Ultah Raffi ke-4 : DIY Superman Birthday Party

25 komentar
DIY Superman Birthday Party

Ultah Raffi ke-4 : DIY Superman Birthday Party. Yuhuuuu, Raffi sekarang umurnya sudah 4 tahun \m/. Sekarang sudah masuk TK A (Kindy A). Seperti tahun sebelumnya, saya merayakan ulang tahun Raffi kembali. Rajin amat ngerayain ultah anak? Yaaa, namanya salah satu cara saya dan suami bersyukur ya dengan ngerayain ultah anak. Walau kecil-kecilan, yang penting anak senang^^. Setahun sekali ini, disempetin sajalah. Hehehehe. Biar nanti kalau udah gede dan misal saya gak ada lagi buat nemenin anak-anak, paling tidak anak-anak tahu saya cinta banget sama mereka :*.



Baca juga DIY Ultah Raffi sebelumnya :

Pernah saya ditanyain sama orang, ngapain ngultahin terus? Terus saya jawab, biar kalau lagi kesel gitu saya bisa lihat-lihat apa yang pernah dibikin dengan cinta buat Raffi biar bisa adem kembali. Trus orang itu ketawa dan bilang pasti sering marahin Raffi ya? Saya cuma diem sambil tertawa, padahal nyesek seh digituin secara saya ga pernah rese ngedikte anak orang lain hehehe :"). Tapi ya sudah, parenting orang kan beda-beda termasuk cara mengasihi juga beda-beda. My child is my own rules *bener ga nulisnya xD. Dan saya suka melakukan DIY ini buat Raffi dengan penuuuuuh cinta :*.



Persiapan

Tema

Seperti tahun-tahun sebelumnya, saya menentukan tema apa buat ulang tahun Raffi kali ini. Karena sekarang demen-demennya jadi pahlawan super, jadilah temanya Superman. Secara dia seneng banget pakai kacamata dan jibah terbang super \m/. Kemana-mana dipakai, jadi saya lebih gampang tahu apa maunya Raffi. Mungkin juga karena sekarang sudah gede kali ya :v.
 
Yang lucu, pas lagi asyik-asyik bikin superman tiba-tiba Raffi bilang pengen jadi Batman *tepok jidat. Langsung liat grafis ama printable yang udah dibikin. Matek dah kalau ganti tema wkwkkw. Untungnya, Raffi berubah lagi pengen jadi Superman. So, dah final nih tema Superman yang jadi tema ultah Raffi yang ke-4.

Karena temanya Superman, berarti warna dominan di acara merah, kuning dan biru.

Printable

Tentunya tema gak jauh-jauh dari simbol-simbol yang terkait tema ulang tahun. Karena gambar Superman rata-rata yang rada dewasa gitu (if you know what i meant), akhirnya saya memilih Superman Chibi. Biar lucu saja secara teman-temannya masih anak-anak TK.

Setelah browsing, akhirnya nemu karakter Superman chibi yang saya maui. Terus saya juga cari simbol superman, tag superheroes plus font yang rada komik sikit biar pas sama tema Superman.



Terus saya edit foto anak kecil yang pakai baju superman. Maaf ya adek kecil badannya diubah dulu pakai kepala Raffi :v :v. Dan taraaaaaaaa jadilah foto Raffi berpakaian Superman ala-ala Clark Kent \m/. Semua saya edit pakai photoscape, paint dan photoshop (buat bikin gambar PNG).


Semua printable ini saya buat dengan berbagai macam ukuran. Mulai yang gede sampai yang kecil dalam jumlah banyak. Nanti tinggal digunakan seperlunya, seperti untuk toppers kue, toppers kue ultah, toppers tempat puding, label susu, name tag makanan, pritilan gudibek, background, hiasan meja dll.

Saya print semua sendiri di rumah sambil disambi ngurus rumah. Dan well, semua saya sempatin di malam hari bikinnya :D. Secara ampun dah ya kalau bikin pas anak-anak masih on, digangguin terussssss xD. Apalagi si Raffi yang pengen banget liat  apa yang emaknya lagi kerjain *LOL.

Undangan

Untuk undangan, saya print di kertas A4 100gr (lebih tebelan). Backgroundnya ambil di internet yang free (BAHAHAHA) lalu diinsert gambar-gambar simbol Superman. Tiap undangan diberi nama untuk siapanya biar kebagian semua (padahal sambil ngitung jumlah anak seh :v).

Goodie Bag

Karena kebetulan budgetnya terbatas, mau tidak mau harus cari cara gimana ngasih gudibek yang diinget anak-anak TK. Pas lagi mikir, tiba-tiba lihat Raffi lagi ngerjain activity book gitu. Ya sudah, akhirnya bikin activity book Superman yang emang sekarang anak TK lagi demen-demennya ngerjain aktivitas kek di sekolah gitu.


Activity booknya pakai background komik juga yang free di internet dan dalamnya berkreasi sedikit seperti contoh activity book biasanya. Terus saya tambahkan stiker buat nempel-nempel. Untuk yang cewek saya tambahin bongkar pasang hehehehe.


Sebelumnya saya coba dulu semua ke Raffi, kira-kira dia bisa nggak ya. Dan VOILA, Raffi bisa dan suka ngerjain bukunya. Berarti anak-anak TK lain juga pasti suka ngerjainnya. Total ada 8 halaman activity book -nya  (2 lembar bolak balik kertas A4 80gram) plus cover pakai kertas buffalo.

Untuk tempat goodie bag, saya nggak lagi pesan tas spunbound kayak ulang tahun sebelumnya. Soalnya gak kepake hehehehehe, apalagi ada nama 'Ultah si A' dijamin gak akan dipake xD. Makanya kali ini saya beli tas spunbound yang polos dan murah meriah.

Apa saja isi tas goodie bag ultah Raffi?
1. Tas spunbound polos. Ada 2 warna, biru untuk lanang dan merah untuk wedok. Ini buat ngebedain activity book yang ada bongkar pasang khusus anak cewek.
2. Activity book Superman
3. Pensil warna yang saya bungkus kertas krep biru dan merah
4. Pulpen Superman (sumpah luccccccccccuuu bangeeeeet)
5. Mainan topeng dan plembungan jadul yang ditiup 
6. Chupacups superman, top, nabati, choyo coklat jadul, yosan, momogi, mi gemez jadul, susu ultra, puding nutrijel mangga
7. Balon pentung superman (dibaliknya gambar batman :v). Tapi ini anak-anak suka banget lohhhhh ada balon satu-satu gitu

Untuk makan siang, saya pesan ayam kentaky gitu sama nasi putih dibungkus pakai plastik biru polkadot.





Dekorasi

Dan yang terpenting adalah dekorasi dalam sebuah acara ulang tahun (atau acara apa saja sih tepatnya). Setelah melihat banyaaaaak banget inspirasi dekorasi ulang tahun Superman, saya akhirnya bikin yang kira-kira bisa dibikin xD.

Untuk backdrop, saya pinjem tirai foil punya orang tua murid yang kemarin ulang tahun juga di sekolah. Tadinya mau pakai kain merah, cuma terdesak waktu ya weslah pakai yang ada saja :V. Makasih banyak ya mbak dah minjemin backdrop. Nanti tinggal dihias balon ulang tahun dan printable gede Superman saja.

Untuk hiasan gedung di depan meja, saya pakai kardus ukuran macem-macem. Lalu dibungkus kertas minyak merah, biru, kuning juga putih dan ditempel kertas karton warna hitam seperti jendela. Dan ketika dijejer ihhh keceee bentuknya kayak gedung-gedung gitu. Tadinya juga di meja mau saya kasih kain hitam buat penutup, cuma karena memang ga sempet sama sekali beli kali ya wes babay. Kali ini gak dipakein apa-apa. Cara buat nutupin meja ya pakai printable tempel-tempel saja dengan ukuran macem-macem biar ramai sampai gaduh.

Terus saya juga bikin Superman ukuran gede dari kardus bekas. Tinggal ditempelin pakai kertas A4 biasanya yang warna ngikutin gambar superman chibi. Gak terlalu mirip sih, tapi bikin orang terkesima xD.


Meja Anak

Di setiap meja anak, saya kasih kertas warna A4 yang sudah ditempelin logo Superman sebagai tatakan piring. Lalu topeng, piring kue, sendok yang sudah dibungkus tisu kuning logo Superman juga. Terus juga dikasih gudibeknya langsung di kursi anak, jadi ketahuan yang mana yang cowok yang mana yang cewek. 

Tahu nggak? Ide ngasih balon di gudibek diawal acara itu ternyata bikin anak-anak senang lohhh. Good idea dan silahkan dicoba ^^.



Dessert Table

Yang pasti saya bikin printable toppers untuk kue dan puding, name tag makanan, label untuk susu dan printable simbol-simbol untuk peramai meja saja. Sepengalaman saya, semakin banyak di meja dengan berbagai aksen simbol ultah, maka akan bikin tambah bagus. Asal senada dan sesuai seh yaaaa.
Pinggir meja saya hias balon bintang kecil dan printable yang ditaruh pakai kotak pensil dihias kertas krep saja. Menuh-menuhin meja saja pokoknya mah ya. 


Kue ulang tahun ada 2. Dari awal, saya memang tidak berencana untuk masak-masak :v, tapi kadang pengen :v. Jadi kue tar satu itu sebenarnya gagal bentuknya ga beraturan wkwkwk. Cuma dihias pakai printable gitu doang. Si papih akhirnya beli kue ultah di Bread Talk dan saya hias pakai toppers simbol superman juga. Pas hari H, si Papih nyuruh satu aja yang bagus dibawa :v. Tapi kan sayang kalau gak dimakan, akhirnya saya bawa dua-duanya:v.


Untuk di tier cupcake, saya beli donat JCO yang mini 2 kotak (48 biji) dan dihias printable toppers juga. Cucok kok. Ga usah cupcake-an :v, murah meriah dan yang pasti anak-anak suka. That's it!


Terus saya bikin tempat permen cupacup dari kotak bekas dihias kertas krep plus printable. Tiap permen saya kasih jubah Superman wkwkwkw. Jadi namanya permen berjubah :v :V #halah.



Untuk puding dan susu, saya tempel printable logo Superman saja dah. Tadinya mau bikin susu sendiri pakai s26 tahap 1 . Tapi kok susah kayaknya ya, ribet aja gitu. Padahal sudah beli sedotan lucu-lucu wkwkw. 




Hari H #UltahRaffi

Semua saya bawa pakai kardus dah dirapi-rapiin tinggal angkut. Balon-balon dibungkus pakai plastik gede beberapa biji. Alhasil dua mobil untuk bawa ke sekolah. Pertama bawa perlengkapan barang sambil Raffi berangkat sekolah. Mobil satunya bawa makanan dan kue-kuean. Secara kan saya memang pesan ayam kentaky gitu.


Sampai sekolah, alhamdulillah ibu-ibu kelas TK A sudah stand by bantuin :*. Makasih banyak ya buibu :*. Saya masih ingat, tahun lalu saya pas sibuk mau dekor ultah ibu-ibunya pada ngeliatin. Secara memang pertama kali sekolah kan jadi pada baru kenal heheheh. Kalau sekarang, alhamdulillah tanpa diminta ibu-ibunya sudah menawarkan diri untuk bantuin. Sekali lagi makasih banyak yaaa mama-mama cetar tersayang :*.

Jam setengah 12 siang, saya dan ibu-ibu TK A diperbolehkan naik buat ngedekor. Karena sudah saya kasih sketsa dekorasinya, ya cepat aja masang pritilan mulai dari gudibek, dessert table, backdrop, kardun gedung tinggi, dan meja anak. Set set set gitu dah.


Jam 12, anak-anak TK A yang tadinya di kelas sebelah di perbolehkan masuk ke ruangan. Dan tahu nggak ekspresi mereka? Senenggg pakai bangetttttttttt ternyataaaaa <3 .="" span=""> Mereka ga sabar ngeliatin itu apaan di meja, di gudibek atau makanan yang ada di dessert table. Sambil tertib duduk satu-satu, mereka mainan balon pentungnya. Sumpah dehhh! Tuh balon bikin anak-anak pada seneng. 

Raffi gimana? Duh, jangan tanya ekspresi Raffi kayak gimana:"). Yang pasti, dia ngedeketin saya sambil meluk dan bilang, "Makasih, Mamih". Akkkk sweeeettt. Lalu Raffi langsung ambil kacamata dan jubah Superman-nya. Langsung dia pake xD.

Duh, sayang saya gak ada budget buat bikin jubah untuk anak-anak TK-nya. Kalau ada uang lebih, pasti saya bikinin satu-satu :"). Maaf ya, cah-bocah :").

Yang bikin beda dengan ulang tahun sebelum-sebelumnya, Raffi tahu kalau ini ulang tahunnya. Dia anteng duduk di depan pakai kacamata dan jubah Superman kesayangannya. Hahahaha. Coba dulu, yang ada lari kesana kemari :v.




Dan yang tidak akan pernah saya lupa itu senyum Raffi :"). Dia senang banget keinginan ulang tahun tema Superman dikabulin sama saya. Apalagi dia ngeliat sendiri proses bikinnya, mau megang ga dibolehin sama Mamihnya xD. Ya atuh, ada mainan depan mata tapi ga boleh dipegang kan bikin KZL. 

Sepanjang acara Raffi tersenyum terus, keliatan senangnya. Itu yang gak akan saya lupakan :"). As your wish, Nak!


Biaya

Nahhh, pasti pada kepo berapa biayanya ya?  Ini dia rincian biaya DIY Superman Birthday Party ala Ultah Raffi yang ke-4 :

(Untuk 40 goodie bag)

Kertas A4 80gr : 33rb
Kertas Buffalo : 35ribu
Kertas warna warni A4 : 65rb
Goodie bag 50rb
Pensil warna 144rb
Pulpen superman 40rb
Chupachups  63rb
Balon pentung 68rb
Balon bintang 10rb
Kantong plastik 26rb
Yosan, mie gemez, bongkar pasang, choyo coklat, mie gemez 79rb
Tempat puding, tempat kue dan sendok 18rb
Nutrijel mangga 2 buah 8rb
Top, momogi, nabati, susu 130rb
Makan siang anak (30 anak) 360rb
Makan siang guru (10 orang) 200rb
Sedotan 20rb
Kue tar bread talk 175rb

Total 1,5jutaan

Tambah plus minus kayak naik gocar, ngasih tips, beli jepretan buku, isi ulang tinta dll sekitar 300rb.
Lumayan ngirit kan? Dan yang pasti menyenangkan anak-anak dan Raffi terutama :). Sebenarnya alasan utama kenapa saya ngerayain di sekolah ya karena ngirit wkkwkw :v.

Kalau boleh review, ultah ini adalah yang paling detil. Minusnya backdrop kurang maksimal xD. Sama kurang bikin jubah superman untuk masing-masing anak-anak :"). Maklum sumpah cekak banget ini xD.

Tapi cukuplah ya dengan bikin semua sendiri :"). Disambi malam hari saat anak-anak tidur. Sambil ngantuk-ngantuk ngerjain. Ihik :"). Walau badan capek tapi ngeliat senyum Raffi pas ultah kemarin itu, terbayar lunas bahkan lebih bonusnya. Bahagia gitu ngeliat Raffi senang :").

Yang pasti Raffi, ini Mamih bikinin semua dengan cinta. Biar kamu tahu kalau Mamih saaaaaaaaaaayaaaang banget sama kamu, Nak :* #keluargapenuhcinta .

Terima kasih banyak doa penuh cintanya buat Raffi. Semoga semua kebaikan kembali pada teman-teman semua :*. Makasih juga dah bikin saya semangat untuk mengulang kembali DIY ulang tahun setiap 17 Agustus #ultahraffi dengan membaca postingan-postingan DIY saya.

Semoga kita semua selalu dilindungiNya dengan penuh cinta. Semoga menginspirasi DIY Superman Birthday Party ini. Selamat mencoba :*

DIY ULANG TAHUN ANAK
Suka yang manakah kamuuu?

Related Posts

25 komentar

  1. Echaaaa.. kreatip banget sihhh.. Bagus2 semuanya :D

    BalasHapus
  2. Kue ulang tahunnya lucu. :D Sayang akalu dimakan. Hehehehe :'D

    BalasHapus
  3. Met ultah Raffi .:D Duh, pasti seneng ultahnya meriah dan super unik. :D

    BalasHapus
  4. Mamanya kreatif. Jadi ulang tahun Raffi selalu keren :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba jadi adrenalin ibunya bikin gini, capek tapi seneng

      Hapus
  5. Jiaaann mamake ini kreatif tenan... :* happy birthday anak sholeh ganteng.. sehat selalu yaaa.. akur-akur sama Raffa :)

    BalasHapus
  6. Huwaaaa udah kebayang gimana rempongnya. Aku yang kemaren bikin party kecil-kecilan aja udah kewalahan. Apalagi ini buat anak sekelas yang jumlahnya gak sedikit. Telaten banget Mbak, keren 😘 Ditunggu apdetan ulang tahun selanjutnya 😚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang, nanti pas ada anak pasti ngerasakan senengnya sibuk gini tiap tahun hahhaa

      Hapus
  7. paling suka yang superman...whaa every detail dibuat penuh cinta begini. penuh kesan

    BalasHapus
  8. aku suka yg ijo ijo pertamaaa hehehe
    selamat ultah raffiii mudah-mudahan sehat selalu tambah sayang sama keluarga aamiin

    side job nya mbak'e party planner bisa nih hehehe

    BalasHapus
  9. Raffiii sama kayak Kaina ya 4 thn. Hebat maminya 😍😍 Aku terpana selalu postingan diy ultah ini hihii
    Penuh cinta banget 😍 nggak percaya ah klo suka marahin :D

    BalasHapus
  10. Tossss deketan ama Kaina. Sehat2 yaaaa :*

    BalasHapus
  11. Lumayan juga budgetnya dan rempongnya. Keren euy mamanya Raffi.

    BalasHapus
  12. OMG ... Kreatifnya dirimu mbaaaa. Jangankan anak2. Lha .. aku juga syukkak. Laaaf...
    Happy b'day ya Raffi. Semoga panjang umur, sehat selalu, dan kelak selalu sayang sama ortu dan membalas cinta mereka yang berlimpah itu. *Kiss*

    BalasHapus
  13. Ahh suka sama superman nya sampe dibawa pulang.. Hehehe daripada di buang... Lucu liat diy nya... Sukaakkkkkk

    BalasHapus
  14. mb echa....keren banget. aku bulan dpan jg mo bikin acara superhero main bareng anak2 kanker di hospital. penasaran bgt ama jubah. itu pake bahan apa yak. kok bisa ada dua warna bolak balik gt. awalnya aku rencana pake kain putih polos dan ntar anak-anak bebas mewarnai jubah superheronya pake cat air. tapi nglihat jubah rafi aku jadi penasaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hae. itu kain yang murah itu loh yang semeter 11 ribu agak mengkilat biru dan merah dijahit. kalau supermannya pakai logo jadi tinggal jait
      kalau kacamata pakai kain flanel

      btw aku komen di blogmu tolong diimel yang aku minta ya

      Hapus
  15. Welokkkk tenan dirimu, Mak Chaaa... Mbok kalo lil boys ada yang ultah aku diundang wakakaka... Lha itu budget kue tartmu ndiri berapa duit?

    BalasHapus
  16. Mbaaaak keren banget siih. Selama ini daku ultah biasa banget kadang juga tanpa mengundang anak-anak, hanya saudara dekat. Inspiratif banget Mbak.

    BalasHapus

Posting Komentar