Tas Original dan Bajakan, Mana yang Lebih Menguntungkan?



Semua wanita tentu senang membeli tas. Sayangnya, rasa bingung seringkali muncul saat memilih antara tas branded atau bajakan. Pastinya pada milih tas original kan? Walau mahal, tas branded memiliki keunggulan dibandingkan yang tas bajakan. Membelinya pun tidak perlu jauh-jauh ke tempat khusus, kita bisa memanfaatkan teknologi internet.



Jangan beli tas wanita bajakan, ini kerugian yang bakal diterima kalau tetap nekat!

Banyak orang yang senang beli barang bajakan karena harganya yang murah. Tapi ternyata rugi loh beli barang bajakan. Berikut ini alasan mengapa membeli produk bajakan bukan hal baik, alasannya…

  • Pembajakan merugikan produsen asli. Hal ini jelas melanggar hak cipta, sehingga merugikan dalam segi keuangan.
  • Konsumen ikut dirugikan dari sisi kualitas barang. Kita tidak mendapatkan garansi dari produk tersebut.
  • Pemerintah ikut merugi dari sisi penerimaan pajak. Alasannya, pembajakan tidak tercatat di dinas perpajakan.
  • Beberapa barang bajakan menjual dengan harga jutaan, tidak jauh dari harga aslinya. Hal ini tentu sangat merugikan kita sebagai konsumen. Mending beli asli daripada bajakan kalau harganya hampir sama.
  • Buruk bagi perkembangan investasi Indonesia ataupun dunia. Apabila dilihat lebih jauh, industri barang bajakan akan memengaruhi perekonomian global.

Say NO ya ke merk bajakan

Bila bagimu tas brand internasional terlalu mahal, kamu bisa membeli brand lokal asli. Selain harganya lebih terjangkau, kualitasnya pun setara.

Kisah sukses brand tas wanita branded lokal
Ada satu brand tas wanita lokal yang lagi naik daun. Namanya Koesoema Bags. Brand ini berasal dari Yogyakarata dan berdiri sejak 2010. Nama awalnya Vint Onlineshop, namun diganti pada tahun 2014. Nama Koesoema sendiri digunakan karena pemilik dan istrinya memiliki nama yang sama, Kusuma.

Pada awalnya, pemilik mencoba berjualan tas milik toko orangtuanya secara online. Kedua orangtuanya telah berjualan di Malioboro sejak 1990 hingga pengalaman berjualan diwariskan pada pemilik Koesoema Bags. Brand Koesoema semakin berkembang, serta terus melakukan inovasi produk.

Koesoema Bags fokus memproduksi leather bag handmade. Terkadang mereka juga menggunakan bahan kain dan benang rajut. Merek ini juga menjual produk kerajinan lain seperti dompet serta aksesoris. Koesoema Bags telah memiliki gerai sendiri di Jalan Taman Siswa No. 12, Wirogunan, Mergangsan, Kota Yogyakarta. Meski begitu, brand Koesoema juga memasarkan produknya secara online.

Toko online tas wanita yang hanya menjual produk original dan branded
Koesoema Bags ternyata ikut memasarkan produknya di salah satu marketplace online. Namanya Qlapa.com. Pemilik Koesoma Bag bilang bahwa situs ini telah meningkatkan penjualan produknya.

Gak cuma merek Koesoema saja, ternyata ada ratusan pengrajin lain yang berjualan di sini. Jelas saja situs ini diminati banyak pengrajin soalnya reseller ternyata gak bisa jualan. Jadi, selain persaingannya lebih kecil buat penjual, harga yang ditawarkan juga relatif terjangkau. Hal ini bisa jadi karena rantai pasarnya pendek.

Situs ini ternyata menjual barang lokal, dibuat langsung oleh pengrajin. Macam barangnya pun beragam,  ada tas wanita, perabot hingga pakaian.

Nah, di sini kamu bisa menemukan brand original hasil pengrajin lokal. Kualitas barangnya pun terjamin. Untuk harga, ternyata ragamnya begitu bervariasi. Saya bisa menemukan item dengan harga terjangkau. Uniknya lagi, tersedia fitur kustomisasi yang memungkinkanmu memesan produk sesuai keinginan.

Cara ini bisa jadi solusi untuk kalau kamu juga lagi kebingungan mencari barang original. Daripada pakai bajakan, lebih baik kita dukung industri kreatif pengrajin lokal deh.

 Tas wanita batik tulis jinjing di Qlapa.com
  
Tas wanita ini menarik perhatian karena bentuknya yang stylish
Ada sebuah tas kulit yang modelnya unik dan stylish. Pertimbangan untuk membelinya muncul karena kebutuhan tas wanita untuk jalan-jalan santai.

Produk tersebut berbentuk persegi empat melebar ke samping. Bahan terbuat dari kulit dengan warna coklat kehitaman. Tali berjumlah ada dua, yang pendek dan panjang (160 sentimeter). Jadi, punya dual fungsi, bisa dijinjing dan bisa juga jadi sling bag. Nah, di bagian tali kecilnya, ada hiasan yang juga terbuat dari kulit. Tali panjang bisa dilepas pasang karena ada pengait besi di ujungnya. Lucu banget deh.
cakepppppp

Tas ini punya kantung bersleting di bagian dalam sehingga bisa digunakan untuk menyimpan benda kecil. Oiya, motif kain bagian dalamnya juga berupa bunga-bunga seperti yang ada di dalam adult coloring book. Unik banget!

Testimoni pembeli tas wanita handmade di toko online Qlapa
Kita harus hati-hati dalam belanja online. Sebelum membeli, perlu pengecekan kolom testimoni pembeli. Ternyata, respon pembeli sebelumnya rata-rata baik dan banyak yang memberikan bintang lima.

"Untuk yg kedua kali beli tas wanita di Qlapa.com. Puas dengan produknya. Bahan kulit pull up yg ringan dan dapat dipakai setiap hari. Kebanyakan tas kulit sudah berat belum diisi. Aku suka model kulit klasik, ringan dan keren bila dibawa kemana mana. Terimakasih ya,” kata Meity Triana.

Sementara itu Diana Setyawati mengatakan, "Bagus. Kokoh, saran, diberikan bonus produk utk perawatan tasnya /bahan kulit”. Tas pilihan Diana terbuat dari bahan berkualitas dan modelnya pun sangat kekinian.

Jadi, masih mau beli tas bajakan? Gak deh ya! Mending tas original apalagi yang handmade, lebih tenang pakainya. Selamat memilih tas :*.

9 comments:

  1. Aku sendiri lebih suka pake produk-produk lokal yang berkualitas ketimbang barang KW :D

    ReplyDelete
  2. Kalau mau beli tas online takut di-kw in emang yaa, jadi harus jeli memang.

    ReplyDelete
  3. Aku juga say no untuk bajakan, mending beli tas yang lokal aja kalau gak bisa beli tas import yang mahal :D

    ReplyDelete
  4. uda lama ga beli tas kebanyakan dikasih *emak2 gretongan hahaha..
    boleh nih dicoba produk di qlapa.com pengen belanja tas tapi suka bingung makenya :D

    ReplyDelete
  5. kalo saya sih lebih suka beli yg ori walaupun merknya ga begitu terkenal daripada beli yang kw-an.

    ReplyDelete
  6. beli yang asli selalu! sesuai selera dan kemampuan..jangan maksain yaaa cha

    ReplyDelete
  7. Iya aku juga pilih produk dalam negeri asal ori, mbak Cha.
    Malu aja sih kalo pake yg kw, mau murah pun teteeeep :D

    ReplyDelete
  8. Lebih baik pilih tas yang murah tapi asli dari pada kejebak sama harga yang mahal tapi kw

    ReplyDelete
  9. Tas2 handmade emang lbh oke, selain udah pasti ori, biasanya unik2 desainnya dan harga terjangkau plus awet juga, drpd kw 😅

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^