Cerita Kehamilan Bulan Kedelapan


Cerita Kehamilan Bulan Kedelapan. Huaaaaa, sudah tinggal sebulan aja lahiran. Usia kandungan saya sudah mau masuk bulan ke-9. Cepat ya? Tidak kerasa gitu, nulis perkembangan dari bulan kebulan disertai deg-degan, baper, senang dan terharu. Nano-nano pokok e rasane :").

Dipostingan kali ini saya mau sharing tentang cerita kehamilan dibulan kedelapan. Apa saja sih yang terjadi selama bulan ke-8 itu? Walau pastinya, tiap ibu beda-beda cerita kehamilannya. Tapi, semoga bermanfaat ya :*

Untuk bulan-bulan sebelumnya, monggo baca juga :
Kehamilan Bulan ke-1
Kehamilan Bulan ke-2
Kehamilan Bulan ke-3
Kehamilan Bulan ke-4
Kehamilan Bulan ke-5
Kehamilan bulan ke-6
Kehamilan bulan ke-7


Perkembangan Janin Bulan ke-8

Bulan ke-8 ini adalah minggu ke-35 HPHT (minggu ke-33 konsepsi) sampai minggu ke-38 HPHT (minggu ke-36 konsepsi). Pemeriksaan dokter masih 2 minggu sekali dibulan ini. Rata-rata posisi janin sudah dibawah, tapi kalau belum masih melintang atau belum pas posisinya tenang aja karena dia akan muter sampai masuk ke 9 bulan di minggu ke-36 konsepsi. Untuk membuat janin diposisinya, bisa dengan diajak ngobrol dan dengan sering posisi sujud ^^. Yahhh namanya juga kan usaha ^^.

Saya sendiri posisinya sudah dibawah tapi agak mengsol sikit, jadi kudu sering-sering sujud ini hiihi. Wismilak yaaaa.



Video USG kehamilan bulan ke-8

Semakin besar usia kehamilan, janin juga semakin pintar ^^. Pupil mata sudah refleks ngecilin sendiri kalau ada cahaya terang, kukunya mulai panjang, bisa mulai mengatur suhu tubuh, dll. Apalagi kalau kita ajak bercanda entah dielus atau diketok-ketok dia akan merespon dengan kencang hihi. Seru pokoknya!

Berat badan bayi saya sudah 2,3 kg saat usia kehamilan 34 minggu. Dan ini dikuat-kuatin mengurangi manis agar bb janin tidak lebih dari 3,5 kg. Doain juga ya yang ini :). Secara susaaaaaaah loh pas akhir gini ngurangi nafsu makan dan berat badan :v.

Berat badan saya sendiri, karena BMI saya sudah overweight jadi dari awal sampai sekarang cuma naik 5kg saja ^^. Dan itu tidak apa-apa kok. Secara saya juga kan tidak boleh berat-berat banget demi syaraf kejepit tidak kumat :v. 

Untuk itu saya mulai diet rendah lemak yang sesuai diusia kehamilan ini. Banyak kok makanan lezat untuk diet yang jadi alternatif agar berat badan tetap terjaga dan nutrisi ibu janin tercukupi.

Yang sedih, pas di USG saya gak dapet sama sekali itu wajah 4D nya huhuhu. Padahal kan pengen liat mukanya kek apa cintaaaaaahhh...

Baca juga yaaa perjuangan syaraf kejepit

Dibulan ini, saya sudah sering kontraksi :v. Kalau kecapekan dikit, itu yang namanya sebadan keringetan dingin dan gerakan didekat vagina kayak denyut jantung ritmenya. Padahal dibulan ke-8 saya juga sudah keringetan terus sebadan. Sampai ibu-ibu yang lihat saya kadang kasihan dan nanya keadaan saya baik-baik sajakah xD.

Kalau sudah seperti itu, saya selalu diminta minum anti kontraksi sama dokter dan istirahat (tiduran). Oh ya, bulan ke-8 adalah bulan terakhir saya boleh minum anti kontraksi agar dia dilahirkan pas bulannya. Soalnya setelah itu kan emang kudu kontraksi biar lahir hihi.

Dimalam hari saya juga sudah mulai susah tidur. Gerakan bayi dalam kandungan kadang bikin kaget. Biasanya lebih rileks kalau dipijetin papih buahahahahaha. Kapan lagi coba tar lagi kan lahiran, emang yeeee kalau ibu hamil itu bisa dikit 'manja'. Hohoho.



Gerakan janin dalam perut


Mamih Echa yang (sok) Rempong

Berhubung masa persalinan bentar lagi, jadi saya mulai menyelesaikan beberapa peer. Salah satunya bikin makeup halloween demi postingan beauty yang gak ada biutibiutinya wkwkwk. Mayanlah ya, secara nih saya dari awal hamil maleeeeeeeeees banget pegang alat lenongan :v.


Baca juga : Make Up Halloween Maleficent

Terus saya sempat juga nemeni anak di kitchen tour sekolahan. Sebelumnya sama ibu-ibu pengurus persatuan wali murid lsekolah, saya bikin gudibek buat anak-anak dan gurunya yang ikutan. Seru sih ^^. Pas kitchen tour juga lucu padahal cuma bikin pizza, anak-anak jadi tahu gimana caranya bikin pizza itu. Raffi seneng? Raffi seneng pas makannya doang :v. 


Gudibek sekolaan

Raffi saat bikin pizza

Terussss, karena masuk bulan-bulan ini itu bikin rada emosi. Saya jadi me time sambil jalan-jalan gitu. Kebetulan ada satu hari yang acaranya banyak, pas banget suami lagi libur. Akhirnya saya minta ijin berangkat. Walau setelah acara pertama saya gak ijin keacara lainnya xD. Pokoknya sampai malem gitu ceritanya, sampai suami khawatir xD. 

Tapi senang juga seh. Sudah lama saya tidak pergi sendiri gitu. Tanpa sibuk ngemong Raffi xD. Bener-bener me time rasanya :"). Tapi alhamdulillah hari itu saya banyak ilmu sambil nyempetin datang ke acara tunangannya teman dan keacara MB Fair buat belanja keperluan bayi. Seneng tapi capek, soalnya habis itu kontraksi :v :v. 

Di MB Fair

Di PPEJ 2016


Yang tidak terlupa itu melengkapi belanjaan bayi. Soalnya list demi list mulai terpenuhi. Tapi tetap saja pasti ada yang kelewat. Semoga nyicil dikit-dikit ini bikin semua jadi lengkap barang-barang yang dibutuhin bayi :"). 

Baby R dapat kado horrayyy \m/

Baca : 

Terus, saya juga sempet ikutan lomba nulis surat buat bayik dalam perut. Tapi itu ide bagus sih, jadi pengen bikin versi blognya semoga sempat xD. Padahal didraft blog ini masih kesimpen surat buat Raffi yang belum saya selesein hehehe. Makanya saya bilang apa, ide sih boleh banyak........tapi waktu sama ngerjainnya itu loh yang sesuatu :v. Didepan komputer saja tiap sejam pasti istirahat tiduran xD. Tapi semangattttt cha semangatttt \m/.

Ini foto pas ikutan lomba nulis surat tea

Sebulan lagi lahiran

Selain beli perlengkapan bayi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ibu hamil saat kehamilan usia 8 bulan. Misalnya, mulai ikutan senam atau yoga hamil. Untuk porsi makan yang terlalu manis juga dikurangi, manajemen stress (karena bakal sering emosi) dan lain-lain. 

Kalau sudah ada anak seperti saya, jangan lupa tetap berusaha untuk adil sama kakak-kakaknya. Karena bagaimanapun mereka semua anak-anak kita. Makanya saya berusaha tetap melakukan banyak hal seru sama Raffi sebelum adiknya lahir :")


Ke pak suami juga karena bawaannya stress susah tidur jadi suka marah-marah sayanya.... Hiks maaf ya pih. Lafff yuuuh. Tapi memang pada suami kita mengaduh aduh xD. Tiap malam jangan tanya dia pasti mijetin saya biar rada enakan bagian kaki pinggang dan daerah sekitar pantat. Secara bayi dibawah itu dan biasa syaraf kejepite mulai terasa. 

Tapi kata teman-teman, walau saya sudah ngos-ngosan jalan masih terlihat semangat. Yah yah, doain yaaaaa. Semoga lahirannya juga semangat lancar lungsur. Bismillah.

Ngomong2 lahiran, saya sudah menetapkan pilihan untuk lahiran dirumah sakit waktu Raffi dulu. Karena kelas 3 saja sudah boleh rooming, pro asi, pro normal dan pro pro lainnya yang bikin semangat lahirannya. Apalagi sekarang bisa BPJS disana. Makanya kalau sempet pengen banget urus BPJS buat lahiran dan bayi dalam kandungan. Semoga sempat.

Wismilak ya. Bismillah sebulan lagi berjumpa :*. Ini cerita kehamilan bulan kedelapan saya, semoga bermanfaat ya!


[Sponsored Post]

26 comments:

  1. Huaaa deg degan bacanya... jadi keingetan dulu hamil Azril. sehat terus Mbak Echa dan dedek Raffa :* :*

    ReplyDelete
  2. Sebulan itu bentar banget. Udah dipingit brarti mbake. Moga makin banyak waktu me time :)

    ReplyDelete
  3. Semoga sehat dan diberi kelancaran persalinannya bulan depan yaaa mak Echa, cant wait baca - baca pas bayi sudah lahir

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga sempet nulis pas awal2 lahiran wkwk

      Delete
  4. Ih keren... tiap bulan ditulis perkembangannya .. dirimu rajin amat Mak :)

    ReplyDelete
  5. Semoga selalu sehat ya Mba Echa dan Debay, dan lahirannya lancar dan bahagia semuanya. Aamiin :)

    ReplyDelete
  6. mbaaaa, keren ih masih bisa jalan-jalan alhamdulillah sehat dan kuat ya...dulu kayanya saya pas anak kedua 7 bulan tuh udah ngos-ngosan aja apalagi dulu hamil ngajar di sekolah alam yg medannya berbatu naik turun gitu

    ReplyDelete
  7. Serunya ya mbak menceritakan masa masa kehamilan delapan bulannya dan rasanya senang sekali kalau bisa melihat perkembangan dari calon bayi tersebut, semoga bayinya bisa lahir yang normal ya mbak dan semoga menjadi anak yang sholeh.

    ReplyDelete
  8. Wah... Bentar lagi. Gak sabaaaar liat Baby R. Sehat-sehat ya, nduk...

    ReplyDelete
  9. Senang deh ngeliat mba echa meskipun lagi hamil masih tetap aktif dan semangat. Sehat selalu ya mba. dan semoga proses persalinannya nanti lancar dan mba echa juga baby R juga sehat tanpa kurang satu pun. :)

    ReplyDelete
  10. mupeng pengen hamil lagi...hamil itu ngangenin >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. ingak ingak biaya pendidikan jugaaaa hahah

      Delete
  11. Mbaa Echa, liat video gerakan bayi di perut kok aku jadi kangen ya pengen ada tendangan-tendangan kecil itu lagi. Hihiii
    Sehat2 sellau ya mba. Moga dilancarkan yaa :)

    ReplyDelete
  12. bahagianya...sehat sampai lahiran yaa mbak

    ReplyDelete
  13. Sehat terus dampai lahiran dan semoga semua nya di lancar kan
    Btw kalo makan manis2 itu bisa nambah berat janin yaa ??? Kalo janin nya kecil, kata nya disuruh makan ice cream yang banyak gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau bayinya kecil emang diminta gedein pake yg manis2.

      Delete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^