Bermain dan Mengenalkan Al Quran Sejak Dalam Kandungan


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.” (QS. At Tahrim: 6).



يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.” (QS. At Tahrim: 6).


Sumber : https://rumaysho.com/4959-pendidikan-agama-sejak-dini.html
Dulu waktu saya pertama kali tahu kalau hamil, yang pertama saya lakukan adalah buru-buru download murrotal Juz 30. So silly? Nggak juga seh. Karena saya ingin anak saya mulai mengenal Tuhan sejak di dalam kandungan. Ada sahabat saya pernah berpesan, mb Haya, nanti kalau hamil jangan lupa memperdengarkan surat-surat Al Quran ya. Insya Allah nanti anak akan lebih mengenal Allah. Kalau ada yang pernah ke rumah saya, hampir seharian itu murrotal di setel bolak-balik. Dan hasilnya bener, paling tidak si Kakak mulai hafal beberapa surat pendek dan bacaan sehari-hari.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.” (QS. At Tahrim: 6).


Sumber : https://rumaysho.com/4959-pendidikan-agama-sejak-dini.html

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.” (QS. At Tahrim: 6).


Sumber : https://rumaysho.com/4959-pendidikan-agama-sejak-dini.html


Tapi memang benar seh, memperdengarkan lantunan ayat-ayat suci Al Quran terasa adem rasanya. Apalagi kalau saat kita hamil, janin akan merespon positif apa yang sering dia dengar. Kita bisa mengajaknya bermain sambil mengenalkan Al Quran sejak di kandungan.

Baca juga

Yah, ini kan salah satu bentuk ikhtiar orang tua agar anak bisa mengenal Allah lebih dekat. Yang diharapkan anak menjadi anak-anak yang soleh. Mengenalkan Al Quran ini kan agar anak cerdas intelektual, emosional dan spiritual. Simpel kan harapan orang tua itu?

Dan ternyata mengajak anak bermain dan belajar mengenal Tuhan itu perlu dukungan orang tua yang pro aktif. Dimana orang tua tetap harus mendampingi dan mengemas mengenal Allah menjadi aktifitas bermain yang menyenangkan.

Btw, kemarin saya datang ke peluncuran Hafiz Junior di Toys Kingdom. Sudah ada yang tahu tentang Hafiz Junior belum? Bukan, ini bukan coboy junior xD. Tapi mainan yang bisa membantu orang tua mengenalkan  Al Quran sejak dini.


Setahu saya, selama ini Hafiz Doll (versi kakak Hafiz Junior) selalu dijual melalui reseller atau agen. Kita bisa membeli dengan cash, cicilan bahkan arisan lewat para reseller yang ada dari Sabang sampai Merauke. Dan sekarang seri Hafiz ini sudah bisa kita langsung beli di Toys Kingdom loh. Jadi kita gak perlu bingung-bingung nunggu pesanan dan langsung bisa milih pula.
 

Pihak Toys Kingdom menyambut baik kerjasama ini. Karena sebagai salah satu penjual mainan anak terbesar di Indonesia, Toys Kingdom menjadi terasa lengkap bila menjual seri Hafiz ini buat masyarakat. Diharapkan dengan adanya seri Hafiz di Toys Kingdom, orang tua dan anak lebih mudah menentukan pilihan mau membeli yang mana dan anak lebih cepat bisa dikenalkan dengan Al Quran. Enaknya juga kalau sekarang kita beli Hafiz Junior di Toys Kingdom, kita bakal dapat bonus mushaf 30 juz loh. Mayan banget kan.




Kenapa harus beli Hafiz Junior?

Menurut Mbak Belinda, selaku psikolog, co-founder Klinik Psikologi Rainbow Castke dan co-founder markas main edukatif EL-SKal Indonesia, bermain dengan anak sejak usia dini ini sangat penting. Karena anak memerlukan pengalaman langsung dan nyata dalam memahami suatu hal. Selain itu, bermain juga akan membuat anak merasa senang karena bisa bereksplorasi dengan menggunakan indera dan anggota tubuhnya.



Dalam memilih permainan yang pas, salah satu rekomendasinya adalah Hafiz Junior. Soalnya bisa digunakan dalam berbagai tahapan pertumbuhan anak. Sejak dalam kandungan, kita memperdengarkan murrotal ayat-ayat indah Al Quran. Saat persalinan, kita juga bisa dibantu mendengarkan ayat menemani proses kelahiran bayi. Begitupun saat bayi lahir, Hafiz Junior ini bisa diletakkan didekat bayi sambil didengarkan.

Ketika bayi mulai bisa memegang benda, kita juga bisa membantu dia memegang hafiz ini dan bermain tekan-tekan tombol. Lama-lama, anak akan hafal semua isi hafiz loh. Karena memang media pendengaran itu akan membantu merangsang otak anak mengingat apa yang orang tua pernah ajarkan ^^.

Bener juga seh, saya sendiri sekarang merasakan manfaatnya pada kakak Raffi. Seperti di awal tulisan saya tulis, paling tidak dia hafal beberapa surat dan doa-doa sehari-hari.


Pilih seri Hafiz yang mana?


Ada beberapa seri Hafiz dari Al Qolam yang saya tahu, yaitu Hafiz Doll, Hafiz Junior dan Smart Hafiz. Lebih suka yang mana? Kalau saya yang jawab sih, semua suka hihihi. Kalau smart Hafiz bisa ada visualnya, kalau Hafiz Doll bisa belajar 30 Juz dan yang terbaru adalah Hafiz Junior. Yang memang lebih simpel dan lebih kecil ukurannya. Tapi untuk saya, punya Hafiz Junior sudah cukup Juz 30 untuk hafalan sehari-hari.

Yang seru dari Hafiz Junior ini, bentuknya tidak monoton. Ada beberapa profesi yang bisa digunakan untuk anak berimajinasi cita-cita, seperti dokter dan pilot. Pas saya tanya pada Raffi, suka yang mana dia langsung menjawab PAK POLISI KOK GA ADA. Hahaha, pengen bener ya jadi polisi ya, Nak?. Kedepannya, Hafiz Junior ini akan diproduksi beberapa profesi lainnya, semoga sesuai keinginan Raffi polisi juga ada versinya. Malah saya sempat lihat disalah satu reseller Al Qolam, Hafiz  Junior ini ada yang model superhero (soon seh kayaknya).


Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera ke Toys Kingdom dan mulai kenalkan anak sedini mungkin dengan Al Quran. Semoga anak-anak kita termasuk anak yang dimuliakan Allah. Selamat memilih Hafiz Junior :*

8 comments:

  1. saya udah ikut arisannya mba Echa :D

    ReplyDelete
  2. Asyiiik niih, mainan anak sekarang canggih-canggih... Sayang anakku sudah besar2, kalau dulu ada pasti sudah kubeli deh hehe..

    ReplyDelete
  3. Jadi gampang banget y mba, ngajarin anak menghapal Al-Quran

    ReplyDelete
  4. Raffiii Raffaaa senangnya ya belajar menghafal Alquran sejak dari bayi. Anak sholeh semuanya. :* Btw, Uthon juga nyari Hafiz Junior yang polisi hahahaha.

    ReplyDelete
  5. Emang pengenalan spiritual harus sejak dini yaa.

    ReplyDelete
  6. Iya mengena anak dengan Al Qur'an sebaiknya sejak dalam kandungan ya biar anak cinta Allah dan Rasul-Nya, adem juga emosi Bumil :)

    ReplyDelete
  7. Kami sepakat harus mengenalkan Al Quran sejak dini bund, cuma kami punya prinsip, lebih suka anak menghafal dengan ayah bundanya.. agar bonding antara orang tua dan anak lebih terbentuk. IMHO

    ReplyDelete
  8. nah ini aku lagi nabung mba semoga bisa punya ortu mana sih yang ga pengen anaknya hafal Al-quran y mba

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^