5 Hal Sepele Penyebab Suami Istri Bertengkar

suami istri bertengkar

5 hal sepele penyebab suami istri bertengkar. Saat belum nikah, duh dunia terasa indah. Semua sisi-sisi baik membuat kita mantap memilih dia sebagai pasangan. Eits, jangan senang dulu :D. Kadang ya, setelah menikah itu beda banget kenyataannya hahaha. Serius? Beneran? 


Yang tadinya perfect di mata kita, satu-satu mulai luntur dan kita jadinya belajar menerima kelebihan kekurangan pasangan. Apalagi kalau udah punya anak, kerempongan bakal selalu menyertai setiap harinya hehehe. Dan ini membuat kita kadang suka berantem. Wajarlah berantem kecil-kecilan ngambek-ngambekan. Namanya juga berkeluarga, beda kepala beda pendapat :D. Sambil belajar satu sama lain, kan?

Tidak. Saya nggak lagi ngomongin masalah keluarga yang beraaaaat sampai bisa bikin pisah, tapi hal-hal yang sering terjadi sehari-hari yang kadang bikin berantem. Yang kadang juga kalau diinget-inget lucu aja, ngapain ya kayak gini di berantemin xD.

Biasanya, pertengkaran dalam keluarga suka dikaitkan sama dua hal. Yang pertama adalah uang. Entah mengapa, kalau disurvei banyak masalah keuangan pencetus utama perceraian. Saya setuju kalau uang itu penting, sangat penting demi kehidupan sehari-sehari keluarga. Tapi buat saya yang kebetulan nikah karena cinta buta (makan tuh cinta, Cha!), uang itu nomer sekianlah dari pertengkaran. Karena saya yakin, suami selama berusaha mencari rejeki halal dan niatannya baik pasti jalannya enak dan lancar. Hidup kan berjuang bukan semata uang belaka :). Dan kami sampai detik ini bisa melewatinya :").



Yang kedua biasanya karena kurangnya pemenuhan kepuasan batin. Sehingga merembet mencari pasangan idaman lain. Kalau yang seperti ini, saya no comment ya. Tapi mari berdoa semoga pasangan kita baik-baik saja, setia dan saling menjaga hati satu sama lain. Atuhlah susah kalau tentang hati kan? Semoga keluarga kita selalu dalam lindunganNya ya.

Be carefull! Hahaha

Berantem sepele gini berapa lama? Kalau saya tergantung mood wkwkwk. Kalau lagi puyeng, yang tadinya cuma remeh temeh bisa jadi panjang ceritanya sampai nangis sesegukan. Tapi kalau moodnya bagus sihhhhh aman-aman saja, cuma sepintas gitu aja langsung biasa lagi :D.

Cuma ya, karena hal sepele yang sering terjadi ini kadang kalau lagi debat atau ngomel, saya suka ceplos di depan anak. Begitupun si Papih, jadi ya kadang si anak suka niruin pas saya lagi ngomel. Seperti "Itu bajunya berantakan banget. Jorok ih!" atau "Terus saja main COC, mamih dilupain :v". Ya ampyunnnn anak emang pemerhati banget ya :v :v. Harus bisa ngerem walau gini doang xD.


Walau masalah-masalah sepele, lama-lama bisa saja jadi masalah besar juga kalau nggak kita cari solusinya. Ya nggak ya nggak? Kayak tumpukan baju yang gak dilipet-lipet lama-lama banyak banget sampai males banget nyucinya :v. 

Dan ini, 5 hal sepele penyebab suami istri bertengkar versi on the spot eh salah versi saya maksudnya. Kalau diinget-inget ya lucu juga gini aja pakai adu ngotot xD. But, namanya juga idup hahahaha. Sama-sama belajar kan memahami sifat masing-masing :*. Hey Dude, this is lyfe bahahahaha.

Apa sajakaaaaah itu??? Cekidot :*.


1. Kotor dan berantakan


Walau suami saya orangnya tipe yang suka bersih-bersih, serius dia bisa ngepel nyapu berkali-kali kalau di rumah, tapi si Papih ga suka beres-beres. Beda sama saya yang sukanya beres-beres tapi malas bersih-bersih.
 
Mulai dari kebiasaan cowok yang suka ngambil urutan baju sembarangan di lemari, numpukin cucian digantungan baju, sampai gak ganti kaos kaki beberapa hari dia masih juaranya :D.  Hilang sudah tatanan model lipatan baju konmari dan susunan rumah rapi instagramable. Apalagi kalau anak-anak mulai bermain seru sama mainannya. Wassalam dah :v. Yang ada nanti kitanya ngomel-ngomel karena gak rapi hahahaha.


Solusinya : Biasanya saya biar waras, menurunkan standar kebersihan dan kerapihan sambil pelan-pelan bilangin. Biasanya ampuh, walau beberapa hari kemudian kumat lagi berantakannya xD. Makanya biar gak capek-capek ngasih tahu, saya suka nempel-nempelin pesan di tempat yang terbaca suami. Misalnya : keran setelah pakai jangan lupa ditutup atau

2. Rebutan me time 


Kalau ditanya me time apa yang paling didambain tanpa harus direcokin anak-anak? Pasti selain tidur nyenyak, saya akan bilang bisa lama-lama di kamar mandi. Selama ini kalau bisa di kamar mandi lama itu rasanya menyenangkan. Ya ampunnn, dah lama kali saya mandi atau buang hajat tanpa mendengar pintu digedor-gedor anak atau nangis ditinggal mandi. 

Yang ada misalnya kelamaan di kamar mandi entah sambil pegang handphone, biasanya suka diomelin, "Lama amat sih mandinya bla bla bla". Trus pundung-pundungan dah :v wkwkwk.

Solusinya : Jangan kelamaan di kamar mandi sambil pura-pura bilang mau apa kek nyetrika kek pergi keluar bentar kek, sehingga pasangan gak lama di kamar mandinya. Ini berhasil loh diterapkan suami ke saya *LOL.



3. Beda pendapat


Ini bukan lagi bahas beda pendapat kenapa Hamish Daud milih Raisa bukan Nadine? Atau kenapa mobil papa peyoknya di bemper depan saja, tapi bisa luka bakpau? Bukan, bukan itu! Tapi percaya atau tidak , kadang beda pendapat itu suka bikin berantem walau cuma hal kecil.

Saya suka bete kalau lagi mau makan di luar. Pas ditanya mau makan apa jawabnya terserah. Muter-muter tempat makan tapi gak masuk-masuk. Ujug-ujug malah makan di tempat pertama didatangi. Yaelaaaaaaah, dari tadi saja kek ya.


Solusinya : Saya biasanya suka tanya alasan logis Papih kenapa milih A. Nanti kalau masuk akal, biasanya saya turuti. Bukankah berkeluarga itu negosiasi? Yang pasti jangan lupa utarakan pendapat dan keinginan kita. Pasti nanti ketemu solusinya. Ga ada yang lebih bisa mendamaikan 2 orang atau lebih selain ngobrol bertatap muka. Jadi jangan lupa ngobrol sama pasangan ya.

4. Kecanduan

clash of clans

Macam-macam ini seh, mulai dari kebiasaan merokok, pelihara binatang atau bahkan main game. Kecanduan kan banyak soale. Kalau hobi sebentar-sebentar sih gak masalah. Tapi kalau udah jam-jaman itu menyebalkan. Karena dia asyik sama kegiatannya sendiri dibandingkan sama kita. Yahhhh, kayak aku seh kalau udah depan komputer pasti lupa mau ngapa-ngapain. Dan si Papih? Kalau udah main COC atau last day on earth bisa sampai lama.

Bisa berantem? Bisa banget apalagi kalau ngerasa dicuekin saat kita rempong sama anak wkwkwk.

Solusinya : batasi candu dalam jangka waktu yang sudah ditetapkan bersama pasangan. Saya dan Papih sepakat saat malam hari setelah anak-anak tidur boleh main komputer atau game. Itupun setelah kami ngobrol di tempat tidur cerita ngapain saja hari ini.

5. Posesif

Suka gini gak sama pasangan?
M : Pih, kamu udah makan? Lagi sama siapa bla bla bla.
P : Iya tadi sama si A meeting bla bla bla
M : Oh gitu. Cewek cowok meetingnya (Ya elah detil amat yak nanyanya)
 
Yang berujung cek-cek whasapp, dompet dll buat cari tahu.Terus posesif deh, semua ditanyain ini siapa xD. Hayo ngaku siapa yang masih gitu *pelan-pelan tunjuk tangan. Dimana-mana beda pendapat sudah biasa. Yang pasti komukasi antara suami istri terpat terjalin baik.

Ketergantungan, takut kehilangan, dan rasa cinta berlebih pada pasangan bisa timbul rasa kepemilikan yang besar dan kadang berlebihan. Wajar gak? Dalam kacamata saya sih wajar saja hehehe.  Namanya juga pasangan hidup kita, bapaknya anak-anak perlu disayang. Kan katanya kalau cemburu tandanya sayaaaang :P.

Solusinya : Komunikasi biar suami nyaman ditanya-tanya *eh. Atuhlah, saya juga susah masih yang ini belajar juga. Kalau cek-cek hape dll, mungkin bisa dikurangi. Yang penting ga berlebihan tapi tetap waspada*LOL. Yes, seperti kata meme diatas "Bitches is everywhere". Beware :p. Belajar percaya sama suami juga penting.

Berlagak posesif kayak gini
keknya suami sih senang-senang saja kali ya xD

Belajar beradaptasi bersama pasangan itu memang perlu waktu lama. Namanya juga belajar memahami satu sama lain dalam rumah tangga kan ^^. Dan kalau lihat pakar-pakar pasti pada bilang kuncinya itu KOMUNIKASI.

Salah satu cara komunikasi saya dengan suami itu dengan ngobrol. Saya yang cerewet dan suami yang pendiam kontras banget kan. Tapi kalau gak ngobrol gimana bisa tahu apa maunya pasangan kan? Ngobrol aktifitas sehari-hari sama suami sebelum tidur buat kami itu menyenangkan walau waktu berkualitasnya sebentar. Atau ngobrol sambil nonton TV dll tergantung cara masing-masing keluarga. Yang penting nyaman aja toh. Bisa numbuhin sisi romantisme sejenak itu cukup banget untuk makin mempererat saya dan suami setelah seharian rempong sama anak.


Seru sih ya berantem kecil buat hal-hal gak penting seperti yang saya sebutkan diatas. Kalau diingat ya ampyunnnn apaan sih gitu aja pakai ngambek. Berasa macam anak ABG aja xD. Tapi kan jadi tahu oohhh ngapain juga ya berantem geje gara-gara gini doangan wkwkwk.

Semoga pernikahan kita dan pasangan langgeng penuh cinta sampai maut memisahkan ya. Aamiin. Btw, biasanya berantem gara-gara apa sama pasangan? Cerita yuk buat seru-seruan hahahaha.



Tulisan ini dibuat memperingati tanggal nikah kami. 
Walau masih piyik, paling tidak kami terus belajar satu sama lain setiap hari.
 Happy birthday for us
 Semoga #keluargapenuhcinta kami selalu dalam lindunganNya

23 comments:

  1. Barakallah pernikahannya Mak Echa. November juga bulan kelahiranku hahaha (ga ada yang nanya).

    Semoga ada waktu bertemu sama Raffa dan Raffi

    ReplyDelete
  2. eh lucu banget foto berantemnya
    bisa main sitkom nih hehe
    yang penting bisa segera diselesaikan ya mbak
    semoga langgeng...

    ReplyDelete
  3. duh kok sama ya akang suami juga demennya kalau narik baju dari lemari didudud padahal sama aku udah ditata secantik mungkin ini yang sll bikin aku ngomel bahkan sama juga kaos kaki ga pernah ganti kalau ga aku yang tawarin : wkwkwkwk

    ReplyDelete
  4. berantakan itu emang sesuatu bgt. Suamiku selalu naroh kunci motor+dompet di meja dgn sembarangan pdhl udh ada tempatnya. Ngeselin bgt :D tp ya sudahlah berdamai saja

    ReplyDelete
  5. Samara smp akhir ya teh,,, kadang iy suka begitu kdang suka keras koala akunya sih, untung misua diam,,. Nuhun tipsnya

    ReplyDelete
  6. Samara ya Echa dan papih. Umumnya iya ya ekonomi menjadi satu dasar yang bikin berantem. Apa saja bisa jd salah, apa saja bisa jadi hal yang patut untuk diributkan. Ribut sich biasa tapi jangan ada yg saling tersakiti gt ya... Di rumah, yang paling seneng beres beres dan bersih bersih itu saya, Alhamdulilah suami kadang ikutan, anak anak juga kadang ngikut, seneng deh jadinya.

    ReplyDelete
  7. happy anniversary ca...yah ada aja sih yg buat bete hehe tp kalo aku selesai dalam WA aja hahaha

    ReplyDelete
  8. Kalo aku seringnya karena miskom atau suami yang terlalu sibuk jadinya berantem deh.

    ReplyDelete
  9. Oh gitu ya, hahahahha. Bisa lah ya diterapkan nanti kalo udah nikah

    ReplyDelete
  10. Hahahahhaha, aku baca ini sambil angguk-angguk gemas. Sedikit banyak pernah ngalamin. Dan iya, sepele tapi kalo ga dimenej bisa jadi besar.

    Happy anniversary, you two!

    ReplyDelete
  11. Aamiin...memang ya bertengkar suka gara2 hal sepele, apalago klo suasana hati lagi baper

    ReplyDelete
  12. Happy weddinh anniversary echa
    Samara selalu yaaak

    Aku kayaknya rebutan me time deh hehe

    ReplyDelete
  13. Aku apa ya hahaaa.. Pernah sih semacam posesif 😂 tapi udah cukup sekali.
    Klo yg sepele masalah lemari itu ya udah tinggal beresin lagi deh aku terimaaa lapang dadaaah..

    ReplyDelete
  14. kalau aku sih awalnya karena kebiasaan merokok suami yang bikin sering berantem kecil sih, sekarang suami udah berhenti merokok udah lama juga sih, mudah2an saling menyayangi terus ya cha

    ReplyDelete
  15. Ambil baju yang langsung narik dan menyebabkan rusaknya susunan di lemari itu rupanya terjadi di mana saja ya mbak. Wkwkwkwkkw..

    Tambah lagi ding, ninggalin handuk di atas tempat tidur -_- errrr...

    ReplyDelete
  16. Happy anniversary mba Echa dan suami 😇 Bahagia terus sekeluarga 💕

    Iya banget kalo udah nikah masalah2 yg jadi ribut itu malah yang sepele 😂 Malu sendiri kadang kalau udah dilewatin tuh tapi gimana lagi, udah kadung ribut ngahahaha

    Katanya kalo ga ribut, ga drama #plakk 😝

    Alhamdulillah suami jadi lebih care sama sekeliling sejak pindah rumah sendiri mbak, tadinya mah juragan aselik! 😜

    Rajin nyapu, beberes juga.. Kalo aku, beberes kalau mau motret doang 😛 #parah

    ReplyDelete
  17. Happy anniversary yaa cha.. komunikasi memang kuncinya. Kalau berantem sih ngg mungkin ngga heheh.. asal jangan lupa baikaan

    ReplyDelete
  18. bner tuh memang kadang suami istri berantem cuma gara2 hal sepele, trims artikelnya

    ReplyDelete
  19. Aamiin... semoga tetap langgeng ya mba, meskipun terkadang suka terjadi selisih pendapat, mungkin ini cara Tuhan agar kita jadi lebih erat dan dekat lagi satu sama lain.

    Kok saya malah fokus sama gambar 2 cowok lagi berantem model gitu ya :)

    Saya juga kecanduan ngeblog dan main game minecraft, malah mainnya berdua sama anak pertama saya, hahahah... Istri mah sibuk we beresin rumah, tapi gak ngomel sih, soalnya kan buat menghilangkan rasa penat ketika libur kerja.

    ReplyDelete
  20. Hahaha.Mba ca kok postingan nya kena banget SM aku. Aku lgi berantem Mulu ini udah seminggu. Entahlah aku merasa ada semua tuh yang diatas mba tulis.

    ReplyDelete
  21. Aku ama suami srg berantem biasanya krn masalah suka ga sependapat ama bnyk hal. Jujurnya kita memang beda bgt sih mba. Dia suka numpukin brg, aku justru suka buangin barang supaya ga numpuk. Dia suka traveling bareng anak, aku ga suka. Dia lbh mikir hrg murah kalo beli barang, aku lbh mikir kualitas harga belakangan. Ini jdnya yg sering bgt bikin kita ribut. Walo ujung2nya, suami yg lbh srg ngalah sih :) .

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^