Mama, Ini yang Harus Dilakukan Bila Bayi Sedang Flu


Mama, ini yang harus dilakukan bila bayi sedang flu. Flu oh flu, sungguh menyebalkan. Gimana tidak? Seperti lingkaran setan gitu rasanya. Satunya sudah sembuh, pindah nular ke kakaknya trus nular ke papih mamihnya. Terus saja gitu sampai sinetron tersanjung tamat. Hiks.

Cari Mobil Lebih Mudah Berkat Tampilan Baru Mobil123.com


Cari Mobil Lebih Mudah Berkat Tampilan Baru Mobil123. Sebagai macan ternak (mama cantik, baik hati, solehah dan imut yang anter anak *LOL), hampir setiap hari saya selalu mengantar anak ke sekolah.

Assalamualaikum, Ma



Assalamualaikum, Ma.....

Akhirnya saya bisa ke makam Mama. Banyak yang mengira saya menemani Mama disaat-saat terakhirnya. Benar sih, saat mama belum meninggal saya memang nemeni. Tapi, di hari mama meninggal saya pulang ke Jakarta subuh dan Mama meninggal maghribnya... Ah beda 12 jam saja padahal...

Reuni Lancar Berkat Citilink



Reuni Lancar Berkat Citilink. Siapa disini yang suka bertemu teman-teman lama saat sekolah atau kuliah. Pasti menyenangkan ya ngumpul, walau tidak sering tapi banyak nostalgia yang bisa dikenang saat bersekolah dulu. Saya juga senang seh bertemu banyak teman-teman lama. Paling tidak bisa ber-hahahihi sejenak itu bisa mengingatkan saya lagi tentang cita-cita jadi dokter hewan dulu.

Investasi Kesehatan Kulit Bayi Dimulai dari Mustela


Investasi Kesehatan Kulit Bayi Dimulai dari Mustela. Punya bayi pasti senangnya minta ampun. Yang 9 bulan ada di perut, sekarang ada di pelukan kita. Kita pegang, kita gendong, kita cium, kita belai sang bayi dengan penuh kasih sayang. Rasanya bagaimana jadi seorang ibu? Jangan ditanya, pasti jawabannya akan bilang "LUAR BIASA".

Ultah Raffi ke-4 : DIY Superman Birthday Party

DIY Superman Birthday Party

Ultah Raffi ke-4 : DIY Superman Birthday Party. Yuhuuuu, Raffi sekarang umurnya sudah 4 tahun \m/. Sekarang sudah masuk TK A (Kindy A). Seperti tahun sebelumnya, saya merayakan ulang tahun Raffi kembali. Rajin amat ngerayain ultah anak? Yaaa, namanya salah satu cara saya dan suami bersyukur ya dengan ngerayain ultah anak. Walau kecil-kecilan, yang penting anak senang^^. Setahun sekali ini, disempetin sajalah. Hehehehe. Biar nanti kalau udah gede dan misal saya gak ada lagi buat nemenin anak-anak, paling tidak anak-anak tahu saya cinta banget sama mereka :*.

Terbang Nyaman dan Murah dengan Airy



Terbang nyaman dan murah dengan Airy. Semenjak lahir, Raffa sama sekali belum pernah ketemu sama Neneknya (Ibu si Papih). Makanya menjelang ulang tahunnya November nanti, kami berencana pulang ke Jawa biar bisa 'pettuk Mbah Putri-ne'. Masih lama sih, tapi gak papa juga hehehe. Tahu sendiri kalau pulang kampung itu mahal di ongkos. Niat mah besar, tapi keuangan pas-pasan xD. Ye kan? Ye kan?

Blackmores Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Blackmores

Blackmores Untuk Ibu Hamil dan Menyusui. Tanggal 10 Agustus 2017 kemarin, saya dan beberapa rekan media blogger lainnya datang ke acara press conference oleh Kalbe Blackmores Nutrition. Tema kali ini tentang pentingnya asupan Multri-mikronutrien untuk ibu hamil dan menyusui. Cukup menarik sih secara beberapa seminar sebelumnya banyak sekali membahas tentang makro dan mikro nutrien yang ternyata banyak sekali manfaatnya buat kitta, terutama untuk ibu hamil dan menyusui.

Mudah Mencicil Berkat Home Credit

 

Mudah Mencicil Berkat Home Credit. Pernah nggak lagi jalan-jalan ke mall tiba-tiba lihat barang, lahdalah barangnya mihil banget tapi kita kepengen pake banget beli? Atau pernah tidak, sebel karena televisi di rumah rusak dan kita jadi gak bisa nonton drama Korea gara-gara itu? Sebenarnya sih bisa langsung kita punya kalau ada duitnya :D. Masalahnya, BKKBN(*) ndrooo!


Memulai MPASI dengan Nutrisi Sehat, Bergizi dan Seimbang

 
Memulai MPASI dengan Nutrisi Sehat, Bergizi dan Seimbang. Panjang benar ya judulnya? Hehehe. Tapi memang benar pemenuhan nutrisi itu sangat penting di 1000 hari pertama kehidupan. Saat menjadi ibu, kita harus mulai memikirkan nutrisi anak sejak dalam kandungan. Tidak bisa tidak!

Jalan-jalan ke ITC BSD City

Jalan-jalan ke ITC BSD City
Jalan-jalan ke ITC BSD. Kalau ditanya mall mana yang paling sering saya kunjungi, pasti bakal saya jawab mall ITC BSD City. Selain lumayan dekat dari tempat tinggal, belanja di ITC masih sangat terjangkau buat saya. Kitanya juga bisa nawar plus bisa dapat belanjaan banyaaaaaaak banget kalau ke ITC. Coba aja kalau ke mall gede, bawa uang 500ribu cuma bisa beli 2-3 barang. Tapi kalau di ITC BSD City, 500 ribu bisa kepakai buat belanja baju, sepatu, mainan sampai makan :D. Setuju gak?

Resep MPASI Nugget Tempe



Resep MPASI Nugget Tempe. Saya pecinta tempe. Mau di goreng, bacem, goreng sambel atau diapain saja pasti suka. Makan pake tempe itu nikmat buat saya. Cukup nasi hangat, tempe dan sambal kecap udah mewah banget rasanya. Serius!. Makanya, biar anak saya suka tempe tidak jarang saya juga pakai tempe untuk makan sehari-hari mereka. Begitupun juga saat masa MPASI, saya sering memakai tempe untuk menunya hehehe.



Dukungan Cinta Untuk Ibu Hamil dan Menyusui


Dalam acara pekan ASI sedunia tahun ini, pada tanggal 1 Agustus 2017 saya datang menghadiri acara #CelebrateTheExtraordinary yang dilaksanakan di Hotel Raffles, Jakarta. Acara ini diselenggarakan oleh Fonterra Brands Indonesia dan Anmum. Saya datang karena tertarik tema yang diangkat, yaitu tentang support system selama hamil dan menyusui.

Secangkir Kopi Hijau untuk Orang Tercintaku

http://www.echaimutenan.com/2017/07/secangkir-kopi-hijau.html

Kapan terakhir berduaan ngobrol santai sama suami? Walau sama-sama sibuk, saya dan suami selalu berusaha malam hari untuk menyempatkan diri untuk berdua saja. Pokoknya setelah anak-anak tidur, kami langsung duduk depan televisi dan chit-chat kecil cerita tentang hari ini ngapain saja. Tidak lupa tentunya cemilan dan minuman hangat bakal menyertai momen berdua kami di malam itu.

4 Langkah Penting Perawatan Memandikan Bayi



4 Langkah Perawatan Mandi Bayi. Saat punya anak, perhatian kita mau tidak mau pasti sama anak. Dan itu membuat kita mencoba banyak cara agar bisa berkomunikasi sama anak. Menambah bonding erat antara orang tua dan anak memang sangat diperlukan sampai anak sudah besarpun. Apalagi waktu pasti tidak terasa berjalan begitu cepat :"). Yang tadinya masih bayi sudah sekolah dan seterusnya. Pasti tidak ada yang mau melewatkan momen-momen penuh cinta bersama anak kan?

3 Cara Ibu Rumah Tangga Memilih Beras Berkualitas



Beberapa hari ini timeline sosial media saya rame sekali yang membahas beras. Di headline tertulis "Pengusaha beras menjual beras oplosan harga premium". Namanya juga emak-emak, macem-macem ceritanya. Mulai dari yang biasa pakai sampai yang cerita biasa beli yang eceran perkilonya. Mulai dari yang membela sampai yang memaki, lengkap!

Yeay, Raffi Sudah TK A


Waktu berjalan begitu cepat ya? Setahun lalu, saya cerita tentang Raffi yang pertama kali masuk sekolah kelompok bermain atau playgrup. Tahun ini saya cerita tentang Raffi yang dah jadi anak TK. 


Langkah Menyiasati Risiko Usaha Versi Sukanto Tanoto




[Sponsored Placement Post] Ada nasihat yang menyatakan bahwa kejayaan berjalan seiring sejalan dengan si pemberani. Hal ini sering dinilai sebagai nyali untuk menghadapi risiko dibutuhkan dalam apa pun, terlebih dalam dunia bisnis. Benarkah seperti itu? Pengusaha Sukanto Tanoto memiliki pemikiran yang dapat dijadikan inspirasi.

Jangan Lupakan 3 Hal Ini Saat Mengajak Anak Berenang



Jangan Lupakan 3 Hal Ini Saat Mengajak Anak Berenang. Anak saya senang sekali berenang. Jangan ditanya dah air dan anak itu tidak bisa dipisahkan xD. Makanya, karena liburan panjang ini saya dan keluarga pergi berenang di kompleks rumah. Anak-anak senang tidak? Senanglah pastinya, sampai pakai baju renangnya dari rumah malahan :v.

Ketika Blog Adalah Warisan

Ketika blog adalah warisan. Tidak, saya lagi tidak membicarakan sosok Afi yang hits dengan viral warisan-nya. Saya dari dulu cuma penulis blog biasa yang suka bercerita sehari-hari. Dan kali ini saya ingin cerita tentang kelanjutan blog saya kedepannya. Apa jadinya blog ini kalau saya sudah meninggal? 

Cemilan Bayi Promina Puffs


Tidak terasa seminggu lagi usia Raffa 8 bulan. Milestone sesuai dengan usia, begitupun berat badan masih di jalur hijau KMS-nya. Karena sudah masuk masa MPASI, kebetulan saya tim MPASI homemade semenjak kakaknya. Senang saja gitu (sok) sibuk bikin MPASI hihihi. Ribet sih, tapi ngangenin pasti ^^.

Bermain Bersama Anak di Kidzania Jakarta


Bermain Bersama Anak di Kidzania. Siapa disini yang kadang bingung mau ngajak anak-anak main kemana? Duh, saya termasuk yang bingung kalau mau kemana gitu pas weekend, Dari main sepeda, pesantren kilat sampai bikin DIY mainan tetap saja masih banyak baterainya. Gak ada capeknya anak itu ya?

Selamat Lebaran, ya!


Selamat Hari Raya Idul Fitri
Mohon maaf lahir dan batin


Salam sayang dari keluarga supeRheroes wkwkwk. Maaf ya kalau ada tulisan, komentar atau apapun yang gak enak di hati. Semoga selalu dalam lindunganNya semua :*. Lapyu all.

Anak Sehat Bermain Aman Di Mana Saja


Anak Sehat Bermain Aman Di Mana Saja. Anak dan bermain itu jadi satu, sudah mutlak dari sononya kan? Wong kita saja yang sudah dewasa masih tetap senang kalau bermain. Apalagi anak-anak yang memang membutuhkan stimulasi tepat untuk tumbuh kembangnya.

Tips Membawa Anak Naik Pesawat


Tips Membawa Anak Naik Pesawat. Kalau kemarin saya cerita tentang membawa bayi saat mudik naik pesawat.  Sekarang saya mau ngasih tips membawa anak naik pesawat. Bagaimanapun, dua-duanya saya alami. Lebih gampang bawa bayi atau bawa toddler? Well....menurut saya gampangan bayi :D. Kalau sudah anak-anak, dia sudah bisa ngomong bosan yang akhirnya bisa cranky. 

3 Cara Hidup Sehat Ala Ibu Rumah Tangga


3 cara hidup sehat ala ibu rumah tangga. Setelah menikah dan punya anak, hampir semua wanita punya masalah dengan berat badannya. Saya juga termasuk. Gelambir di sana-sini dan lemak bertebaran di tubuh. Kadang saya memimpikan diri saya yang dulu. Ugh, i need my body back.

Say No To Nyeri Sendi


Siapa disini yang sering nyeri sendi? Rasanya badan gak enak semua. Sendi-sendi sakit, ngilu dan kaku semua. Yang harusnya nyaman gerak kesana-sini, jadi terbatas mau ngapa-ngapain semuanya. Eh ini ngomongin nyeri sendi atau encok kan? Bukannya encok itu penyakit manula?

Perlengkapan MPASI untuk Bayi 6 Bulan

Perlengkapan MPASI untuk bayi 6 bulan. Alhamdulillah lulus ASIX (ASI Eksklusif), selama 6 bulan saya hanya memberikan ASI tanpa tambahan apapun (termasuk air putih) pada Raffa. Pertumbuhan Raffa juga sesuai dengan KMS-nya jadi tidak ada yang perlu saya kuatirkan. Iyap, ASI tetap yang terbaik untuk anak saya. Dan setelah ini saatnya Raffa mulai untuk diberikan makan MPASI, tapi ingat ASI tetap diberikan semau bayi loh ya ^^.

Anak Alergi Tetap Bisa Berprestasi

Siapa yang disini anaknya alergi? Raffi kebetulan alergi sampai bentol-bentol merah gitu. Butuh waktu lama untuk mencari penyebab alergi Raffi sampai ke dokter bagian spesialis anak sub alergi juga. Tapi, kami sekarang sudah tenang alergi Raffi bisa teratasi dengan baik hingga saat ini.

Tips Mudik Lebaran Membawa Bayi Naik Pesawat



Tips Mudik Lebaran Membawa Bayi Naik Pesawat. Gak terasa ya sudah puasa, bentar lagi lebaran. Eh kecepetan ga sih ngobrolin lebaran xD. Kalau saya sih nggak ya, karena paling tidak 3 minggu sebelum lebaran sudah punya rencana Lebaran. Mau ke rumah suami atau ke rumah saya, naik kendaraan apa sampai nanti kira-kira mau dibawaain apa buat oleh-oleh juga sudah harus dipastikan. Mau tidak mau, secara kan rombongan dan perjalanannya jauh banget.

6 Hal Penambah Pahala di Bulan Ramadan


6 Hal Penambah Pahala di Bulan Ramadan. Hari ini adalah hari pertama kita berpuasa dibulan Ramadan. Alhamdulillah ya, kita bisa bertemu lagi dengan bulan penuh rahmat ini. Tahun ini adalah tahun pertama saya berniat menjalankan ibadah puasa sebulan penuh. Perkara nanti bagaimana kedepannya, Bismillah saja kan? Yang penting niatnya dulu :D.

Surga Untuk Mama

 

Apa kabar blogku? Kangen rasanya nulis lagi. Gak tau katanya dengan menulis itu bisa menemukan suasana dan hidup baru seperti yang biasanya saya tulis. Cuma jujur, megang komputer aja baru sekarang. Mau ngerjakan tugas yang kudu dikerjakan itu rasanya makin malas... 

Iya, kerjaan saya cuma bengong akhir-akhir ini. Rasanya malas untuk bergerak sekalipun.

Jalan-jalan ke Istana Nelayan


Semenjak memiliki anak, setiap tempat yang saya datangi itu bukan yang hanya cocok untuk saya dan suami. Tapi juga harus cocok untuk anak-anak saya selama berada disana. Karena bagaimanapun yang diutamakan sekarang adalah kenyamanan anak. Apalagi punya bayi, harus cari tempat yang tenang dan nyaman. Jangan sampai anak kita rewel gara-gara kita ajak pergi jalan-jalan.

Mau ke Big Bad Wolf 2017? Lakukan 5 Hal ini!


BBW atau kita kenal dengan Big Bad Wolf adalah pameran buku besar auuuuuusome yang setiap tahun digelar. Di tahun 2017 ini, BBW dilaksanakan di ICE BSD City Hall 7-10 yang berlangsung sampai 2 Mei 2017. Sama seperti tahun lalu, saya tidak akan melewatkan momen ini buat belanja buku untuk Raffi Raffa.

PRENAGEN, Sahabat Terbaik disetiap Kehidupan Teristimewaku


Menjadi orang tua itu memang tidak ada hentinya ya. Setiap detik kehidupan harus saja, kita sebagai orang tua belajar. Saat mau punya anak, kita belajar tentang pembuahan. Saat hamil kita belajar tentang banyak hal tentang kehamilan. Apalagi setelah melahirkan pembelajaran menjadi orang tua lebih luas dan kompleks.

CIMB Niaga Forward Membantu Masa Depan Keluarga Tercintaku


Kalau lagi ngobrol sama suami, selain tentang tingkah lucunya anak sehari-hari atau sekedar cerita ngapain saja seharian, ada kalanya kami tukar pikiran tentang masa depan. Iyap sebagai istri dan ibu dari anak-anak yang pasti masih panjang perjalanannya, bagaimanapun juga kami harus sudah memikirkan apa yang sudah kami persiapkan untuk mereka.

5 Alasan Kenapa Wajib Pakai Masker Saat Naik Motor

 

Sehari-hari saya pakai motor kalau mau pergi kemana-mana. Mulai antar anak sekolah sampai beli tempe ke pasar semua pakai motor. Yaaaa kadang nyetir sendiri, kadang naik ojek online, kadang juga diantar papih buat pergi. Kalau naik motor itu banyak yang harus diperhatikan salah satunya wajib pakai masker. Ternyata, bahaya loh naik motor tidak pakai masker.

Loh kok bisa?

Dejavu Lasting Fine Eyeliner dan Fiberwig Mascara


Kalian tim suka pakai eyeliner atau tim suka pakai mascara? Kalau saya sih tim suka pakai eyeliner aja daripada mascara. Pokoknya keluar rumah gak pakai eyeliner itu rasanya HAMPAAAA. Tapi mau pakai mascara atau eyeliner sama-sama cuma 1 masalahnya loh. Yaitu bleber kalau kena air atau minyak sedikit saja sudah bleber kemana-mana :"(.

Tur Studi Raffi ke D'Kandang Amazing Farm


Study tour ke D'Kandang Amazing Farm. Bulan-bulan menjelang ujian kenaikan kelas, pasti disemua sekolah ada yang namanya study tour. Kalau jaman saya dulu biasanya diadakan disaat mau lulus dari SMP dan SMA. Tapi sekarang jamannya sudah beda, anak playgrup juga ada study tur xD.

Cukup 1 Panci Untuk Masakan Enak dan Liburan Ke Belanda


http://www.echaimutenan.com/2017/03/panci-royal-vkb-alfamart-untuk-masakan-enak-ke-belanda.html

Siapa disini yang suka makan enak? Pasti semua suka ya makan masakan enak. Tapi beda kalau ditanya, "Siapa disini yang suka masak masakan enak?." Pasti cuma beberapa orang yang pede kalau masakannya (sepertinya) enak. Kalau saya sendiri seh pasti langsung jawab masakan papih yang paling enak.

DIY Permak Jam Dinding


DIY Permak Jam Dinding. Kalau lagi rajin oprek-oprek rumah, rasanya pengen semua segala sisi rumah diutak-atik biar kelihatan kece. Duh ini otak kalau lagi ON, banyak banget ide. Sampai bingung yang mana dulu mau dilakuin.

Mortar Utama-Weber, Semen Instan Ajaib untuk Bangunan Berkualitas


Semenjak mulai utak-atik rumah, saya mulai akrab sama yang namanya bahan bangunan. Mulai harga hingga kualitas, paling tidak saya sudah mengumpulkan banyak informasi. Makanya saat diundang ke acara talkshow Mortar Utama-Weber di pameran Mega Build JCC, Jakarta, tanggal 16 Maret 2017 kemarin saya langsung mengiyakan. Yaaa tahu sendirilah, membangun rumah itu tidak pernah ada habisnya.

Pesona Ibu Rumah Tangga

memesona itu bangga menjadi ibu rumah tangga

Saat saya kecil, saya selalu ditanya apa cita-citanya nanti kalau sudah besar. Rata-rata teman-teman saya menjawab mau jadi polwan, dokter, hakim, pramugari dll. Pokoknya pekerjaan yang keren banget menurut mata anak-anak seusia saya dulu. Tapi dari dulu saya selalu memberi jawaban sederhana tentang cita-cita. Echa ingin jadi ibu rumah tangga. Simpel.

Me Time di Rumah Ala Ibu Rumah Tangga Dengan Nescafe Dolce Gusto

Me Time Dirumah Ala Ibu Rumah Tangga Dengan Nescafe Dolce Gusto

Me Time di Rumah Ala Ibu Rumah Tangga Dengan Nescafe Dolce Gusto. Menjadi ibu rumah tangga yang setiap hari ada saja kerjaannya, paling tidak demi menjaga kewarasan jiwa dan raga, minimal harus disempatkan yang namanya me time. Tidak perlu lama dan harus keluar rumah, yang penting me time sebentar sudah bikin hati senang. Dan buat saya, tidak lengkap yang namanya me time tanpa susu coklat hangat Chococino yang dibuat pakai mesin kopi Nescafe Dolce Gusto. Surgaaaaaaaa.

5 Perawatan Bayi Baru Lahir

 5 perawatan bayi baru lahir

Punya bayi baru lahir itu senangnya minta ampun. Kalau kata orang perjuangan diawal-awal bayi baru lahir itu memang sesuatu. Ada yang bergadanglah, ada yang maunya digendong teruslah, ada yang mau diayun-ayunlah, ada yang nangis teruslah dan tipikal bayi baru lahir lainnya.

Santai, nikmati saja karena bayi itu cepet banget gedenya :").

Tips Menyimpan ASI Perah di Kulkas 1 Pintu


Tips Menyimpan ASI Perah di Kulkas 1 Pintu. Sehari-hari saya menjadi ibu SAHM yang notabene cuma dirumah saja gak ngapa-ngapain :v. Walau begitu, saya tetap menyimpan ASIP (ASI Perahan) dikulkas. Meskipun jumlahnya tidak banyak, tapi ASIP itu harus tetap ada untuk jaga-jaga dan menstimulasi banyaknya ASI. Seperti prinsip ASI, semakin banyak keluar maka akan semakin banyak pula produksi ASI.

Agar Hasil Catok Rambut Lebih Tahan Lama


Semua wanita tentu menginginkan untuk bisa tampil cantik dan selalu sempurna di depan semua orang. Selain tubuh dan wajah, rambut yang merupakan mahkota wanita tentu saja harus dijaga tampilannya agar terlihat lebih mempesona. Rambut lurus menjadi pilihan sebagian besar wanita. Kini rambut lurus tak hanya bisa didapat alami dari lahir saja, namun bisa juga dibentuk dengan catok rambut. Ya, cara ini biasa dipilih wanita untuk hasil rambut lurus yang instan dengan biaya murah.

Berjuang Melawan Saraf Kejepit Demi Keluarga Tercinta


Pernah merasakan kesemutan sampai nyeri? Atau lagi duduk tiba-tiba punggung sakit? Kalau jawabanmu iya, berarti harus waspada dengan neuropati. 

Cara Menggendong Bayi Sesuai Usia


Tak gendong kemana-mana
Tak gendong kemana-mana
Enak dong, mantep dong
(Tak gendong - Mbah Surip)

AADC (Ada Apa Dengan Cucuth)


AADC? Ada apa dengan Cinta? Bukan :D. Kalau buat saya, ada apa dengan Cucuth? Hehehehe. Krik krik krik. Rasanya lama banget saya gak cerita tentang Cucuth ya*padahl baru cerita pas dia ultah ke-12 bulan November 2016 lalu xD. Ya gimana karena banyak yang tanya bagaimana kabar Cucuth, ya sudah postingan kali ini mau cerita tentang Cucuth ahhh...