Belajar Menghabiskan Uang di Mandiri Edukasi 2017

Hlah...Echa update tentang keuangan lagi. Hehehehe piss yaaaa. Iya nih, terus belajar menyiapkan buat masa depan perlu banyak cara biar seimbang kanan kiri. Terutama biar tidak besar pasak daripada tiang. Salah satunya cara menghabiskan uang dengan tepat.

Sebelum baca tulisan lengkap saya, sejenak lihat gambar dibawah ini suka dialami gak? Kalau jawabanmu IYA, berarti kudu terus baca ya :P.


Uang uang uang dan uang. Pusing ya. Sama, sehari-hari saya juga pusing muterin uang yang segitu-gitunya xD. Uang untuk kebutuhan hidup tapi belum tentu cukup untuk gaya hidup kita sehari-hari. Dulu awal nikah, kami berpatokan hidup hari ini besok gimana entar. Punya anak, mulai berubah keegoisan kami menjadi hidup hari ini untuk bekal hidup besok.


Salah satu cara terus upgrade ilmu tentang keuangan adalah datang ke Mandiri Edukasi 2017 tanggal 22 Oktober 2017 di ICE BSD City. Kali ini temanya tentang cerdas berinvestasi di reksa dana. Reksa dana ini adalah salah satu investasi yang long term karena memang jangka waktunya lebih bakal mendapat hasil kalau jangka waktu lama dengan memperkecil resikonya. Samalah ya, semua investasi itu high risk high return. Yang salah itu orang yang gak mulai dari sekarang berinvestasi.


Btw, Mandiri Edukasi 2017 ini sudah dilaksanakan di 10 wilayah di Indonesia. Seperti yang dijelaskan Lila Noya, sebagai Senior Vice President Customer Care Group Bank Mandiri, dengan mengemas belajar tentang keuangan lebih menyenangkan. Mandiri Edukasi 2017 ini juga gratis untuk semua kalangan. Seperti yang saya hadiri ini nih...Gratis hehehe, makanya datang :v. Coba deh misalnya kita ke acara serupa pasti ada html nya :p. Hari gini gituuuuu, hellaaaaaw.

Disini kita bakal dapat makan minum, ada balon buat anak-anak, ada face painting biar muka bisa digambar-gambar xD, ada doorprize dan tentunya ada ilmu yang bisa kita dapat di Mandiri Edukasi 2017.


Face painting

Pembukaan diawali dengan tariuan daerah

Disesi awal ada Chef Billy Kalangi yang membuat makanan dengan harga cukup irit. Yang pertama burger dan satunya smoothies. Kata Chef Billy untuk bikin burger sarapan sehat dia membutuhkan 70rb untuk beberapa burger. Kalau saya bisa lebih murah lagi ya hehehehe. Kalau yang smoothies itu bisa buat menu mpasi Raffa sih kayaknya.


Akhirnya masuk sesi talkshow Mandiri Edukasi 2017. Hadir disini Achmad Gozali (penulis buku dan pakar keuangan), Ivy Batuta (Artis yang sudah berusaha tepat berinvestasi selama ini) dan Bapak Mouldy (Cooporate Secretary Mandiri Manajemen Investasi).



Ada nggak disini suaminya yang suka bilang, "MA, HABISIN DONG UANG GAJIAN INI?". Ada nggak? Mungkin ada kali ya, tapi gak banyak xD termasuk saya juga*ihik. Atuhlah, boro-boro mau dihabisin uangnya aja kagak ada :v.

Hampir semua mendapat problem yang sama. Yang pasti ini ada poin-poin yang saya dapat di acara Mandiri Edukasi 2017 kemarin. Semoga bermanfaat ya!

1. Ubah pola pikir dari "UANG SISA BERAPA" menjadi "MAU DIHABIS BUAT APA LAGI YA"

Loh, kok keknya gampang bingit gitu doang. Believe me, aku dah nyoba tapi susah. Lah gajian aja udah bayar-bayar, pasti saya nanya sisa berapa ama suami. Ternyata kita tinggal ubah pola pikir yang selama ini salah. Membuat mengelola keuangan menjadi menyenangkan bakal membuat kita bisa makin banyak investasi buat masa depan.

2. Habiskan uangnya secara tepat

Ini nih kelanjutannya poin pertama tadi. Jadi setelah terima uang, kita (ubah mindset) habiskan di bayaran SPP Sekolah, habiskan bayar cicilan rumah, habiskan untuk belanja kebutuhan sehari-hari, habiskan untuk beli asuransi, habiskan buat beli reksa dana dll.

Dengan merencanakan penghabisan uang, kita (terutama wanita) akan semakin senang melakukannya lagi. Dan tidak terasa makin bertambah dan terus bertambah investasinya.

3. SAVING dulu baru SHOPPING

Jangan pernah belanja dulu baru sisanya disimpen. Yang bener itu, nabung dulu baru belanja. Karena kalau sudah belanja pasti sudah lupa saving. Yang ada uangnya habis duluan sebelum saving *ngaca diri sendiri. 

Salah satu produk yang bisa menjadi saran menghabiskan uang itu ya beli reksa dana. Return gede dan mulai dari nominal kecil. Yang pasti, lebih aman karena dikelola manajer investasi yang terpercaya. Iya, ada Mandiri Investasi kalau mau nyobain reksa dana. Wong mulai dari 50ribu saja kok.

Membeli masa depan dengan menyiapkan investasi sebaik mungkin tentu butuh perencanaan optimal kan? Karena kalau tidak dari sekarang kapan lagi, tidak ada kata terlambat yo gaesss.



Acara ditutup dengan penampilan Virzha Idol. Pas dia nyanyiin lagu-lagunya saya banyak yang gak mudeng. Tapi pas dia nyanyi lagu DEWA "Separuh Nafas", baruuu deh bisa ikutan nyanyi sikit. Iye, ketauan umurnya ya hahahaha.

Makasih undangannya komunitas ISB dan Bank Mandiri. Mulai belajar deh ngehabisin uang dengan tepat dari sekarang. Kalian sendiri sudah ngabisin uang dengan tepat belum?


4 comments:

  1. Menyampaikan informasi seperti event ini mungkin lebih di pahami oleh masyarakat luas ya ttng pentingnya investasi dan memberi pemahaman kalau investasi itu tidak selalu mahal 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa yang penting mulai berinvestasi ya mba

      Delete
  2. Aku2 lagi pusing mikir duit sementara penghasilan segitu2nya, nasib irt sejati nggak ada pnghsilan jd berasa nggak berarti..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk makkk kita semangatttt 😍😍😍

      Delete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^