5 Cemilan Praktis untuk Toddler




Data Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 menyebutkan kalau 93,5% penduduk berusia di bawah 10 tahun, tidak mengonsumsi sayur dan buah sesuai anjuran. Harusnya untuk anak balita dan usia sekolah dianjurkan WHO mengkonsumsi sayur dan buah sebanyak 300-400 gram per hari. Dan orang dewasa 400-600 gram perhari dengan sayur lebih banyak porsinya sebsar 2/3 bagian.

Hmmmm, siapa di sini yang benar-benar mengkonsumsi sayur dan buah sesuai ketentuan WHO? Ada?

Jujur, saya sendiri nggak. Entahlah, kadang saja kalau pengen makan sayur dan buah. Tapi untungnya anak-anak saya suka sama sayur dan buah, karena saya tahu itu sangat penting untuk gizi seimbang buah hati kesayangan. Tidak tahu kenapa, rasanya anak-anak memang hampir tidak pernah GTM atau menolak makan selama ini. Kecuali lagi sakit, jadi buka mulut saja malas. Cuma kalau disuruh makan biasanya mau-mau aja. Makanya mau nyediakan apa saja di meja pasti ludes.

Eh tapi beda anak memang beda sih ya. Rata-rata teman-teman si Kakak kalau disediakan makan buah atau sayur( Ini apalagi), pasti nolak atau gak mau. Pasti susah juga minta makan buah dan sayur ya, padahal itu penting buat tumbang anak.

Biar lebih paham tentang pentingnya makan buah dan sayur, saya hadir di acara Milna Nature Delight “Cara Mudah Makan Buah untuk Si Kecil” di Kaffeine, Jakarta, tanggal 5 Mei 2018.  Ya ampun ada gitu cara mudah makan buah buat anak? Yang gak pakai drama tentunya?


Oh iya, acara ini diselenggarakan oleh MILNA Ahlinya Makanan Bayi persembahan Kalbe Nutritionals. Pasti sudah cukup familiar ya sama brand produk makanan bayi satu ini? Pastinya ya. Saya sendiri sudah cukup lama mengenal Milna. Dan ternyata sudah 31 tahun loh, Milna hadir membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak Indonesia.

Hadir sebagai pembicara Dr. dr. Conny Tanjung, Sp.A(K). Beliau menjelaskan tahapan asupan makan  awal anak menurut anjuran WHO. Pasti sudah pada hafal dengan 1000 HPK kan? Nah, cara kita memeberi asupan makan juga akan sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak terutama di 1000 HPK. Apa sajakah asupan makanan awal untuk anak itu?

1. IMD sesaat setelah melahirkan
2. Pemberian ASI Eksklusif sampai 6 bulan
3. Memberikan MPASI saat 6 bulan tepat waktu dengan aman, kandungan nutrisi seimbang dan diberikan dengan cara yang benar.
4. Melanjutkan ASI hingga 2 tahun saat masuk masa MPASI


Okelah saat masa menyusui masih pada santai, kalau sudah masuk masa MPASI biasanya ibu-ibu suka putar otak harus bagaimana menunya, teksturnya, asupan gizinya, 4 bintangkah atau berpikir anak doyan atau tidak ya? Tidak jarang, kita membuat jadwal menu dalam sebulan untuk MPASI anak.

Yang pasti, apapun asupan makanan yang kita berikan di awal MPASI ini akan membuat anak menerima makanan yang sama hingga dewasa nanti. Memperkenalkan rasa baru setiap harinya akan membuat anak mengenal banyak rasa dalam otaknya. Jadi, kalau kita sering memberikan anak makanan sayur dan buah biasanya anak akan doyan sayur dan buah nanti. Jadi ibu-ibu jangan keder saat masa MPASI ya? Misalnya ditolak menu makanan MPASI yang sudah dibuat dengan berjibaku, coba lagi lain waktu ya. Jangan patah semangat, karena makanan sehat gizi seimbang sangatlah anak butuhkan, termasuk buah dan sayur di dalamnya.

Terus kalau sudah toddler bagaimana asupan makannya? 

Yang pasti semenjak MPASI, anak itu harus belajar makan. Apalagi setelah 2 tahun, makan adalah yang utama bukan susu lanjutan dll. Makan, makan, makan dan ini semua demi pemenuhan angka kecukupan gizi anak sehingga tumbuh kembang anak optimal. 

Contoh menu makan

Cara Mudah Makan Buah


Menurut Bapak Christofer Samuel Lesmana, Brand Manager Milna, kali ini Milna meluncurkan Milna Nature Delight sebagai salah satu solusi cara mudah makan buah untuk anak. Dikemas dalam bentuk pouch dan bentuknya berteksur puree, Milna Nature Delight 100% buah Asli, Tanpa Bahan Pengawet, Tanpa Penambahan Gula, dan melalui proses Advanced Pasteurization Technology.

Milna Natural Delight merupakan fruit puree jadi bisa untuk memperkenalkan rasa buah dan sayur sejak dini. Ada 3 varian rasa yaitu Carrot Apple Pumpkin, varian Banana Strawberry Apple dan varian Apple Peach.  Btw, saya dan anak-anak suka yang varian Banana, Strawberry, Apple. Dan Milna Natural Delight ini enak dimakan saat dingin. Lebih sedap rasanya.

Kalau saya lihat bentuk pouchnya gampang dipegang anak-anak dan karena bentuknya kecil jadi praktis untuk dibawa kemana-mana. Pas ya apalagi tar lagi mudik lebaran butuh banget makanan yang siap siaga langsung bisa dikonsumsi anak-anak. 


Seperti tadi saya ceritakan, sejak Kakak Raffi dan dilanjut pada Raffa, Milna sudah membantu memenuhi nutrisi anak-anak. Walau saya termasuk tipe ibu dengan MPASI rumahan, Milna tetap ada untuk jaga-jaga. Seperti Milna bubur bayi, selalu sedia untuk sewaktu-waktu bila diperlukan. Walaupun dalam penggunaannya sangatlah jarang, anak-anak makan MPASI buatan saya kebanyakan. Paling yang sering adalah Milna biskuit bayi, karena lumayan buat cemilan anak karena biskuitnya lumer di mulut.

Menginjak 1 tahun barulah saya mulai sedia produk Milna lainnya. Seperti Milna toddler biskuit, dan puding Milna. Dan sekarang ada Milna Nature Delight yang bisa dimakan saat waktu cemilan anak.

Kakak Raffi dan Milna

Milna Nature Delight ini bisa mulai dikonsumsi sejak umur berapa?

Kalau lihat dari petunjuk penggunaan di kemasan, Milna Nature Delight ini diperuntukkan untuk usia 1-5 tahun. Karena kalau di bawah 1 tahun kan baiknya tanpa gula garam. Tapi semua kembali ke Ibu masing-masing ya ^^. Kalau saya kebetulan yang tidak memberikan gula garam pada anak di bawah 1 tahun.

Oh iya, misalnya belum habis bisa ditaruh di kulkas ya. Maksimal 2 x 24 jam masih layak dikonsumsi anak.



Tekstur Milna Nature Delight bagaimana?

Karena diklaim sebagai fruit puree, saya langsung ubek-ubek foto MPASI anak-anak. Setelah saya bandingkan, bentuk puree-nya memang untuk tekstur awal MPASI anak. Tapi karena ini saya konsumsi pada Raffi Raffa yang notabene sudah setahun keatas semua umurnya, jadi tekstur puree saya anggap seperti tekstur jus kan? Tentunya dengan kekentalan berbeda, lebih kental tekstur puree Milna ini pastinya. Jadi kelihatan lebih banyak kan kandungan buah dan sayurnya? Hehe. Multifungsi ya Milna Nature Delight ini:*. 


Menu Cemilan Praktis untuk Toddler


Ini 5 menu cemilan praktis untuk toddler yang bisa dicoba menggunakan Milna. Saya memang tidak menggunakan Milna dalam baking. Karena menurut saya, kandungan buah dan sayur bakalan berkurang. Terus jadi waktu lama dong kalau ngebaking gak praktis lagi hehehe. Tapi jangan salah, cemilan buat anak ini tetap mudah dibnuat dan menyenangkan lohhh. Pasti ludesss.


1. Jus

Raffi dan Raffa ngejussss

Buat anak yang sudah gede, biasanya kalau makanan lembek bentuk puree suka gak mau kan? Nah tapi kalau bentuknya jus beda lagi ceritanya. Doyan banget kan. Apalagi pakai Milna Nature Delight, bisa langsung diminum dan tidak perlu ditambah pemanis, anak-anak saya suka. Jadi saya bilang ke anak-anak ini bukan bubur atau puree, tapi jus. Makanya mereka suka makannya, sampai suap-suapan #halah.

Oh iya, kemarin waktu acara saya minum Milna Nature Delight ini. Lah dalah ternyata perut rasanya kenyang banget, sampai pas waktunya makan siang ngambil makannya dikit saja. Ternyata emang mengenyangkan.

2. Pisang Segar Siram


Cara membuatnya gampang banget. Tinggal potong-potong pisang yang cukup matang, lalu di atasnya tinggal dikasih Milna Nature Delight saja. Makannya dingin-dingin, anak-anak pasti suka. Untuk toppingnya, bisa juga ditambah keju atau meises di atasnya.


3. Puding Vlacious


Di rumah, cemilan yang wajib dibuat adalah puding. Jadi hampir setiap hari, anak-anak makan puding buatan saya. Untuk membuat puding vlacious ini cukup mudah kok, yang pasti kita harus buat pudingnya dulu. Pudingnya bisa puding apa saja sih, pakai puding Milna Toddler juga oke kok.  Saya suka buat puding itu kalau ditambah santan hehehe, karena bisa untuk booster berat badan anak juga ^^. 


Setelah itu, Milna Nature Delight tinggal diletakkan di atas puding sesuai selera saja. Jangan lupa dimasukkan ke kulkas dulu ya, karena dimakan dalam keadaan dingin enak banget.

4. Roti Selai Keju Coklat


Nah, kalau ini bisa untuk sarapan di pagi hari atau cemilan pagi. Karena Milna Nature Delight tidak cair bentuknya, jadi bisa digunakan seperti selai kebanyakan. Untuk tambahannya bisa dimasukkan keju atau meisis di dalam roti.

Rasanya? Enak selayaknya kita makan rori pakai selai. Cukup mudah kan?


5. Es Krim Roti Strawberry


Kalau ini kita tinggal mencampur es krim strawberry, roti, keju dan Milna Nature Delight. Lalu blender semua sampai halus. Setelah itu kasih topping meises atau sesuai selera. Bekukan dalam freezer. 

Rasanya enakkkk banget, Kaya rasa tapi tidak bikin eneg. Saat saya bikin ini, anak-anak sampai minta nambah -__-. Padahal stok es krimnya sudah habis hihihi. 

Gimana? Gampang kan cara membuat cemilan praktis untuk toddler dengan Milna Nature Delight seperti di atas? Beneran cobain. Gampang bikinnya dan yang pasti anak-anak jadi semangat makannya. Dan Ibunya pasti senang karena anaknya lahap makan sayur buah sesuai anjuran konsumsi per harinya. 

Sudah tidak pusing lagi kan mau memberikan asupan makanan buah dan sayur untuk anak? Milna Nature Delight hadir sebagai solusi cemilan sehat mudah dan praktis agar anak makin cinta makan buah dan sayur. Tentunya semua ini salah satu cara pemenuhan menu gizi sehat seimbang yang akan membantu tumbuh kembang anak.

Gampang kan makan buah dan sayur itu? Cobain deh Milna Nature Delight sekarang, yuk!,


Mau tahu lebih banyak lagi tentang Milna 
Website: www.milna.com
Facebook: MilnaID
Twitter: @BundaMilna
Instagram: @milnaid

9 comments:

  1. Bisa banyak variasi pemberian puree ya, kalo aku ambil praktisnya aja, milna nature delight langsung suapin dr kemasannya ke Karla. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya bisa juga jadi juskalau buat 1 tahun

      Delete
  2. tehh... lucu banget sih itu si baby boy.... jadi salah fokus nih hihihi

    ReplyDelete
  3. Beneer ini nggak kepikiran bisa dibikin jadi selai buat roti tawar.. :)

    ReplyDelete
  4. Saya penasaran sama rasa pureenya, Cha. Padahal udah gak ada anak kecil lagi di rumah hahaha. Abis kelihatannya segar gitu

    ReplyDelete
  5. jadi inget jaman anak-anak kecil cha. Suka sama puree buah dan juga puding. rasanya memang enak yaaa

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^