Cara Eksis Biar Endorse Manis

8 komentar
 


Udah tau belum kalo Indonesia masuk tiga besar dengan pengguna media sosial paling aktif di dunia? Bangsa Indonesia khususnya para netizen boleh berbangga hati, karena gak sia-sia ngabisin waktu buat eksis di dunia maya. Paling tidak kita dapat prestasi gitu hehehe. 


Kalau kita perhatikan nih ya, trend di dunia maya banyak banget yang cepet viral. Satu orang yang posting berita kucingnya mati aja, mungkin lebih dari 10 orang yang bakal repost postingan tadi, lalu seketika menjadi viral sesaat. Kaget? Heran? Haha welcome to the club gaes. Belum kalau udah masuk ke ranah sosmed lainnya kayak wag yang kayak kedipan mata nyebarnya. Beeeh langsung pada viral dan terkenal. Yang penting viral terkenalnya harus dalam hal positif ya ^^.

Yak, fenomena ini udah beberapa tahun ini terjadi loh! Apalagi dengan semakin mekarnya teknologi smartphone, jaringan internet, dll. Semakin membuat orang-orang yang tadinya pemalu, jadi ikut-ikutan pengen eksis biar keliatan up to date. Mulai dari bangun pagi, mandi, makan, pacaran, marahan, nyinyirin temen pun diposting di medsos. Dan segudang hal-hal pribadi yang ga penting-penting amat diliat oleh orang lain sih. Bahkan anak kecil saja suka mainan tiktok *LOL.


Sebenarnya, apa sih yang dibutuhin biar bisa tetap eksis, tapi kesannya tetap berkelas dan ga norak? Atau kita cuma cukup sekedar selfie aja, namun hasilnya kaya habis foto di studio. Yah semua keeksisan itu kan ada timbal baliknya, kita jadi dapat pundi-pundi rejeki lewat endorse dan review #uhuk. 

Ini caranya ya! Yahhh, paling tidak ini tips dasar ya kalau kita mulai tergerak hatinya buat konsen masuk ke ranah sosial media. Tentunya kontennya kudu yang positif dong, jangan sampai hal negatif ya :*.


1. Be visible and easy to find 


Well, sudah banyak platform medsos yang bisa kita pake untuk menebar pesona loh. Mulai dari sesepuh Facebook, Twitter sampe yang populer sekarang Instagram. Kita boleh-boleh aja pake semua medsos itu, toh bikinnya gratis. Tapi kalau punya medsos 10 biji, bakal susah dong ngatur konten di masing-masing medsos itu. Nah daripada ribet, mending focus di 2 atau 3 sosmed aja gaes, biar gampang ngatur dan ngisi feed nya. Kalau semuanya dijajal sih orang ngiranya malah norak dan pengen tenar doang. Ga asik doong. 

Nah, kayak saya. Sekarang aktifnya jelas di blog dan instagram, yang lain paling sekilas dua kilas aja *halah bahasa apa pula ini.

2. Konsisten terhadap konten 


Apasih yang buat kita tenar kalau bukan konten atau feed yang kita tampilkan buat follower. Pastinya kita tidak mau dong buat konten tapi yang view cuma puluhan orang doang, padahal follower nya ada ribuan. Ketauan banget dong beli followernya haha. Nah untuk buat konten itu perlu kekonsistenan loh, tentuin dulu di awal akan diisi apa akun sosmed kita. Ga banget kan kalo hari ini posting tentang olahraga, besoknya tentang nikahan, kok rasanya acak-acakan banget. 

Nah, saya termasuk yang masih acak adut sih sebenarnya. Tapi gpp lah untuk sekarang daripada gak update *eh.

3. Gunakan gadget yang support 


 Foto diambil pakai kamera Oppo A83 punya saya 

Yang tidak kalah penting udah pasti gadget, entah itu kamera, drone, bahkan handphone sekalipun. Intinya yang bisa capture setiap momen berharga yang mungkin ga bakal keulang lagi. Buat yang kontennya berupa foto-foto selfie, minimal kudu punya kamera handphone yang memiliki resolusi tinggi. Malu dong ah, foto-foto eksis isinya blurrrr dan burem semua.


Banyak temen saya yang punya follower puluhan ribu di instagram sekarang sudah jadi artis medsos. atau biasa kita kenal dengan selebgram. Sehari-hari ada saja endorse dan iklan yang dia posting di medsos untuk dipromosiin. Dia bilang sih gadget ngaruh banget buat jeprat jepret foto. Makanya dia sekarang pake Oppo F7 yang punya resolusi 25 MP di kamera depannya. Foto yang dihasilkan bisa sejernih air, karena dibekali teknologi High Dynamic Range (HDR) dan kecerdasan buatan (AI Beauty 2.0) biar selfie makin keliatan cetar membahana. Dan buat yang mau tampil beda dari yang lain, di OPPO F7 ada AR Sticker yang bikin hasil foto kamu beda dari filter/stiker di kebanyakan aplikasi media sosial 

Wah seru juga loh bisa jadi selebgram kaya dia, ngebayanginnya aja ga pernah apalagi sampe kejadian hehe. Nah buat kalian yang mau jadi selebgram kaya temen saya, tinggal jalanin aja tipsnya ya. Ingat loh biar kata kita eksis di sosmed, tapi jangan sampe keliatan norak ya. Dan selamat mendapatkan endorse manis :*

Related Posts

8 komentar

  1. topik masih acakadut menuju pencarian jatidiri si medsos nya,, hahaha,,

    BalasHapus
  2. Kece mang Hp OPPO ya, hasilnya emang bagus. Jadi selebgram ala-ala Mbk, belum serius hahah...modalnya gedw :)

    BalasHapus
  3. Makasih tipsnya Mbacha. Paling susah konsisten sama konten & feed. Duhh berasa pengen ngeposting semua hal yang kayaknya menarik secara random haha. Padahal kan yang dicari ya yang spesialisasi. Kalo sekali dua kali agak melenceng dikit, mungkin masih termaafkan sama netijen yang budiman. Tapi kalo lenceng melenceng mulu? xD

    BalasHapus
  4. Brati kudu beli hape baru nih. Hahay

    BalasHapus

Posting Komentar