5 Booster ASI Paling Bagus

5 Booster ASI Paling Bagus. Kebanyakan semua ibu pasti ingin ASInya lancar dalam menyusui bayinya. Karenanya kadang kita berupaya agar ASI ekslusif bisa langsung keluar setelah melahirkan hingga 6 bulan. Syukur-syukur bisa sampai 2 tahun memberikan ASI buat anak tercinta.

Virtually all mothers can breastfed, provode they have accurate informatio, and the support of their family, the health care system and society at large - WHO -
Karena itu agar tujuan kita tercapai, pengetahuan tentang ASI ini dimulai dari masa kehamilan. Saat hamil kita rajin menjaga kebersihan payudara. Saat melahirkan, kita bisa mengusahakan agar proses menyusui itu tetap berjalan lancar. Mulai langsung memberikan ASI setelah melahirkan dengan IMD (selama ibu dan bayi sehat), memberikan ASI sesering mungkin pada bayi, memilih kamar yang bisa room in dengan bayi, termasuk pula meminta obat pelancar ASI dan obat penahan nyeri setelah lahiran. 

Seperti tulisan saya dulu-dulu tentang drama menyusui saat kakak Raffi, ASI itu cairan hidup yang datangnya dari Tuhan dan tiap tetesnya punya kandungan zat gizi yang dibutuhkan bayi sesuai kebutuhan usianya. Keren banget gak sih? 
Breastfeeding isn't just about milk. It's also about LOVE
Buat saya, proses menyusui itu butuh perjuangan. Setiap ibu pasti punya cerita tersendiri tentang mengASIhi ini. Iyappp, karena menyusui itu bukan hanya ngasih payudara ke bayi untuk diisap tapi ada banyak hal yang perlu kita ketahui dan kadang kala menguras emosi kita(*ihik mulai lebay). Paling tidak kita (dan bayi) harus belajar perlekatan menyusui yang baik, posisi menyusui yang benar, menyendawakan bayi, memerah ASI hingga mencari booster ASI yang tepat agar ASI kita selalu berjalan lancar.

Karena punya pengalaman saat menyusui kakak Raffi, kali ini hampir tidak ada 'drama' saat melakukan aktifitas breastfeeding pada adik Raffa. Aman pokoknya. Tapi walau begitu, demi ASI terus ngucur lancar sampai titik darah penghabisan di 2 tahun, saya tetap melakukan 5 booster ASI yang paling bagus. Apa saja sih? 

Ini dia 5 booster ASI paling bagus agar produktifitas ASI berjalan lancar versi saya : 

1. Percaya diri kalau ASI cukup sampai 2 tahun

Ini kunci utama agar kita bisa sukses menyusui, PEDE. Tanpa percaya diri yang ada kitanya galau galau terus bawaannya. Jangan dong! Kalau ibunya galau kumaha anaknya atuh manehna?.

Berpikir positif itu harus ditanamkan agar timbul optimisme dalam diri ibu (*ehem bahasanya). Eh tapi serius loooh ini terbukti pada saya sendiri, walau sering keluar masuk RS, saya bisa menyusui Raffi hingga 2 tahun lebih malah. Semoga kepedean saya kali ini berhasil bisa sukses menyusui Raffa seperti kakaknya. Gini loh, saya saja yang sakit-sakitan bisa menyusui apalagi bunda-bunda kece yang baca postingan ini pasti bakal bisa jauh lebih berhasil dari saya ^^.

ASI itu berdasarkan permintaan. Kalau semakin sering dikeluarkan, maka akan semakin banyak ASI yang diproduksi. Dikeluarkan ini banyak caranya, bisa langsung disusukan pada bayi atau dipompa menggunakan breastpump. Saya sendiri penganut short breastfeeding dengan memberi ASI secara singkat dan teratur selama lebih kurang 10 menit sekali, karena bisa menambah berat badan bayi lebih cepat dan produksi ASI terus bertambah.

2. Konsumsi makanan bergizi dalam jumlah wajar

Makan makanan minuman yang kita sukai saja dan jangan lupa memperbanyak buah sayuran. Ada juga makanan yang dipercaya bisa menambah jumlah produksi ASI. Ada daun katuk, daun pepaya, kacang-kacangan, sari kurma, tumis pare, susu soya dll. Banyak banget. Yang pasti, karena kita sudah menanamkan poin 1 yaitu percaya diri mau makan apa saja insyaallah bisa menambah produksi ASI. Apalagi kitanya suka makanannya, dijamin ngucur ^^. Tidak perlu porsi banyak sewajarnya saja, biar berat badan juga menyesuaikan kembali kesemula. Kalau busui itu bawaannya laperrrrrrrrrr banget kaaan? Hehehehe.

Jangan lupa untuk melihat ada alergi tidak pada bayi kalau kita konsumsi makanan tertentu. Karena kadang ada beberapa bayi yang sensitif, misalnya kita konsumsi telur terus menerus yang ada nanti bayinya gatel-gatel. Dan itu kejadian pada Raffi sampai saat ini hehehe, kalau sama telur walau doyan. Misalnya beberapa hari Raffi saya kasih makan telur terus pasti merah-merah :v.

3. Minum ASI Booster Tea

Makanan minuman untuk booster ASI banyak sebenarnya seperti poin 2. Apalagi kalau makanannya enak dan kita suka, alhasil produksi ASI pasti tambah banyak. Hehehehe.

Sekarang ada ASI Booster Tea untuk menambah produksi ASI. Itu kayak minuman teh pelancar ASI alami pertama di Indonesia yang bisa meningkatkan jumlah ASI dalam waktu 24 Jam. Lucunya, walau namanya teh, ASI booster tea ini tidak ada kandungan daun tehnya lohhh. Karena ini herbal jadi aman dikonsumsi buat ibu, apalagi harganya ekonomis pas buat kantong kalau beli terusan kan?


Komposisinya ada Fenugreek seed, fenugreek powder, FENNEL SEEDS,Fennel powder, ANISE, cinnam venum, alpinia powder, dan habbatussauda.

ASI Booster Tea ini dapat langsung diminum biasa, ditambah gula, madu atau juga krimer. Bisa juga dibuat campuran minuman kesayangan dengan dicampur jus, susu, dibuat milkshake. Suka-suka si ibu saja dah :D. 

4. Bahagia dan Ikhlas

Hidup itu sekali makanya kita harus bahagia. Dari dulu saya selalu bilang biar ASI lancar itu gampang sebenarnya. Kita harus bahagia, karena kalau bahagia akan membuat hormon prolaktin dan oksitosin jadi meningkat yang berguna untuk derasnya ASI. Coba deh, satu hari ada me time (kesalon, jalan-jalan atau belanja) pasti ASI-nya bisa deras. Ibu mah gampangan senangnya :"p.

Gampang ya kayaknya, tapi jujur ternyata 'bahagia' itu gak gampang loh. Karena melibatkan banyak hal, orang dan kondisi yang mau tidak mau saling berhubungan satu sama lain dan adaptasi. Dan cuma satu yang bikin semua bisa lebih mudah dijalani yaitu dengan IKHLAS menyusui :"). Dijamin lancar kedepannya dan segala perjuangan untuk selalu mengASI.

5.  Dapat dukungan menyusui dari lingkungan sekitar

Untuk support meng-ASI, jangan lupa lingkaran terdekat dari ibu yaitu suami dan keluarga (sahabat) dekat. Yang harus bantu kita untuk selalu "KERAS KEPALA" dalam mengASI. Kadang nih ya, dropnya ibu akhirnya putus tengah jalan mengASI itu berasal dari orang dekat seringnya loh. Makanya, tidak ada salahnya ngobrol dengan sekitar untuk memberi tahu tentang rencana tipe parenting (termasuk mengASI) kita.

Baca juga : Dear suami, lakukan ini setelah ibu melahirkan yaaaaaa!

Istirahat cukup itu juga termasuk didukung lingkungan, karena ada yang jagain bayi. Kalaupun gak ada ya udah sih ikut bobok saja sama bayi hehehe. Jangan lupa olahraga juga ya biar tetap bugar saat menyusui

Dan tidak ada salahnya mengikuti grup sharing ASI diforum-forum atau mengikuti kelas edukasi. Biasanya, karena kita mendapat "teman seperjuangan" curhatnya jadi nyambung tanpa harus digurui senior. Walau kadang saya akui sih, ada juga beberapa yang saing-saingan milestone terutama tentang berat badan :v :v. Tenang, ibu baru mah gitu apa-apa pamer anak (termasuk saya) diiyain saja dah :D (sebagai salah satu cara mendukung :P). Tapi terbukti loh, ikutan nimbrung curhat sesama pejuang ASI gini bakal bikin kita lebih semangat mengASInya ^^.

Sebelah kiri saat menyusui Raffi
Sebelah kanan saat menyusui Raffa

Saya punya 5 booster ASI paling bagus agar bisa sukses menyusui buah hati. Selamat mencoba ya, semoga bermanfaat. Yang pasti rumusnya : ibu bahagia, ASI lancar, anak sehat. Happy breastfeeding buibu pejuang ASI. Yuk, semangat mengASInya buat anak kita :*.

Atau punya booster ASI favorit? Yuk yuk yuk dishare ceritanya yuk!

[Sponsored Post]

19 comments:

  1. Bener smua tipsnya,,, peran suami jg dominan membantu ikut urus baby 😍😍

    ReplyDelete
  2. Paling penting dukungan sekitar ya mb echa. Mujarab banget buat asi lancar hahaha

    ReplyDelete
  3. Makasih mba cHa infonya, jadi tahu ada Asi booster tea.

    ReplyDelete
  4. booster ASI favoritku sayuran2 ijo + minum susu yoghurt aja mak, enak juga ada ASI booster tea yg dicampur2 gitu :D

    ReplyDelete
  5. Pengalamanku dulu banyak makan kacang hijau sama daun katuk mba :)

    ReplyDelete
  6. Dulu aku minum jus pare! Hahaha... Pare campur mangga trus dijus.

    ReplyDelete
  7. Mba itu myusui pake kacamata item pas lagi ngapain mba? Keren juga.. hihihi

    ReplyDelete
  8. kalo kata orang tua harus rajin makan marning hehehe

    ReplyDelete
  9. Tfs ya Mak, saya lagi hamil dan yakin kalo PD saya mampu mengASIhi baby selama 2 tahun aamiin

    ReplyDelete
  10. memang harus yakin dan percaya..plus bahagia pol ya Cha biar lancar :)

    ReplyDelete
  11. Rajin makan daun katu kalau kata ibukku. :D Raffa lucu! >_<

    ReplyDelete
  12. Faktor utama emang dari pikiran, ya? ^_^

    ReplyDelete
  13. Ada ASI booster tea? :o Langsung seret sodara bair asinya lancar.. :D

    ReplyDelete
  14. Dulu saya pake Moloco B12 , sekarang ada Asi Booster ya

    ReplyDelete
  15. Aku dulu sedikit banget ASinya huhuhu. Sedihh. nanti anak ke-2 kalau dikasih kepercayan lagi sama Allah dan kalo ASInya kurang lancar (tapi jangan sampai deng), bisa pake ini yaaa. hehehe

    ReplyDelete
  16. huhu.... iri kalau liat pada lancar asi..

    ReplyDelete
  17. Kalo aq yang penting hati senang asi pun lancar hehehe

    ReplyDelete
  18. waahhh.... berguna banget infonya bagi ibu menyusui,,,

    ReplyDelete
  19. aku lagi suka minum mamanduy asi booster.. lumayan ngaruh di aku.. walau saat ini udah mulai seret hiks

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^