6 Hal Penambah Pahala di Bulan Ramadan


6 Hal Penambah Pahala di Bulan Ramadan. Hari ini adalah hari pertama kita berpuasa dibulan Ramadan. Alhamdulillah ya, kita bisa bertemu lagi dengan bulan penuh rahmat ini. Tahun ini adalah tahun pertama saya berniat menjalankan ibadah puasa sebulan penuh. Perkara nanti bagaimana kedepannya, Bismillah saja kan? Yang penting niatnya dulu :D.



Karena kebetulan bulan ini adalah bulan yang tepat untuk menambah pahala, tidak ada salahnya kita berbuat banyak kebaikan kan? Kebaikan itu bukan hanya buat diri sendiri, tapi juga buat orang dan makhluk alam. Kan melakukan kebaikan untuk mendapat pahalanya toh?

Bahkan hal kecil saja bisa membawa banyak kebaikan buat semua ^^. Contohnya saja menyingkirkan paku yang ada di tengah jalan. Orang lain selamat dan kita mendapat pahala dari kebaikan yang sudah dilakukan.

Btw, dibulan Ramadan ini ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menambah pahala. Apa saja sih? Ini dia 6 hal penambah pahala di bulan Ramadan ala keluarga saya.

 1. Menjalankan puasa dengan mengkonsumsi makanan bergizi pada saat sahur dan berbuka


Ini termasuk mengkonsumsi air sesuai kebutuhan tubuh selama waktu buka puasa sampai sahur. Mengurangi karbohidrat dengan memperbanyak protein, vitamin dan mineral akan membuat tubuh kita tetap sehat beraktifitas walau puasa seharian ^^.

Kalau yang ibu hamil menyusui bagaimana? Boleh loh ditambah susu kurma yang lagi hits diobrolin sama ibu-ibu di grup ASI. Resepnya cuma pakai kurma dan susu saja. Kita rendam 6-8 kurma di air selama 7 jam, lalu siapkan susu segar. Air rendaman kurma (nabeez) itu dicampur dengan susu segar lalu blender. Siap dikonsumsi.

Untuk susu pakai yang bukan SKM atau bubuk ya, tapi susu segar. Kalau mau yang benar-benar segar saat dikonsumsi, bisa cari di tempat yang jual susu sapi murni. Tapi kalau tidak ada susu UHT juga bisa ^^.

2. Lebih mengenal diri sendiri 
dengan cara bersyukur


 
Katanya sih ya, jika orang semakin belajar mengenal dirinya maka dia akan semakin banyak bersyukur dan semakin mencintai Allah-nya. Karena ternyata banyak hal yang tidak kita syukuri. Semua terlihat kurang di depan kita, pokoknya rumput tetangga lebih hijau. Padahal itu sebaik-baiknya rejeki yang diberikan Allah pada kita.

Huhuhu, saya banget ini huhuhu. Saat lagi rempong di rumah, urus anak. Yang satu minta ini, yang satu minta itu. Haduhhh...rasanya kepala mau pecah. Padahal kalau saya bisa belajar mengenal diri pasti akan selalu mengucap syukur karena ada bocah-bocah yang sehari-hari 'ngeriwu'i" ae :").


 3. Menyayangi lingkungan sekitar


Salah satu kebaikan yang bisa kita lakukan adalah menyayangi lingkungan sekitar. Mulai dari rajin membuang sampah pada tempatnya, menyiram tanaman, memberi makan hewan dengan baik, menjaga kebersihan sampai memotong pohon yang daunnya bisa mengotori halaman tetangga. Semua kebaikan itu akan mendatangkan pahala.

Kalau saya, selalu memberi contoh memberi makan kucing-kucing dan street feeding pada anak-anak. Biar mereka selalu ingat, sebelum keluar rumah bawa bungkusan dry food untuk diberikan pada kucing yang terlihat di jalan. Simpel tapi ngena dan asyik dilakukan karena kebiasaan ^^.

 4. Olahraga teratur
 

Puasa males olahraga? Jangan dong! Yang ada makin lemas dan kita jadi tidak semangat. Jangan takut kelaperan kalau olahraga pas puasa. Ya olahraganya jangan yang susah-susahlah. Cukup menggerakkan badan semampunya biar lemak-lemak menghilang.

Olahraga ini adalah satu-satunya sehat yang kadang cuma niat saja biasanya, ngelakuinnya entah kapan (tarsok kalau kata urang Sunda). Buktinya saya sendiri --", dari jaman 4 tahun lalu badan bukannya nambah kurusan malah tambah mekar kayak disiram pakai pupuk urea :v.

Loh, olahraga bisa dapat pahala? Bisa dong. Kan buat diri sendiri juga, badan jadi sehat dan kita jadi bersyukur. Belum nanti pas jogging setelah subuhan, yang lagi jomblo tiba-tiba ketemu jodoh. Nah loh! Bisa saja kan *LOL.

5. Silaturahmi dengan orang lain
 

Silaturahmi ini tidak harus ketemu loh, bisa juga lewat telepon atau internet. Banyak kan media menyambung tali silaturahmi ^^, ada WA, BBM, telegram dll. Mau yang konvensional ala surat-suratan juga bisa ^^. Tinggal pilih saja yang paling gampang.

Kalau sama tetangga, berangkat bareng tarawih itu juga termasuk silaturahmi. Ada bukber? Ikutan saja, lumayan kan bisa refreshing dengan teman-teman. Bahkan ada loh yang punya jadwal bukber dari hari pertama berbuka puasa sampai malam takbiran saking banyaknya temennya :p.

6. Banyakin ibadah di bulan Ramadan
Namanya juga bulan Ramadan, bulan penuh pahala, bulan penuh berkah, tidak ada salahnya nambah banyak pahala kan. Yang tadinya 1 juz sebulan, pas bulan Ramadan 1 juz cuma sehari. Khatam berkali-kali di bulan Ramadan. 

Yang tadinya salat malas-malasan, sekarang nambah pakai salat tarawih dan witir. Yang tadinya malaes banget bayar tukang parkir di minimarket, sekarang disisihin duit gocengan buat kang parkir dadakan digoreng enakkk.

Tulisan ini serius tapi santai *halah. Yang penting, jangan lupa setiap bulan Ramadan perbanyak kebaikan insyaAllah banyak mendapat pahala.

Mohon maaf lahir batin, kalau ada tulisan yang kurang berkenan, gak bales komen bahkan gak BW balik. Buat semua pembaca blog saya, terima kasih sudah membaca tulisan dengan foto-foto anak-anak saya. Semoga bermanfaat dan selamat mempraktekan ya ^^.

Selamat menjalankan ibadah puasa. Semoga ibadah kita diterima Allah di bulan Ramadan, bulan penuh kebaikan dan keberkahan. Met puasa, gaes! Siap-siap lebaran ditanya mana calonnya ya :*. Muahhh.

10 comments:

  1. Si adek lucu banget sih, posenya banyak bgt. Iyes mbak Echa mensyukuri diri sendiri itu kunci bahagia cuma kadang kok susah dijalani, tetep semangat yaaa semoga puasa mbak Echa lancar sampe lebaran nanti.

    ReplyDelete
  2. fotonya lucu lucu *salah fokus* :D

    ReplyDelete
  3. Banyak bersyukur itu penting banget ya mak, dengan bersyukur semua akan dimudahkan.

    ReplyDelete
  4. Duuh lucu banget sih pose olahraganya. Ajarin tante dong. Hehehhee
    Nih paling sering silaturahmi mba, ngobrol ngalur ngdul tapi tanpa ghibah ya. Hihii
    Makasih sudah mengingatkan mba

    ReplyDelete
  5. Salah fokus sama posisi Raffa lagi olah raga 😍

    ReplyDelete
  6. gagal fokus ngeliatin fotonya adek Rafi olahraga ha.. ha.. lucu banget
    selamat menjalankan ibadah puasa ya Echa

    ReplyDelete
  7. Maaf lahir batin juga ya Mbak.. Raffa Raffi lucu amat itu di foto uh gemezzz

    ReplyDelete
  8. itu raffi sama raffa lucuuuu amaat mba.. GMZ

    ReplyDelete
  9. Dedek Rafii lucu banget, apalagi foto yang terakhir...

    ReplyDelete
  10. lihat fotonya anak mbak yang paling kecil bikin gemes. Tingkahnya lucu bgt

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^