5 Cara Mudah Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Lima cara meningkatkan nafsu makan anak

[Sponsored Post] 5 cara mudah meningkatkan nafsu makan anak. Siapa disini yang anaknya susah makan? Alhamdulillah, Raffi kebetulan makannya termasuk yang kategori mudah. Jadi kalau mau dibawa kemana-mana gitu, dia mau makan yang ada. Pokoke ora neko-neko^^. 

Berat badan dan pertumbuhannya juga sesuai dengan KMS selalu digaris hijau (dikepala saya sudah terpatri anak sehat tidak harus gemuk tapi sesuai dengan masa tumbuh kembangnya), makanya saya tidak pernah khawatir dengan makan Raffi. Tapi ada sih waktu-waktu dimana dia malas makan, misalnya lagi kurang enak badan atau lagi sariawan. Dan itu adalah saat dimana seorang ibu bisa lebih kreatif mengolah makan anak agar asupan tetap masuk ^^. Betul tidak?

Banyak yang tanya bagaimana cara mengajari anak agar makannya gampang seperti Raffi. Saya sendiri sebenarnya bingung juga ditanya, tapi yang pasti saya selalu berusaha meningkatkan nafsu makan anak agar selalu semangat makannya. Saya percaya pertumbuhan anak itu perlu nutrisi dan stimulasi, termasuk stimulasi saat makan ^^.

Ini tidak hanya berlaku saat 1000 hari pertama kehidupan loh

Saya juga beberapa kali membaca buku dan sharing dengan teman tentang hal ini. Semua cara saya coba dan direview mana yang cocok untuk anak kita. Ingat beda anak beda perlakuan ^^.

Dari berbagai macam metode, ini 5 cara mudah dan sederhana ala saya untuk meningkatkan nafsu makan anak. Dan ini terus saya terapkan konsisten hingga saat ini ^^.

1. Konsisten dengan jam pola makan
Orang tua harus bisa memberi contoh kepada anak. Karena sebagai sosok terdekat anak, orang tua akan selalu diperhatikan. Jadi dimulai dari orang tua juga ya ini ^^. 

Caranya dengan menentukan jadwal makan yang teratur setiap hari, terdiri dari 3 kali makan utama dan 2 kali makan snack dengan menyesuaikan aktifitas harian keluarga. Kenapa penting membuat pola seperti ini? Yang pasti saya mengenalkan konsep lapar dan kenyang. Dia makan saat jam makannya dan hanya minum diluar jam makannya. Ini saya mulai sejak Raffi mengenal MPASI. 

Ini contoh jadwal harian Raffi sampai saat ini saya gunakan sehari-hari. Soalnya masih sesuai dengan jadwal sekolah dan kegiatan harian kami.

jadwal harian toddler
Jadwal harian Raffi yang sampai saat ini saya gunakan


2. Memilih makanan sehat dan bervariasi
Selain jadwal harian saya juga rajin membuat menu makan mingguan Raffi. Pssst, membuat ini juga bisa untuk lebih rapi dalam pengelolaan uang belanja juga loh :D.

Yang pasti, setiap hari saya sediakan minimal satu buah-buahan untuk seluruh anggota keluarga. Agar sedikit bervariasi, saya suka buat bento lucu-lucu gitu buat Raffi walau cuma dimakan dirumah, Tapi beneran, Raffi senang dan semangat makannya.

bento anak
Beberapa bento geje bikinan mamih Raffi hihi
Walau acak kadul bentuknya, Raffi tetap semangat makannya loh :D
Mamihnya jadi semangat belajar bikinnya kaaan!


3. Komunikasi sama anak tentang rasa makanan dan apa yang dia suka
Setelah makan, saya biasanya bertanya beberapa pertanyaan sederhana pada Raffi. Misalnya, enak tidak makanannya? Atau besok mau makan apa? Atau saat ada makanan baru, saya selalu tanya ini makanan A mau tidak makan? Jadi tidak ada drama maksa makan. Saya juga selalu berusaha bicara positif tentang makanan yang tersedia dimeja makan. 

Tidak ada penghubung paling sempurna selain komunikasi yang baik dengan anak. Suasana makan jadi menyenangkan dan anak makan tanpa paksaan^^.


4. Ajari anak untuk selalu makan dan duduk dimeja makan
Semenjak masuk MPASI dulu, Raffi saya biasakan untuk duduk saat makan. Dan ternyata punya highchair itu sangat membantu loh. Sampai saat ini, saya hampir tidak ada drama mengejar anak untuk makan. Jadi saat makan ya makan, kalau main ya main. Membuat satu spot berkumpul dimeja makan juga penting, sampai saya mengubah tatanan ruang keluarga yang bisa digabung dengan meja makan.
Ruang makan keluarga kami
Saya termasuk yang tidak memperbolehkan anak bermain saat makan
Tapi anak boleh memainkan makannya saat waktu makan sebelum masuk mulut



5.Minum susu untuk tambahan pemenuhan nutrisi anak
Selain makanan pokok, susu juga penting dimasa pertumbuhan anak dan menjaga kesehatan hingga dia dewasa. Kandungan yang sangat baik untuk tubuh dalam susu dapat membuat tulang dan gigi anak sehat, mencegah obesitas saat dewasa dan menjaga cairan tubuh agar tetap segar beraktifitas, Selain itu, susu juga bisa menjadi kudapan sehat untuk anak.

Kadang saya masukkan difreezer kulkas biar seperti es krim. Atau kadang saya suka membuat jadi cemilan lainnya seperti kue kecil, puding dll. Raffi sendiri bisa 3 kali lebih minum susu dalam sehari.

Raffi minum susu dimasa pertumbuhannya

Untuk anak yang susah makan, susu dan produk olahannya bisa dijadikan alternatif agar anak tetap terjaga nutrisinya. Tapi tetap harus mengajarkan anak untuk terus makan ya^^. Jangan lupa untuk konsultasi kedokter ya dan cari tahu kenapa anak tidak mau makan ya. Apa saluran pencernaan terganggu atau trauma saat proses makan dll. Karena bagaimanapun anak tetap harus belajar makan dan pencernaan menggiling makanan ya ^^.

Oh iya, untuk anak yang susah makan kalau perlu ada salah satu merek yang direkomendasikan yaitu PediaSure

Pasti sudah pada familiar ya bu-ibu dengan PediaSure ini ? Susu ini memang dirancang khusus untuk pemenuhan nutrisi dan membantu pertumbuhan bagi anak yang susah makan dan bermasalah dengan makanan. Dikemas dengan rasa yang lezat dengan berbagai varian rasa seperti vanilla, coklat dan madu, PediaSure mulai bisa dikonsumsi anak yangberumur 1-10 tahun. 


PediaSure dilengkapi dengan Mikro Nutrisi dan Makro Nutrisi untuk pertumbuhan, Asam Linolenat dan Asam Linoleat sebagai asam lemak esensial, sumber protein, vitamin A, C, dan E serta mineral Zink dan Selenium, plus campuran 3 minyak nabati. Lengkap kan ^^. Jadi si anak susah makan tetap terpenuhi kebutuhan nutrisinya ^^. 

Btw, karena kandungan  dalam Pediasure ini lengkap makanya kenapa harga lebih mahal dibanding lainnya :"). 

Tenang-tenang, sekarang ada yang namanya JD event Baby Festival. Disana PediaSure 850gram hanya 250ribu perkaleng. Dan ini harga paling murah loh dibanding lainnya. Solusi banget kan biar anak bisa minum susu untuk pertumbuhannya?




Sudah pada tahu JD kan? Disana banyak sekali pilihan yang dapat memenuhi kebutuhan kita, salah satunya untuk keperluan ibu dan anak. Pengalaman beli disana sih barangnya original, pengiriman cepat, cs yang tanggap dan harganya lebih hemat. 

Jadi tunggu apalagi bu-ibu? PediaSure bisa dibeli di jd.id lohhh! Buruan! Soalnya event Baby Festival ini berlangsung cuma 26-29 Juli 2016 saja. Bukan hanya itu saja sih, banyak promo lain selama event baby festival ini loh! Nggak percaya? Klik sekarang juga JD Event Baby Festival ^^.

Sekarang sudah tahu kan bagaimana cara agar anak nafsu makannya meningkat? Selamat dipraktekkan yaa! Jangan lupa, buat yang mau borong keperluan ibu dan anak buruan ke event Baby Festival. Dan di jd.id make joy happen!

90 comments:

  1. Whoaaaa Pediasure promo! Ini susu favorit adek sepupuku :3 Maaci infonya :3

    ReplyDelete
  2. Infonya berguna banget ini. Waahh keren mami Raffi...

    Semangat terus yaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mbaa.. \m/ belanja di baby festival yukkk

      Delete
  3. Makasih tipsnya mba. Anakku Luthfi memang rada rada susah kalo di ajak makan. Sampai bingung juga kadang ngerayunya. Semoga tips tips ini bisa bermanfaat juga untuk anakku

    ReplyDelete
  4. Dulu Putri saya sempat minum susu ini beberapa kaleng, hasilnyaemang bagus cuma harganya Suarjana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk mumpung diskon banyak kok produk promo lainnya di JD baby festival ^^

      Delete
  5. kalo..anak lagi males makan emang susu jadi lebih dibanyakin..he2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi tapi tetap kudu makan ya ^^

      Delete
  6. Ya ampuuun itu lucu banget bentonya :)
    Yang tentang jam makan itu bener deh aq juga selalu ngikutin pola itu jadi anak2 ngerti klo jam itu ya waktunya makan bukan ngemil permen misalnya, eh permen mah bukan cemilan yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya waktu itu aku diajari dirimu tentang pola makan ini mbak

      Delete
  7. Keren bentonya, bener semakin anak suka makan semakin semangat kita belajarnya yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk buat bekal juga kesekolah pasti seneng lagi ngumpulin iniii

      Delete
  8. ooh Pediasure salah satu alternatif solusi ya untuk anak yg males makan.. aku juga membiasakan makan sambil duduk meskipun itu cuma diatas lantai

    ReplyDelete
    Replies
    1. iy ayang penting anteng ga pergi kemana2 ^^

      Delete
  9. Waahh baby festivalll, pengen ngajak spupu yg baru punya baby ke sana, ahhh. Thanks infonya ya Chaaa...

    ReplyDelete
  10. Kreatif bgt Mba Echa bikin Bentonya, lucu-lucu bangat, pantasan Raffi semangat makannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. belajar dek buat bekel nanti ya ^^

      Delete
  11. Haduuuh susu Mihil tapi emang sesuai sih dengan kualitas... aku sih kalau anak susah makan, emaknya yg ngabisin alhasil body ini tambah bohay..

    ReplyDelete
    Replies
    1. plisss jangan ngomongin bb kita sehati kalau BB --'"

      Delete
  12. Rafasya juga alhamdulillah makannha gampang. Jadi ga tlalu repot ya klo lg jalan2. Bener banget Cha, dbikin bento2an bikin anak semangat makan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyo jadi enak ya dia semangat makane

      Delete
  13. Alhamdulillah, Fathan juga nggak susah makannya. Tapi bundanya belum bisa bikin bento kayak mama raffi, semoga bisa kreatif yah kayak mama raffi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayooo mbak belajar ini aku masih belajar seh :") makanya berantakan

      Delete
  14. aku ngiler liat bentonyaaaaa......

    ReplyDelete
  15. Wah, liat makanan yang cakep begitu, semua anak yang susah makan pasti jadi mau makan. Btw, Zaudan juga nafsu makannya naik turun. Tapi gak terlalu khawatir kalo lagi turun. Kebetulan, susunya Pediasure sejak dia usia setahun. Dan kalo lagi turun nafsu makannya, minum Pediasure tetep jalan. Nutrisinya jadi tetep terjaga. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iy apediasure ini emang buat yang bermasalah mba. tapi kalau misalnya normal g perlu ^^

      Delete
  16. Ini susu andalan sy jg kl adek Ayyan susah makan,cuma buat pemancing sj sih. Biasanya kl habis se-box gak tau knp langsung lahap dia, apa sugesti aja ya krn harganya mahal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal kalau mahal makenya dikit2 ya mak *eh

      Delete
  17. Mungkin bisa buat ak juga cha, yang susah mamam :)

    ReplyDelete
  18. Aih, aku inget dulu pake pediasure untuk Daffa :D thanks infonya mamiih

    ReplyDelete
  19. Mba rajin dan kreatif banget itu bikin bento,lucu. Tapi emang bener pediasure itu bantu banget buat anak susah makan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih belum rapi mba. lagi ngumpulin gambar2 lucu bento sapa tau bisa dicontek xD

      Delete
  20. Raffi makannya pinteeer ya :).. Itu bento lucuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ajarinnn dong mama bo biar rapi inii

      Delete
  21. Dulu adekku sempet minum ini. Sekarang sih nggak. Nafsu makan udah lancarrt

    ReplyDelete
  22. Anakku yang pertama itu susah makannya pas kecil. Soalnya dulu aku kerja, yang ngasuh gonta ganti. Nyuapin sambil digendong lah, sambil lari2an lah-___-

    Alhamdulillah anak kedua ditunggin emaknya dari bayik sekarang apa2 mak lep, nggak milih2 makanan.

    Pediasure anak pertama doang yang nyicipin. Mihil pulak sih. Sekarang nggak pernah beli lagi :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga anak ke-3 juga gampang ya mak makannya *eh

      Delete
  23. Kebetulan banget nih anak aku yang cowok lagi susah makan. Zebel. Makasi tipsnya ya Maaaaak

    ReplyDelete
  24. Makasih tipsnya, Mami Raffi. Kebetulan anakku doyan makan semua. Tentang susu pediasure, memang aku lagi cari infonya makasih ya. Btw, bentonya kece2...lucu 😍

    ReplyDelete
  25. Pernah dengar, kalo anak susah makan itu termasuk fase tumbuh kembangnya. Dari situ bisa tau mana yang emang kesukaannya, mana yang bukan, bener nggak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya makanan kudu variasi dan diajak ngobrol gitu caranya mak

      Delete
  26. Itu bukan bento geje, tapi cakeppppp. Emak kreatif. Kayaknya tiap anak beda - beda ya, ada yang suka makan ada juga yg suka susu, kalau aku sih kalau dia suka susu yowes, minumin susu aja hihihihi. Better dikasih susu dari pada vitamin, tar jadi gendut ga keruan klo pake vitamin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih belajar ini bikin bentooo acak kadul ituu

      Delete
  27. Arya itu kalau makan, drama banget, Mbak. Ngunyahnya lamaaaa bgt, ga ditelan2. Dan sukanya pindah sana sini. Emaknya kan jadi jengkel. Huhuhu.. *curcol*

    ReplyDelete
  28. Ini susunya anakku waktu kecil, karena dia susah makan. Dengan pediasure jadi lahaapp :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting sekarang demen maem kan mak ^^

      Delete
  29. anak pertama kan bermasalah makan sejak satu tahun, baru di umur 5 tahun doyan yg namanya nasi, jadi sejak umur satu tahun dah minum pediasure, lumayan bikin kantong meringis... hihihi, tapi sekarang alhamdulilah dah doyan mem..

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya dah laper ya mak butuh asupan banyak pas 5 tahun xixixi

      Delete
  30. Ini tips bagus buat Fahmi di rumah yang kadang suka rewel kalau soal makan...
    Trims ya tipanya 😊

    ReplyDelete
  31. Info yang sangat menarik nih buat istri kelak hehehe

    ReplyDelete
  32. Mamah Raffi ibu yang baik pakai banget. Tak usah jauh-jauh deh lihat saja dari foto-foto penyajian bentonya. Itu kan butuh ketelatenan. Insya Allah dengan Ibu seperti ini Rafi akan tumbuh jadi anak sehat dan cerdas. Begitu pula adiknya nanti. Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah mbak jadi melambung ini
      makasih ya mbak doanyaaa

      Delete
  33. Wah, mamiiiih kece bingits bentonya. Salut deh mau rempong demi anak. ^^

    ReplyDelete
  34. Ngajarin makan anak-anak tuh butuh effort, aku dulu sampai bikin jajanan sendiri untuk selingan makan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak anak jadi semangat kalau bikinan kita sendiri seh sepertinya ya

      Delete
  35. pernah ngalamain anak susah makan...alhamdulillah sekrang udah pada gampang dan teteap minum susu sebelum tidur

    ReplyDelete
  36. noted, ini tipsnya. Faraz kan susah banget makannya.
    btw Mbak, bukannya katanya Pediasure itu utk anak yg pencernaannya terganggu? pengen cobain juga utk Faraz tp ada yg bilang kayak gitu juag, huhuhuh #galau

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya buat yang bermasalah emang mak. Tapi kalau ragu lebih baik emang dikonsultasiin sama dokter seh ya ^^ lebih aman ^^

      Delete
  37. Wahhh makasih info promo nya! Dia pers juga diskon 50% !!! Pas banget ini lagu nyarik kado ..
    (Bukan buat kamuhhh 😑😑 )
    Wkkwkkwkw

    ReplyDelete
  38. Tipsnya boleh juga nih, suka poning sendiri sama Kezia yang susah banget makan 😷😷😷

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha padahal kezia keknya makannya banyaaaaak

      Delete
  39. Wah info promone boleh tuh, aku rekmndasikan ke saudara aku. Tengkyuu mami echa

    ReplyDelete
  40. dulu anak kakakku susaaaah banget makannya. Udah konsul ke sana kemari, ke dokter gizi, dll... tetap saja susah makan. Tapi akhirnya minum ini sambil pelan-pelan diajari makan. Sekarang sehat, pintar, mandiri, dan yang paling penting udah mau makan sendiri...

    ReplyDelete
  41. Anak saya makannya lahap cuma kalau lauknya sate ayam, gulai, sayur beli di RM Padang. Hmmm... Tapi terkadang makan sama tempe goreng aja mau dia, tapi ya mood-moodan juga. Dasar anak-anak ya.

    Tips soal waktu makan yg teratur itu harus saya terapkan lebih disiplin ke anak deh kayanya. Selama ini jam makan kacau balau termasuknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkkwkw kudu yang padang2 berarti xD

      Delete
  42. Boleh juga nih...ntar nunggu anakku baru disapih aja minumnya...minum susu ini ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau perlu mak. kalau anaknya enak maemnya mah g usah

      Delete
  43. Orang tua memang musti pintar mencari cara
    agar anak-anak lahap makannya
    saya juga pernah lakukan, makanan dibentuk kaakter seperti picture di artikel atas
    hasilnya mujarab :) hehe
    salam sehat dan semangat Mak Echa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya anaknya juga lebih semangat makannya ^^

      Delete
  44. Yaaaa.... ayah sudah nggak punya banyak sayang, mungkin buat cucu saja nanti ya?

    ReplyDelete
  45. Mba aku gagal fokus sama menu makan rafi neh. Apalagi bentonya lucu-lucu.
    Jadi pengen nyobain susu ini juga neh buat Dimas.

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^