Dukungan Cinta Untuk Ibu Hamil dan Menyusui


Dalam acara pekan ASI sedunia tahun ini, pada tanggal 1 Agustus 2017 saya datang menghadiri acara #CelebrateTheExtraordinary yang dilaksanakan di Hotel Raffles, Jakarta. Acara ini diselenggarakan oleh Fonterra Brands Indonesia dan Anmum. Saya datang karena tertarik tema yang diangkat, yaitu tentang support system selama hamil dan menyusui.


Tahu sendirilah ya, kalau yang namanya ibu hamil dan menyusui itu emosi mood naik turun. Yang kalau dibiarkan malah akan berbahaya karena bisa berakibat fatal bagi ibu, bayi dan janin dalam kehamilan. Saya sendiri sangat merasakan perbedaan emosi yang kadang tiba-tiba naik (ingin marah, mencak-mencak) dan juga emosi yang tiba-tiba down (nangis tidak tahu sebabnya dll). Yang pastinya bikin si Papih kadang bingung menghadapi saya hehehe.



Tapi saya tidak sendiri, ada banyak sekali ibu-ibu sekitar kita yang ternyata butuh dukungan dalam menjalani motherhood. Makanya, saya ikutan grup Birth Club, ibu mengASI dan babywearing. Karena dalam support grup bisa membuat kita nyaman dan saling menguatkan, salah satunya dalam mengASIhi anak kita. Walau pada kenyataannya saya tidak banyak masalah dengan tipikal menyusui yang biasa dijalani, tapi tetap sharing dan berbagi dalam suatu support system itu diperlukan. Iya, untuk menguatkan kalau kita tidak sendiri ternyata.


 
 
Kembali ke acara Celebrate The Extraordinary, saat pertama kali sampai di lokasi semua nuansa lilac warnanya. Mulai dari bunga, dekorasi sampai ke dresscode-nya juga ber-lilac ria. Di acara ini karena Ibu diperbolehkan membawa anak, maka disiapkan ruang untuk menyusui dan playground kecil agar anak-anak tetap senang. Sayangnya saya kebetulan tidak mengajak anak-anak. Si Papih bilang tidak apa-apa saya pergi sendiri ber-me time ria di acara bersama teman-teman blogger lainnya.


MasyaAllah apik ya
 Cemilan lucu di dessert table

 Playground 


  Nursing room, cantik yaaaa

Acara dimulai sekitar jam setengah dua siang, dimana blogger dipersilahkan untuk santap siang terlebih dahulu. Kami juga disuguhi makanan yang enak dan cantik sekali, sampai yang mau makan sayang :v.

Kampanye Celebrate The Extraordinary sendiri sebenarnya lanjutan dari studi Anmum yang membuahkan hasil bahwa di dalam masa kehamilan dan menyusui, seorang Ibu itu sangat membutuhkan perhatian dan pengetahuan tepat saat menjalaninya. Ibu hamil dan menyusui juga wajib proaktif untuk kesehatan tumbuh kembang bayi atau janinnya.

Dalam melakukan peran yang sangat luar biasa ini, Anmum memberikan dukungan terbaik untuk para Ibu agar lebih bahagia menjalaninya. Salah satunya dengan cara menyediakan nutrisi terbaik yang bisa dikonsumsi oleh para Ibu hamil dan menyusui. Demikian dijelaskan Rohini Behl selaku Marketing Technical Advisor dalam sambutannya.


Bapak Dr dr. Ali Sungkr SpOG(K) sebagai nara sumber di acara ini mengungkapkan fakta bahwa banyak sekali hal bisa membuat seorang Ibu hamil dan menyusui tidak nyaman. Karena itulah dukungan penuh dari orang sekitar itu penting.


Baca jangan katakan ini pada Ibu hamil  

Dukungan itu bisa berupa asupan nutrisi terbaik yang dikonsumsi Ibu hamil dan menyusui. Atau bisa juga dukungan moril untuk mensupport Ibu hamil dan menyusui saat mereka memang sangat butuh dukungan kita. Karena bagaimanapun kita tidak bisa tinggal diam, kan?

Apalagi di 1000 hari pertama kehidupan anak yang dimulai dari masa kehamilan hingga menyusui sampai 2 tahun, dukungan nutrisi, cinta dan moril sangat dibutuhkan seorang Ibu. Jangan sampai kita melupakan hal-hal penting yang harus dilakukan untuk Ibu hamil dan menyusui.


Contoh kecilnya saja saya sendiri. Di masa-masa setelah melahirkan itu sangat berat buat saya. Mana saya harus mengurus bayi, harus bisa istirahat dengan tetap memperhatikan kakaknya. Tapi untunglah saya punya Papih yang sangat mencintai saya. Papih tidak segan-segan menggantikan saya menjaga anak agar saya bisa istirahat atau me time sejenak di salon. Walau cuma hal kecil seperti itu buat saya sangat spesial perhatiannya. Yang setelah itu biasanya saya jadi lebih rileks dan ASI jadi tambah banyak. 

 Aneh tapi nyata.

Baca juga "Suami wajib lakukan ini setelah istri melahirkan"

Kemudian acara berlanjut ke sesi talkshow. Disini Ibu Andriani Ganeswari dari Fonterra Brands Indonesia saking ingin menguak pentingnya dukungan ini,  menyelenggarakan studi "Tantangan yang Dialami Ibu Hamil dan Menyusui di Indonesia pada tahun 2017". Dan hasilnya banyak ibu hamil dan menyusui yang kadang merasa tidak enak bilang keinginan mereka pada orang-orang terdekatnya. 

Kemarin juga diputar video yang bercerita tentang kehidupan sehari-hari sebagai seorang Ibu dan tidak jarang dia lupa mengatakan pada suami keinginannya. Padahal sebenarnya kalau Ibu mau terbuka pasti orang terdekat termasuk suami bisa mengerti apa yang Ibu inginkan selama masa hamil dan menyusuinya.




Dalam talkshow ini hadir juga public figure mama papa pejuang ASI untuk bayi kembarnya, yaitu Cynthia Lamunsu dan Surya Saputra. Mereka bercerita serunya memberikan ASI pada bayi kembarnya. Masih teringat jelas, mama Cynthia sampai naik ojek untuk mengantarkan ASIP ke rumah sakit demi bayi-bayi mereka bisa minum ASI walau lama di NICU. Dan sekarang alhamdulillah, bayinya sehat semua :"). Luar biasa.

Yang lucu, saat Surya Saputra bercerita tentang kegigihan istrinya dalam memberikan ASI, beliau terlihat antusias menceritakan pengalaman menyusuinya. Yang pasti beliau sadar sebagai seorang suami wajib untuk mendukung istrinya, apalagi saat hamil dan menyusui.


 

Hadir juga salah satu pejuang ASI, Ibu Maria, dimana dia berhasil mendonorkan ASInya pada bayi dan ibu yang membutuhkan. Ibu Maria sendiri selalu menjaga asupan nutrisinya selama hamil dan menyusui, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi susu hamil dan menyusui. Tidak heran sih ya dia bisa mengASIhi bayinya sampai bisa donor ASI segala ya :O.

Mbak Ines Yumahana Gulardi MSc, Senior Nutrition Manager Fonterra Brand Indonesia bilang kalau ibu hamil menyusui perlu asupan nutrisi lebih dibandingkan yang tidak hamil menyusui. Sebagai bentuk dukungannya, Anmum menyediakan nutrisi terbaik dimulai dari tahap awal proses pembentukan janin, dalam masa kehamilan hingga masa menyusui. Karena bagaimanapun, nutrisi Ibu penting dijaga demi tumbuh kembang pesat bayinya.

 Pemberian penghargaan untuk para pejuang ASI

Untuk itu, Anmum menyediakan Anmum Materna yang memiliki kandungan nutrisi makro dan mikro dengan Gangliosida dan DHA yang sangat penting untuk bayi. Dan sekarang sudah hadir rasa baru dari Anmum Materna Chocolate yang sangat enak. Terbukti dari 8 dari 10 wanita hamil suka banget rasanya.

Ini penting ini buat ibu hamil yang kadang suka mengeluh eneg kalau minum susu hamil. Biasanya sih, susu hamil itu rasanya bikin pusing dan mual ibu hamil. Tapi cobain Anmum deh, apalagi yang rasa barunya. Coklatnya terasa banget sampai teman saya bilang seperti es krim. 

Saat saya minum sih enak rasanya. Cuma ya itu bikin susunya memang harus kental sesuai takaran. Kalau saya biasanya sedikit encer demi pengiritan :v. Etapi ternyata salah ya :v *getok kepala.

Selain itu, Anmum juga menyediakan Anmum Lacta yang juga memiliki Gangliosida dan DHA yang sangat penting untuk kecerdasan otak bayi. Pasti pengen kan anak kita nantinya jadi pintar? Selain stimulasi, nutrisi juga tidak pernah kalah penting kan? Dengan memperbanyak asupan DHA, maka jumlah DHA yang ada di ASI akan lebih banyak diminum bayi.
Tapi iya juga sih, saat hamil dan menyusui ini saya juga mengkonsumsi susu hamil walau jarang minumnya. Produknya juga suka ganti-ganti karena ingin nyobain. Cuma yang pasti, rasa susu Anmum materna ini pualing enak menurut saya. Sedangkan untuk menyusui, saya lebih makan makanan yang disukai dan lebih ke sayuran. Tapi sesekali untuk minum susu menyusui juga tidak salah kan?

Namanya juga kita mencari solusi demi bisa lancar mengASIhi anak ^^. Yang penting nutrisi terpenuhi, ASI lancar, anak senang dan Ibu bahagia. Bukankah itu yang paling penting?

Oh iya ini sekedar tips. Kalau misalnya kita salah beli harusnya susu menyusui (lacta) tapi kita belinya materna kehamilan, itu tidak apa loh. Kandungannya kan sama saja ada Gangliosida dan DHA juga walau jumlahnya berbeda^^.


 
 8 dari 10 orang Ibu bilang, susu Anmum Materna ini enak 
Termasuk saya juga bilang gitu, "Enak loh!"
  
 Minum Anmum dulu agar nutrisi terpenuhi

Berkat acara ini, saya jadi makin sayang sama support system yang mengelilingi saya selama ini. Terutama dukungan si Papih yang sangat besar saat saya hamil hingga menyusui sekarang. Yup, baik dukungan moril maupun dukungan asupan nutrisi yang baik akan membuat ibu hamil dan menyusui sehat. Begitupun bayinya, karena asupannya bergizi tinggi demi mencetak generasi cerdas masa depan.



Sudah siap untuk memberikan dukungan cinta pada ibu hamil dan menyusui. Penuhi asupan dengan nutrisi terbaik dan berikan afirmasi positif untuk dukungan morilnya. 

Saya sudah berhasil memberikan ASI sampai 2 tahun pada Raffi. Dan sekarang saya akan terus berusaha dengan keras kepala menyusui Raffa sampai 2 tahun. Tentunya saya butuh Anmum yang rasanya enak dan punya kandungan DHA plus gangliosida. 

8 dari 10 orang sudah mencoba Anmum dan bilang rasanya enak, termasuk saya. Dukungan cinta akan terus ada demi buah hati tercinta. Saya sudah nyoba, kamu?


21 comments:

  1. Semangat menjadi ibu ASI yaaa, mak. Sukaaaa banget sama acarannya...

    ReplyDelete
  2. Berasa ya mba perjuangan ibu itu tiada hentinya... Apalagi soal perjuangan asi

    ReplyDelete
  3. Fotoku yg bareng surya dan cynthia manaaa. Huhuuu

    ReplyDelete
  4. Anmum itu memang rasanya asyik gak seperti susu hamil lainnya.
    Ilmunya sarat banget kemarin. Pembagian sharingnya beragam. Rezeki banget bisa hadir :)

    ReplyDelete
  5. dukungan suami memang luar biasa berpengaruh pd mood kita ya mbak, jd semangat ngAsi

    ReplyDelete
  6. Iyaaa... Rasanya enak ya Anmum ini. Dan bner bgt, kmrn itu kue2nya cantik2 smp sayang mo dmakan. Haha..

    ReplyDelete
  7. Aku itu orang yang antisusu, jarak dekat aja udah mual cium baunya tapi Anmum ini lain. Rasanya kek coklat, kemaren aku malah minum sampai habis. Di rumah juga bikin mulu mumpung sekalian lagi program hamil, hihihi.

    ReplyDelete
  8. Saya jarang minum susu. Tapi begitu coba anmum koq langsung suka dan ga terasa seperti susu. Aku suka tema warna acara kemarin. Berasa spesial gitu yah.

    ReplyDelete
  9. Anmum ngerti banget ya kebutuhan nutrisi ibu hamil & menyusui.

    ReplyDelete
  10. Acaranya kece banget!Sampai ada breastfeeding corner sm playground.. Anmum paling ngerti bumil dan busui deh.. :*

    ReplyDelete
  11. Semoga banyak para suami diluar sana yang paham banget mood istri yang sedang hamil dan menyusui, juga selalu mensupport istri seperti Surya yaa..

    ReplyDelete
  12. Aku donk sudah nyobain dan memang rasanya enak banget.

    ReplyDelete
  13. Wkwkwkw itu gaya Surya Saputra lagi apa tuh. Aku suka Anmum. Enak rasa cokelateee.

    ReplyDelete
  14. Maaak, aku mau foto barengan klo bawa bocil susah hinggap.. hihi
    Ada foto daku.. mau yaaa save..
    Bahagia klo bisa bawa anak hihiiii

    ReplyDelete
  15. Mood ibu hamil dan menyusui mudah berubah. Dukungan dari suami, keluarga, dan lingkungan pastinya dibutuhkan banget

    ReplyDelete
  16. baru ini gw dtg acara padet sarat informasi, salut buat anmum. susu anmum ini enak ga eneg mirip ice cream

    ReplyDelete
  17. Ga enaknya itu saat sesudah melahirkan, dimana tetangga (sepuh) ada saja yang ikut campur soal kebutuhan anak dalam hal ASI. Banyak banget mitos yg harus diikuti wkkwkwkw. Untung sih saya punya pendirian sendiri sesuai apa yg para ahli bilang kemarin.

    ReplyDelete
  18. ruang menyusuinya cantikk banget mba..

    ReplyDelete
  19. aakhh.. makasih mamak echa imut tenan yang baik hatiiii.... eventnya keren banget.. dan aku sukak sama rasa Anmumnya. yaaaa semoga ya program dedeknya hana cepat teralisasi XP

    ReplyDelete
  20. Mba Echa aku suka banget rasa Anmum wlpn ga hamil hehehe... biar sehat. :)

    ReplyDelete
  21. Acaranya bagus banget ya mba, Anmum sangat mengerti kebutuhan ibu hamil dan menyusui :)

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^