Tips Menyimpan ASI Perah di Kulkas 1 Pintu


Tips Menyimpan ASI Perah di Kulkas 1 Pintu. Sehari-hari saya menjadi ibu SAHM yang notabene cuma dirumah saja gak ngapa-ngapain :v. Walau begitu, saya tetap menyimpan ASIP (ASI Perahan) dikulkas. Meskipun jumlahnya tidak banyak, tapi ASIP itu harus tetap ada untuk jaga-jaga dan menstimulasi banyaknya ASI. Seperti prinsip ASI, semakin banyak keluar maka akan semakin banyak pula produksi ASI.

Berbekal pengalaman saat menyimpan ASIP Raffi dulu, saya melakukan manajemen pompa ASI minimal sehari sekali dan bayi minum ASIP sehari sekali juga. Ini biar terjaga jumlah ASIP yang masuk dan  ASIP yang keluar kulkas. Maklumlah, kulkas saya masih kulkas 1 pintu yang bisanya cuma muat sedikit untuk menyimpan ASIP.

Salah satu hal penting dalam manajemen ASI itu adalah tempat menyimpan ASIP yaitu kulkas. Kulkas yang digunakan juga macam-macam, ada yang satu pintu, ada yang 2 pintu dan ada yang freezer tunggal. Semakin banyak ASIP yang dihasilkan akan membutuhkan ruang penyimpanan kulkas lebih besar lagi. 

Lah kalau kebetulan punyanya cuma kulkas 1 pintu bagaimana? Kira-kira bisa tidak menyimpan ASIP banyak? Ya tidak apa-apa, tetap bisa kok menyimpan ASIP dalam jumlah banyak. Saya mah punyanya kulkas 1 pintu :D. Pakai saja kulkas yang ada, tidak perlu dipaksain. Nanti kalau dipikirin malah bikin ASI seret hehehe. Santai saja. Bisa kok menyimpan ASIP dengan kulkas 1 pintu. Saya bisa kok, pasti ibu-ibu menyusui lainnya juga bisa ^^. Yang penting rajin nyortir mana ASIP yang harus segera diminumkan pada bayi dan mana yang masih bisa lebih lama disimpan. 

Kulkas 1 pintu saya

Karena mungilnya tempat penyimpanan dikulkas 1 pintu, ternyata ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat menyimpan ASIP. Soalnya ASI kan mengandung banyak zat gizi, antibakteri dan antivirus, kalau salah menyimpannya kan kasihan tidak bisa dikonsumsi bayi. Ibaratnya setiap tetes ASI itu berharga :"). ASIP yang disimpan bisa tahan lama dan tidak cepat basi.

Ini tips agar ASIP tetap layak dikonsumsi bayi dengan menggunakan kulkas 1 pintu yang saya pelajari dari manajemen ASIP sesuai IDAI sehingga bisa dikonsumsi sikecil dengan aman.

1. Gunakan tempat penyimpanan ASIP yang baik

Ini bisa menggunakan botol kaca, jar atau kantung plastik khusus yang kedap udara. Jangan lupa tempat penyimpanan ASIP harus sudah disteril sebelum diisi ya. Kebetulan saya pakai plastik ASIP Express and Go dari Tommee Tippee dan plastik Natur untuk menyimpan ASIP. 


Kenapa saya memilih pakai plastik ASIP, soalnya bisa masuk banyak ASIP didalam kulkas 1 pintu. Kalau pakai botol kaca karena bentuk besar jadi cuma muat sedikit. Cuma memang lebih baik pakai yang kaca sih biar bisa lebih tahan lama. Cuma karena kalau nyimpen ASIP di kulkas 1 pintu itu ya pakai yang plastik aja :D. Kan cuma tahan 2 minggu ajaaaa dan muat banyak :D.


Selain itu, saya juga pakai wadah (boleh terbuka lebih baik lagi tertutup) untuk menyimpan plastik ASIP. Selain lebih rapi, juga lebih hemat tempat dalam kulkas.


Selain itu saya juga punya wadah sterilisasi yang bisa digunakan menyimpan botol atau meletakkan ASIP beku untuk dicairkan. Untuk ini saya pakai punyanya Dr Brown yang bisa dipakai berkali-kali.


2. Lakukan penyimpanan ASIP dan peralatan ASI yang benar dikulkas bawah

Dibawah freezer kulkas, itu saya buat tempat khusus untuk peralatan ASI. Dan ditempat itu tidak boleh menyimpan makanan. Makanan dibagian kulkas lainnya. Ada plastik ASIP yang sudah steril, ada pompa ASI yang ditaruh dalam wadah tertutup dan ada wadah steril buat mencairkan ASIP atau menyimpan botol. 

Saat mencairkan ASIP atau menyimpan ASIP segar, jangan pernah meletakkan didekat pintu. Pilih tempat dibagian terdalam kulkas.




3. Lakukan penyimpanan ASIP yang benar di freezer

Simpan dibagian dalam kulkas menggunakan wadah. Ini selain bikin lebih rapi juga lebih hemat tempat. Oh iya, untuk di freezer berlaku juga ditaruh ditempat tertutup untuk makanan beku ya. Soalnya biar tidak terkontaminasi antara makanan dan ASIP. 

Jangan sering buka tutup kulkas ataupun freezer, termasuk saat mati lampu juga. Tenang ASIP bisa bertahan 48 jam selama tidak buka kulkas sejak lampu mati. 




 4. Cermati masa berlaku penyimpanan ASIP

Jangan lupa untuk selalu menulis tanggal dan jam perahan disetiap ASIP. Selain mempermudah menyortir ASIP lama dan baru, ini juga akan membantu kita menghitung berapa jumlah ASIP yang dibutuhkan bayi setiap harinya. Sehingga jadi motivasi untuk mendapatkan hasil perahan ASIP lebih banyak lagi. Tapi ingat, harus rileks dan bahagia ya saat memerah ASI ^^.

Saya memberlakukan minimal 1 kali ASIP baru masuk dan 1 ASIP keluar freezer diminumkan ke bayi setiap hari. Untuk warmer atau penghangat ASIP, saya pakai punya tommeetippee. Soalnya bisa menghangatkan walau dalam keadaan beku (belum ada loh penghangat ASIP yang kek gitu xD).



Sterilizer dan warmer yang saya punya.
Tapi jatuh cinta sama yang tengah xD.


5. Percaya sama diri sendiri dan bayi kita

Kadang kalau bingung ASIP ini masih layak konsumsi atau tidak itu bisa dilihat dari mau tidaknya bayi minum ASIP ^^. Saat ASIP dicairkan dari freezer ke kulkas bawah, biasanya akan terjadi perubahan warna tapi tidak berbahaya pada bayi. Tenang saja. Yang pasti, MENYUSUILAH DENGAN KERAS KEPALA. Insyaallah bisa \m/.

Gampang kan menyimpan ASIP dikulkas 1 pintu? Tidak sulit toh? Jadi jangan buru-buru langsung upgrade kulkas , gunakan saja yang ada selama masih layak dipakai ^^. Yang penting, jangan lupa untuk memperhatikan beberapa tips diatas agar ASIP tetap layak dikonsumsi bayi ya!.

Yuk sukses mengASIhi hingga 2 tahun! ASI lancar, ibu bahagia, anak sehat \m/. Semangat busui \m/.

24 comments:

  1. Aku dulu gak nyimpen ASIP karena mikirnya SAHM itu ya bener2 stay at home aja. Kalopun keluar bayinya dibawa aja. Eh, gak taunya perlu sesekali keluar ninggalin bayi dan repoooot gak ada ASIP yang ditinggalin :'(

    ReplyDelete
  2. Kulkasku juga satu pintu Mba'.. :)
    Pesan bidan kemaren, kalau asinya lebih, disimpan aja untuk persiapan MPASI, dulu pas kakaknya saya juga agak bingung pas mau nambahin susu sama pas lagi ditinggal bentar. Makasih sharingnya Mba', sehat selalu ya sekeluarga, Aamiin.. :)

    ReplyDelete
  3. Iya ya mbk, kalau nyimpennya pakek plastik, pasti size penyimpanannya kbh bnyk ya mbk, gk kebingungan nyari tempat lagi meskipun dg kondisi kulkas yg gk besar,
    Temgkiu sharenya, cateeettt

    ReplyDelete
  4. Wah, keren ini, saya calon ayah lagi baca-baca ginia :D hehe, istri juga kerja soalnya

    ReplyDelete
  5. makasih mbak tipsnya, natar bisa dipraktekin...

    ReplyDelete
  6. Rumahmu apik mbak, bersiiiih. Wah, jadi inget dulu pas ngASIP juga cuma pake kulkas satu pintu. Btw, alat tempur ngASIPnya lengkap bangeet tuh.

    ReplyDelete
  7. wihh lengkap banget infonya Cha.., coba dulu pas anak2 masih bayik aku udah banyak tahu soal gini2an yah :)

    ReplyDelete
  8. Informasinya sangat bagus mbak, memang sekarang banyak kan yang memerah asi biar mudah diminumkan sama dedek bayi, jadi meski kita kerja dedek kebutuhan si dedek tetap terpenuhi.. makasihh ehehe

    ReplyDelete
  9. kenapa harus menyusuilah dengan keras kepala? sering baca tapi nggak paham maksudnya.btw kulkasnya cantik

    ReplyDelete
  10. Lengkap... Aku dulu suka lupa ngadih tanggal �� Lucuuu kulkasnyaaa

    ReplyDelete
  11. Wah aku baru tahuu walau tanpa listrik asi bisa bertahan di kulkas asal jangan dibuka.
    Ilmu yang harus diteriskan ke semua ibu2 di tempatku. Di sn sering banget mati lampu

    ReplyDelete
  12. ASI ku dulu gak bisa diperah Cha... jadi gak pernah ngerasain punya stok ASI di kulkas :(

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah dulu aku juga simpan ASIp di kulkas satu pintu mba :)

    ReplyDelete
  14. harus benear-bener disiplin dan rapi ya Cha nyimpennya

    ReplyDelete
  15. Wah para ibu ibu harus tau ini, buat pembelajaran, hehe :D terutama untuk yang berkarir :) biar gizi anak ga ketinggalan

    ReplyDelete
  16. Mbak sya sebelumnya nyimpen asip d kulkas khusus freezer drmh org tua.trs stelah cuti melahirkan sya plg krmh sya dan cuma pnya kulkas yg 1 pintu.tp stok asip sya udh lbh dr 2 minggu krn pindahan dr kulkas yg khusus freezer msk k kulkas 1 pintu.jd itungannya gmn mbak msh layak diminum ga krn sudah lbh dr 2 minggu.tp klo pindah d freezer 1 pintu bru 1 minggu..mhon infonya ya mbak

    ReplyDelete
  17. Mbak sya mau nanya ttg data tahan asip.sya nyimpen asip dkulkas khusus freezer udh hampir sebulan drmh org tua sya.setelah sya selesai cuti sya kmbali krumah sya yg hnya pnya freezer 1 pintu.apakah asip sya msh layak d konsumsi krn sudah pindah k freezer 1 pintu.sdgkan kalau dhitung daya tahan asip 1 pintu hnya 2 minggu. Baru skitar 1 minggu pindah k freezer 1 pintunya mbak.mhon infonya ya mbak

    ReplyDelete
  18. cobain ke bayi mba...sayang soale huhuhu. Bayi itu perasa paling alami ASI kita ^^ kalau sudah gak enak biasanya bayi nolak. Tapi kalau bisa disegerakan dihabiskan yang kemarin di pintu 1 freezer

    ReplyDelete
  19. salam kenal. saya newbie dalam dunia per ASI an. tulisan mba sangat membantu sy yg sedang nyari referensi cara simpan stok Asip di kulkas 1 pintu.. apa ada komunitas / grup tentang asi ? sy sangat ingin belajar biar bisa lulus ASix min 6 bln . Klo bisa sampai 2tahun

    ReplyDelete
  20. jadi semangat Pumping meski adanya cm kulkas 1 pintuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak mba
      mama bahagia susunya banyak, grup aimi asi, eping (exclusive pumping) dan grup2 support lain
      masuk ke forum yang membahas asi juga bisa seperti di the urban mama,mommies daily
      insyaalah bisa asal 1 tetap percaya asi kita cukup untuk anak sampai 2 tahun
      semangat ya mbak

      Delete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^