Perlengkapan Melahirkan yang Wajib Dibawa Ke Rumah Sakit

26 komentar

Perlengkapan Melahirkan yang Wajib Dibawa Ke Rumah Sakit. Masuk trisemester ketiga, persiapan menyambut kelahiran bayi yang lucu-lucu pasti sudah banyak dibeli. Tapi dibalik banyaknya perlengkapan bayi yang dibeli, sudah siapkah tas perlengkapan melahirkan untuk dibawa kerumah sakit? Serupa memang, tapi tetap harus dipersiapkan mengingat di RS kita akan berjuang untuk melahirkan hingga si bayi kita bawa pulang kerumah itu bisa minimal 3 hari. Jadi paling tidak isi tas sudah lengkap untuk digunakan selama 3 hari itu. 


Mulai kapan tas sudah siap untuk dibawa ke rumah sakit? Sebenarnya lebih baik saat bulan ke-8. Walau kenyataannya, saya sendiri menyiapkannnya saat bulan ke-9 hehehe. Yang pasti, persalinan bayi bisa terjadi kapan saja mulai minggu ke 37 bahkan mungkin sebelum itu untuk bayi prematur. Jadi misalnya akan terjadi kelahiran (dan biasanya mendadak), tas sudah siap dibawa.

Kita perlu menyesuaikan perlengkapan apa saja yang dibawa ke rumah sakit mengingat fasilitas setiap RS beda-beda. Makanya ini gunanya survei kamar dan fasilitas ke rumah sakit yang akan digunakan untuk persalinan. Harus kita tanya detil nanti dapat saja, termasuk kendi ari-ari itu loh.

Saya sendiri punya 3 tas yang sudah siap dibawa untuk ke rumah sakit, yaitu tas ibu, tas bayi dan tas suami. Kenapa harus dipisahkan? Agar kita lebih mudah mengambil barang ditas, tanpa harus ngubek-ngubek lainnya. Dan kesemua tas-tas itu saya siapkan dilemari biar tidak dibuat main Raffi :v. Setelah lengkap, jelaskan pada suami tempat-tempatnya barang biar dia juga tidak bingung mencari. Asal jangan sampai lupa naruh tasnya dimana ya gara-gara panik mau lahiran. Inhale- exhale.....

Kalau gitu langsung saja ya, ini dia pritilan perlengkapan melahirkan yang wajib dibawa kerumah sakit! Semoga bermanfaat!


Perlengkapan Melahirkan yang Dibawa Ibu ke Rumah Sakit

Sebagai ibu yang akan mengalami perjuangan hidup dan mati melahirkan, wajar dong ya kalau perlu diistimewakan hehehehe. Sebenarnya yang banyak itu perlengkapan setelah melahirkan, karena kalau proses melahirkannya lebih banyak ke persiapan batin ibu mengalami pembukaan demi pembukaan yang terjadi ^^.


Perlengkapan untuk Ibu
1. Baju kancing depan
2. Pembalut bersalin
3. Bra menyusui
4. Celana dalam
5. Gurita tali (velcro) atau korset
6. Peralatan mandi
7. Make up
8. Kain Jarit atau sarung
9. Barang untuk relaksasi (bisa gadget, foto keluarga, buku, boneka, ipod atau apa saja yang bikin tenang)
10. Baju pulang rs
11. Sandal yang nyaman
12. Alat ibadah

Karena ini adalah pengalaman pertama saya melahirkan dan pakai jilbab, saya bawanya daster panjang gitu sama jilbab langsung (Ini hasil sharing di grup sama ibuk-ibuk yang sudah pengalaman melahirkan dan pakai jilbab. Makasih yaaa).


Perlengkapan Melahirkan Untuk Bayi yang Dibawa ke Rumah Sakit

Perlengkapan bayi jangan terlalu banyak, karena biasanya saat di RS dipakein baju bayi disana (biasanya). Wong diapers, bedong sampai gurita (sepengalaman saya) dipakein dari RS kok. Tapi bawa saja masing-masing 1-2 buah. Tidak ada salahnya kan siapa tahu kepake. 


Perlengkapan untuk bayi :
1. 2-3 stel baju bayi baru lahir, sarung tangan kaki, topi
2. Popok bayi NB
3. Toileters bayi dan minyak telon
4. Bedong, selimut dan gurita
5. Krim serba guna (kalau ini saya pakai sudocream gak cocok yang lain)
6. Jaket selimut kupluk untuk pulang RS
7. Baju untuk foto pertama kali di RS



Saat di RS, biasanya bayi akan difoto sama tukang foto RS dan nanti dibuatkan data gitu plus dipigura. Dan itu kita bisa dandanin bayi sekece mungkin, makanya jangan lupa nyiapin 1 baju kece untuk itu :v. Buat saya ini penting hahahaha secara pertama kalinya gitu si bayi poto-poto :"). Baju untuk foto ini juga bisa buat pulang dari RS juga ^^.

Perlengkapan yang Dibawa Ayah ke Rumah Sakit

Suami yang ikut menemani ke rumah sakit juga harus disiapkan perlengkapannya. Karena bagaimanapun dia yang akan menemani kita selama proses lahiran. Yaaa, sekalian cakar-cakar atau jambak dikit  gitu. Kapan lagi kan ke suami gitu *eh. Suami juga yang akan bertanggung jawab untuk mengurus semua tetek bengek administrasi rumah sakit.



Perlengkapan untuk Ayah
1. Baju ganti 
2. Bantal dan selimut
3. Tikar atau sleeping bag
4. Handphone, charger, colokan listrik dan power bank
5. Jaket
6. Handuk dan toiletries
7. Pulpen
8. Alat ibadah
9. Sandal atau sepatu yang nyaman
10. Seluruh dokumen yang berkaitan dalam pengurusan administrasi di RS

Dokumen ini harus dipersiapkan untuk lahiran dan kudu lengkap ditas. Soalnya dipakai untuk administrasi RS dan untuk mengurus akte kelahiran anak. Jadi buat yang belum urus eKTP dan KK buruan urus ya! Yang penting suami istri (dan anak sebelumnya) harus sudah satu kartu keluarga. Biasanya dari RS dibantu untuk pembuatan akte kelahirannya.

Dokumen yang dibutuhkan :
1. Fotokopi KTP suami dan istri
2. Fotokopi Kartu Keluarga
3. Fotokopi Buku Nikah
4. Fotokopi Akta Kelahiran Suami dan Istri
5. Kartu asuransi dan BPJS
6. Buku riwayat kehamilan
7. Uang tunai secukupnya

Buat para ayah juga jangan sampai salah bawa dokumen untuk ke rumah sakit ya. Pernah ada cerita, ada suami yang saking paniknya dia bawa berkas-berkas kantor buat dibawa ke rumah sakit. Yang notabene si suami itu kerja di bisnis usaha pertanian. Jadilah dia kelimpungan di rumah sakit, mana kudu ambil dokumen untuk istri melahirkan dan nemeni istri yang kontraksi, mana harus pulang kerumah ambil berkas buat rumah sakit. Jadi inget, sedia payung sebelum hujan ya buat berkas-berkas ini.

Perlengkapan Lain yang Dibawa Ke Rumah Sakit

Ini barang yang bisa kita bawa bisa tidak, walau menurut saya lebih baik dibawa hehehe. Seperti pompa ASI, ada beberapa RS yang menyediakan hingga sterilizernya dan ada yang tidak. RS bersalin yang saya pilih termasuk yang menyediakan ini ^^. Tapi saya kebetulan tetap bawa saja, daripada harus riweh sterilisasi. Kan lebih privasi kalau pakai breastpump sendiri juga hehehe.

Perlengkapan lain yang dibawa
1. Perlengkapan menyusui (breastpump, breastpad, botol susu)
2. Gendongan bayi (Silahkan baca : gendongan bayi yang nyaman)
3. Bantal peyang
4. Mainan bayi (well, walau bayinya sendiri belum ngerti tidak ada salahnya bawa kicik-kicik walau sebijik hihihi)
5. Tas buat masukin barang-barang perlengkapan melahirkan 
6. Kipas (yaaah kadang-kadang suka keringetan sendiri walau AC RS sudah dingin :D)
7. Plastik sampah yang lebar jaga-jaga misalnya ketuban pecah duluan dijalan 
8. Yang tidak bisa tidak "CEMILAN, MAKANAN dan MINUMAN" yang dimaui dan disukai ibu

Untuk point 8 itu urgent banget loh, melahirkan butuh banyak energi. Yang jagain (suami) juga butuh jaga kesehatan biar tetap siaga menjaga ibu. Walau kadang kenyataannya di RS, mau makan saja sudah males kan karena kontraksi. Tapi itu tetap harus diisi loh perutnya untuk tambahan energi. Jangan sampai mau ngeden lemas duluan karena kurang tenaga lapar :D.

Untuk perlengkapan perang menyusui saya punya beberapa postingan review produk :
Breastpump philips avent
Tommee tippee
Botol susu philips avent

Walau terlihat banyak, tapi memang pritilan perlengkapan melahirkan ini mau tidak mau kita harus bawa ke rumah sakit loh ^^. Oh ya, jangan malu tanya sama teman-teman yang lahirannya di RS yang sama agar dapat masukan. Tanya sama ibu atau mertua atau teman-teman yang sudah pengalaman juga tidak ada salahnya kok. 

Selain itu, jangan lupa untuk selalu berusaha positif thinking, jangan panik dan tetap tenang. Karena menghadapi persalinan biasanya memang bikin deg-degan. Hypnobirthing dikit gitu biar tidak terlalu stress. Semangat ya ^^. Semoga list perlengkapan melahirkan yang wajib dibawa kerumah sakit versi saya ini berguna buat teman-teman yang membutuhkan. 

Jadi, sudah siapkah perlengkapan melahirkan Anda?


[Sponsored Post]

Related Posts

26 komentar

  1. Wah lengkap banget ya, jadi ga perlu bingung lagi memang kalau dari 8 bulan disiapkan

    BalasHapus
  2. Masa masa seperti ini ya mbak yang sayang untuk dilewatkan karena dengan begini suami istri bekerja sama untuk mengurus anda dan juga untuk perlengkapan istri.

    BalasHapus
  3. Wuiik, banyak banget Mbak isi tasnya. Dulu pas mau lahiran apa yak persiapannya? Hmmm, stagen iya, gurita iya, popok sama baju bayi iya, baju ganti dan kerudung.

    Semoga lancar ya Mbak lahirnya..

    BalasHapus
  4. Lwngkaaap. Dan aku baru tahu harus begini. Uh mba Echa...

    BalasHapus
  5. Sukses ya mba buat lahirannya hehehe siap baca kalo udah di launching dede' nya di blog :D

    BalasHapus
  6. Mba echa.... Ini penting bangett. Makasih ya mba infonya haha 2 bulan lagi saya lahiran.. akan aku persiapkan semuanya dengan baik. Semoga lancar amiin..

    BalasHapus
  7. makasih banyak mba sangat bermanfaat sekali buat saya yang pertama kali puny anak.... nuhun

    BalasHapus
  8. Tfs mbak Cha...aku lg ubek2 blogmu ini hihihi. Persiapan, krn bingung apaaa ya yang mo dibawa :))))

    BalasHapus
  9. makasiiih mbaaa... tipsnya lengkappp...

    BalasHapus
  10. makasih banyak mbak share nya, sangat sangat membantu buat kita yg bingung buat persiapan melahirkan :)

    BalasHapus
  11. Terima kasih ya mbak, sangat membantu sekali.. Doakan semoga saya lancar sampai persalinan besok ya.. Aamiin

    BalasHapus
  12. Makasih ya mba infonya..
    Berguna banget...
    Aku udah hamil 30 minggu 6 hari nih..

    BalasHapus
  13. Wah Bun bermanfaat banget. Makasih infonya.
    Itu kira" butuh berapa pcs ya buat kain Jarit nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jarik dipakai buat abis lahiran itu dibebet keperut (kayak stagen) sama dipakai buat gendong. Kalau saya kemaren ada 2-3 biji (hadiah lahiran) tapi dipakai buat alas malah bayi. Bebet jarikan cuma pas di rs aja. Selebihnya males. Gendong saya pakai yang ringsling sama wrap mba gak pake jari 😅😅

      Hapus
  14. Ini artha mau belanja. Cari referensi eh diarahkan ke blog mbak...makasyii

    BalasHapus
  15. Mau lahiran, untung ketemu tulisan mba Echa jadi siap-siap.

    BalasHapus
  16. Membantu bgt infonya, buat persiapan menjelang lahiran, sudah 33 minggu

    BalasHapus
  17. mkasih ya mba..sngat membantu

    BalasHapus

Posting Komentar