Nyaman Pulang Kampung Bersama Suzuki All New Ertiga


Alhamdulillah kita sudah mulai puasa ya? Puasa tidak hari ini? Btw, sudah tidak sabar pulang kampungkah? Lebaran kan sudah kurang dari sebulan lagi? Kebetulan saya pulang kampung insyaAllah bersama anak-anak untuk ke-2 kalinya dalam 5 tahun ini. Tentunya biar ngirit pakai mobil nyetir sendiri. 



Sebenarnya saya maju mundur pulang kampung yang berjarak 2 hari 1 malam (nanti pasti macet lebih lama lagi) apalagi bawa anak-anak takut pada bosan di dalam mobil :"). Belum kebayang gimana nanti selama perjalanan. Kalau dulu masih okelah ya cuma bawa satu anak, sekarang kan sudah ada Raffi Raffa.

Satu-satunya cara biar lebih mantap pulang kampungnya, tentu dengan menjaga kenyamanan dan keamanan sekeluarga selama perjalanan. Dan poin pentingnya adalah "Mobil apa yang cocok untuk kami sekeluarga pulang kampung nanti?". 

Beberapa tahun kemarin, pilihan saya sekeluarga memang pada Suzuki. Karena saat awal membeli mobil, saya tahu kemampuan dan kebutuhan keluarga saat itu. Apalagi Suzuki terkenal bandel dengan suku cadang terjangkau. Makanya kenapa kami memilih Suzuki sebagai mobil keluarga kami. Tapi buat pulang kampung? Hmm, sepertinya kami butuh extra tempat untuk membawa banyak barang keperluan mudik. Betul tidak?

Lah kok ternyata ada Suzuki Blogger Gathering yang diadakan oleh Kompas.com dan PT Suzuki Indomobil Sales selaku distributor resmi di Indonesia pada tanggal 14 Mei 2018. Untung saya daftar, jadi ada gambaran mobil keluarga yang enak itu apa buat pulang kampung. 


Acara ini diadakan di The Breeze, BSD Tangerang Selatan. Hadir sebagai pembicara Pak Haris Hervanda (Editor otomotif Kompas.com), Bapak Harold Donnel dan Bapak Yulius Purwanto (Keduanya dari PT. Suzuki Indomobil Sales). Dan kebetulan yang dibahas adalah mobil All New Ertiga yang baru saja diluncurkan sekitar bulan April 2018 lalu. Paslah ya buat saya yang lagi galau pakai mobil apa buat mudik!

Loh memangnya beda ya sama Ertiga yang biasa? Yup, disini Suzuki All New Ertiga bertransformasi memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia. Menyasar konsumen Low MVP (Multi Purpose Vehicle), Suzuki All New Ertiga bisa menjadi salah satu pilihan terbaik keluarga di Indonesia.

Suzuki All New Ertiga MPV masa kini yang memberikan kenyamanan pada setiap penumpangnya. (Harold Donnel- Head 4W Brand PT Suzuki Indomobil Sales)

Oh iya, sebelumnya saya dan teman-teman blogger lainnya melihat pameran Suzuki All New Ertiga di Summarecon Mall Serpong. Bahkan saya ikutan test drive juga loh! 

Saat pertama kali saya lihat Suzuki All New Ertiga, cuma satu komentar saya. "Ya ampun luas yaaaaa!". Lah iya, biasa sehari-hari di Karimun terus tiba-tiba lihat mobil yang lebih luas langsung melongo. Langsung foto-foto terus kirim ke Papih biar suami juga tahu mobil ini. Hehehehe.


Yang saya coba utak-atik di pameran yaitu Suzuki All New Ertiga tipe GL. Interiornya hampir sama dengan tipe GL Suzuki lainnya, tapi yang benar-benar jadi pembeda itu sudah dilengkapi banyak fitur. Salah satunya yang paling saya ingat itu colokannya banyak banget. Biasanya kan cuma 1 yang bulat didashboard depan kan? Di Suzuki All New Ertiga ini ada 4 (yang saya temukan) tempat kabel atau colokan. Secara generasi millenial kudu banget punya mobil yang bisa bikin handphone tetap on mobile.


Mobil All New Ertiga ini bisa muat 7 penumpang yang memenuhi semua tingkat kenyamanan masing-masing penumpang. Ini saya buktikan sendiri saat test drive, satu mobil ada 7 orang dan kebetulan saya duduk paling belakang. Biasanya ya, saya paling males duduk belakang. Watir mabuk soalnya kan suka sempit duduknya terus suka goyang banget kerasa di belakang. 

Pas kemarin nyobain sendiri duduk belakang, eeeh ternyata kabinnya luas. Saya bisa selonjorin kaki loh (tinggi badan saya sekitar 158cm), biasanya kan suka mentok kalau duduk di belakang. Untung di Suzuki All New Erttiga nggak. Terus kursi tengah bukan cuma bisa naik turunin sandaran kursi saja, tapi juga bisa maju mundurin kursinya.

 Tuh, gede dan lapang kan buat sekeluarga

Tim keluarga cemara test drive

Saya langsung teringat anak-anak. Ini kursinya enak banget buat pasang carseat dan kursinya sudah ada kaitan belakang untuk meletakkan carseat buat bayi anak. Praktis juga sih ya, jadi tinggal pakein seatbeltnya terus lock di bagian belakang kursi. Namanya juga Ibu, dimana-mana pasti mikirnya kan anak hehehe. Pasti kalau pakai ini pasang 1 carseat dan 1 booster seat masih luas tempat duduk bagian tengahnya. Pulang kampung kan jadi nyaman ^^.

Untuk bagasi, sebenarnya standar kalau saya bilang (terasa lebih luas Wagon R). Tapi space bagasi belakang termasuk besar untuk tipe mobil MPV dengan 7 kursi. Saya saja masih muat duduk berfoto di dalam bagasi mobil hehehe.



Spesifikasi Suzuki All New Ertiga


Kembali ke blogger gathering, di sini dijelaskan dengan detail kelebihan Suzuki All New Ertiga dibanding generasi sebelumnya.

MPV bisa menjadi pilihan keluarga Indonesia dengan fasilitas premium di kelasnya
(Harris Hervanda-Editor Otomotif Kompas.com)
Kita bahas satu-satu ya?


Untuk performa mesin, All New Ertiga memiliki mesin baru seri K15B, DOHC (Dual Overhead Camshaft), Variable Valve Timing (VVT) dengan kapasitas mesin yang naik menjadi 1.462 cc. Percaya deh, kalau Suzuki bakalan tetap irit ya kalau Suzuki mah. Mobil Suzuki saya sendiri cukup isi bensin 100ribu rata-rata dalam seminggu dengan aktifitas antar jemput anak dan belanja sehari-hari. Irit banget kan. Berarti dengan cc yang hampir sama, Suzuki All New Ertiga bakal ngirit juga.



Dalam perkembangannya, Suzuki All New Ertiga ini memiliki banyak kelebihan. Untuk ukuran mobil lebih panjang dengan beberapa grille di body-nya yang bikin penampilannya makin sporty. Terus kalau lihat sekilas dengan tipe pendahulunya, All New Ertiga ini ada lekuknya di bagian  body belakang.

Suzuki All New Ertiga dengan banyak fitur baru yang memfasilitasi semua kebutuhan keluarga Indonesia. Yulius Purwanto - head of 4W Product Development PT Suzuki Indomobil Sales.

Seperti tadi saya tulis di atas, mobil ini punya banyak banget colokan buat kita. Jadi gak perlu beli charger mobil yang suka rusak karena di All New Ertiga sudah dilengkapi kabelnya juga :O. Mantap kan? Mayan banget buat pulang kampung tetap bisa on handphone tanpa drama low battery kan?


Nah, saya sendiri kalau milih mobil itu harus yang nyaman dan aman untuk anak. Termasuk kemudahan saat pasang carseat dan booster seat. Biasanya kalau sudah pada dipasang, rasanya sempit banget. Mau dilepas kasihan kan buat keamanan anak-anak juga. Pas kemarin lihat lebar dan luasnya bagian tengah mobil All New Ertiga, ternyata di tengah masih ada space misalnya mau dipasang carseat lagi loh. Nambah anak aja apa ini biar bisa nyobain tiga carseat di kursi tengah wkwkk.

Selain itu, seperti mobil Suzuki terbaru lainnya ada fitur pengunci pintu dan jendela. Jadi anak-anak tidak bisa main buka tutup pintu saat dalam perjalanan plus tidak bisa juga naik turunin jendela juga. Yang kesemuanya itu sangatlah berbahaya buat anak-anak.



Oh iya, satu lagi yang saya ingat perubahan signifikan All New Ertiga ini adalah pintunya tidak terlalu berat. Serius. Berasa banget rasanya buka pintu sambil gendong anak kalau pintunya berat. Untung Suzuki All New Ertiga sudah lebih ringan, jadi bawa anak-anak lebih tenang gak grusa-grusu.

Setelah event, saya langsung kirim foto-foto dan spek mobil ke Papih. Kemudian timbul percakapan ini...

Pih, mobile apik Pih! Luas bangettt
Bagus ya? Ada warna apa saja?
Banyak, Pih. Tapi kayaknya Mamih lebih suka warna hitam kayak biasanya. (Langsung send 7 varian warna All New Ertiga)
..... 


7 Varian warna Suzuki All New Ertiga
Foto dari info suzuki Malang


Ih kok diam saja. Ini kayaknya enak buat pulang kampung loh, Pih! Anak-anak pasti suka.
Ya sudah, bawa pulang brosurnya saja dulu ya Mih.
Eaaaaa

Acara ditutup dengan pengumuman pemenang instagram competition. Alhamdulillah menang, jadi bisa bawa oleh-oleh buat anak-anak. Terima kasih Suzuki dan Kompas.com.

Eh iya hampir saja lupa, sepanjang acara blogger gathering kemarin saya sangat terhibur sama MC nya kalau tidak salah namanya Ninis apa Lilis gitu. Lucu banget bawain acaranya, jadi pengen belajar bisa seperti itu kayak gimana ya. Hihihi.


Kembali lagi ke acara pulang kampung yang tidak sampai sebulan lagi ini. Hmmm, sepertinya Suzuki All New Ertiga ini bisa menjadi alternatif pilihan MPV bagi keluarga Indonesia. Kita jadi aman nyaman selama perjalanan pakai Suzuki All New Ertiga, ya nggak? 

Kalau kalian mudik pakai apa? Kalau pakai mobil, coba pakai Suzuki All New Ertiga saja biar enak sepanjang perjalanan. Pulang kampung lancar dan lebaran-pun jadi penuh cinta. Sudah siap belum pulang kampung?

4 comments:

  1. Waaah iya legaaa dan luaaas, nyaman pastinya mudik pakai All new Ertiga ini

    ReplyDelete
  2. Iya bener, mobil mudik kudu nyaman, apalagi sekarang macetnya makin parah, aku aja ke bandung pernah 9 jam. Di mobil udah ga betah.

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^