Cara Menggunakan Gendongan Bayi Ring Sling

cara menggunakan gendongan bayi ringsling

Cara menggunakan gendongan bayi ringsling. Pasti sudah pada tahu kalau saya itu sebenarnya pecinta SSC. Tapi saya juga punya gendongan favorit yang bisa digunakan sejak bayi baru lahir, yaitu gendongan bayi ring sling. Menurut saya pribadi, ringsling ini merupakan gendongan tercepat cara pemakaiannya jika dibandingkan gendongan bayi lainnya. Serius.

Selain cepat, gendongan bayi ringsling ini lebih familiar digunakan oleh masyarakat Indonesia. Ya nggak. Sekarang gendongan ringsling banyak macamnya, sudah bukan model bag sling atau model sling yang pakai tutup kepala. Oh my, saya dulu juga pakai itu saking takutnya gendong bayi salah wkwkwk.

Learning by doing dan practice make perfect, ringsling  ternyata jadi saksi perjalanan #echababywearing dan kebanyakan orang. Sebenarnya gendongan bayi ringsling yang kayak gimana sih yang memenuhi standar babywearing?

Saat kita menggunakan gendongan ringsling, yang harus kita perhatikan itu 3 bagian.

Yang pertama, kain yang nyaman. Untuk kenyamanan masing-masing memang berbeda-beda ya, karena setiap kain punya karakteristik berbeda. Yang pasti cari yang adem, kainnya tidak moloran dan kuat pastinya untuk menggendong. Ini juga akan berpengarih pada empuk di bagian bahu saat menggendong.

Yang kedua, pilih ring yang aman. Gendongan ringsling di sini bukan hanya kain, tapi dia ada pengikat knot berupa ring. Ring yang disarankan oleh standar internasional babywearing itu yang besi dan tidak bercelah. Selain itu lihat paduan ring dan kainnya, kira-kira bakal membuat mudah molor tidak?

Yang ketiga, jahitan minimal 3 baris. Untuk membuat ring tetap di tempatnya, ada jahitan yang harus kencang dan kuat. Minimal jahitan yang digunakan adalah 3 baris, lebih baik lagi bila jahitan diantaranya ada yang berbentuk zigzag atau cross demi keamanan saat menggendong.

Gendongan bayi ringsling Mooimom


Saya sendiri memiliki beberapa ringsling dengan berbagai jenis ring dan kain, Pada postingan ini saya akan menggunakan gendongan bayi ringsling merk Mooimom. 

Saat pertama kali gendongan ini sampai di tangan, saya cari buku petunjuknya. Sayangnya saya tidak menemukan petunjuk manufacture gendongannya yang saya biasa dapat saat membeli gendongan. Tapi jangan khawatir, kalian tinggal lihat saja di web mooimom. Disana spesifikasi termasuk beberapa cara menggendongnya sudah ada walau ada posisi yang belum m-shape.

Ukuran panjang gendongan ringsling ini kalau di-basesize-in sekitar base 3 ya. Itu ukuran standar rata-rata ringsling yang beredar (sepanjang jarik).

Saya pilih Blue Ocean Baby Sling yang warna biru karena terasa mencolok warnanya (ada pink sih, tapi ay tak suka pink wkwkwk). Dan emang bener, warnanya tidak beda jauh dengan di web. Warna biru terang yang cantik. 

Kalau dilihat dari 3 syarat gendongan ringsling yang memenuhi standar keamanan, sling Mooimom ini sudah memenuhi kriteria. Dari kain, gendongan ringsling Mooimom ini adem, ringan dan sedikit strechy menurut saya. Dipakai dari newborn juga enak.

Terus untuk ring sudah dari besi dan tidak bercelah. Jadi jangan khawatir ^^. Dan terakhir untuk jahitan, ringsling Mooimom ini sudah memenuhi standar minimal 3 jahitan pada ring. Kesimpulannya, gendongan Mooimom ini layak dan aman dipakai untuk babywearing atau menggendong anak.

gendongan bayi ringsling mooimom
Standar minimal 3 jahitan pada ring.

Jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu sebelum digunakan ya. Ini untuk menjaga keindahan dan kekuatan kain. Biasanya saya mencuci pakai babymax atau lerak, tapi ini juga bisa pakai sabun cair biasa saja. Rendam sebentar lalu bilas dan keringkan. Jangan lupa juga untuk disetrika ya habis itu. Untuk menyimpan gendongan ini, gulung kain (jangan dilipat)  biar kainnya tetap bagus :*.

Kalau mau milih-milih gendongan Mooimom lainnya, cuussss bisa ke 

Cara pakai gendongan ringsling


Banyak cara menggunakan gendongan bayi ringsling. Teknik menggendong yang biasa kita lihat sehari-hari (dan saya juga biasa pakai) yaitu front carry atau hip carry. Tapi untuk expert babywearing, gendongan ini bisa digunakan untuk teknik back carry dengan berbagai finishing knot. 

Sekarang kita bahas teknik menggendong ringsling yang biasa digunakan ya beserta finishing (yang biasa ada).

Kenapa saya sebut gendongan tercepat?. Ya karena enak aja pakai ringsling. Tinggal masukkan sling ke ring, masukkan anak trus selesai deh. Ya nggak?.

Step by step menggunakan ringsling (teknik standar) :

1. Taruh ujung yang ada ring dibagian bahu pinggir dada
2. Lipat satu-satu kain ujung lainnya dari yang paling luar satu-satu
3. Masukkan ke dalam ring ke atas lalu masukkan ke ring bawahnya.
4. Rapikan dan lebarkan kain di ring
5. Masukkan anak ke dalam kain. Ini bisa dari atas atau dari bawah (dengan kain longgar tentunya). Saya seh seneng dari atas masukkan anak
6. Posisikan dudukan anak jshape pada kain bagian bawah dan nanti dengan gendongan ringsling ini anak akan berposisi mshape dan cshape otomatis.
7. Tarik ke atas kain bagian atasnya hingga menutupi punggung bayi
8. Kencangkan satu-satu bagian hingga mengdekap sempurna dan posisi TICKS tercapai. Jangan sampai ada slacknya.
9. Selesai

teknik gendongan ringsling
Posisi sudah memenuhi TICKS yaaaw

teknik gendongan ringsling
Ini juga bisa diflip untuk teknik lainnya bagian belakangnya


Di bagian ring biasanya kan dimasukkan saja, tapi kalau dalam kondisi tertentu (melihat kainnya juga seh sebenarnya) kita bisa knot biasa biar tidak molor. Kekurangan ringsling pada kain yang terlalu ringan dan licin, biasanya suka molor sendiri hehehehe. Jadi kadang cara biar tidak melorot ya saya knotin gini. 

gendongan bayi ringsling mooimomgendongan bayi ringsling mooimom

Atau bisa juga menjaga untuk tidak melorot atau molor dengan finishing menggunakan sisa kain. Biasanya kan kalau ringsling base-3 ada sisa kain lumayan jadi bersayap gitu. Kita bisa mengakali sisa kain sayapnya dengan beberapa finishing.

1. Finishing dibiarkan menjuntai bersayap aka gak diapa-apain biar kita mudah juga benerin kalau kurang kencang

gendongan bayi ringsling mooimom

2. Finishing dengan menggulungkan kain sisa mengelilingi bagian leher anak lalu kain ditutup dengan bagian atas nya biar rapi. Kadang juga ada yang pakai handuk atau saputangan untuk membuat pijakan leher. Teknik ini cocok untuk newborn bangettt. Kalau bingung lihat gambar saya saja nih!.

gendongan bayi ringsling mooimom

3. Finishing dengan memasukkan kain seperti front cross carry FCC. Disilang (cross) sisa kain menutupi punggung dan ke bawah kaki anak lalu masukkan ke dalam kain bagian dalam punggung atau pinggang sisanya.

gendongan bayi ringsling mooimom

4. Sebenarnya banyak finishing lainnya yang mau saya eksplor tapi nanti saya tambahin ya kalau sempat motoin huehue. Biasanya yang sering dipakai juga melilitkan sisa kain di ring atau membuat model bunga.

Cara melepas ringsling juga sangat mudah, tinggal longgarin saja kain di ringslingnya. Terus keluarkan anaknya deh. Ini bisa dari atas (seperti yang biasa kita lakukan) atau kita juga bisa memegang anak lalu longgarkan gendongan kemudian gendongan dilepas memutari badan anak dan kita. Lengkapnya mungkin bisa dilihat video saya ya. Misalkan kurang jelas mungkin bisa ditanyakan.



Mudah kan menggunakan gendongan bayi ringsling ini? Kebetulan saya cocok pakai gendongan bayi ringsling Mooimom ini. Empuk di bahu. Walau kelemahan di semua gendongan ringsling ya satu, pasti pegel satu bahu. Tapi kalau bayinya masih newborn sih masih enak-enak saja ^^.

Jadi buat kamu yang nyari gendongan bayi yang bisa digunakan mulai newborn hingga dewasa, pilihannya bisa menggunakan gendongan ringsling. Mau pakai Blue Ocean Baby Sling dari Mooimom kayak saya ya boleh banget. Kembaran kita dong yeee. Yay!!

gendongan ringsling mooimom


----Tulisan ini dibuat oleh saya sendiri sebagai seorang babywearing edukator peer support in training dari school of babywearing UK---

6 comments:

  1. Wah sangat lengkap sekali ulasan tentang gendongan bayinyaa.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih kak sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. Jaman sekarang gendongan bayi makin beraneka ragam.

    ReplyDelete
  4. Wah gendongannya terlihat aman dan nyaman.

    ReplyDelete
  5. Selain aman dan nyaman gendongannya warnanya juga baguss hehe

    ReplyDelete
  6. Gendongan bayi semakin beraneka ragam.

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^