5 Perawatan Bayi Baru Lahir

 5 perawatan bayi baru lahir

Punya bayi baru lahir itu senangnya minta ampun. Kalau kata orang perjuangan diawal-awal bayi baru lahir itu memang sesuatu. Ada yang bergadanglah, ada yang maunya digendong teruslah, ada yang mau diayun-ayunlah, ada yang nangis teruslah dan tipikal bayi baru lahir lainnya.

Santai, nikmati saja karena bayi itu cepet banget gedenya :").

Serius! Saya saja sekarang mikir perasaan baru kemarin lahiran, lah si bayi mau 4 bulan saja sekarang. Waktu itu berjalan begitu cepat.

Jadi ibu yang punya bayi baru lahir itu seru loh. Bukan ibu saja, semua anggota keluarga bakal ngerasainnya juga. Soalnya semua butuh adaptasi, ya ibunya, ya bayinya, ya anggota keluarga lainnya. Semua saling menyesuaikan dengan ritme baru yang harus dijalani ^^.

Sebenarnya apa saja sih yang harus kita lakukan untuk merawat bayi yang baru lahir? Tidak banyak kok, selain adaptasi ini 5 perawatan bayi baru lahir yang berlaku dibelahan bumi manapun *eaaaa.

 1. Menyusui bayi
 

Untuk yang ini saya cuma mau bilang, "Berusahalah menyusui penuh cinta dan keras kepala. InsyaAllah bisa sampai 2 tahun, karena ASI tetap yang terbaik".

Tidak ada salahnya mempersiapkan ASI sebelum melahirkan. Mulai dari belajar buku tentang seluk beluk menyusui, nyiapin perlengkapan menyusui, dukungan keluarga untuk bisa mengASI, percaya diri setelah melahirkan ASI bisa keluar dibantu IMD dll. Banyak cara kok agar ASI itu bisa keluar lancar. 

Skin to skin dan perbanyak ASI keluar maka akan banyak ASI penuh kembali, itu dua hal prinsip ASI yang sampai sekarang saya pegang. Apalagi ASI yang keluar itu sesuai yang dibutuhkan bayi kita. Sayang tau, ASI yang baru keluar itukolostrum semua yang rada kuning gitu. Penting banget buat bayik.


Tapi semisal perjuangan mengASI lagi patah semangat, sambil pelan-pelan munculin feel rasa ingin menyusui bayi, kita jangan sampai lupa untuk memberikan susu pada bayi ya (baik ASIP atau susu formula). Bisa juga konsul ke konselor laktasi dll. 

Yang pasti jangan bikin sampai stress masalah ASI gak ASI ini. Apalagi biasanya abis lahiran itu ASI belum keluarlah, puting lecetlah, bayi tidak mau menyusulah dll. Yang bikin ibu stress dan malah jadi baby blues. Jangan sampai loh ya^^. 

Mengasilah dengan bahagia. Karena ibu bahagia, ASI lancar dan bayi sehat ^^

 2. Membersihkan badan bayi


Saat bayi baru lahir, kita harus tetap membersihkan badannya dengan hati-hati. Makanya jangan lupa perlengkapan mandi bayi dipersiapkan dengan baik ya ^^.

 
 

Bayi baru lahir masih punya yang namanya tali pusar, tapi mau tidak mau kita harus pelan-pelan membersihkan badannya. Jangan sampai tali pusarnya lepas gegara kita tarik *eaaaa. Jujur, saya sendiri baru berani mandiin bayi dibak mandi pakai sabun itu saat pusarnya puput (lepas). Sebelum-sebelumnya cuma saya waslap saja pakai air hangat :D.

Untuk membersihkan tali pusar, gunakan alkohol dan kassa steril. Pastikan kassa digunakan satu kali usapan, jangan sampai diulang. Misalnya sudah bersihkan bagian atas pusar, jangan dipakai lagi dibagian bawah.

 Ini cara membersihkan tali pusar bayi baru lahir
Ini diperagakan  sama suster saat saya masih di RS. 
Biasanya ibu baru akan diberikan pelatihan singkat merawat bayi, 
termasuk cara membersihkan tali pusar

Selain membersihkan tali pusar, bersihkan juga rutin lubang hidung, lubang telinga (tidak perlu sampai masuk), lubang genital setelah buang air besar dan buang air kecil. Selalu sedia tisu basah, tisu kering dan waslap kemana-mana untuk jaga-jaga. Pilih produk perawatan untuk membersihkan badan yang cocok untuk bayi.

Saat bayi tidur sempatkan untuk memotong kukunya biar tidak panjang. Jangan sampai bayi mencakar muka dan bagian badannya karena kita lupa menggunting kukunya. Potong kuku ini bakal jadi kegiatan seminggu dua kali loh, karena kuku bayi itu cepat banget tumbuhnya--".


 3. Perawatan kulit bayi


Biasanya, kulit bayi baru lahir itu sensitif banget (walau gak semua juga seh). Tidak ada salahnya untuk menyediakan produk yang bisa merawat kulit bayi dengan baik. Sediakan selalu minyak telon, krim anti rash, lotion dan baby oil untuk perawatan sehari-hari. Untuk menghilangkan diaper rash, jerawat, kringat buntet dll dikulit bayi, saya pakai sudocream. Cocok dari jaman Raffi sampai Raffa cocok semua. Alhamdulillah.



Selain itu, kebetulan karena saya bukan tipe ibu yang kuat cuci-cuci banyak, saya memilih pakai popok sekali pakai (pospak) :D. Pemilihan popok ini juga nyari yang nyaman seh. Jangan sampai popoknya bikin merah-merah kulit dll. Untunglah, Raffi Raffa cocok pakai diaper Goo.N. Pastikan kecukupan ASI dengan 1 hari dalam seminggu tanpa pospak^^.  Buat ngecek aja sik.





4. Menjemur dan mengajak jalan-jalan bayi


Usahakan menjemur bayi setiap pagi hari minimal 10 menit. Apalagi sambil jalan pakai stroller keliling komplek juga bakal bikin ibunya olahraga juga kan? Hehehe. Atur posisi terlentang dan tengkurap saat menjemur bayi. Saya sendiri kalau terlentang bisa ditaruh di stroller, kalau saat tengkurap biasanya saya gendong kayak posisi sendawa atau ditaruh dipaha posisi duduk saat menjemur.

Yang perlu kita tahu, manfaat menjemur bayi itu banyak. Selain vitamin D untuk kulit, bisa mengurangi grok-grok saat flu, menjemur bayi juga bisa mencegah sakit jantung. Serius! Fakta tentang sakit jantung bisa dicegah berkat sinar matahari yang meningkatkan sirkulasi darah dengan pelebaran pembuluh darah dikulit. Sehingga nutrisi dan oksigen lebih lancar dibawa ke sel-sel saat pembuluh kapiler terbuka. 

Membawa bayi keluar rumah juga mengajarkan bayi bahwa banyak hal baru dalam kehidupannya ^^. Ya walau dia masih belum ngerti sih, hihihi.

5. Memijat dan bermain bersama bayi


Pijat sendiri? Iyalah, sebelum atau sehabis mandi atau pas bayi lagi kurang enak badan. Dengan pijatan kita, badannya akan lebih enak dan rileks. Kegiatan ini bisa menambah bonding orang tua dengan bayi. Kan pijatan tanda cinta dengan skin to skin.

Memijat bayi dilakukan setiap hari dengan gerakan lembut saja. Sambil mijat bayi, kita juga sambil ngobrol dengan bayi. Nanti dia teriak-teriak kegirangan sambil mulut mangap-mangap dan senyum-senyum gitu. Lucu banget deh! Swear! Nanti sekali ajak ke tempat baby spa gpp biar ngerasain pijat ditempat gitu :D.

Selain itu, mengajak ngobrol bayi juga menyenangkan. Walau responnya cuma mangap-mangap sama senyum dikit, melihat bayi gitu meleleh loh :"). Kan stimulasi pada bayi harus tetap dilakukan ^^.

Gampang kan? Terlihat gampang sih, tapi yang ngejalanin lumayan rempong cyinnn. Etapi seperti saya bilang diawal tulisan, DINIKMATI SAJALAH. Soale bayi itu cepet gedenya :").

Jangan lupa bahagia ya :*. Semoga bermanfaat buat yang pengen tahu apa saja sih perawatan untuk bayi yang baru lahir ^^.

16 comments:

  1. Waaaaah pas banget, aku juga melakukan langkah2 ini pas Vito baru lahir.

    Luar biasa dinikmati banget tanpa bantuan orang lain, dari bayi merah pegang sendiri. Hehehehe

    ReplyDelete
  2. Jadi nggak sabar ketemu anak bayik pas nanti lahir he he..kebetulan aku lagi Hamil. Postingannya jdi bikin aku belajar banyak :)
    Mampir balik ya mba ;)

    ReplyDelete
  3. Keren banget udah bayi pake kaca mataaaa ❤️❤️❤️
    Tips bagus buat nanti punya bayi Mbak. Cari ayahnya dulu 🤣

    ReplyDelete
  4. dulu... waktu punya bayi, yg paling saya takutin adl memandikan bayi, apalagi kalo tali pusarnya belum lepas. jadi selama tali pusar belum lepas, anak2 saya dimandiin sama suster :)

    ReplyDelete
  5. Aku baca ini sambil senyum-senyum mbak, keliatan banget ya aura bahagianya. Tfs Mbak Chaaaaa, bakal sering ngintip ke sini. Lengkap bahasannya 😘😘

    ReplyDelete
  6. Aku selalu deg2an kalau pegang bayi baru lahir walau anak sendiri. HIhihi

    ReplyDelete
  7. Wah lengkap banget mbak bisa buat referensi kalau masih belum berpengalaman ngurus bayi. Makasih informasinya ya mbak..

    ReplyDelete
  8. lucu yaa bayinya, mga menjadi anak berbakti kpda orang tuanya..

    ReplyDelete
  9. makasih, bermanfaat bund, apalagi buat saya yang belum jadi bapak :D

    ReplyDelete
  10. Wuaaaaa, jadi pengen punya baby lagi, wedok tapi maunya.

    ReplyDelete
  11. menyusui bayi itu momen yang gak bakal bisa dilupakan ma saya. ^_^

    ReplyDelete
  12. Hmmm jadi kangen harum bayi... Tapi sudah ketuaan buat hamil lagi..nunggu cucu aja deh :D

    ReplyDelete
  13. Aduh, cute banget. ^_^ Babyku cewek, tapi gedean sekarang. :'D

    ReplyDelete
  14. jadi kangeeeen pas anak-anak bebe, ha..memang cepet yah gedenyaaa

    ReplyDelete
  15. Syukron tipsnya, ini lagi persiapan anak kedua jadi sedang mencari tips yang baik untuk si bayi nanti. Mungkin tips yang menjemur dan mengajak jalan2 bayi belum terlaksana buat saya. Yang penting sangat bermanfaat ilmunya :D

    ReplyDelete
  16. Walo aku sempet ngalamin babyblues pas anak2 lahir dulu, tp begitu balik ke normal, ngerasain kok lucu2nya mereka dulu.. :).. Bisa main dan dengerin celotehannya yg msh blm jelas.. Paling seneng kalo anak2 tidur sambil meluk kita mba.. :), ato pas si bayi genggam jariku.. Duuuh ga bisa diungkapin kata2 deh rasanya

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^