Pentingnya Asupan Makanan Sehat dalam Gaya Hidup Kita


Gaya hidup yang semakin sibuk membuat kita semakin lalai untuk makan secara teratur dan sulit untuk mempertahankan pola makan yang sehat. Tak jarang, kita lebih sering makanan-makanan instant atau cepat saji untuk mengobati rasa lapar kita.




Hal ini tanpa sadar lambat laun mulai menggerogoti kesehatan kita dan mengakibatkan banyak penyakit berbahaya bahkan mematikan. Orang-orang hanya mulai memikirkan pentingnya makan makanan sehat dan bergizi hanya saat mereka mulai merasakan keluhan di tubuh mereka.

Tubuh manusia bekerja dengan baik dan memiliki metabolisme yang lancar ketika secara rutin diberikan asupan makanan yang sehat dan bergizi. Makanan yang sehat bukan hanya untuk membuat tubuh bekerja sebagaimana mestinya tapi juga melindungi tubuh dari resiko terkena penyakit-penyakit baik dari luar maupun dari dalam. Semua orang, baik mulai dari bayi, anak-anak hingga dewasa perlu dibiasakan untuk membentuk pola makan yang sehat dan teratur sebagai bagian dari usaha menjaga kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah tips-tips untuk memilih makanan sehat dan bergizi cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda :

1. Tambahkan hidangan sayur-sayuran dalam menu Anda. 

Sayur-sayuran mengandung banyak sekali nutrisi yang diperlukan bagi tubuh seperti vitamin dan protein. Tambahkan sayuran yang berwujud daun-daun dalam menu makan Anda seperti kangkung, bayam, daun katu, sawi, selada, dan lain-lain.

2. Protein hewani dari sumber yang terbaik dan alami. 

Selain protein nabati, diperlukan juga protein hewani untuk mencukupi kebutuhan nutrisi maupun sebagai cadangan lemak dalam tubuh. Pilihlah daging dan seafood yang segar dan dari sumber yang terpercaya. Pilihlah yang benar-benar segar untuk menghindari adanya bakteri atau cacing yang berbahaya. Daging organik akan lebih sehat dibanding daging anorganik. Daging ayam kampung akan lebih sehat dibanding ayam negeri atau leghorn.

3. Sayur-sayuran beraneka warna. 

Variasi makanan bukan cuma untuk membuat waktu makan terasa lebih menyenangkan dan nikmat tapi juga untuk pola makan yang sehat. Tambahkan variasi sayuran beraneka warna dalam sayur yang Anda masak. Selain lebih cantik tampilannya, akan mengundang selera makan.

4. Junk food buatan rumah dan buah sebagai camilan. 

Tahan lah untuk membeli junk food di restoran cepat saji. Anda tetap bisa membuatnya di rumah. Selain lebih higienis tentu akan lebih hemat. Namun jangan sering-sering mengkonsumsi junk food. Lebih baik jika kita makan salad buah atau sayur. Selain mengenyangkan, salad buah atau sayur dan buah-buahan segar membuat kita kenyang secara sehat.


5. Roti gandum atau oatmeal untuk sarapan. 

Roti gandum atau oatmeal rendah kalori dan karbohidrat namun sangat mengenyangkan. Kalori serta karbohidrat yang rendah membuat Anda cenderung tidak mudah lapar dalam waktu yang cukup lama.

6. Makanan yang segar, bukan kalengan atau kemasan. 

Makanan yang sehat adalah makanan yang segar. Bukan melalui proses pengawetan yang panjang. Oleh sebab itu pilihlah yang masih dalam keadaan segar bukan yang ada di kemasan atau kaleng.

7. Lebih baik dipanggang, direbus atau dikukus daripada digoreng. 

Makanan sehat tergantung cara memasaknya juga. Memasak makanan bergizi dengan cara digoreng pun tetap beresiko meningkatkan kandungan lemak jenuh atau kolesterol dalam makanan tersebut. Akan jauh lebih baik jika kita memasak makanan tersebut dengan cara dikukus atau direbus. Bisa juga dengan cara dipanggang. Makanan yang terlalu berminyak merupakan makanan yang kurang sehat dan tidak baik dikonsumsi terus menerus.

[Sponsored Post]

16 comments:

  1. Setuju Cha. Saya suka lalapan, baik mentah atu rebusan :)

    ReplyDelete
  2. Diingatkan kembali tapi kok sulit untuk dilakukan. Karena seperti yang ditulis baru berubah ketika ada keluhan. Padahal harusnya ada atau tidak keluhan harusnya sudah berubah mengkonsumsi yang baik bagi tubuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kudu dari keinginan sendiri kang ^^
      semangat sehatt

      Delete
  3. Sudah mulai ganti sarapan dengan oatmeal, Mbak. Tapi itu instan apa tidak apa-apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurutku semua yg berlebihan itu ga baek ^^

      Delete
  4. Memulai hidup sehat memang susah, Tapi kapan lagi kalau kita tak memulainya daris ekarang?

    ReplyDelete
  5. Lalapan favoritku banget tuh! :D

    ReplyDelete
  6. Paling suka sayur sop. Warna warni dan sangat sehat untuk dikonsumsi

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^