunjuk2 anggota tubuh yg dinyanyiin hehe idemu dua jempol mak echa ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide bagus itu mainan ini sambil nyanyi mbak gpp. Kadang saya juga gitu ini kreatifitas ortu dan komunikasi sama anak enaknya gimana ^^. Selamat mencoba yaaa

      Hapus
  5. kreatif Mbak, kapan2 aku cobain ama Aiman.

    BalasHapus
  6. Kreatif banget mbak ide permainannya, ntar coba ah maenan ini sama anak-anak. makasih sharingnya ya mbak

    BalasHapus
  7. Ciee.. in english bo. Xixixixi..
    Mau nyonto ah..hihi

    BalasHapus
  8. Ciee.. in english bo. Xixixixi..
    Mau nyonto ah..hihi

    BalasHapus
  9. waahh kreatif, bagus ini di praktekin hhe ... :-)

    BalasHapus
  10. Kreatif banget mbak ide permainannya, ntar coba ah maenan ini sama anak-anak. makasih sharingnya ya mbak..hhh

    BalasHapus

Posting Komentar