Mengenal Macam-macam Gendongan Bayi SSC


Mengenal macam-macam gendongan bayi SSC. Buat saya, gendong-menggendong itu menyenangkan. Apalagi masa menggendong itu cuma sebentar kan? Saat anak sudah maunya lari-lari, boro-boro mau digendong. Yang ada kita mengejar itu bocah kemana-mana xD. Iya, masa menggendong itu sangat sebentar waktunya :") *tiba-tiba mellow.


Dulu, gendong-menggendong tidak terlalu hits seperti sekarang. Alhamdulillah ya, paling tidak sekarang sudah banyak orang tua, nenek dan kakek yang mengerti manfaat menggendong :"). Menghempas manja mitos bau tangan :"). Ini bisa kita lihat di tahun 2017 saja, banyak sekali gendongan bermunculan merknya. Mulai dari pengusaha lokal yang suka babywearing sampai merk impor juga banyak, banyak banget malah. Gak heran kalau gendongan itu adalah perlengkapan bayi wajib yang harus dimasukkan dalam list persiapan lahiran :D. Pantengin terus harga perlengkapan anak yang lucu-lucu gitu, termasuk gendongan bayi.

Baca juga 

Ada banyak sekali gendongan seperti yang dulu pernah saya tuliskan. Yang penting jaga agar bayi atau anak tetap nyaman dalam gendongan. Seperti tidak gerah, kainnya adem, memenuhi unsur TICKS (seperti m-shape dll), termasuk gendongan ergonomis dan terjangkau pastinya. Untuk penggendong juga jangan sampai tidak memperdulikan unsur kenyamanan. Mulai dari simpel tidaknya gendongan biar tidak ribet bawanya dan anak bisa cepat digendong, kainnya nyaman dan empuk dll disesuaikan kantong pastinya.


Dan demi kerjaan rumah tetap berjalan lancar, saya memilih memakai SSC (Soft Structured Carrier). Buat saya, beli gendongan itu investasi. Investasi buat tumbuh kembang anak tepatnya. Yang sering ketemu saya pasti tahu, sehari-hari selalu menggunakan SSC. Pernah sih gendongan lain tapi tetap SSC #andalangue xD.

Gendongan SSC itu gendongan yang langsung jadi tinggal pasang, lalu anak bisa segera digendong. Gak pake lama pokoknya. Pakai SSC juga tetap bisa menyusui. Oh iya untuk pemakaiannya, yang benar adalah menghadap ke badan penggendong. Ada beberapa gendongan yang bisa menghadap luar, tapi lebih baik jangan lama-lama ^^.


Kenapa saya memilih gendongan SSC? 


Yang pertama, lebih ringkas. Tinggal klik klik saja jadi deh, gak ribet. 
Yang kedua, bisa digunakan mulai dari newborn (untuk merk tertentu). 
Yang ketiga paling penting, si Papih bisa ikutan gendong wkwkkw. Kan mayan bisa gantian gitu kalau capek. Suamik-suamik harus bisa dikaryakan*LOL.
Yang keempat, gendongan SSC ini bikin kayak kita bawa tas ransel. 
Yang kelima, semua beban dibagi rata (bahu dan pinggang) jadi nggak capek. Buat saya yang punya sakit syaraf kejepit membantu banget ^^.

Dan sekarang SSC lucu-lucu lohhh, jadi gak standar. Mau yang cantik bisa pilih warna. Mau ganti cover dan droll pad untuk gigitan bayi juga bisa karena banyak yang jual. Ber-SSC juga bisa bergaya kok ^^ gak kalah sama gendongan kain. Bahahaha.
 

 

Kapan saya bisa menggunakan gendongan SSC?


Rata-rata gendongan SSC bisa digunakan kalau bayi sudah 4 bulan atau bayi sudah mencapai berat badan minimal 7kg. Tapi untuk gendongan SSC impor, hampir semua bisa digunakan sejak newborn baby. Ada yang menggunakan insert sebagai pendukung gendongan (beli terpisah) dan ada yang memang bisa diatur buckle , posisi dll agar support bayi newborn. Saya menggunakan SSC boba sejak newborn yang emang support dengan tambahan insert.

Gendongan SSC ada yang standar ada yang untuk toddler yaaa

Gendongan SSC lebih baik digunakan dengan posisi bayi menghadap penggendong. Ada beberapa gendongan yang bisa menghadap depan, tapi kalau baca file di babywearing International (dan saya nyoba sendiri saat Raffa) sepertinya tidak disarankan untuk berlama-lama maksimal 20 menit.


Begitupun posisi back carry, harus anak saat sudah bisa duduk tegak.Karena bagaimanapun posisi back carry ini si penggendong tidak bisa melihat bayi bagaimana (karena dibelakang). Ya jaga-jaga misalnya dia hidung tertekan, posisi kurang nyaman dll.

Posisi dan syarat pakai gendongan SSC kurang lebih sama ^^
Credit dari Pao Carrier

Dan ini beberapa SSC yang bisa dijadikan pilihan orang tua untuk menggendong kucing bayi


 Sebenarnya merk SSC  banyak, tapi ini saya share yang pernah saya punya dan pakai saja yaaa

    Gendongan SSC Lokal Indonesia


1. Gendongan SSC Cuddle Me

Buat saya yang berbadan besar, gendongan ini terasa kekecilan. Tapi konsep TICKS-nya dapet ^^. Warnanya banyak dan cerah-cerah. Tengahnya gak bikin gerah bayi. Ada foot straps dan drool pad.
Harga mulai 250ribu
gendongan ssc cuddle me


2. Gendongan SSC Andrea

Gendongan ini panjang bagian punggungnya dibanding lokal lainnya. Tapi kainnya paling enak lebih mirip Boba walau lebih tipis seh. Padnya standar empuknya. Harga mulai 350ribu



 3. Gendongan SSC Nana Baby Carrier

Saya kebetulan punyanya yang seri Batik. Cantik dan cocok banget buat kondangan hohohoho. Cuma Nana itu ringan banget bahannya tipis, karena saya biasa pakai bahan yang berat. Untuk kondangan bentar lumayanlah, tapi kalau gendong lama (waktu itu seharian -__-) capek rasanya *LOL. Tapi ini seh mau pakai gendongan apa saja pasti capek kalau seharian juga :v.

Harga seri batik : 400rb
Harga seri lainnya mulai 250ribu


gendongan ssc nana baby carrier



4. Gendongan SSC Bobita
4 tahun lalu, Bobita ini digadang-gadang mirip sama Boba. Bahannya enak dan tebal jadi pas gendong gak cepat capek. Cuma saya kurang suka bagian punggungnya, terasa tebal banget. Sudah ada buat tapakan kaki (foot straps). Tapi boleh bangga loh, Bobita ini udah dipasarkan sampai luar negeri \m/.
Harganya mulai 500ribu

gendongan ssc bobita


5. Zakkel

Bentuknya semacam Tula dan Andre. Lebar menurut saya. Tapi ini lucu lohh warna-warnanya. Asli dari kota Bandung. Harganya mulai 600rb.
gendongan ssc zakkel



Gendongan SSC Impor

Gendongan impor banyak pilihannya, yang pasti plissss jangan beli yang KW yaaa. Big no no ama produk palsu. Daripada beli yang KW, mending beli yang lokal tapi ORI.

Yang membedakan gendongan impor dengan lokal tentu kualitas dan harganya. Ada harga ada rupa pokoknya seh ya. Terus gendongan impor kebanyakan bisa digunakan mulai dari newborn (with or without insert), berbeda dengan gendongan lokal yang rata-rata bisa digunakan sejak umur 4 bulan atau bayi sudah 7kg.
 

1. Boba Baby Carrier

Ini adalah SSC kesayangan saya dari 4 tahun lalu. Bahannya enak pakai banget. Pad bahu dan pinggang enak banget empuk. Dan awetttt bangetttt.
Yang sering ketemu saya pasti tahu kalau sering banget pakai ini heheheh. Enaaaaak seh. Dan udah ngerasa nyaman gendong plus posisi nyusuin sudah pas gitu buat saya.
Boba ini asli USA dan biasanya dijual dengan harga 1,5-2,2juta.

Boba baby carrier



  
2. Gendongan SSC Hipseat I-angel

Saya pernah nyobain gendongan Agabang, agak mirip tapi bentuknya I-Angel lebih besar tapinya. Dan sama-sama dari Korea. Bisa menghadap depan dan menghadap penggendong
Karena ada hipseatnya, nyimpennya rada bulky menurut saya. Tapi hipseatnya bisa dibuka seh. Tersedia udah satu paket sama droolpad kanan kiri buat gigitan bayi.
Harga mulai dari 2juta
gendongan i angel

Btw, biar ga terlalu bulky saya ada tata cara menyimpannya ^^. Silahkan dilihat videonya yaa




3. Gendongan SSC Tula


Auuuuuuu ini enak banget. Padnya empuk banget, klik pinggang disamping bukan belakang (rada aneh buat yang biasa klik pinggang belakang), warnanya lucu-lucu dan bisa dipakai sampai 3 tahun.
Harga mulai dari 2 juta



ssc tula



4. Gendongan SSC Soul Sling Anoona

Bisa digunakan sejak newborn dan gendongan ini asli India. Kata yang udah pernah make enak seh. Nanti deh kalau saya sudah nyoba tak update lagi ini list SSC hehehe.
Harga mulai dari 1,3jt

ssc anoona



5. Gendongan SSC Lenny Lamb

Duh ini gendongan yang saya pengen sebenarnya. Warna-warnanya cantiiikkk banget. Dan kata yang udah pernah make, empuk dan enak banget. Tuh kan saya ngiler -___-.

Harga mulai 2,5juta


ssc lenny lamb


6. Onbuhimo

Gendongan ini terkenal dari Jepang awalnya. Dan bedanya sama  SSC, Onbu tidak punya pad untuk bagian pinggang. Cocok buat yang lagi hamil tapi tetap gendong jadi perutnya gaktertekan.

Harga mulai dari 1,5juta




Kalau misalnya kita salah beli dan ternyata gendongannya belum mendukung M-Shape, bagaimana? Tenang, masih bisa digunakan kok. Cuma kita tambahin saja kain untuk mendukungnya.

(Pic credit : www.fineandfairblog.com)

Yuhuuu, gimana?? Sudah mengenal macam-macam gendongan SSC untuk bayi belum? Yang pasti, pastikan agar memenuhi syarat gendongan yang baik dan plissss jangan beli barang KW yaaa. Tinggal sesuaikan budget saja. Gendongan di atas rata-rata sudah memenuhi syarat gendongan yang baik. Jadi tidak bingung kan mau beli gendongan yang mana.


Gendonglah bayimu sampai tidak mau digendong. Karena momen si Kecil tidak akan pernah terulang kembali. So, nikmatilah ya Mama Papa buat menggendong bayi. Selamat ber-SSC ria!


43 comments:

  1. Lucu2... Saya mah lg ngincer yg lokal dan murmer aja, galau antara cuddle me atau nana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung bayinya keknya. Lebih enak sih nyoba langsung sama bayinya enak yang mana :*. Kadang prefernsi orang ttg nyaman soale beda2 :*

      Delete
  2. Gendongan investasi banget ya mba, dan aku juha suka pake kalau pergi2, praktis. Ada tulisan mba, jadi tambah pengetahuan tentang gendongan ni. Tfs mba :)

    ReplyDelete
  3. masih setia sama boba, hahaha..

    males juga sih beli SSC lagi, udah ga ada yg dilungsurin. Jadi prefer pilih jarik ketimbang beli SSC baru, hahaha (pelit deh emaknya)

    btw,, kalo terpaksa harus pergi keluar dan mengendarai motor sendiri, SSC ini emang enak dan aman bawa bayi (eh kelakuan saya jangan ditiru ya.. hehe)

    ReplyDelete
  4. Mbaak ini bermanfaat bangeeet! Makasih yaaa :* Aku punya SSC Lumiere Baby dari US. Nanti klo meet up tolong cobain dan review yaaa hihi enak apa nggak menurut suhu gendongan ini hihi

    ReplyDelete
  5. Banyak bingits gendongannya, bikin mupeng. Kebetulan aku mulai cari -cari gendongan ini. Terima kasih reviewnya mba Echa.

    ReplyDelete
  6. Hallo mba Echa,salam kenal saya lisa. thanks bgt ya infonya soal gendongan ini, duh saya rasanya menyesal bgt krn setelah anak kedua baru tau klo menggendong itu jg perlu teknik. saya jg sedang mencari referensi ssc, yg nyaman utk gendong bayi (10bln) sambil ngerjain pekerjaan rumah kira2 apa ya mba? thank u sebelumnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua ssc diatas enak2 aja mba buat bersih2 nyapu nyuci dan digendong back carry

      Delete
  7. Harganya ... nggak membohongi kualitas. :D Hehehehe

    ReplyDelete
  8. Aku juga suka gendongan gitu. Nggak ribet dan nggak capek

    ReplyDelete
  9. gendongan jaman sekarang emang macem2 ya... tapi kalo aku lebih nyaman pake gendongan konvensional hehehe... gendongan yg skrg, gak bisa makenya, padahal lebih simpel ya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa hihih mungkin kudu ada bayi lagi mbak *eh

      Delete
  10. Sangat membantu mbaa...kalau menurut mba mending andrea atau bobita ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur saya lebih suka andrea sebenarnya
      Tapi semua balik lagi ke penggendong enak yg mana

      Delete
  11. Wah ternyata gendongan bayi banyak macamnya ya... Nice inFo...

    ReplyDelete
  12. Gendonganmu banyak amat ya mbaa huehehehe... :D. Aku nyeseeeel knpa dulu ga milih gendongan aja drpd stroller. Anaknya lbh seneng digendong, dan stroller ga kepake blasssss.. Akhirnya aku kasih k adekku pas anaknya lahir. Emg lbh berguna gendongan mba, apalagi utk keluargaku yg hobi traveling

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa mayan ringkes ya. tapi kalau traveling aku enak pakai stroller juga. kalau bobo taruh sana ae

      Delete
  13. waduh, baru tahu kalau menggendong bayi saja sekarang sudah ada triknya. ini perlu diedukasikan ke bapak bapak sepertinya :)

    ReplyDelete
  14. gendongannya banyak maceeem ya Cha...jadi inget jaman anak-anak keciiil hehehe

    ReplyDelete
  15. Hihihiii... lucu2 ya mak model gendongan bayinya. Jdi pengen nyoba buat gendong ponakan 😀

    ReplyDelete
  16. Aku lagi ngincer cuddleme nih mba.
    Pengen bgt ikut kopdaran cara menggendong pake jarik. Soalnya aku gendongnya kaki kanan selalu lebih tinggi. Bingung jadinya 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bayinya gede jangan deh xD tapi kalau mau beli yang lokal jangan lupa beli yang toddler yaaa. Ukurannya beda

      Delete
  17. Mbak punya banyyak macamnya yah?
    Naksir Andrea, mbak..akhir bulan depan mau lairan. Doakan lancar yah. Terus nyontek mbak deh gendong2 anak

    ReplyDelete
  18. Kalo untuk new born yang merk lokal pake yang mana ya? Yang recomended gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. SSC mba? rata2 ssc dari 4 bulan atau sudah 7kg
      tapi kalau ada insertnya bisa tergantung gendongannya. kayaknya cuddle me ada itu insertnya
      saya pakai yang luar merk boba ada insertnya untuk newborn

      Delete
  19. mba mau tanya, kalo ssc zakkel anaknya bisa hadap depan liat keluar ga ya ? kaya hipseat iangel? soalnya anaknya ga betah kalo hadap ke saya, sukanya liat jalan..thx sblmnya, tulisannya sangat membantu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lokal ga ada yang hadap depan mba. tapi kalaupun mau hadap depan mungkin kudu pake yang luar dan modelnya emang bisa hadap depan. itupun ga bisa lama-lama mba maksimal 30 menit (kalau menurut babywearing org ya)

      Delete
  20. Mbaaa sy badannya besar dan tinggi..yg enak trs yg empuk biar ga pegel mending ssc andrea apa nana y?makasiiih...

    ReplyDelete
  21. Mba sy badanya besar tinggi.. kl pk ssc trs yg empuk biar ga pegel mending nana apa andrea ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak yang badannya agak gede enak nanaa. panel nana melebar sedang andrea memanjang mbaa. enak lagi zakkel

      Delete
  22. Mbak klo stndrt itu bs di pake smp brt bayi brp yaa mb? Babyku usia 5,5bln berat 8kg. Klo mau beli ssc ukrn stndrt atau tddler yaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ga salah sampai 11-14kg kalau toddler sampai 20 kalau g salah
      8 kg ya standar aja mba ^^ atau beli yang support sampe toddler bisa

      Delete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^