Sun Life Edufair 2017 untuk Perencanaan Pendidikan Buah Hatiku

 


Sun Life Edufair 2017. Bulan-bulan ini sampai menjelang Juni tahun depan adalah bulan pusingnya orang tua. Kenapa bisa begitu? Karena banyak orang tua yang mulai mencari sekolah idaman untuk pendidikan anaknya. Ada yang mau masuk TK, SD, SMP dan seterusnya. Mau tidak mau harus benar-benar milih sekolah mana yang cocok untuk anak dan orang tuanya.

Cocok disini bukan hanya mencari sekolah yang bagus loh. Tapi juga sekolah yang cocok dengan keuangan orang tua, jarak dengan rumah atau bahkan juga sampai melihat kebersihan sekolah. Dan well....berdasarkan pengalaman pribadi jujur hal itu tidak gampang. Ada sekolah yang cocok untuk anak dan kita suka, tapi keuangan gak cukup :v. Ada yang cocok keuangannya, tapi sekolahnya sering tawuran. Kan pusing, kan?

Raffi sebentar lagi SD. Masih 2 tahun lagi sih hehehe. Tapi dari sekarang saya sudah banyak tanya-tanya tentang sekolah SD dari alumni TK Raffi. Yang jadi pertimbangan besar buat saya itu adalah biaya masuk dan SPP tentunya. Karena bagaimanapun ini kan menyangkut keuangan yang sensitif dan harus masuk akal buat kelanjutan keluarga nantinya.

Pentingnya pendidikan selama ini memang jadi prioritas buat keluarga kami. Karena seperti orang tua pada umumnya, siapa sih yang tidak mau memberikan yang terbaik untuk anak. Ye kan ye kan?
Tapi, sekolah dimana ya enaknya? Kira-kira cocok tidak ya sama anaknya? Mahal tidak ya biayanya?





Untunglah, kemarin saya dapat pencerahan karena mendapat undangan untuk hadir ke Sun Life Edufair 2017 yang berlangsung pada 20-22 Oktober 2017 di Mall Kota Kasablanka. Tahun lalu saya juga datang ke Sun Life Edufair dan beneran saya gak bingung lagi milih sekolah buat Raffi. Pameran edukatif ini diselenggarakan oleh PT Sun Life Financial Indonesia dengan menghadirkan 20 sekolah formal dan 5 sekolah non formal terbaik di Jabodetabek. Bukan hanya itu, Sun Life Edufair 2017 juga mengadakan berbagai talk show, school performance dan activity yang bermanfaat untuk pengunjung yang datang.

 Baca juga

Sebagai awalan, jangan lupa untuk registrasi dulu ya. Disana nanti kita akan mendapat paspor stamp yang bisa dikumpulkan dan bisa ditukar dengan hadiah menarik. Oh ya, ada photobooth juga jangan sampai lupa foto ya.




Mendidik dengan Cinta Perlu Perencanaan Maksimal


Saat datang, ternyata di panggung utama sudah berlangsung acara talkshow. Dan yang bikin saya senang, ternyata materi mendidik dengan cinta di sampaikan oleh Kak Seto. Keren yah, dulu saat saya masih kecil beliau juga dipanggil Kak Seto sampai sekarang juga sama hehehehe. Hebatnya, kak Seto terasa tidak bertambah tua ya segitu-gitu saja. Sedangkan saya yang dulu sering nonton acara Kak Seto dan ikutan nyanyi si Komo, sudah dewasa seperti ini*curhat colongan wkwkwk. Emang ya, katanya yang dekat sama anak bakal awet muda hehehe.

 

Yang paling saya ingat dari materi mendidik anak dengan cinta kemarin itu, sebagai orang tua jangan pernah marah sama anak. Beliau mengingatkan kami sebagai orang tua sambil nyanyi.

Ayo Mama, jangan marah-marah beta
Beta cuma cuma cuma nakal biasa
Ayo Mama, jangan marah-marah beta
Lha anak-anak itu biasa

Jadi ingat, kalau saya sendiri kadang suka ngomel dan marah sama Raffi. Duh, rasanya pengen cepet pulang meluk Raffi :"). Pesan Kak Seto buat orang tua juga, jangan lupakan pendidikan anak harus diutamakan. Karena langkah anak adalah langkah orang tua sebagai contoh dan awalannya. Bismillah, InsyaAllah bisa menjadikan anak kami selalu di jalan yang lurus dan membanggakan orang tua. Aamiin.

 

Acara dilanjut dengan sesi talkshow, Ibu Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Financial Indonesia, mengatakan pendidikan itu sangat penting. Karena itu kita harus bisa mempersiapkannya dengan baik buat anak-anak tercinta.

Dan pendidikan ini tentunya tidak lepas dari masalah keuangan. Betul tidak? Ternyata, banyak sekali orang tua yang tidak mempersiapkan dana pendidikan dengan baik sejak dini. Bahkan biasanya dana pendidikan itu mengandalkan pendapatan bulanan. Belum banyak orang tua yang sadar kalau alokasi dana pendidikan anak-anaknya itu sangat penting dibuat sejak awal.

 

Padahal biaya sekolah dari tahun ke tahun terus meningkat dan parahnya kita tidak tahu resiko ke depannya bagaimana kalau selalu mengandalkan pendapatan bulanan. Duh jadi kesentil lagi, mungkin saya satu diantara banyak orang tua yang belum punya perencanaan dana pendidikan dengan baik. Hiks tisu mana tisu :"(.

"Di Sun Life Financial, kami berusaha mengajak orang tua untuk sadar akan pentingnya menyiapkan dana pendidikan untuk anak. Karena itulah, Sun Life Edufair 2017 ini diselenggarakan agar orang tua bisa bertemu dan bertanya langsung pada sekolah yang cocok untuk anak. Sekaligus mulai mempersiapkan dana pendidikan hingga anak kuliah bersama Sun Life Financial", kata Ibu Shierly

Acara selanjutnya ada penampilan dari adik-adik sekolah favorit yang ikut serta di Sun Life Edufair 2017 ini. Ada yang menari daerah, balet, menyanyi, bermain kulintang sampai stand up juga ada loh. Semua pada unjuk kebolehan di panggung utama Sun Life Edufair 2017. Tadinya saya pikir itu hanya school performance tapi ternyata dilombakan juga.
 
 

Pameran pendidikan ini dekorasinya lucu-lucu kayak sekolahan gitu. Saya pun berkeliling sambil tanya-tanya ke masing-masing booth sekolah. Kan sekalian buat ngumpulin cap di paspor buat ditukerin hadiah hehehehe. Rata-rata, kalau kita daftar sekolah saat pameran bakal gratis uang pendaftaran. Lumayan juga kan, ngirit hehehe.

Sayangnya, kali ini saya tidak ngajak anak-anak ikut. Si Raffi pasti senang banget deh ada playground serba Lego. Anak-anak pada mainan Lego semua di sana. Orang tuanya juga bisa bisa main games kartu gitu di kursi sofa. Sayangnya lagi, saya gak nyobain ikutan main hehehe.

Acara Sun Life Edufair 2017 ini berlangsung 3 hari. Tapi saya kebetulan datang di hari pertama, jadi gak kesampaian ikutan kelas Ganara Art buat Raffi. Padahal kelas itu saya tunggu-tunggu buat melatih keterampilan Raffi berkreasi. Gak papa juga sih, ini juga seneng bisa tahu gambaran banyak sekolah favorit. Siapa tahu ada yang saya rasa cocok buat Raffi Raffa nantinya. Dan yang paling penting saya tahu gambaran uang masuk dan SPP buat sekolah anak-anak nantinya.







Atasi Mahalnya Biaya Sekolah dengan Perencanaan Dana Pendidikan Terbaik Sun Life Financial


Setelah berkeliling banyak booth, saya langsung mikir kalau ternyata dana pendidikan itu penting banget ya. Kalau kita gak siap-siap dari sekarang kapan lagi, mumpung anak-anak masih kecil-kecil. Oh iya, ini ada beberapa list biaya sekolah yang berhasil saya rangkum. Semoga membantu menambah gambaran berapa sih yang harus kita persiapkan untuk pendidikan anak?.


Gimana? Pusing gak? Jujur saya pusing pake banget*panadol mana panadol xD. Saya jadi keder sama angka di lembaran perincian biaya masing-masing sekolah itu. Beragam memang ya, bahkan ada yang sampai 50jutaan untuk biaya masuk sekolah. Om Trumph tolongin eike donggg Om...*LOL.

Tapi memang mahal sih ya, dulu Raffi masuk sekolah Playgroup saja di 7jutaan. Belum uang SPP, pendaftaran dll *tepok jidat. Terus saat saya ke salah satu stand sekolah kebetulan ada agennya. Saya diberikan penjelasan tentang perencanaan keuangan keluarga kita, termasuk mempersiapkan dana pendidikan buat anak.



Agen asuransi Sun Life menjelaskan pada saya tentang kenaikan biaya sekolah tiap tahun. Dan itu akan membuat kita bisa mengira-ngira berapa sih yang harus disiapkan sampai lulus nanti. Enak kan kalau misalnya anak-anak mau masuk SD, SMP dan seterusnya ada klaim asuransi yang keluar sesuai manfaat. Bisa banget meringankan beban kita sebagai orang tua.

Beliau menjelaskan, asuransi dana pendidikan akan mempermudah kita memberikan pendidikan terbaik untuk anak. Bakal meringakan saat bayar uang sekolah. Apalagi umur saya masih muda dan anak masih kecil. Bakal dapat manfaat berkali-kali lipat loh!. Kebayang gak kalau kita ada kenapa-napa (amit-amit yaaa), Sun Life Financial tetap akan mengcover semua biaya pendidikan anak.


Kemudian saya coba buka www.brightedu.co agar bisa dapat angka jelas simulasinya.  Di website ini kita akan menemukan banyak referensi sekolah buat anak. Jadi misalnya kita usia 35 tahun dan bayi masih kecil, maka uang pertanggungan dan manfaat akan lebih besar diterima dari pada anak sudah SD dan umur kita 40 tahun. Contohnya ya, untuk masuk SD saya butuh sekitar 30 jutaan dan ternyata dana yang harus saya siapkan saat Raffi SD berarti sekitar 43jutaan. Ini karena ada kenaikan biaya sekolah setiap tahunnya. Huaaaaaaaaaaaa, uang darimanaaaa kaannnn? *minum panadol lagi.
Website ini adalah persembahan dari Sun Life Financial untuk menyebarluaskan kesadaran bahwa dana pendidikan itu harus disiapkan. Website ini juga merupakan satu-satunya web yang menampilkan banyak profil sekolah favorit di Jabodetabek. Coba deh buka sendiri!.




Well, saya memang harus pinter-pinter nyiapin dana pendidikan buat anak-anak. Tidak ada salahnya kita mulai memilih produk dana pendidikan dari Sun Life Financial sebagai proteksi buat diri sendiri dan anak-anak. Trus pas dihitung sesuai kenaikan biaya pendidikan pertahunnya cukup banget ngecover. Seperti dibawah ini ya contohnya untuk usia saya bila pakai produk asuransi Brilliance Hasanah Sejahtera (Ini syariahnya Sun Life Financial kok ^^).



Oh iya, masih ingat tidak setiap datang ke booth saya juga ngumpulin stamp. Dan yippeeeeee, alhamdulillah penuh semua ini stampnya. Karena ada 20 stamp, berarti saya dapat tas buat sekolah Raffi. Lumayan pakai banget kan? Raffi pas pulang tahu saya bawa tas itu senaaang banget. Mau dipake buat sekolah katanya xD. Menyenangkan anak dengan hal sederhana termasuk mendidik dengan cinta kan?.




Yang pasti, senang banget bisa dapat pencerahan di Sun Life Edufair 2017 untuk sekolah anak-anak. Saya jadi punya gambaran sekolah SD Raffi nantinya. Saya juga jadi tahu pentingnya menyiapkan dana pendidikan. Kalau kata Bu Shierly tidak ada kata terlambat untuk berinvestasi. Bersama-sama Sunlife Financial, kita bisa memberikan yang terbaik untuk anak.

Terima kasih undangannya Sunlife Financial. Yang belum kesini yuk datang :*! Rencanakan biaya anak sekolah dari sekarang demi masa depan cerah. Dana pendidikan mahal? Tenang, kan ada Sun Life Financial yang akan membuat kita jadi #lebihbaik merencanakan dana pendidikan sang buah hati.



26 comments:

  1. Wahh Raffi seneng banget ya itu dapet tas. Hasil perjuangan maminya seharian :)

    ReplyDelete
  2. Huaa...nyesel kemarin diajakin, akunya malah ga mau mbak cha.... Habis ku pikir ampe sore, kalo bawa anak kan riweuh. Ga tahunya anak juga bisa hepi2 disna ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi pas yang sabtunya ada ganara pasti tambah seneng bocil

      Delete
  3. Tabungan pendidikan emang harus disiapin ya Mbak echa, ini aja aku udah mau mulai nabung buat SMP kifah, padahal baru masuk kelas 1 sd, mayan lah ada waktu 6 tahun lagi.

    ReplyDelete
  4. Wuihii, dapet tas, kereeen. Memang deh ya, kalau lihat bayaran sekolah sekarang ini bikin mules. Kudu direncanain bener sih ya

    ReplyDelete
  5. Emak setrooooong
    Mantap bener ii keliling berburu stampnya
    Acara kemarin memang bergizi banget buat bekal jadi orang tua biar lebih siap untuk urusan pendidikan anak

    ReplyDelete
  6. Kamu keren banget, Mba. Pejuang bisa dapet stamp sampe penuh. :))
    Bener banget, sekolah itu mahal, harus direncanain sedini mungkin.

    ReplyDelete
  7. wah seru. sepertinya bakal dapet banyak pemelajaran nih :)

    ReplyDelete
  8. Kalau raffi ikut, bisa pulang jam 9 malam mbak...btw mantap ihh dapat 20 stamp

    ReplyDelete
  9. Asyikkk bawa hadiah banyak hehe.Amel njleebbb bangetbpas talkshow kak Seto huhu secara gitu ga sabaran dan kadang suka marah sama ank. 😣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jadi kita g boleh marah lagi mel

      Delete
  10. Jadi orangtua mesti siap keriting juga berkaitan hitungan angka biaya pendidikan. Tapi memang sun life tepat sekali bikin event kek gini tiap tahun. Sangat membantu mencari solusi sekolah sekaligus rencana duitnya buat anak mereka. Terimakasih tulisanne mak echa. Jadi Rafi mau sekolah dimana kah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih mikir2 ommmm yang penting tau dulu kisarane piro xixiix

      Delete
  11. Huaaaahhh. aku terbelalak lihat nominal biaya sekolahnya, segitu SD yaak mba, ampe ada yg ratusan jeti. Wow bangettt :s

    ReplyDelete
  12. Keasyikan dengerin Kak Seto yang selalu memukau, aku nggak sempat ngumpulin stamp. Padahal booth-nya gak terlalu banyak ya. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku demi tas baru buat Raffi <3

      Delete
  13. Seru ya nyimak Kak Seto. Talkshow-nya interaktif, gak ngebosenin. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa semua pada angkat tangan pula ya 😂

      Delete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^