4 Menu Mudah Olahan Bakso untuk Keluarga


Bakso bulat
seperti bola pingpong
kalo lewat
membikin perut kosong

Pasti pada hafal lirik ini ya? Tapi beneran ya, kalau ngomongin bakso itu gak ada habisnya. Entah kenapa juga, bakso punya magnet tersendiri untuk disukai oleh anak-anak (Kita juga seh pasti suka).


Kalau lagi susah makan, kadang bakso itu jadi penyelamat untuk jadi cemilan berat. Dan hebatnya lagi, anak-anak suka banget. Kok anak-anak saya juga suka kok hehehe.

Buat saya yang ga pinter masak, nyetok frozen bakso atau kadang sesekali beli di tukang bakso gitu sangat membantu. Cuma kalau kita mau lebih cermat, sebenarnya lebih enak dan higienis masak sendiri. Bener gak?

Dulu jaman saya kecil, saya pernah dengar cerita kalau bakso itu digilig pakai tangan secara manual. Iya itu dulu, sekarang teknologi kan sudah maju. Sudah banyak bakso yang dibuat dengan lebih modern. Tentunya kita harus pinter memilih kalau baksonya kudu dijamin keasliannya. Salah satunya adalah bakso Bonanza yang bisa kita stok di rumah.

Kemarin tanggal 30 Mei 2018 saya ikut acara cooking demo Bakso Bonanza di Farmers Market Summarecon Mall Serpong. Acara menjelang buka puasa ini saya datangi karena kebetulan lagi jalan-jalan ke daerah Serpong, sekalian mampir sambil bertemu teman-teman.


Di sini hadir chef cantik Gaby Darmadji. Dan beliau akan membuat 3 macam olahan makanan mudah dan praktis untuk keluarga dengan menggunakan bakso Bonanza. Ternyata di Farmers Market SMS ini memang ada tempat khusus untuk cooking demo gitu. Baru tahu saya, secara yang deket rumah tidak ada. Lumayan ya kalau sering diadain acara gini bisa banyak dapat resep masakan dari chef berpengalaman tentunya.

Oh iya, apa sih bakso Bonanza itu?


Bakso Bonanza adalah bakso dari PT Great Giant Livestock yang 84% baksonya isinya daging asli yang rasanya enak empuk banget. Yang unik kalau mau stok bakso  Bonanza ini tidak memiliki bahan pengawaet, lulus BPOM dan sudah ada sertifikat halalnya.  Jadi tenang kan makannya kalau pakai bakso Bonanza.


Beberapa hari sebelumnya, sebenarnya saya sudah nyoba bakso Bonanza itu. Saya cukup ngerebus sebentar dan baksonya sudah matang sempurna. Buat saya yang memang yaaaaah tidak masak, punya bahan olahan yang gampang banget buat di dapur itu sangat membantu.

Bakso setelah direbus empuk banget menul-menul bentuknya. Terus kalau saat kita gigit itu gampang gak alot dagingnya. Kan suka tuh ada yang susah gigit pas makan bakso. Nah, kalau pakai bakso Bonanza itu gak akan bakal terjadi. 


Oh iya, balik lagi ke resep bakso yang dibuat oleh Chef Gaby. Sebenarnya ada 3 yang dipraktikkan kemarin. Cuma saya tambahin 1 menu yang biasa dibuat pakai bakso Bonanza. Tenang, resep-resepnya gampang dan saaaaangat sederhana sekali kok. Ibu yang gak bisa masak kayak saya saja bisaaaa.




Ini dia 4 menu mudah olahan dengan bakso Bonanza yang bisa kita modifikasi untuk disajikan buat keluarga :

Bakso Kuah Rumahan


Ini menu paling gampang yang biasa kita buat untuk orang rumah. Tinggal tumis bawang putih halus, kemiri dan daun bawang sampai harum. Lalu masukkan dalam rebusan tulang sumsum beserta bakso Bonanza lebih kurang 5-6 menit. Tambahkan irisan goreng bawang merah ke dalam kuah. Tinggal disajikan!

Tips Echa : Buat buibu yang gak bisa masak, cukup rebus saja di air. Tinggal sajikan buat makanan. Tetap enak kok! Kaldu dari bakso Bonanzanya juga keluar bikin makanan sedap. Bisa tambah mie rebus atau mie ayam biar mantep makan di rumah.

Bakso Bakar Yakitori


Menu ini yang penting saus sebelum dibakar. Tumis bawang bombay, bawang putih, jahe dan kecap asin sampai wangi. Lalu tinggal dioles ke bakso Bonanza. Btw, baksonya tidak perlu direbus ya karena baksonya juga sudah setengah matang kan? Cukup langsung dipanggang saja sampai kecoklatan matang.  

Tips Echa : Karena yang penting sausnya, kalau saya pakai kecap manis juga enak kok buat panggangan. Cukup diencerkan sedikit saja, rasanya sudah masuk ke dalam bakso Bonanza yang sudah lezat.


Bakso Goreng Tepung


Apapun yang dibalur dengan tepung biasanya anak-anak demen. Cara buatnya sama kayak kalau kita buat masakan yang dibalur tepung. Tepung terigu yang dicampur air, lada, garam buat jadi yang basah dan kering. Masukkan bakso ke tepung kering lalu masukkan ke adonan tepung basah. Tinggal  goreng hingga kecoklatan. 

Tips Echa : Jangan terbalik urutannya ya. Jangan memasukkan ke adonan tepung basah dulu baru ke adonan kering ya. Hehehe biar tidak mleber kemana-mana. Bisa dikreasikan juga pakai tepung panir biar kriuk stelah masuk adonan tepung terigu basah.

Nasi Goreng Bakso


Ini menu tambahan dari saya hehehe. Soalnya paling gampang bikinnya. Kita cukup bikin nasi goreng lalu tambahkan bakso Bonanza yang sudah diiris-iris kecil. Ratakan bumbu  dan aduk hingga rata. Menu ini sering Papih bikin  kalau malam-malam kelaparan. Untung kan ada bakso Bonanza ^^.

Tips Echa : Dimakan di malam hari anget-anget berdua sama suami enyak-enyak. Jadi romantis pula kalau ditambah lilin ala candle light nasgor  :v.

Tahu nggak, pas saat buka puasa semuanya makanan yang didemoin tadi langsung ludes. Tapi beneran, rasanya enak semua. Sayangnya pas mau nambah dah pada abis xD. Bikin ah di rumah!

Jangan lupa stok bakso Bonanza di rumah ya buat keluarga. Rasa dagingnya enak dan sehat berkualitas! Jadi, sudah tahu mau masak apa nanti buat buka puasa?

Info lainnya tentang bakso Bonanza ini bisa follow akunnya di :
Instagram  @bonanzabeef.id
Facebook Bonanza Beef


9 comments:

  1. Oh aku inget nih mbak echa yg duduk di sebelah aku waktu acara cooking class mempertanyakan ig Bella agmia, haha...
    Emang ya, kalo soal bakso bonanza ga ada habisnya buat di kreasikan ๐Ÿ˜ menu yg biasa jadi istimewa ๐Ÿ˜˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya alhamdulillah kenal ya sekarang๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

      Delete
  2. diluar bakso goreng tepung, saya yang pada dasarnya pencinta bakso, sangat tertarik dengan yang lain.. apalagi bakso kuahnya... dari tekstur saya sudah ekspektasi rasanya mantap!

    kakve-santi.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Saya juga suka makan bakso bonanza, dagingnya berasa banget

    ReplyDelete
  4. Mba echa mau tanya gimana udh sembuh dr syaraf kejepit, mohon infonya mba utk suami sy yg sedang mengalami

    ReplyDelete
  5. Mba echa mau tanya gimana udh sembuh dr syaraf kejepit, mohon infonya mba utk suami sy yg sedang mengalami

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^