30 Ide Me Time yang Bisa Dilakukan Ibu Selama Satu Jam

ide me time


30 Ide Me Time Ibu selama satu Jam. Banyak yang bilang sama saya, "Seneng ya jadi ibu rumah tangga" atau "Enak dong di rumah saja gak ngapa-ngapain". Hmmm, yakin seneng? Yakin ibu rumah tangga di rumah gak ngapa-ngapain? Apalagi kalau nggak punya dayang-dayang (Baca : pembantu), semuanya dikerjakan gotong royong sama suami :D.


Untungnya, saya dan suami klop :v. Suami saya tipe yang bersih-bersih dan saya tipe yang rapi-rapi tapi ga suka bersih-bersih wkwkw. Suami yang masak, saya yang makan *eh. Suami yang mandiin anak, saya yang nyuci baju. Pokoknya bareng-bareng saja seh. 

Tiap hari, kesibukan saya biasanya antar anak sekolah lumayan bikin bisa menghirup udara segar di pagi hari. Tapi, kadang semua yang saya lakukan terlihat monoton. Melakukan hal yang sama setiap hari berulang-ulang selama 5 tahun terakhir ini. 

Bosen gak sih? Bosenlah, jujur amat ya saya wkwkwk. Tapi bukan berarti kita nyerah kan sama keadaan. Banyak yang lihat saya tiap hari gendong-gendong anak antar sekolah, kelihatan kunyu dan capek. Capek? Iya, apalagi pas lagi gak sehat. But, life must go on. Kalau kata tetua-tetua yang anaknya udah gede, masa-masa rempongers itu akan berganti jadi menyenangkan. Nanti kalau saatnya tiba. Tenang!

Tapi sampai kapaaaaaaaaaaaaaaaaan??? Energinya keburu habis rasanya. Ya jangan dipikir gitu, senang atau tidak kita yang nentuin bukan?

Saya sampai tanya sama ibu lain biar ga bosen gimana loh? Biar ada ide gitu mau gimana. Kadang mati gaya kudu ngapain wkwkkw. Anggap saja me time gitu. Jujurlah, pasti kadang merindukan waktu dimana bisa sendiri gak diganggu anak. Betul tidak? Saya sih iya, rinduuuu rindduuu banget kayak Dilan ke Milea #hloh.

Sebenarnya, boleh gak sih me time itu? Perlu gak sih Me Time? Kenapa Ibu-ibu suka bilang perlu Me Time? Paling tidak kepenatan yang ada perlu refreshing sekali-kali kan biar tiap harinya tidak monoton.

Me-Time” adalah waktu untuk diri sendiri tanpa kehadiran orang lain, sehingga kita bisa beraktivitas sendirian (atau bahkan tidak melakukan apa-apa). Jenis aktivitasnya bisa sangat beragam, tergantung dari mana yang membuat seseorang merasa nyaman ataupun senang (diambil dari tulisan di kompas).

Kapan Me Time perlu dilakukan? Tergantung waktunya juga seh. Ada yang bisa seminggu sekali, 2 hari sekali atau kayak saya tiap hari. Kadang ada yang butuh keluarin duit lebih banyak, tapi kadang juga bisa dilakukan di rumah.

Ini juga biar kitanya gak kena baby blues atau post partum depression pastinya :D. Refreshing sangat dibutuhkan untuk 'menyembuhkan' ini. Kalau kata orang-orang, kita perlu menjaga kewarasan. Tidak semua Ibu yang lagi sebel terus lihat senyum anak bisa meleleh dan tidak sebel lagi deh*es kali yes mleleh.

Tenang, tenang... banyak cara loh sebenarnya buat kita para Ibu-ibu yang kadang bingung mau ngapain buat me time! Mau tahu mau tahu?


Gampang kok sebenarnya me time ini, yang penting niat *hloh. Jangan lupa obrolin sama suami tentang me time yang kita butuhkan ini. Karena selain agar suami tahu kalau kita butuh refreshing, dia juga bisa bantuin buat jaga anak selama kita me time. Asyik kan? Kira-kira suaminya mau gak ya? Ya ampyun bukkkk, insyaallah maulah daripada kitanya napa-napa kan? Kalau dia gak mau gimana? Obrolin lagi dan bilang tingkat stressing mamak-mamak jaman now itu lebih tinggi. Karena itu butuh me time *pffffft.

Ini beberapa ide me time yang bisa ibu lakukan selama satu jam saja. Loh kenapa kudu satu jam? Kok nggak 2 jam, 3 jam atau bahkan seharian seperti orang-orang? Yaaaa, karena satu jam saja sehari itu cukup buat me time. Kalau kelamaan nanti balik lagi ke naluri Ibu, "Anak-anak gimana ya?" , "Bapaknya kira-kira bener gak ya pakein bajunya", atau malah ga jadi me time karena sibuk nanyain anak-anak lagi ngapain. 

Jangan berakhir 
karena esok takkan lagi 
Satu jam saja hingga kurasa bahagia
Mengakhiri segalanya (Audy)

Buk buk, bikin dirimu rileks ya satu jam saja ^^. Insyaallah lebih segar!

Ini dia 30 ide me time ala echaimutenan :


1. Manjah di salon
Jawaban terbanyak emang ini nyenengin diri ke salon. Ya nggak ya nggak ya nggak. Sejam cukuplah buat crembath, meni pedi atau potong rambut, facial. Lebih dikit gak papa, selama diijinkan suami.

2. Mandi di lamain
Percaya atau nggak, saya bisa sejam di kamar mandi. Rasanya suegerrrr gitu gosok-gosok seluruh badan trus main air sendirian. Walau pastinya ada gangguan kecil dari luar pintu kamar mandi, "Ma, sudah belum lama amat". Biasanya si kakak Raffi yang gitu wkwkwk.

3. Jalan-jalan cuci mata
Sehabis antar anak sekolah, saya biasanya putar-putar saja keliling yang deket-deket. Lumayan seh bikin rada refresh. Apalagi kalau jalan-jalan keluar kota sendiri yang masih nunggu waktu entah kapan itu terjadi uooo uoooo, pasti lebih refresh wkwkwk.

4. Belanja
Ini bisa dilakukan ke luar rumah atau di dalam rumah. Sesempetnya saja. Kadang ya, saya suka belanja barang ini itu ini itu masukin ke keranjang dan di proses. Tapi nggak saya bayar hahaha. Beneran! Iseng gitu bikin seneng hati loh #serius

Tapi belanja emang enak, walau cuma liat-liat saja sebenarnya. Apalagi kalau beli beneran kan? Saya senang ke IKEA buat belanja liat-liat saja, padahal yang dibeli cuma es krim 5ribu aja di sana kwkwkwk.

5. Ngupi cantik
Karena saya gak bisa ngopi saya nyusu coklat hangat saja. Lumayan bikin tenang dan bikin perut rada enakan kalau lagi stressing.

6. Dandan
Dah laama kan udah ga dandan cucok meong? Boleh banget tempel2 itu foundie atau lipen cetar trus diaplot di instagram. Pfffttt terlihat cantik sesekali gpp, selama tidak membuat lawan jenis yang bukan mahram berpikir aneh2 sama kita. Bagaimanapun, make up itu bukan cuma air wudhu ada bedak, pensil alis, lipen purbasari di sana.

7. Ke minimarket terdekat
Masih inget video viral empok yang pengen jalan-jalan ke alfamart? Itu beneran loh. Saya paling senang bahkan hampir tiap hari ke alfamart atau indomaret padahal cuma beli apa gitu, sari roti atau minuman teh botol. Seneng, pakai banget xD.

8. Nulis blog
Yang ini ga perlu dijelaskan ya, my blog is my self healing. Saat anak-anak tidur senengggg gitu sambil nulis hal remeh temeh.

9. Bikin DIY atau kerajinan lain
Ini juga me time saya tanpa diganggu anak-anak bikin macem-macem. Seru saja gitu kalau bisa bikinnya dan dipajang, apalagi anggota keluarga lain suka hihihi. Hampir 60% di rumah saya bikin sendiri perabotan kecilnya.

10. Ngerapiin rumah konmarian
Nata-nata baju yang berantakan, mainan yang kocar kacir atau buku-buku berserakan bikin hati adem. Karena percayalah, yang gini ini gak akan beres-beres kalau kita gak beresin :D.

11. Beli es krim
Es krim dingin ada gulanya bikin enak dan adem di hati. Ini bisa sekalian anak-anaknya juga makan es krimmmm hahaha. Sama-sama senang
 
12. Masak atau bikin kue
Buat yang hobi baking dan masak, bikin kue atau makanan itu me time. Kalau saya, mending beli aja dah makanannya xD. Bisa-bisa tambah stress liat masakan kok gak jadi-jadi atau mau bikin roti kukus ngakak jadi kukus mingkem semua -__-

13. Ngobrol ama temen lama di WA
Ingat ya teman ya (bukan mantan) jangan lainnya bisa berabe malah yang ada. Asal jangan lupa yaaaaa tahu waktu. Biasanya kalau ibu-ibu ngobrol di WA ga selesai2 :v. Yes, it happen to me *LOL.

14. Mantengin detik forum gosip atau lambe turah
Siapa yang suka liat-liat ig gosip. Mmmmm saya sering seh, cuma pengen tahu ada apa sih berita terbaru selebritis junjungan kita semua *ups. Soalnya kadang lebih lucu yang komen dari isi beritanya sendiri *serius


15. Mengaji atau mendekatkan diri pada Tuhan




16. Olahraga
Berenang, sepedaan, senam aerobik atau olahraga lain yang bikin hati senang tubuh sehat

17. Cuci baju cuci piring

18. Datang event


19. Tidur 
This is my lovely me time wkwk. Iya bener, bobok itu bikin seneng apalagi kalau gak diganggu anak kebetulan. Makanya biar bisa boci saya suka ngikut anak tidur xD

20. Karaokean

21. Makan

22. Nonton bioskop
Untuk orang introvet kayak saya, lebih seneng nonton sendirian daripada rame-rame. Entahlah seneng aja gak keganggu macem-macem. Nonton Dilan 1990 yang belum ini

23. Baca buku sambil minum susu atau kopi

24. Berkebun

25. Nonton TV film favorit tanpa harus berebut remote tv sama anak

26. To Poto Selfie

27.  Liatin album-album foto keluarga dan teman, asal tidak terjebak kenangan

28. Menghambur-hamburkan uang buat macem-macem
Misalnya mulai dari belanja, makan atau ke salon dalam satu jam lebih dikit gitu. Lumayan bikin kita sumringah loh.Tapi ini jangan sering-sering, bisa habis uang bulanan kita nanti :v.
29. Mainan sama hewan kesayangan
Saya suka main sama Cucuth kalau lagi bete dan gak pengen diganggu siapa-siapa. Lucu aja main sama si kakek Cucuth, sukanya dielus-elus perutnya hihihi. Jadi bikin ketawa kan?

30. Diem aja nggak ngapa-ngapain wkwkwk

Bengong itu menyenangkan loh, ga mikirin apa-apa ga ngapa-ngapain. Dalam sejam bengong doang bikin pikiran rada kosongan dan biasanya langsung tidur.

Gampang kan me time itu? Selama dikomunikasiin sama suami dan tidak mengambil waktu banyak kita buat keluarga, biasanya sih diperbolehkan hihihi. Nanti kita akan bangun dengan hati senang dan rutinitas sehari-hari jadi lebih semangat.

Hmmm, ada yang belum disebut dari macam-macam ide me time diatas? Boleh loh sharing di sini :*. Biar kita tahu harus bagaimana sih agar tidak monoton dan lebih  fresh dalam menjalankan peran sebagai Ibu.

Ditunggu sharingnya ya dan selamat Me Time, Momma's :*. Muah

Jangan berakhir 
kuingin sebentar lagi
Satu jam saja 
Ijinkan aku merasa 
Rasa itu pernah ada (Audy)

17 comments:

  1. Wuah... Banyak ya yang bisa dilakuin. Kalo aku, me time favorite itu SAREEEEE. :))))

    ReplyDelete
  2. Tidur itu me time aku banget mba hahaha

    ReplyDelete
  3. Masak,bikin sesuatu di dapur tanpa ada yg ganggu itu sesuatu banget..me time bangetlah hehe

    ReplyDelete
  4. Kalau aku baca komik sama nonton drakor. Masak juga suka, sekalian bikin cilok favorit.

    ReplyDelete
  5. belum bisa me time kalo masih dekat ama anak, hihihi

    ReplyDelete
  6. Hampir banyak samanya Cha kita

    ReplyDelete
  7. Mba ca, me time sesungguhnya para ibu klo buat aku dirumah. Benar semua nih yang mba ca bilang, dirumah pun banyak banget kegiatan yang bisa jadi me time. Simple yang nge teh cantik sambil makan pisang atau tempe goreng kalau buat aku. Udah enak banget hehehe

    ReplyDelete
  8. Mandi dilamain ini nih asikk, tapi baru masuk kamar mandi aja udah ditreakin anak wkwk

    ReplyDelete
  9. Me time yang asik semua, patut dicoba nih. Salah satunya udah sih.

    ReplyDelete
  10. Aku gagal fokus sama picturenya. Gmn bikin itu mbak e. So far sih me time ya bobo, baking, ke indomaret. Yang lainnya itu tugas negara hehehe.

    ReplyDelete
  11. Stikernya lucu-lucuuuuuu

    Me time andalanku saat bokek nggak bisa nyalon atau belanja belanji adalaaah makan (boleh Indomie atau camilah lain) sambil nonton film. Surgaaaa. Hahahaa

    ReplyDelete
  12. Hampir semua me time nya samaaa, nonton drakor masuk nggak mbak? No berapa ya tadi? Apa aku yg kelewatan ya

    ReplyDelete
  13. Tidur me time terbaik, udah lupa kapan terakhir mandi bisa lama2

    ReplyDelete
  14. Me time-ku sekarang ikut kelas apa aja diluar rumah Mbak Echa. Otak rasanya refreshing banget. Padahal sebulan paling sekali doank

    ReplyDelete
  15. Lagi suka ngisi me time dgn menjahit...jahit yg lurus2 aja sih heheh

    ReplyDelete
  16. Me time favoritku tiduuuuur hehe, minimal baring2 aja di kasur ngilangin capek kalo nggak bisa tidur :D

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^