Manfaat Posisi Sujud Untuk Ibu Hamil

46 komentar
 manfaat posisi sujud untuk ibu hamil

Manfaat Posisi Sujud Untuk Ibu Hamil.  Saat hamil di tri semester 3, kita akan lebih sering mendengar nasehat dan saran agar sering-sering perbanyak ibadah dan sujud. Yang pertama, memang agar kita lebih dekat dengan Tuhan dimasa-masa menuju persalinan. Yang kedua, ternyata posisi sujud itu bagus banget untuk memposisikan bayi ditempat yang semestinya sesuai umur kehamilannya. 


Loh kok tiba-tiba ngobrolin tentang sujud cha? Iya, soalnya usia kehamilan saya saat ini sudah 7 bulan. Tapi beberapa kali kontraksi terusan seperti mau lahiran sampai membuat nyeri, tiba-tiba tidak tahan kekamar mandi untuk pipis dan sakit sampai nangis. Ini karena posisi kepala bayi terlalu kebawah, sebabnya bisa karena kecapekan, stress, terlalu banyak jalan atau terlalu banyak duduk juga bisa. Apalagi beberapa bulan kemarin saya habis muter-muter banyak tempat buat survey program perumahan rumah demi masa depan cerah :").

Akhirnya saya diminta untuk bedrest tidak turun dari kasur sementara dan diberi obat anti kontraksi, anti nyeri plus pematangan paru-paru untuk janin sebagai tindakan preventif semisal bayi lahir belum waktunya. Sedih seh sebenarnya, tapi ya harus dikuat-kuatin dan berdoa semoga si bayi lahir nanti dimasa 9 bulan sehat sempurna.

Dan banyak teman-teman yang menyarankan untuk terusan posisi sujud sering agar bayi ditempat yang sesungguhnya. Begitupun dokter juga menyarankan untuk banyak solat dan posisi sujud. Jadi, posisi sujud ini bukan hanya untuk bayi yang terlalu turun posisinya tapi juga buat yang sungsang.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ارْكَعُوا وَاسْجُدُوا وَاعْبُدُوا رَبَّكُمْ وَافْعَلُوا الْخَيْرَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُون
Wahai hamba hamba yg beriman! Ruku’lah dan sujudlah, dan sembahlah Tuhanmu, dan berbuatlah kebaikan agar kamu beruntung (QS Al-Hajj: 77)

Janin yang sungsang atau posisi bokong janin dibawah perut tapi kepala diatas perut banyak dialami ibu hamil. Padahal bayi akan berputar hingga umur 35-36 minggu. Kalau posisi kepala diatas biasanya bisa membuat resiko persalinan sehingga biasanya diputuskan untuk caesar.

Kok bisa tahu kalau lagi sungsang atau kepala terlalu kebawah? Makanya, itu gunanya kita periksa kehamilan secara rutin. Jadi tahu kondisi bayinya kayak gimana ^^. Care sama kesehatan kehamilan sendiri tidak ada salahnya loh ^^ demi ibu hamil sehat dan janin juga.

Banyak studi medis membuktikan kalau gerakan shalat itu memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil. Karena secara alamiah akan meningkatkan peredaran darah kerahim untuk memenuhi kebutuhan janin dll.

Gerakan sujud dalam sholat yang benar untuk wanita itu siku kedua tangannya menempel dengan kedua sisi tubuh, jadi siku dan sisi tubuh tidak saling berjauhan. 

Posisi sujud (knee chest position) pada senam kehamilan posisi menungging kearah samping, dengan posisi perut seakan-akan menggantung kebawah. Dilakukan rutin 2 kali setiap hari pagi dan sore selama 10 menit. 



posisi sujud ibu hamil
Posisi sujud ibu hamil

Bila kita lakukan rutin maka kemungkinan berhasilnya diatas 90% jadi akan mengurangi kemungkinan melahirkan sungsang atau posisi terlalu kebawah sebelum waktunya. Gerakan ini juga sangat aman karena memberi ruang pada bayi untuk berputar kembali ke posisi normal sesuai umurnya. 

Subhanallah. Keren ya itu posisi sujud, sujud doang loh :"). Apalagi gerakan sujud agak lama dan tenang sambil ibunya mengatur nafas. Selain bonding dengan anak, ibu hamil juga jadi olahraga kan ^^. Si ibu bisa sambil ngobrol bilang, "Dek, yuk diposisinya yang bener yuk. Biar adek dan ibu  sama-sama enak nanti kalau ketemu saat persalinan :")". Yahhhh, semacam itulah ngobrolnya kali yaa....


Manfaat posisi sujud untuk ibu hamil 

(Dari berbagai sumber)

1. Mempermudah proses persalinan

Dengan sujud, janin akan memposisikan ditempat yang benarnya dalam kandungan. Makanya kalau sungsang, melintang atau seperti saya terlalu kebawah posisinya, dengan sujud bisa kembali keposisi normal yang seharusnya. Otot-otot sekitar perut juga belajar mengejan buat bekal dimasa persalinan nanti dan belajar pernapasan.

Serius loh, kemaren saat awal-awal mencoba diposisi sujud lebih lama rasanya itu eneg pengen muntah malah, tapi lama-lama enak. Rasa sakit kontraksi dan kepala dibawah tidak terlalu saya rasakan lagi.

2. Memperlancar pencernaan dan mengatasi wasir

Saat sujud, kedua lutut kan dibengkokkan dan ini mencegah kejang pada lutut. Secara tri semester 3 itu sering banget ini kram dll. Dengan membungkukkan badan ke depan dan meletakkan dahi di atas tanah merupakan cara pemijatan perut dan alat-alat pencernaan dalam tubuh. Dan posisi menungging ini dapat menghindarkan seseorang dari gangguan wasir.

3. Memperbaiki fungsi kelenjar air susu

Sujud itu melatih kekuatan otot tertentu, termasuk otot dada. Jadi pas sujud, beban tubuh bagian atas ditumpukan pada lengan hingga telapak tangan. Saat inilah kontraksi terjadi pada otot dada, hal ini dapat memperbaiki fungsi kelenjar air susu.

4. Menambah kecerdasan janin karena masuknya oksigen dalam darah ke otak

Semakin banyak pembuluh darah diotak menerima pasokan oksigen, maka sel-sel otak (bahkan pada tempat diotak yang kurang teraliri darah) akan bekerja dengan baik sehingga membuat otak janin yang sedang berkembang semakin cerdas. 

Saya sendiri baru semingguan ini agak lebih lamaan kalau posisi sujud. Dan sudah membawa hasil, yaitu kontraksinya jadi berkurang. Posisi bayi juga tidak terlalu kebawah lagi, jadi nyeri berkepanjangan karena kandung kemih ditekan semakin berkurang. Semoga selalu diposisinya dengan tepat ya, Nak!. 

Suami istri harus kerjasama dalam hal ini, termasuk memperbanyak ibadah shalatnya. Apalagi menjelang akhir-akhir menjelang persalinan ^^. Tidak ada salahnya kan, bahkan harus kita lebih mendekatkan diri kepadaNya. Yahhh, sekalian kan. Minta kemudahan persalinan kesehatan ibu anak sama Tuhan sebagai Sang Pencipta dan berdoa agar bayi segera diposisinya yang tepat. Karena semakin dekat sama Tuhan, kita akan semakin dekat dengan kita. Karena sesungguhnya, shalat dan sabar itu adalah penolong kita :").

Setelah baca tulisan saya ini, buibu hamil sudah sujud belum hari ini? Banyak loh manfaat posisi sujud untuk ibu hamil ^^. Semoga sehat dan lancar ya bumil beserta bayi. Aamiin. Semoga bermanfaat ya ^^.

[Sponsored Post] 

Related Posts

46 komentar

  1. Masyaallah sujud emang keren ya mak kmr terakhir cek kepala debay masih diatas mak jd harua dicoba sujud emang kayanya

    BalasHapus
  2. Sujud juga bisa menenangkan pikiran.

    BalasHapus
  3. Gerakan sholat memang banyak sekali manfaatnya ya Mbak. Sekarang aku mulai memelankan gerakan sholat. Dulu kan bawaan grabak-grubuk, hehehe. Ternyata malah enggak bagus buat tubuh kalau terburu-buru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku termasuk yang cepeeeeet banget gerakan solatnya xD
      pas ini jadi pelan2 :")

      Hapus
  4. Aamiin, semoga sehat mama dan janin... mudah proses lahirannya :-)

    BalasHapus
  5. Saat hamil dlu juga sering disarnkan perbanyak sujud, mba. Emang bagus banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak aku baru sekarang karena kepalanya terlalu turun :")

      Hapus
  6. Aq kmaren pas senam jg gni, diajarin nungging yg bner buat bumil hahaha... Jd pundaknya yg buat nahan, pipi nempel bantal. Dilakuin tiap hari minimal 10 menit. Tp blm 10 menit kemeng lehernya hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha awal2 aku eneg pas nungging tea -______- pas skrg2 udah nggak

      Hapus
  7. Subhanallah...pantesan terapi ini byk dilakukan oleh bumi di luar negri

    BalasHapus
  8. Kuat banget mba Echa 7 bulan masih bisa gerak sana sini, dulu aku mah bumil mager haha #jadimalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengennya magerrr tapi demi masa depan ceeeeeeerah :D

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  10. Wah mantep infonya mba, kebetulan istri lagi hamil anak ke-2, ternyata dengan rajin sholat juga ada manfaat lebih buat ibu hamil, baru tau saya hehe

    BalasHapus
  11. Aku pas anak pertama sempet Sunsang, tapi senam sujud mlulu, akhirnya Muter si bayiii..sehat2 selalu mba Echa

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku posisi dah bagus mba cuma ini terlalu kebawah malah
      makasih banyakkk

      Hapus
  12. Tahu banget nih posisi bayi lagi sungsang atau enggak, saya bukan perempuan sih jadi gak mungkin hamil kan ya :-) tapi bisa nih di rekomedasiin :-)

    BalasHapus
  13. Bener banget, posisi sujud (Knee Chest) ini memang luar biasa manfaatnya, dulu Alfath sempet miring di detik2 terakhir malah belum masuk panggul, tp di ajakin "ngobrol" sambil sujud, Alhamdulillah muter lg.

    Sehat2 ya Bumil dan debay inside sampai waktunya tiba. Wooooo, rasanya baru kemarin ikut tegang di timeline Twitter waktu Raffi mau lahir :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. waktu berjalan cepat ya... tar lagi mau lahiran perasaan baru testpack aja :")

      Hapus
  14. Woow keren sekali ya ternyata manfaat sujud, kayanya kudu banyak belajar lagi nih tentang gerakan ibadah

    BalasHapus
  15. sebuah ilmu baru untuk para ibu, calon ibu, ayah, dan juga calon ayah.
    sagat bermanfaat terimakasih

    BalasHapus
  16. Informasinya bermanfaat banget mbak, semoga berkah.

    BalasHapus
  17. saya lgi hmil anak prtma mbak... lg hmil 7 bln 2 mnggu... jdi d suruh sring sjud sm dkterx...krna kpla bayix d ataz paz usg kta dkterx...jd biar kplax k bwah... mkax d sruh sering2 sujud... mhon do'ax ea mbak2... smga saya bsa mlhirkn normal... aamiin ya rabb...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada minggu keberapa sebaiknya dilakukan sujud ibu hamil mba?

      Hapus
    2. Sujud hamil gunanya janin di posisi benar sesuai usia kandungan
      Usia kapan saja bagus :*

      Hapus
    3. Kalo misalnya posisi bayinya sudah kepala dibawah apa masih bisa diteruskan untuk sering2 sujud atau olahraga dg cara nungging? Mohon infonya ya bun

      Hapus
    4. Kalo misalnya posisi bayinya sudah kepala dibawah apa masih bisa diteruskan untuk sering2 sujud atau olahraga dg cara nungging? Mohon infonya ya bun

      Hapus
    5. Kalo misalnya posisi bayinya sudah kepala dibawah apa masih bisa diteruskan untuk sering2 sujud atau olahraga dg cara nungging? Mohon infonya ya bun

      Hapus
  18. Subhanallah.. makasih banyak ya Mba sharingnya^^ sangat bermanfaat buat bumil kayak saya

    BalasHapus
  19. SubhanaAllah....manfaag sujud luar biasa...
    Baru kemaren dokter bilang bayi saya kepalaa di atas dan di suruh banyak2 posisi sujud....setelah selesai sholat... skrg saya lagi hamil 31 minggu... doain yaa semoga bisa lahir normal dan selamat serta sehat 😊

    BalasHapus
  20. SubhanaAllah....manfaag sujud luar biasa...
    Baru kemaren dokter bilang bayi saya kepalaa di atas dan di suruh banyak2 posisi sujud....setelah selesai sholat... skrg saya lagi hamil 31 minggu... doain yaa semoga bisa lahir normal dan selamat serta sehat 😊

    BalasHapus
  21. Baca postingan ini bikin pikiran positif bertambah. Jadi makin semngat. Kemarin usg Uk 26 minggu kepala bayi masih diatas. Sempet kepikiran, takulah, ini itu, Ga karuan. Ditambah pengalaman temen2 deket yg lg hamil ktanya dri uk 24 minggu kepala udah dibawa. Wahh makin stress ajaa..
    Coba2 googling ternyata bnyak yg mengalami hal yg sama dengan sya.
    Makin rajin sujud lama2. Apa lgi kalo dedenya lg aktif gerak. Lngsung deh sujud. Saling mendoakan yah bun semiga kita lahir nornal selamat sehat sempurna. Aminnnnn

    BalasHapus
  22. Emang betul kaka ... gaya nungging juga asik saat berhubungan

    BalasHapus
  23. MasyaAllah saya sedang hamil sekarang dan saya harus banyak posisi sujud saran dari dokter, ketika hamil pertama anak saya saya tidak mengerti sujud itu apa dan maksudnya,ddokterny menyarankan tapi tidak jelas tujuannya,dan sekarang saya hamil kedua dokter menyarankan begitu ,bantu doanyanya ya sahabat semoga dan mudah mudahan saya diberi kemudahan saat nanti melahirkan dan membesarkan dan merawat anak saya dengan baik agar tidak terjadi sungsang sepatu anak saya yang pertama Amien...

    BalasHapus
  24. Aslm.klo istri hamil tua bisa mak..kksh

    BalasHapus
  25. Apakah hamil tua masih boleh untuk dianjurkan banyak sujud.

    BalasHapus
  26. Istri saya LG hamil 23 Minggu,,kemaren USG katanya palcenta letak rendah,,,bisa ga yaa dgn cara ini placenta bergerak naik??

    BalasHapus
  27. MasyaAllah.
    Benar² besar Kuasa Allah.

    BalasHapus

Posting Komentar