11 Bahan Kosmetik yang Menyebabkan Iritasi Wajah


11 Bahan Kosmetik yang Menyebabkan Iritasi Wajah. Semua wanita pasti akrab dengan produk kecantikan atau lazim disebut kosmetik dalam keseharian mereka. Namun, jika kamu yang juga akrab dengan kosmetik sedikit lebih jeli mengetahui apa saja kandungan yang terdapat dalam kosmetik yang kamu pakai sehari-hari, kamu pasti akan lebih berhati-hati dalam memilih kosmetik atau produk perawatan kulit lainnya. Mungkin kamu akan berpikiran bahwa harga dan brand akan menjadi prioritas nomor dua setelah mempertimbangkan efek pada kesehatan dan keamanan kulit.


Ada beberapa zat yang terkandung dalam kosmetik, dimana jika kamu aplikasikan ke wajah, justru akan merusak kulit, menimbulkan iritasi pada kulit, dan dalam jangka waktu lama akan berpengaruh buruk pada kesehatan tubuhmu secara keseluruhan. 

Untuk itu, yuk simak apa saja zat berbahaya yang terkandung dalam kosmetik yang harus kamu tahu agar kulit wajah dan kulit tubuhmu tetap terjaga kesehatan dan kecantikannya. Berikut ini beberapa zat berbahaya yang terkandung dalam kosmetik yang dapat membuat kulitmu rusak atau iritasi:

1. DEA (Diethanolamine), TEA (Triethanolamine), MEA (Monoethanolamine)

Bahan-bahan ini dapat ditemukan dalam sebuah produk kecantikan. Penggunaan zat-zat berbahaya ini biasanya digunakan secara bersamaan. Zat-zat yang terkandung dalam bahan tersebut dapat menyebabkan reaksi alergi yang hebat. Dalam penggunaan jangka panjang, akan meningkatkan risiko terjadinya kanker hati

2. Triethanolamine

Zat ini berfungsi sebagai pengatur Ph pada kosmetik-kosmetik dan dapat juga menjadi bahan dasar bagi produk-produk pembersih. Zat ini dapat menyebabkan alergi pada kulit. Penggunaan dalam jangka panjang akan menumpuk racun pada kulit dan berakibat fatal pada tubuh. 

3. Propylene Glycol

Zat ini dapat ditemukan pada produk perawatan wajah dan menyebabkan iritasi pada kulit. Zat ini juga dibuktikan dapat menyebabkan kanker hati. 

4. Petroleum Distillates

Zat ini lazim juga disebut parafin cair yang berasal dari destilasi minyak bumi yang tergolong zat karsinogenik bagi manusia. Zat ini umumnya ditemukan pada kosmetik mascara. 

5. Sodium Lauryl Sulfate (SLS) dan Ammonium Lauryl Sulfate (ALS)

Zat ini sering digunakan untuk campuran bahan-bahan perlengkapan mandi seperti sabun dan shampoo. Kedua bahan ini menyebabkan iritasi pada kulit dan serapan ke dalam kulit yang begitu cepat kemudian pada akhirnya mengendap di dalam organ-organ tubuh seperti otak, jantung, hati, dll. 

6. Talc

Bahan kimia berbahaya ini bisa ditemukan dalam kosmetik seperti deodoran, sabun, eye shadow, dsb. Talc ini tergolong zat karsinogen yang dapat menyebabkan kanker, seperti kanker ovarium. Ada kandungan bedak yang lebih aman yaitu cornstarch. Kebetulan saya orang yang tidak pakein bedak buat anak :D.

7. Merkuri

Zat yang lazim disebut raksa ini berfungsi untuk memutihkan kulit dan banyak terkandung dalam kosmetik. Bahan ini dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan kulit seperti alergi dan iritasi pada kulit.

8. Isopropyl Alcohol 

Zat alkohol ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan merusak lapisan kulit sehingga bakteri dapat tumbuh subur di permukaan kulit yang rusak. Isopropyl alcohol juga dapat menyebabkan penuaan dini. 

9. Resorsinol 

Resorsinol merupakan zat berbahaya yang banyak terkandung dalam kosmetik. Selain menyebabkan iritasi pada kulit, resorsinol juga dapat mengganggu sistem imun tubuh. Jika kosmetik yang mengandung resorsinol ini diaplikasikan ke kulit yang terluka, maka akan terjadi dermatitis, iritasi mata, dyspepsia, dan lain sebagainya. 

10. Partikel Nano

Jenis partikel nano seperti zinc oxide dan titanium oxide dapat kamu temukan dalam lotion tabir surya atau krim kulit lainnya. Penggunaan kosmetik yang mengandung partikel nano akan merusak kulit dan merusak jaringan otak.

11. Kationik Surfaktan

Zat ini banyak digunakan pada produk perawatan rambut seperti conditioner. Penggunaan yang lama akan merusak jaringan kulit kepala dan dapat membuat rambut kering dan rapuh.

Cantik yaaaaa (uhuk)
Kalau pilih bahan kosmetik yang tepat pasti akan membuat kulit tetap tampak sehat


Nah loh, serem kan? Apalagi saya semenjak hamil memang lagi menghindari bahan kosmetik diatas. Ya daripada nyesel belakangan kan, lebih baik menghindari :"). Jadi tidak ada salahnya loh, kalau kita mau beli suatu produk lihat kandungan dikotaknya dulu. Kan jaga-jaga toh!

25 comments:

  1. Wah ilmu banget nih, makasih ya mak Echa. Kadang saya suka asal pake aja karena liat oranglain wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangaaaan lagi yaaaaa ^^ *jewer neeeh xD

      Delete
  2. Padahal ada bedak talc ya, Mbak ._. Serem jugak nih. Jadi merinding :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya bedak talc udah jarang digunakan skrg

      Delete
  3. ngeri banget ya mba Isopropyl Alcohol bisa bikin penuaan dini, kadang kalo alkohol udah terlihat dari bau menyengat di penyegar wajah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa kadang dingin2 itu bahaya --" dirasa seger kekulit ternyata kurang apik dikulit. dan lucunya kita pake -__-

      Delete
  4. Sepertinya produk di Indonesia byk yang pakai SLS sama Isoprphyl tu. Hmm...mesti lebih teliti lagi ni, Mak

    ReplyDelete
  5. Hai, salam kenal.

    thank you banget mba udah sharing kandungan kosmetik/skincare yg harus kita aware. pas baca blog kamu, aku sambil perhatiin kandungan makeup dan skincare yang aku punya loh..

    rata2 produk indonesia masih kurang alami ya, yg di drugstore huhu

    alsheilaaa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya :). apalagi kalau dipakai terus menerus :"(

      Delete
  6. Waduh, serem juga ya? Bahkan kadang kosmetik dari dokter juga nggak luput dari bahan kimia. Kembali ke zaman nenek moyang saja. Aku cukup nyaman pakai bedak beras buatan sendiri. :D Tentu harus dipastikan kehigienisannya

    ReplyDelete
  7. kalau saya sendiri sering make kosmetik tanpa melihat bahannya dulu, tapi lihat harganya.. untung sampai sekarang gak kenapa2..

    terims infonya mbak, ilmu banget.

    ReplyDelete
  8. kalo sls kayanya masih dipake dimana-mana ya mbak??
    susah juga jadinya. mana natural product di indonesia harganya mahal banget gak kira-kira :(

    ReplyDelete
  9. Huwaaa bahan bahan itu srg nongol. Pdhl udah ada BPOm gmn dong

    ReplyDelete
  10. Talc itu menyebabkan kanker ovarium kalau dipakai di area kelamin/genital. Bahkan meski bedak kita basisnya corn strach 100% tetap tidak dianjurkan dipakai diarea bawah. Intinya area sana jangan ditabur apa2.

    Kalau sekedar talc di wajah saya rasa gak masalah. :)

    Zinc Oxide dan Titanium dioxide pun gak semuanya nano. Bahkan oroduk natural seklipun masih pakai Zinc Oxide (tapi non-nano)

    Sebenranya bijak saja melihat bahan2 tadi, karena yg alami pun gak semuanya aman. Sintetik dan alami, ada yg aman ada yg berbahaya, ada yg manfaat ada yg cuma plasebi.

    Tetap banyak membaca, lalu recheck, baca dan ricek lagi. Pokoknya Do your reaseach :)

    ReplyDelete
  11. jadi harus mantengin komposisi bahan ya biar aman :)

    ReplyDelete
  12. harus dicek satu-persatu ya Cha..di sini pun banyak yang memberi warning seperti itu, supaya kita pengguna jadi hati-hati

    ReplyDelete
  13. syukur deh slama ini ga kena pakai kosmetik yg bahan2 diatas itu hhihih thanks sharingnya mak echaaaa

    ReplyDelete
  14. Wah pas banget nih, aku lagi suka ganti2 kosmetik lagi sekarang...bukan apa2 sih, krn nyari yg cocok maklum sesitif boo kulitnya :( Pernah dibilangin juga sih Sodium Lauryl Sulfate (SLS) dan Ammonium Lauryl Sulfate (ALS) ini jg nda baik buat kulit yg cenderung kering macem akau ini, biasany ada pd sabun yg busanya banyak. Pas di intip2 hampir semua sabun dan pasta gigi ada ininya :(

    Thanks Mak Echa buat ilmunya...jadi makin diingetin lg akunya :)

    ReplyDelete
  15. sangat bermanfaat sekali artikelnya, mesti lebih hati hati dalam pemilihan produk kosmetik

    ReplyDelete
  16. Mulai sekarang harus hati2 nih pilih kosmetik. Bisa berabe kalo iritasi di wajah..

    ReplyDelete
  17. Memang harus ekstra hati-hati ya pilih kosmetik. Salah-salah nanti muka kita yang rusak. Nambah ilmu banget infonya, mba Echa. Makasih yaaa... :*

    ReplyDelete
  18. kosmetik yg mak eca review di sini bukannya banyak yg mengandung bahan2 di atas ya? Hmm...

    ReplyDelete
  19. Postingannya bagus. Bisa buat pegangan untuk ceki-ceki bahan dalam kosmetik :)

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^