Makanan Wajib Menjelang Persalinan


Makanan wajib menjelang persalinan. Sudah dekat waktu melahirkan? Berarti harus banyak energi dong ya^^. Secara ya, dalam persalinan mau normal atau sesar tetap ibu itu berjuang hidup dan mati :"). Karena itu, mendekati HPL tidak ada salahnya mencari makanan yang bisa membantu energi selama kontraksi, persalinan dan sesudah melahirkan.

Kalau ditanya capek tidak ya kira-kira kalau lahiran itu. Ya eyaaaalaaah. Pasti capeknya atuh :v. Sakit, pegel, ngilu, keringetan, haus dll jadi satu pokoknya. Tapi tenang, itu cuma sebentar kok. Sisanya hidup kita akan ditemani bayi lucu imut cakep sehat. Langsung lupa rasa sakit dah kalau dah lahiran ^^.

Saat diusia kandungan 36 minggu keatas, berat badan ibu dan bayi cepat sekali naiknya. Seminggu minimal 300gram kenaikannya (ini saya sudah diet dan menghindari makan yang aneh-aneh loh :v). Jangan kaget ^^, normal kok itu tapi tetap hindari makanan yang berlemak yaaa. Makanya kalau mau lahiran itu disuruh diet rasanya berat dijalani. Samalah kayak ngejalani pacaran lama-lama, dinikahi nggak digandeng kemana-mana iya #eaaaaaaaa.

Karena mau melahirkan inilah, paling tidak kita butuh nutrisi untuk ibu hamil yang pas porsinya dan diperlukan untuk ini. Cuma tetap jangan dimakan dalam jumlah yang banyak sekaligus, bisa-bisa muntah dah. Soalnya kan ukuran perut kita bayinya sudah besar saat mau lahiran, jadi kalau makan kebanyakan yang ada kepenuhan xD. Lebih baik makannya dalam jumlah sedikit tapi sering dan berkualitas menunya, yaaa mirip kayak dulu pas masuk morning sickness gitu pola makannya.

Makanan yang tepat dikonsumsi akan sangat membantu ibu hamil sebagai energi untuk melahirkan. Apalagi kalau misalnya saat kontraksi, menunggu dari menit ke menit jam ke jam kita bisa konsumsi makanan. Itu bisa banget ngebantu kita untuk lahiran loh. Oh iya jangan cuma makanan ya, minuman juga perlu disediakan biar tidak dehidrasi. Yang penting jangan lupa bawa AIR PUTIH kemana-mana saat kontraksi ya :D.


Apa saja sih makanan wajib yang perlu dikonsumsi menjelang persalinan? Ada banyak sebenarnya walau saya bukan ahli gizi. Tapi paling tidak beberapa makanan ini bisa membantu menambah tenaga kita saat melahirkan ^^.

1. Buah-buahan

Kalau boleh rekomendasi, coba deh konsumsi kurma selama hamil. Selain rasanya manis, kandungannya juga sangat baik untuk pertumbuhan janin dari bulan ke bulan. Untuk buah-buahan hindari yang terlalu asam biar tidak mules BAB. Tapi silahkan mengkonsumsi buah-buahan yang banyak vitamin C-nya, seperti pisang, jeruk manis dan berry.

2. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein tinggi


Karena lebih mudah dicerna dan akan memberikan banyak energi saat persalinan. Seperti roti, kentang, sereal, biskuit. Mengkonsumsi bubur kacang hijau tanpa santan juga bagus. Saya sering banget makan burjo ini selama hamil :v. Seporsi saja kenyangnya minta ampun.

3. Aneka olahan susu


Seperti puding (yang sukses memperlancar BAB ), yoghurt atau susu uht yang segar juga bisa. Selama ibu hamil tidak eneg makannya, soalnya ada yang pas hamil tidak terlalu doyan susu (iya contohnya saya sendiri :v). Tapi beneran deh, susu ini bagus buat persalinan. Asal jangan terlalu konsumsi berlebihan nanti yang ada murus-murus dah.

Eh iya, mengkonsumsi madu juga bagus kok buat tenaga saat melahirkan. Jadi ga ada salahnya ya bikin minuman pakai madu hangat gitu. Atau makan roti pakai madu....hmmmm yummy.

4. Menu daging tanpa lemak

Bisa sup daging sapi atau daging ayam atau sup bening iga juga bisa dikonsumsi. Hangat-hangat dan enyakkkk rasanya jadi kenyang dah :v. Saya kebetulan yang lagi eneg banget mencium bau ayam dan daging :D. Jadi untuk menu daging ini, saya milih makanan berkuah dan mengenyangkan lainnya seperti soto dan rawon *ihik enyakk book.

5. Makanan apa saja yang ibu hamil suka


Nah ini yang penting. Mau masukan makanan apa saja tapi ibu hamilnya tidak suka ya percuma. Apalagi kadang lebih banyak yang cemas untuk persalinan dan malah jadi males tidak nafsu makan ^^. Boro-boro mau makan, yang ada cemas duluan :"). Inhale exhale :"). Saya juga cemas kok menjelang persalinan, tapi harus dijalani kan ^^.

So, makan apa yang ibu hamil mau dan ibu hamil suka saat menjelang persalinan. Saya yakin ibu hamil yang mau melahirkan sudah tahu takarannya masing-masing dalam mengkonsumsi makanan demi kesehatan ibu dan janin. Kalau ibu hamil mau makan coklat monggo atau mau makan apa saja monggo, selama dalam takaran tidak berlebihan porsinya. Kan yang terlalu berlebihan itu semua tidak baik ^^. Sepakat ya yang ini  saya yakin masing-masing ibu hamil mengerti maksudnya ^^. 

Mengkonsumsi makanan yang tepat akan membantu kelancaran persalinan pastinya. Energi full charge dan stamina yang prima sangat mendukung proses melahirkan. Jadi tidak terlalu melelahkan dan menyakitkan, karena sepadan konsumsi makanannya dengan energi besar yang dikeluarkan. Setelah persalinan malah akan membuat ibu lebih fit untuk menyusui dll. 

Eh iya hampir lupa, ini buat semuanya loh ya yang mau lahiran normal atau sesar. Kedua proses persalinan itu sama-sama sakit dan butuh energi yang banyak :").

Selamat makan buat menghadapi persalinan ya bumil-bumil. Lancar pokoknya mah lahirannya. Aamiin.

[Sponsored Post]

12 comments:

  1. Semoga dimudahkan persalinamya nanti ya mbaa

    ReplyDelete
  2. Waktu hamil karena berat badan anaknya masih kecil di suruh dokter makan yang banyak, pokoknya makan apa aja katanya.Tapi pas beberapa jam mau ke dokter buat lahiran tak sempetin makan Soto Bang Dul di Bintaro haha.Btw sehat-sehat yooo semoga lancar lahirannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin mel. waahhh itu dimana tempate

      Delete
  3. Semoga lancar persalinannya, Mbak Echa. Aamiin.

    Kalo kata Mamaku sih pas beliau hamil dulu doyan ganyangin apel. Tapi anaknya uda besar malah keling gini. Wkwkwk :D

    ReplyDelete
  4. Si Bunda dulu nggak tanggung-tanggung mintanya. Pasti nasi Padang.

    ReplyDelete
  5. Semoga dimudahkan persalinannya, Ya? :)

    ReplyDelete
  6. Ditunggu kabar baiknya mba Echa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. siappp :* alhamdulillah dah lahiran \m/

      Delete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^