Yuk Wujudkan Anak Generasi Maju!


Setiap orang tua pasti ingin melakukan yang terbaik untuk anaknya. Begitupun saya dan suami yang selalu berusaha agar anak-anak lebih maju dan sukses dibanding kami. Segala cara kami lakukan termasuk memenuhi asupan nutrisi, stimulasi dan edukasi untuk buah hati tercinta.

Tapi susah-susah gampang sih emang ya walau harus dijalani hehehe. Tapi upgrade ilmu mah kudu kan? Seperti kedatangan saya ke acara Dukung anak generasi Maju. Perlu diketahui, kalau saya sendiri bisa berhasil mengASI selama 2 tahun pada semua anak-anak saya. Walaupun pro ASI, saya juga perlu akan selalu mendukung berbagai kegiatan positif. Salah satunya program Sahabat Generasi Maju SGM Eksplor ini pada tanggal 18 April 2018 di Kaffeine Cafe, Jakarta, kemarin.

Ejiye anak generasi maju. Kumaha caranya? Paling tidak ada beberapa poin yang bisa kita perhatikan dalam mendidik anak. Mulai dari edukasi, stimulasi, support lingkungan sampai nutrisinya. Susah tidak membuat anak menjadi salah satu anak generasi maju? 


Sebenarnya seperti apa sih anak generasi maju itu? Ini 5 potensi anak-anak generasi maju seperti yang disampaikan oleh pembicara pertama Anna Surti Ariani, S.Psi.,M.Si. 
1. Tumbuh tinggi dan kuat
2. Percaya diri
3. Cerdas Kreatif
4. Mandiri
5. Supel

5 potensi ini harus diasah sejak dini dan disesuaikan dengan tahapan usianya dengan memperhatikan aspek fundamental seperti aspek sosial, fisik, kognitif, emosi dan bahasa. Bila orang tua menstumulasi aspek tumbang ini dengan baik, maka potensi anak generasi maju akan terwujud.



Selain itu menurut Dr. Capri Anjaya, Spd. M.Hum, salah satu kunci kemajuan Indonesia adalah kualitas anak saat ini. Sehingga perlu dukungan banyak pihak untuk sadar akan pentingnya pendidikan bagi anak di segala lapisan masyarakat. Karena semua anak berhak pintar dan semua anak berhak mendapatkan yang terbaik untuk hidupnya.

4 C dalam pembelajaran itu ada communication, collaboration, creativity dan critical thinking. Dan ini yang akan membentuk anak menjadi generasi maju Indonesia. Dengan dukungan faktor lingkungan seperti orang tua, sekolah, guru, dll dalam masing-masing perannya sebagai pendidik, maka anak akan terdidik sebagai mana mestinya tanpa harus kehilangan masa kanak-kanaknya.

Kemarin saya sempat bertanya tentang kapan waktu terbaik untuk kita masukkan anak di PAUD atau sekolah. Ibu Anna Surti dan Dr Capri menjawab, dengan tantangan kurikulum saat ini kita sebagai orang tua harus pintar-pintar dalam memilih sarana pendidikan untuk anak. Usahakan lebih bijak dalam memilih sekolah yang tidak memaksakan anak untuk belajar keras sebelum waktunya. Karena saya sendiri jujur kadang anak saya yang TK sudah disuruh belajar baca :v. Dan ternyata SD itu harus sudah bisa baca anak-anak. Hikz. 



Selama 60 tahun, SGM Eksplor mendukung orang tua mencapai generasi maju. Dan tahun ini ada Festival Sahabat Generasi Maju sebagai dukungan pentingnya pendidikan. Kampanye ini meliputi pemberian modul pendidikan untuk 100 PAUD di seluruh Indonesia, activity cerita potensi anak di Facebook dengan hadiah beasiswa total 1 milyar dan nanti ada perayaan puncak di Hari Anak Nasional. 



Btw, jangan lupa untuk ikutan activity di Facebook Aku Anak SGM ya. Ini mulai dari 19 April-10 Juni 2018 loh, hadiahnya beasiswa senilai total 1 milyar untuk 25 pemenang. Kita tinggal upload foto dan ceritakan potensi anak dalam berbagai bidang. Tidak perlu yang wah kok, yang sederhana juga bisa ^^.

Enak gak dek susunya?
Eaaa

Sebenarnya kalau ngomongin susu, Raffi bukan peminum susu formula. Tapi beberapa kali (karena lihat temannya), Raffi minum susu UHT SGM Aktif. Yah, kemasan siap minum gini kan memang paling gampang :D. Lumayanlah buat bekal kalau bepergian dan les. Ada rasa coklat dan vanilla, kebetulan Raffi suka yang coklat hehehe. Yah, saya mah apa sih yang gak diberikan asal anak senang hehehe. Asal jangan lupa gosok gigi dan minum air putih setelahnya.

Pemberian ASI eksklusif sampai 6 bulan dan dilanjutkan pemberian ASI sampai 2 tahun sangatlah penting. Yang pasti, 6 bulan anak masuk masa MPASI dan harus dipegang sama orang tua kalau yang penting itu adalah makan. Jadi asupan makanan yang harus diperhatikan bukan banyaknya susu yang dikonsumsi^^. Saya yakin orang tua hebat yang baca tulisan saya mengerti yang terbaik untuk anaknya.

Jadi sudah siapkah kita untuk mendidik anak menjadi generasi maju penerus bangsa? Jawabannya ada ditangan kalian semua. Yang penting selalu semangat memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anak kita. 

Semoga bermanfaat :*

5 comments:

  1. Dengan SGM Explore, anak menjadi berkualitas dalam berfikir serta mendukung orang tua agar anaknya mencapai generasi maju di indonesia........

    ReplyDelete
  2. Ke dua anak saya juga minum asi selama dua tahun ful, selanjutnya baru saya kasih susu formula :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting makannya mak susu itu tambahan saja :*

      Delete
  3. Semoga anak-anak Indonesia semakin pintar dan cerdas sehingga kelak diharapkan bisa membawa Indonesia lebih baik lagi.

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^