Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga Rajin Menabung dengan SOBATKU

Tips menjadi ibu rumah tangga rajin menabung. Jadi ibu rumah tangga itu bukan cuma mengurus anak, nyetrika baju, masak atau rumpi sana sini saja  ya ternyata. Banyak banget hal yang kita pelajari dan mengatur bareng bersama-sama keluarga setiap harinya. Yang pasti tiap detik dinikmati karena memang prosesnya ya gitu kudu dijalani hehehe.



Sebagai tim istri menikah karena cinta dan dimulai dari nol, bagaimanapun kudu tetap realistis. Karena hidup itu butuh uang, uang buat makan, uang buat sekolah, uang buat bayar cicilan, uang buat jajan di alfamart, uang buat beli token listrik dll. Makanya mau tidak mau harus pol-polan gimana caranya biar bisa survive tiap harinya. Tapi bukan cuma hari ini yang akan datang juga kudu. Betul tidak?
 
Nikmatnya jadi rempongers *ahsekkk

Satu-satunya cara mudahnya ya menabung sedikit demi sedikit. Sedikit masuk banyak keluar*hloh. Eh bukan, maksudku sedikit masuk tetap disisihkan untuk ditabung/ saving. Kalau kata financial planner, pemasukan harus ada yang disimpen sekian persen agar bisa survive untuk masa depan cerah ceria sepanjang hari. Cuma sayangnya kok niatan itu susah bener ya dijalankan, boro-boro ditabung yang ada dicuilin terus setiap hari wkwk.

Tapi beneran deh, memang harus disisihkan buat ditabung atau investasi. Karena mau tidak mau, daripada kenapa-napa nanti kan jaga-jaga juga misalnya butuh. Buat apa sih kalau bukan buat anak, ya nggak?

Sebagai orang yang 10 tahun pernah bekerja di bidang keuangan (dan sekarang jadi ibu RT saja di rumah), mungkin bisa ya saya kasih tips tipis-tipis. Cara mudah menabung saat kita menjadi ibu rumah tangga. Walau gak semaksimal cara lain, tapi tips ini berguna banget buat saya selama ini.

Ini dia tips menjadi ibu rumah tangga sholehah rajin menabung! Cekidot.

1. Stop membeli barang yang tidak dibutuhkan

Utamakan membeli barang yang benar-benar dibutuhkan. Memilah-milah ini sih perlu proses, karena membutuhkan egoisme tinggi yang perlu dibuang. Tapi emang susah melihat diskonan atau barang cakep, cuma sekarang usahakan saat mengalami kondisi itu tanya ama diri sendiri "Perlu gak ya gw beli ini?".
 Stop hambur-hamburin duit yaaak *LOL


2. Menulis list belanjaan dan pengeluaran setiap hari

Coba deh terapin pembukuan setiap harinya selama sebulan saja. Saya sampai nulis biaya parkir itu berapa setiap harinya loh wkwkwk. Nanti pasti kita manggut-manggut ternyata banyak banget pengeluaran yang gak penting :v. Serius :v. Nah kalau sudah kayak gitu kita jadi tahu pengeluaran apa yang perlu dipangkas ^^.



 
3. Memanfaatkan teknologi dalam mengurus pengeluaran setiap harinya

Ini misalnya mau beli token listrik, bayar pdam, beli pulsa dll. Dan usahakan beli dalam jumlah banyak, karena kalau banyak biasanya nominalnya kecil dapetnya lebih besar. Misalnya beli token 500ribu bakal dapat KWh yang lebih besar daripada beli token 100ribu selama 5 kali.


Dan selalu gunakan tabungan yang support fasilitas ini, karena selain hemat waktu transaksi melalui handphone juga lebih mudah. Hari gini tinggal modal jempol klik klik klik saja loh.
 
4. Menabung sedikit demi sedikit kemudian jadi bukit di SOBATKU


SOBATKU, apa sih itu? Di era Fintech ini kita kan memang butuh fitur menabung dengan mudah.  Taraaaaaaa, sekarang sudah ada SOBATKU yang bisa bantu kita nabung sedikit demi sedikit. Kepanjangan dari SOBATKU itu adalah Simpanan Online Sahabatku. Ini adalah produk dari Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati dari Bank Sahabat Sampoerna yang diluncurkan sejak bulan Juli 2017.


Fiturnya termasuk banyak banget, kita cukup modal nomer handphone saja untuk menabung. Yang lucu pas bikin rekening, kita kudu foto loh depan kamera sambil pegang KTP xD. Waktu registrasi buka tabungan termasuk cepat. Kemarin saya cuma butuh waktu 5 menit kurang untuk aplikasi dan diapprove tidak sampai 30 menit. Tabungannya langsung aktif pula kece kan? Bisa sambil leyeh-leyeh juga udah jadi itu tabungan SOBATKU.

Cara menabungnya juga banyak bisa transfer atau pakai saldo rekening SOBATKU teman kita. Cuma saya lebih suka kalau nabung di Alfamart atau Alfamidi karena bebas administrasi dan sekalian belanja (cari hiburan maklum emak-emak). Kan suka bingung kalau kita lagi bawa cash terus abis belanja masih ada sisa? Masukin saja ke tabungan SOBATKU sisa cashnya itu. Kan itu juga nabung jadinya :D. Gak kerasa, tapi sisa duit belanjaan itu bisa jadi banyak nantinya. Nanti kalau udah banyak sampai maksimal 20juta (maksimal tabungan SOBATKU) bisa dipindahin ke investasi lainnya ^^. Tenang, SOBATKU gak ada saldo minimal kok jadi bisa diambil semua.
 
Selain itu, di SOBATKU juga bisa beli pulsa, bayar listrik, bayar pdam dan yang pasti kalau kita rajin menabung bakal dapat poin untuk menangin grand prize 100 juta rupiah dari SOBATKU. Eh 100juta? Banyak amat yak?

Eh beneran untuk tabungan dibawah 500ribu saja per 50 ribunya dapat 10 poin. Makin besar makin banyak loh poinnya. Kalau 1 juta berarti dapat 600 poin dong! Kesempatan menangnya besarrr kalau rajin menabung.

Kayak kemarin, saya hadir di pengundian Grand Prize 100juta SOBATKU tanggal 19 Januari 2017 di gedung Sampoerna Strategic Square. Ini adalah kali kedua SOBATKU mengadakan undian Grand Prize 100 Juta. 

 Cuma modal jempol saja loh

Dibuka dengan penampilan musik, penampilan magician kemudian pengundian pun dimulai. Banyak kemarin yang dapat seh, mulai 100 ribu rupiah sampai 100 juta rupiah. Jadi ikut deg-degan pas diundi, yakali saya menang *namanya juga usaha :p. 

Bapak Ceppy Y Mulyana sebagai Ketua KSP Sahabat Mitra Sejati menyatakan bahwa dengan SOBATKU cukup modal jempol, semua bisa nabung dan semua bisa menang setiap bulan. Undian SOBATKU ini bukan hanya tiga bulan sekali loh, tapi setiap bulan juga ada pengundiannya. Malah nanti 3 bulan mendatang akan ada ibadah umroh untuk 4 pemenang. Duh, moga saya yang menang Umrohnya. Ketik AMIN spasi Echa yaaaa *LOL.

 

 
 Blogger yang hadir. 
Thank you Blogger Perempuan undangannya

Ini pemenang 100jutanya. Ya ampun itu duit segede itu kalau saya yang dapet mau beli apa yaaaa

Oh ya, aplikasi SOBATKU ini gratis bisa didownload untuk pengguna IOS dan android. Eh iya jadi ingat. Kemarin saat acara Grand Prize, saya ikutan kuis dari Magician yang tampil. Trus pas disuruh buka kertas, ternyata dapat 1juta. Dih gimana gak mencak-mencak seneng itu. Pikiran buat bayar uang sekolah udah terbayang. Alhamdulillah. Tapi sayang ternyata itu cuma permainan huhuhu. Nyeri hati huhuhu sedih banget. 

Yang pasti jadi pelajaran saya juga buat hati-hati kalau mau menabung kan? Salah satunya biar aman dan mudah ya nabung di SOBATKU ini, tidak perlu banyak-banyak nabungnya sedikit demi sedikit dan nanti bisa terkumpul dapat tabungan besar.


Pas di panggung ikut permainan zonk nerima duit :v 
Kamu jaharaaaa magiciannnn*kukutuk kauuuu xD



Semoga bermanfaat ya tipsnya buat ibu rumah tangga yang pengen nabung sedikit demi sedikit dan menatap masa depan cerah ceria manjah sepanjang hari. Nabung dikit untungnya banyak karena semua bisa nabung semua bisa menang. Cuma ada di SOBATKU. 

Selamat mempraktekkan dan selamat menabung :*.
Informasi lengkap tentang SOBATKU bisa buka

20 comments:

  1. aku jadi pengen juga nabung di sobatku :) gampang ya cha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang, kemaren cuma 5 menit di kereta bikinnya approvalnya hampir setengah jam keknya kalau ga salah

      Delete
  2. Jadi pingin nabung di sobatku, siapa tahu bisa menang :D

    ReplyDelete
  3. Nabungnya sediki-sedikit ya Mbak, jadi enak dong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lama-lama jadi bukit wkwkkwkw ga kerasa

      Delete
  4. Terimakasih tips nya betul sekali sebagai seorang ibu harus pandai pandai menyisihkan uang belanja untuk keperluan yang lain

    ReplyDelete
  5. Mba aku belum lama ini baru nabung di sobatku. Walau belum banyak kemarin berasa banget hematnya dan ga repot. Semua tinggal via hp aja beres.

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixi bisa sering ke Alfamart Alfamidi dong jadinya hhehehhe

      Delete
  6. Mba echaa, perbulannya kena potongan nggak sih?
    Aku lagi cari2 buat masukin dana nganggur nih tiap abis belanja. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bebas biaya administrasi mbaaa. tapi kalau mau ikutan yang undian ini kudu ada minimal saldo karena yang diitung saldo terakhir di closing bulanan. Kan lumayan abis belanja ada uang nganggur :D

      Delete
  7. Aku juga mau jadi istri dan ibu rumah tangga yang solehah dan rajin dengan menabung di SOBATKU aahh. Syukur-syukur bisa dapatin grand proze-nya.

    ReplyDelete
  8. Aku juga pakai ini si Sobatku. karena praktisnya itu plus gak ada biaya adminnya. Terlebih lagi kalo terima transferan dari bank lain :))

    ReplyDelete
  9. Tiosnya cakep neh, catet ah. Jadi harus semangat lagi nabung di Sobatku juga ya

    ReplyDelete
  10. betul itu, nabung sedikit demi sedikit lama-lama juga banyak. Ga kerasa

    ReplyDelete
  11. Tipsnya oke banget Mba, applicable untuk buibuu. Jadi makin semangat naikin saldo sobatku kali kecipratan hadiah juga di periode april :p

    ReplyDelete
  12. udah mulai nabung kan CHa? Murah meriah mudah

    ReplyDelete
  13. Sobatku lumayan handy juga ya cha..bisa mambantu banyak :)

    ReplyDelete
  14. Wahh menarik chaa, aku mau coba buka..lumayan bisa nambah dikit2..makasih yaa artikelnya..

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^